Sponsors Link

6 Macam Software Database dan Fungsinya

Software database merupakan salah satu jenis software yang juga menjadi bagian yang sangat penting didalam komputer. Ada berbagai software database yang bisa menjadi bagian dalam pengolahan pada komputer. Dengan adanya software database ini komputer bisa berjalan dengan baik dan bisa berjalan sesuai dengan apa yang digunakan. Secara umum ada beberapa jenis software database yang sering digunakan seperti berikut ini.

ads

1. Microsoft Acces

Software database yang satu ini sangat cocok untuk digunakan untuk sebagaian besar komputer relasional. Komputer-komputer rumahan yang hanya digunakan untuk berbagai kebutuhan yang ringan sekalipun juga banyak yang menggunakan Mircrosoft Acces ini sebagai data base andalan untuk digunakan. Software ini merupakan basis yang digunakan untuk data-data dari Microsoft Jet Database Engine dan beberapa tampilan grafis yang sering digunakan oleh pengguna rumahan. Database yang satu ini hadir untuk berbagai series dan yang paling baru merupakan Microsoft Office System 2007.

Penggunaan untuk software database ini cukuplah mudah karena menggunakan format data yang sangat umum. Data yang bisa terbaca untuk database yang satu ini diantaranya seperti format Microsoft Acces, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Databse ataupun semua data yang bisa mendukung akan penggunaan ODBC. Dengan penggunaan data yang mudah ini software database ini bisa digunakan sebagai pengembangan untuk perangkat lunak aplikasi dari yang sederhana hingga yang komplek sekalipun.

Baca Juga:

2. Oracle

Software Database ini menjadi salah satu database yang bisa menyimpan data dengan ukuran yang cukup maksimum yaitu hingga ukuran tera byte. Software database yang satu ini menjai salah satu database yang sering dipilih dan sering untuk digunakan karena memang mudah untuk di download dan juga memiliki versi free download. Oracle ini juga menjadi salah satu software database yang cocok untuk pemula yang ingin belajar tentang database.

Bahasa yang digunakan untuk Oracle ini menggunakan bahasa standard SQL. Sehingga menyebabkan Oracle juga menjadi salah satu basis data yang relasional yang juga terdiri dari berbagai data yang terkumpul mejadi satu dalam sistem manajemen yang berbasis RDBMS. Nantinya basis data ini kemudian bisa digunakan untuk berbagai jenis merk dan juga jenis komputer yang ada dipasaran.

Kelebihan dari Oracle :

  • Data tidak hilang meskipun ketika mengakses database ini kemudian listrik padam secara mendadak.
  • Mampu untuk memberikan pelindungan pada setiap data yang ada pada program perusahaan.
  • Bisa digunakan untuk melakukan lock hingga level row-level yang menyebabkan penggunaan untuk database ini bisa digunakan dengan lebih cepat meskipun digunakan secara bersamaan.
  • Oracle Data Mining & Data Warehousing dimana fitur ini berfungsi untuk membantu dalam menentukan strategi perusahaan kedepan yang berdasarkan dari analisis data yang ada.
  • Virtual Private Database, dimana fitur yang ada pada Oracle ini berfungsi sebagai keamanan yang akan menjaga berbagai transaksi yang terjadi di internet.
  • Flashback Query, dengan adanya fitur ini memungkikan anda untuk bisa melihat kembali status data pada waktu sebelumnya hingga batas sesuai dengan apa yang anda tentukan.

Baca Juga:

3. Ms SQL Server

Untuk software database ini merupakan database yang merupakan sistem manajemen basis data relasional yang digunakan untuk produk Microsoft. Bahasa yang digunakan untuk kueri dari software database ini merupakan bahasa Transact-SQL yang merupakan gabungan dari SQL standar ANSI/ISO. Bahasa ini juga merupakan bahasa software database yang sering digunakan untuk Microsoft ataupun Sybase. Pada awalnya database ini hanya bisa digunakan untuk data berskala kecil hingga menengah, namun saat ini sudah bisa digunakan hingga data yang berskala besar sekalipun.

Dalam berkomunikasi, Ms SQL Server ini menggunakan jaringan porotokol TDS atau Tabular Data Stream. Fitur pendukung dari database ini adalah, database ini bisa digunakan untuk bahsa pemrograman driver JBC karena memiliki driver JDBC. Selain itu, database ini juga bisa diguankan untuk mirroring ataupun clustering.

Kelebihan:

  • Berfungsi untuk platform yang banyak dan berbeda.
  • Bahasa yang digunakan cukup banyak.
  • Type data yang juga beragam dan sangat banyak.
  • Sangat mendukung untuk kalimat SQL GROUP BY dan juga ORDER BY.

Baca Juga:

4. MySQL

Untuk software database yang satu ini menjadi salah satu database yang paling terbuka unuk seluruh open cource dan bisa digunakan untuk seluruh platform seperti Linux ataupun Windows. Yang menjadi kelebihan dari software database ini adalah penggunaan dari software database ini bisa digunakan untuk multi user karena memang pengakses database pada software ini menggunakan program yang bersifat network.

MySQL bisa anda dapatkan secara gratis karena memang database yang satu ini sudah disebar secara gratis dibawah lisensi GPL. Dengan sistem ini maka anda bisa mengunduh dan menggunakan software database yang satu ini secara gratis. MySQL ini menjadi salah satu database yang paling diunggulkan jika dibandingkan dengan database server yang lainnya terutama untuk masalah query data. Hal ini dikarenakan keceaptan membagi data pada software database ini lebih cepat jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Kelebihan:

  • Pengunaannya yang gratis
  • Query data yang lebih cepat
  • Bisa digunakan untuk multi user.

5. Firebird

Firebird atau juga terkenal dengan nama FirebirdSL menadi salah satu sistem manajemen basisdata yang menawarkan berbagai fitur standar. Fitur-fitur yang bisa anda dapatkan untuk database yang satu ini diantaranya seperti ANSI SQL-99 dan jga SQL-2003. Database ini bisa digunakan dengan sangat baik dan bisa berjalan dengan cepat ketika digunakan untuk Linux, Windows dan bahkan untuk sebagian platform Unix. Untuk Firebird sendiri merupakan modul terbaru yang sudah disempurnakan pada beberapa bagian yang membuatnya menjadi semakin maksimal. Firebird ini memiliki linsensi dibawah Initial Develper’s Public License.

Baca Juga:

6. Postsgre SQL

Software database yang satu ini berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk membangun database serven yang hanya bersifat open source dengan lisensi GPL atau General Public License. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk Postrge SQL ini diantaranya seperti SQL, C, C++, Java, PHP dan juga lainnya. Dengan menggunakan software database ni juga bisa digunakan memodifikasi dan juga mendistribusikan secara bebas dan gratis tanpa harus membayar lisensi. Hal ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan baik itu untuk digunakan pribadi, umum atuapun untuk kebutuhan pendidikan sekalipun.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 17th, January 2017 / 08:11 Oleh :
Kategori : Database