Kelebihan dan Kekurangan Sistem basis Data Terpusat

Sponsors Link

Pengertian sistem basis data

Sebelum memahami lebih lanjut mengenai sistem basis data terpusat, maka ada baikny akita memulai mengenai definisi dari sebuah sistem basis data. Sistem basis data merupakan sebuah istilah yang mengacu pada pengaplikasian dari sebuah basis data menjadi sebuah sistem yang terintegrasi dan dapat diaplikasikan untuk kepentingan user dan juga kepentingan umum. Suatu sistem basis data nantinya akan digunakan untuk mengolah data dan juga informasi yang terdapat di dalam sebuah database atau basis data, sehingga informasi tersebut bisa diteruskan dan juga dimanfaatkan oleh siapa saja yang melakukan akses terhadap data tersebut.

Sistem basis data terpusat

sistem basis data terpusatSalah satu contoh implementasi dari sebuah sistem basis data adalah sistem basis data terpusat. Sistem basis data terpusat merupakan kebalikan dari sebuah sistem basis data terdistribusi, dimana dalam sebuah sistem basis data terpusat, sebuah server yang menyediakan informasi di dalam basis data hanya terdiri dari satu sever saja, sebagai pusat dan juga sebagai komputer induk bagi seluruh sistem dan juga jaringna yang ada.

Jadi, apabila dibandingkan dengan sistem basis data terdistribusi, sebuah sistem dan juga jaringan yang menggunakan implementasi dari sistem basis data yang terpusat ini hanya membutuhkan satu buah server saja, tanpa harus membangun server – server tambahan lain (dedicated server) yang terintegrasi.

Contoh dari implementasi dan juga pengaplikasian dari sistem basis data terpusat

Untuk lebih jelasnya mengenai implementasi dan juga aplikasi dari sebuah sistem basis data terpusat, kita dapat melihat contoh berikut :

  • com merupakan sebuah situs portal berita yang lengkap dan banyak diakses oleh berbagai kalangan karena memilki banyak informasi yang actual, tajam, terpercaya, dan juga cepat.
  • Detak merupakan sebuah situs yang memiliki kantor pusat di Kota Bogor. Untuk dapat mengakses situs detak.com di seluruh dunia, maka para staff IT dari detak.com akan memanfaatkan aplikasi manajemen sistem basis data, agar setiap informasi dan juga data yang diperoleh detak.com dapat diteruskan dan dibaca oleh user.
  • Dalam hal ini, meskipun bisa diakses oleh jutaan orang per hari di seluruh belahan dunia, detak.com hanya membutuhkan satu kantor pusat, yang mana di dalam kantor pusat tersebut memiliki ruangan khusus server yang menyimpan segala informasi dan juga data.
  • Dengan begitu, meskipun hanya memiliki satu buah server database, detak.com akan tetap mampu melayani kebutuhan para usernya dalam melakukan akses informasi dan juga data berupa berita yang lengkap, actual dan juga informatif.

Baca juga : Jenis jenis sistem informasi & Fungsi dbms

Itulah contoh dari cara kerja sistem basis data terpusat, dimana server yang dibuat hanya satu saja, yang dipusatkan di lokasi tertentu untuk melayani kebutuhan user. Dengan demikian, tentu saja nantinya beban kerja yang harus ditangguna oleh sever sebagai pusat dari basis data akan menjadi sangat berat. maka dari itu, ada baiknya ketika akan mengimplementasikan dan membangun sistem basis data terpusat, perlu diperhatikan spesifikasi dari server yang akan digunakan, agar tidak mudah mengalami gangguan dan juga kerusakan pada sistem.

sponsored links

Kelebihan dan kekurangan dari sistem basis data terpusat.

Sama seperti sistem basis data terdistribusi, sistem basis data terpusat ini juga memioliki beberapa kelemahan dan juga kelebihan. Berikut ini adalah kelebihan dan juga kelemahan yang dimiliki oleh sistem basis data terpusat :

Kelebihan:

  • Tidak membutuhkan biaya operasional tinggi untuk membangun sebuah dedicated server tambahan
  • Maintenance lebih mudah dilakukan, karena basis data hanya berlokasi pada satu tempat saja
  • Proses update data dan juga informasi di dalam basis data akan menjadi lebih cepat dan dapat mencegah terjadinya miskomunikasi
  • Pengecekan dan juga pengawasan terhadap implementasi sistem basis data akan menjadi lebih mudah
  • Bisa juga diimplementasikan pada startup dan juga perusahaan atau institusi kecil dengna biaya yang minim
  • Lebih mudah untuk diaplikasikan dan jga diimplementasikan

Kekurangan

  • Membutuhkan komputer server dengan kapasitas yang sangat canggih, terutama bagi perusahaan atau instansi yang memiliki lalu lintas data yang padat. Baca : (Perbedaan komputer server dengan komputer client biasa)
  • Kapasitas harddisk yang besar (Baca :Jenis jenis harddisk )
  • Apabila server mengalami gangguan, maka seluruh aktivitas akan mengalami gangguan
  • Perbaikan pada server bisa saja menyebabkan fitur – fitur server menjadi terkendala

Sponsors Link

Dimana sebuah sistem basis data terpusat bisa diaplikasikan

Pada dasarnya, sebuah sistem basis data terpusat banyak diaplikasikan dalam startup ataupun situs – situs di dalam internet. Sebuah situs internet akan lebih efektif memilki sistem basis data yan terpusat, karena lebih mudah untuk dilakukan manajemen dan pengaturannya. Selain itu, bagi para perusahaan dan juga instansi kecil, yang memiliki biaya operasional kecil, sistem basis data terpusat ini juga dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk diaplikasikan.

Itulah beberapa informasi penting dan juga menarik mengenai sistem basis data terpusat, kelebihan dan kekurangan, serta bagaimana sebuah sistem basis data terpusat dapat diaplikasikan

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan sistem basis data terdistribusi & Contoh DBMS

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 02nd, November 2015 / 05:38 Oleh :
Kategori : Database