Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Generasi Ke 4

Sponsors Link

Sebelum kita membahas kelebihan bahasa pemrograman generasi ke 4, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tingkatan bahasa pemrograman.

ads

Tingkatan pada Bahasa Pemrograman

  1. Bahasa pemrograman tingkat rendah

Bahasa pemrograman tigkat rendah merupakan bahasa pemrograman yang sering juga dikenal sebagai bahasa pemrograman geneasi pertama. Merupakan jenis bahasa pemrograman klasik, alias kuno, bahasa pemrograman tingkat rendah ini juga sering dkenal dengan nama bahasa mesin, karena dalam pengaplikasiannya, bahasa pemrograman ini menggunakan kode – kode mesin untuk dapat membuat mesin tersebut bekerja. Merupakan bahasa pemrograman yang sulit untuk dipahami, dan butuh pemahaman penuh agar bisa menggunakan bahasa pemrograman ini.

  1. Bahasa pemrograman tingkat menengah

Bahasa pemrograman yang kedua adalah bahasa pemrograman tingkat menengah. Bahasa pemrograman tingkat menegah akan lebih mudah dipahami oleh para programmer, karena tidak murni menggunakan bahasa mesin dalam pengaplikasiannya. Bahasa pemrograman tingkat menengah ini sudah menggabungkan bahasa Inggris sehari – hari untuk memasukkan perintah terhadap suatu program, seperti STO dan juga MOV.

  1. Bahasa pemrograman tingkat tinggi

merupakan bahasa pemrograman yang saat ini umum dan juga banyak digunakan di kalangan pengembang dan juga apra programmer. Bahasa pemrograman tingkat tinggi ini terdiri dari banyak jenis bahasa pemrograman, yang dibuat sesuai dengan developernya. Ada banyak sekali bahasa pemrograman tingkat tinggi ini, mulai dari bahasa pemrograman C, C ++ , bahasa pemrograman PHP, Java, XML, dan masih banyak lagi jeis lainnya.

Merupakan bahasa pemrograman yang palin hmudah dipelajari, karena selain menggunakan bahasa sehari – hari, bahasa pemrograman ini juga terstruktur, sehingga banyak digunakan oleh para programmer.

Generasi Bahasa pemrograman

Hingga saat ini, bahasa pemrograman sudah mencapai 5 generasi, dmulai dari generasi pertama, yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah (bahasa pemrograman mesin, hingga bahasa pemrograman tingkat tinggi pada generasi ke lima. Berikut ini adalah kelima generasi dari bahasa pemrograman tersebut :

  • Generasi pertama

Bahasa pemrograman generasi pertama (generasi I) merupakan bahasa pemrograman kuno, dimana penggunaan bahasa pemrograman ini berorientasi pada mesin. Dengan begitu, setiap program yang akan dimasukkan ke dalam sebuah mesin, agar mesin tersebut dapat berjalan, menggunakan kode biner pada mesin.

  • Generasi kedua

Bahasa pemrograman generasi kedua (generasi II) merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan prinsip bahasa rakitan atau assembly. Merupakan bahasa pemrograman yang masuk ke dalam tingkatan menengah, bahasa pemrograman generasi kedua ini menggunakan perintah dari bahasa inggris sehari – hari untuk menjalankan fungs program mesin dan juga komputer.

  • Generasi ketiga

Bahasa pemrograman generasi ketiga hingga ke lima merupakan bahasa pemrograman yang masuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. bahasa pemrograman generasi ketiga ini menggunakan pendekatan procedural dalam memberikan perintah kepada mesin. Bahasa pemrograman pascal, BASIC, dan juga bahasa pemrograman C merupakan beberapa jenis bahasa pemrograman generasi ketiga yang banyak digunakan oleh kalangan programmer.

  • Generasi keempat

Bahasa prmrograman generasi keempat merupakan jenis bahasa pemrograman yang saat ini palin populer digunakan di kalangan programmer. Bahasa pemrograman generasi ke empat ini menawarkan kemudahan dalam membuat suatu program, dengan banyak pilihan bahasa pemrograman populer untuk tujuan spesifik, seperti bahasa pemrograman C ++, Java, Visual basic, dan masih banyak lagi

  • Generasi kelima

Bahasa pemrograman generasi kelima merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan sebagai pengembangan dari sebuah program yang bersifat artificial intelligence atau AI. Kebanyakan bahasa pemrograman generasi kelima ini digunakan untuk membuat sebuah sistem operasi pada smartphone, dan fitur digital assistance, seperti Cortana pada Microsoft, dan juga Siri pada iOS.

Sponsors Link

Kelebihan bahasa pemrograman generasi ke IV

Salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan para programmer adlaah bahasa pemrograman generasi ke IV. Hal ini disebabkan karena bahasa pemrograman generasi ke IV menawarkan banyak sekali kelebihan dan juga keunggulan, serhingga sangat populer dan banyak digunakan oleh para programmer di seluruh dunia.

Apa saja kelebihan dari bahasa pemrograman generasi ke IV? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari bahasa pemrograman generasi ke IV :

1. Memiliki banyak pilihan jenis bahasa pemrograman untuk kepentingan spesifik

Kelebihan pertama adalah memiliki berbagai macam bahasa pemrograman untuk kepentingan spesifik. Misalnya, ketika kita akan membuat sebuah aplikasi dan juga software yang sifatnya multi platform, maka kita bisa menggunakan bahasa pemrograman Java. Sedangkan apabila ingin mengembangkan sebuah aplikasi yang berbasi web, maka kita bisa menggunakan bahasa pemrograman CSS, HTML ataupun PHP.

2. Mudah untuk dipelajari

Bahasa pemrograman generasi ke IV juga merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah untuk dipelajari, terlebih lagi apabila kita memahami dasar – dasar dari bahasa pemrograman tersebut.

3. Menggunakan bahasa yang biasa digunakan sehari – hari

Bahasa pemrograman generasi ke IV menjadi mudah untuk dipelajari karena faktor ini. ya, bahasa pemrograman ini menggunakan bahasa yang digunakan manusia dalam kesehariannya, sehingga menjadi lebih mudah untuk dipahami.

4. Jauh lebih sederhana apabila dibandingkan dengan bahasa mesin (generasi pertama)

Apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman mesin (generasi I), maka bahsa pemrograman generasi ke IV ini merupakan bahasa pemrograman yang jauh lebih sederhana, namun memiliki fungsi yang sangat kompleks.

Sponsors Link

5. Pengembangan program dan aplikasi yang jauh lebih beragam dan menarik

Yang terakhir, bahasa pemrograman generasi ke IV ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat meningkatkan kreativitas dari para pengembang. UI yang digunakan pada bahasa pemrograman generasi ke IV ini bisa dibuat sesuai dengan keinginan pengembang, sehingga dapat membuat sebuah aplikasi yang lebih menarik dan juga user friendly, alias bisa digunakan oleh siapa saja.

Selain kelebihan tersebut, kekurangan bahasa pemrograman generasi ke 4 juga perlu kita pertimbangkan, berikut adalah beberapa kekurangannya.

  1. Membutuhkan memory yang besar untuk menjalankannya
  2. Software IDE seperti visual studio selain membutuhkan ram komputer besar juga membutuhkan space harddisk yang besar.
  3. Beragam, jadi membuat programmer semakin varitif hingga kurang fokus.

Kelebihan bahasa pemrograman generasi ke 4 tentu sangat banyak dibandingkan dengan kekurangannya, jadi pandai pandai kita memilihnya.

Baca juga : Macam Macam Bahasa Pemrograman

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 02nd, November 2015 / 04:52 Oleh :
Kategori : Pemrograman