10 Bahasa Pemrograman Web Paling Populer

Sponsors Link

Salah satu hal yang paling penting dalam pembuatan dan juga pengembangan dari sebuah website adalah bahasa pemrograman yang digunakan. Bahasa pemrograman yang digunakan akan membantu menghasilkan sebuah situs atau web yang sesuai dengan tujuan dan juga tepat sasaran. Dalam prakteknya, ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang bisa anda gunakan untuk pembuatan dan juga pengembangan sebuah web. Sebuah lembaga survey, pada tahun 2015, selama bulan September menyebutkan ada beberapa bahasa pemrograman yang populer untuk digunakan sebagai salah satu bahasa pemrograman pembuatan web. Apa saja bahasa pemrograman web paling populer tersebut? Berikut ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang paling popluer, terutama selama tahun 2015 dan beberapa bulan belakangan sampai ke awal tahun 2016 :

(Baca Juga: Macam Macam Bahasa Pemrograman , Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Generasi Ke 4)

  1. Java

Bahasa pemrograman web yang paling populer pada beberapa bulan belakangan ini, tepatnya sejak September 2015 adalah bahasa pemrograman Java. Bahasa pemrograman Java ini menempati urutan pertama dari daftar bahasa pemrograman web yang paling populer, dengan raihan penggunaan sebesar 24.8% dari total survey penggunaan bahasa pemrograman web yang digunakan secara luas di dunia. Java sendiri memang merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sdah tidak asing lagi di telingan banyak programmer ataupun user. Dikembangkan pada tahun 1991, bahasa pemrograman yang logonya terinspirasi dari kopi di Pulau Jawa ini sedah menemani user sejak era internet baru bermunculan. Saat ini, selain sebagai bahasa pemrograman untuk web, Java juga banyak dimanfaatkan sebagai bahasa pemrograman pembuatan aplikasi Android.

Baca Juga:

  1. PHP

Bahasa pemrograman web paling populer berikutnya adalah PHP. Meskipun berada pada urutan kedua, namun faktanya adalah PHP masih jauh tertinggal penggunaannya atau kepopulerannya dibandingkan Java. Terbukti dari persentase kepopuleran dari bahasa pemrograman PHP ini yang hanya berada pada kisaran angka 11.3% saja. Bahasa pemrograman ini dikembangkan pada tahun 1994. Bahsa pemrograman PHP ini dalam prakteknya sebagai bahasa pemrograman sebuah website merupakan basic dari pembuatan WordPress dan juga Joola.

(Baca Juga: Perbedaan HTTP dan HTTPS , Muncul Error Establishing a Database)

  1. Python

Berbeda tipis dengan bahasa pemrograman PHP, Python merupakan bahasa pemrograman website berikutnya yang masuk ke dalam daftar populer. Dengan persentase sebesar 11.2%, maka python merupakan bahasa pemrograman yang memiliki tingkat popularitas yang bersaing dengan bahasa pemrograman PHP. Python merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada era 1991, dimana nama dari python ini sendiri diambil dari sebuah serial komedi bernama Monty Python pada era 70 – an. Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup mudah untuk dpahami dan juga dikembangkan, sehingga wajar saja apabila python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer untuk digunakan. Salah satu perusahaan atau website yang menggunakan bahasa pemrograman python ini adalah Google.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan MySQL Server , Kelebihan dan kekurangan Browser Google Chrome)

sponsored links
  1. C#

Bahasa pemrograman populer berikutnya adalah bahasa pemrograman C#. bahasa pemrograman ini menempati urutan ke empat dari total 10 bahasa pemrograman populer yang dibahas pada artikel ini. bahasa pemrograman C# ini memiliki jumlah total persentase penggunaan atau emakaian sebanyak 9.2%. tidak terlalu banyak memamng, apabila dibandingkan dengan popularitas yang dimiliki oleh bahasa pemrograman Java. Namun demikian, bahasa pemrograman C# adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup umum digunakan karena menggabungkan prinsip penggunaan bahasa pemrograman C dan juga C++. Bahasa pemrograman C# ini sendiri dikembangkan oleh salah satu raksasa software di dunia, yaitu Microsoft, dengan penggunaan .NET Framework yang bisa dibuat dengan menggunakan Microsoft Viisual Studio. Beberapa aplikasi di Windows, Android dan juga iOS menggunakan bahasa pemrograman C# ini.

Baca Juga:

  1. C++

Bahasa pemrograman web berikutnya yang populer adalah bahasa pemrograman C++. C++ ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada tahun 1980 – an oleh Bjarne Stroust. Bahasa pemrograman C++ ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C yang sudah lebih dulu diciptakan dan banyak digunakan pada era komputer awal. Bahasa pemrograman C++ ini sendiri berada pada urutan kelima, dengan persentase penggunaan dan juga popularitas sebesar 7.6% saja dari total survey keseluruhan yang dilakukan. C++ sendiri saat ini sudah menjadi salah satu dasar pemrograman dan juga dasar algoritma dari beberapa universitas di Indonesia, dan tentu saja sudah banyak web yang dikembangkan dengan menggunakan basis bahasa pemrograman C++ ini.

(Baca Juga: Fungsi Search Engine dan Contohnya)

  1. C

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu legenda bahasa pemrograman, karena merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sudah cukup tua, serta banyak menjadi dasar bagi pengembangan bahasa pemrograman lainnya. Diciptakan dan juga dikembangkan pada era 70 – an, bahasa pemrograman C, meskipun sudah cukup tua dan tidak teralu banyak digunakan, tetap menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer di kalangan IT pemula. Banyak mata kuliah dan pendidikan program serta web developer dasar menggunakan bahasa C sebagai salah satu bahasan materi dasar mengenai bahasa pemrograman. Hal ini membuat popularitas dari bahasa pemrograman C tetap bertahan, dimana bahasa [pemrograman C menempati urutan ke enam dari 10 bahasa pemrograman web yang ada di artikel ini, dengan persentase sebesar 7.4%.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman C)

  1. JavaScript

Menempati urutan ke tujuh, dengan persentase penggunaan dan juga popularitas sebesar 7.1%, JavaScript masih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cukup dikenal dan juga cukup populer digunakan untuk membuat sebuah website. Javascript ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan telekomunikasi dan juga IT yang cukup terkenal, yaitu netscape. Merupakan salah satu bahasa pemrograman yang pertama kali dikembangkan untuk tujuan pengembangan dan juga pembuatan sebuah website atau situs, karena mampu untuk mengembangkan sebuah situs yang menarik dan juga user friendly.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Javascript)

  1. Objective – C

Objective – C merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada era 1983, oleh Brad Cox dan Tom Love. Bahasa pemrograman Objective – C ini merupkan bahasa pemrograman yang cukup familiar di kalangan pengguna aplikasi di dalam perangkat Apple. Merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C, bahasa pemrograman Objective – C ini memiliki orientasi terhadap objek, sehingga banyak digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi dan juga web yang menarik utnuk dilihat. Menempati peringkat ke delapan, popularitas dari bahasa pemrograman Objective – C ini cenderung tidak terlalu baik untuk pengembangan sebuah situs, karena hanya memiliki popularitas dengan persentase 5.2%.

sponsored links

  1. R

Bahasa pemrograman berikutnya yang merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang populer adalah bahasa pemrograman R. menempati urutan ke Sembilan, bahasa pemrograman R ini memang kurang populer di banyak kalangan pengembang web, karena hanya memilki persentase kecil, yaitu hanya sebesar 2.8% saja. Bahasa pemrograman R ini dikembangkan pada tahun 1993, dan merupakan salah satu bahasa pemrograman yang pada awalnya digunakan untuk kepentingan statistic.kebanyakan website yang menggunakan bahasa pemrograman R ini merupakan jenis website atau situs yang menampilkan sistem penghitungan statistika, dan tentu saja cukup jarang digunakan, mengingat sedikit pula website yang menggunakan fitur statistika sebagai penawaran utamanya.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Software SAS , Kelebihan dan Kekurangan Software MYOB)

  1. Matlab

Sama seperti bahasa pemrograman R, Matlab memiliki jumlah persentase penggunaan dan juga popularitas sebagai bahasa pemrograman web sebanyak 2.8% saja. Matlab sendiri merupakan kependekan dari Matrix Laboratory, yang merupakan program atau bahasa pemrograman yang digunakan untuk melakukan analisis dan juga komputasi numeric. Matlab termasuk ke dalam bahasa pemrograman komputer generasi keempat, memiliki banyak fungsi yang menarik.

(Baca Juga: Fungsi Registry Pada Windows , Fungsi Soundcard)

Itulah ke sepeluh bahasa pemrograman populer. Selain 10 bahasa pemrograman yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa bahasa pemrograman lainnya yang ikut disurvey. Namun demikian tingkat popularitas, yang dilihat dari persentasenya, masih berada di bawah 2.8%, yang berarti sangat sedikit digunakan, dan masih kurang populer dan juga umum digunakan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 07th, October 2016 / 23:18 Oleh :
Kategori : Pemrograman