Sponsors Link

8 Kelebihan dan Kekurangan Javascript

Sponsors Link

Salah satu bahasa pemrograman yang sangat simple dan paling banyak dipelajari di dalam sekolah dan juga institusi yang berhubungan dengan pengembangan software dan aplikasi komputer adalah bahasa pemrograman javascript. Beberapa pendidikan dasar pada bidang lmu komputer, terutama pengembangan aplikasi dan software memasukkan materi mengenai bahasa pemrograman Javascript dalam pelajaran mereka.

ads

Javascript ini terdapay pada tahap-tahap awal, agar siswa bisa lebih mengerti mengani jenis-jenis bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi komputer. Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada, javascript sangat erat hubungannya dengan pengembangan sisten yang berbasis online. (baca juga: macam-macam bahasa pemrograman)

Ada sedikit perbedaan antara bahasa pemrograman Javascript dengan bahasa pemrograman lainnya. Apabila bahasa pemrograman pada umumnya berfokus pada pengembangan aplikasi dan software berbasi platform dan sistem operasi, maka bahasa pemrograman Javascript berfokus pada pengembangan sebuah aplikasi yang menggunakan basis web browser.

Perbedaan Javascript dengan Bahasa Pemrograman Lainnya

Jadi, secara umum, semua aplikasi yang dibuat dan juga dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman javascript ini bisa kita gunakan pada sebuah web browser, pada sebuah situs-situs tertentu.

Ternyata, pengembangan aplikasi berbasis web browser yang menjadi focus utama dari bahasa pemrograman Javascript ini bukanlah tanpa alasan. Javascript adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh pihak Netscape, yang merupakan perusahaan telekomunikasi yang mengembangkan sebuah web browser bernama Netscape Navigator, yang pada masanya didaulat sebagai web browser pertama di dunia yang digunakan untuk berselancar di dunia maya.

Karena itu, Netscape kemudian mengembangkan sebuah bahasa pemrograman yang mampu untuk mendukung kebutuhan pengembangan sebuah website.

Kelebihan Javascript

Sebagai sebuah bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam mengembangkan sebuah aplikasi dan juga website, maka tentu saka javascript memiliki beberapa kelebihan dan juga keunggulan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan juga keunggulan dari bahasa pemrograman JavaScript.

  1. Tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil)

Kelebihan dan keunggulan pertama dari bahasa pemrograman Javascript adalah dari hal resource memorynya. Javascript membutuhkan resource memory yang relative kecil dan ringan. Hal ini tentu saja akan sangat membantu para developer dalam mengembangkan aplikasi – aplikasi ringan, namun tetap memiliki fitur dan kegunaan yang sangat banyak bagi user.

Karena tidak membutuhkan space besar, pastinya penggunaan RAM akan semakin simple. Selain itu, bagi user, aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Javascript ini juga dapat dijalankan dengan lebih mudah, dan sangat pas untuk aplikasi yang digunakan sehari-hari.

  1. Mudah untuk dipelajari

Sebuah bahasa pemrograman akan banyak digunakan dan akan banyak dikembangkan apabila bahasa pemrograman tersebut adalah bahasa pemrograman yang simple dan mudah untuk dipahami. Nah, bahasa pemrograman Javascript ini adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang sangat mudah untuk dipelajari.

Sponsors Link

Bahkan, di beberapa sekolah dan kurses mengenai bahasa pemrograman, Javascript adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang wajib dipelajari dan dikuasai oleh para siswa peserta pendidikan tersebut. Bagi anda yang baru akan belajar mengenai bahasa pemrograman, maka Javascript sangat cocok untuk anda pelajari terlebih dahulu.

  1. Dinamis

Dinamis adalah keunggulan dan kelebihan berikutnya dari bahasa pemrograman Javascript. Javascript adalah salah satu bahasa pemrograman yang dinamis diantara banyak bahasa pemrograman lainnya. Dinamin disini adalah fleksbilitas dari pengembangan aplikasi yang berbasis Javascript.

Selain itu, javascript juga mudah untuk diaplikasikan, dan mudah untuk dilakukan penambahan fitur, yang berhubungan dengan fungsi – fungsi penting dari aplikasi tersebut.

  1. Multi platform, bisa dijalankan di banyak sistem operasi

Apalah gunanya sebuah bahasa pemrograman yang canggih, namun hanya bisa digunakan oleh satu sistem operasi saja? Tentunya akan sangat tidak berguna, adanya jenis sistem operasi komputer akan lebih memvariasikan versi yang ada. Maka dari itu, Javascript menawarkan keunggulan berikutnya, yaitu multi platform.

Multi platform berarti sebuah aplikasi yangmenggunakan bahasa pemrograman Javascript bisa dibuat dengan basis sistem operasi apapun, termasuk diantaranya dalaah sistem operasi yang populer digunakan secara umum, seperti sistem operasi Windows, Linux, Android, dan berbagai macam sistem operasi lainnya,

Selain berbasis sistem operasi, aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman berbasis Javascript juga banyak yang bisa dijalankan pada perangkat komputer dan perangkat komunikasi, seperti handphone yang tidak menggunakan sistem operasi tertentu.

  1. Mudah untuk dikembangkan

Kelebihan berikutnya dari bahasa pemrograman Javascript ini adalah mudah untuk dikembangkan. Ketika suatu aplikasi sudah selesai dibuat dengan menggunakan basis bahasa pemrograman Javascript, maka aplikasi tersebut bisa dengan mudah dikembangkan.

Hal ini juga mengacu pada konsep dinamis yang diusung oleh bahasa pemrograman Javascript ini. Aplikasi akan lebih mudah untuk diperbaharui dan dikembangkan sesuai degnan kebutuhan user juga perkembangan teknologi yang ada.

Sponsors Link

Kekurangan Javascript

Nah, sama seperti kebanyakan contoh aplikasi ataupun bahasa pemrograman lainnya, bahasa pemrograman Javascript ini ternyata juga dinilai masih memiliki beberapa kelemahan dan juga kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari bahasa pemrograman Javascript:

  1. Script yang digunakan pada Javascript tidak terenkripsi

Meskipun Javascript adalah bahasa pemrograman yang simple dan mudah dikembangkan, namun ternyata hal ini kontras dengan kemampuan enkripsi dari bahasa pemrograman Javascript. Aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis Javascript memiliki enkripsi yang lemah, dan cenderung tidak terenkripsi.

Hal ini tentu saja menyebabkan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Javascript sangat rentan untuk diretas dan dibajak. Karena itu, beberapa aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Javascript bukanlah merupakan sebuah aplikasi yang krusial dan penting, seperti aplikasi mobile banking, atau aplikasi yang membutuhkan password.

  1. Bukan untuk pengembangan aplikasi stand alone

Merupakan kelemahan, yang juga dampak dari tidak terenkripsinya aplikasi berbasi bahasa pemrograman Javascript. Dengan tingkat keamanan yang sangat rendah, hal ini membuat bahasa pemrograman Javascript hanya bisa dioptimalkan pada sebuah aplikasi yang tergantung pada aplikasi lain.

Contohnya adalah aplikasi pada sebuah web browser. Aplikasi javascript ini hanya bisa dijalankan, ketika user sudah menjalankan aplikasi web browser terlebih dahulu, sehingga hal ini menyebabkan aplikasi Javascript bukan merupakan aplikasi yang mandiri atau stand alone, tapi harus bergantung pada aplikasi lain agar dapat berjalan dengan optimal. Terlebih saat menggunakan browser tentunya user memilih web browser terbaik agar lebih memudahkan dalam mengakses internet.

  1. Memiliki keterbatasan objek

Kelemahan berikutnya dari bahasa pemrograman javascript ini adalah terbatasnya objek. Hal in ijuga dipengaruhi oleh kondisi umum dari bahasa pemrograman Javascript yang sanga simple dan juga sederhana, sehingga tentu saja hal ini akan sanga mempengaruhi fitur – fitur yang dimiliki oleh bahasa pemrograman avascipt ini.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 19th, December 2015 / 04:59 Oleh :
Kategori : Pemrograman