Sponsors Link

5 Fungsi dan Tujuan Mempelajari Rekayasa Perangkat Lunak

Sponsors Link

Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak?

ads

Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui mengenai istilah yang satu ini. Rekayasa perangkat lunak pada dasarnya adalah sebuah ilmu yang menginduk pada ilmu komputer. Rekayasa perangkat lunak dalam bahasa Inggris dikenal juga dengan istilah Software Engineering. Apabila melihat nama itu, pastilah sudah ada bayangan mengenai apa itu rekayasa perangkat lunak.

Rekayasa perangkat lunak merupakan cabang ilmu yang memfokuskan dirinya pada konsep pengembangan dan juga pembuatan sebuah perangkat lunak pada komputer. Dengan adanya cabang ilmu ini, maka siapapun yang mempelajarinya akan memahami mengenai konsep pengembangan dan juga pembuatan sebuah perangkat lunak atau software.

Mempelajari rekayasa perangkat lunak juga merupakan salah satu dari manfaat mempelajari ilmu komputer yang penting, sebab suatu komputer tidak akan berjalan tanpa adanya software atau program. Seperti contoh kecil saat menjalankan komputer, tentunya komputer stersebut harus sudah dilengkapi dengan adanya sistem operasi yang telah siap pakai oleh user.

Apa saja fungsi dan juga tujuan dari rekayasa perangkat lunak?

Tentu saja RPL atau rekayasa perangkat lunak ini memiliki banyak sekali fungsi dan juga tujuan utama. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan juga tujuan dari rekayasa perangkat lunak:

  1. Agar seseorang dapat mengembangkan perangkat lunak yang bermanfaat bagi user

Tujuan dan juga fungsi yang pertama adalah agar seseorang yang mempelajari rekayasa perangkat lunak ini mampu mengembangkan sebuah perangkat lunak yang berguna dan juga bermanfaat bagi usernya. Sebuah perangkat lunak tentu saja tidak akan digunakan oleh user apabila tidak memiliki fungsi yang spesifik.

Karena itu dengan mempelajari rekayasa perangkat lunak, akan membuat seseorang menjadi lebih paham mengenai pengembangan perangkat lunak yang fungsional. Contohnya, perangkat lunak jaringan komputer yang digunakan dalam mengkoneksikan komputer pada internet.

  1. Agar seseorang mampu mengembangkan perangkat lunak yang sudah ada menjadi lebih baik lagi

Perangkat lunak yang sudah ada terkadang membutuhkan pembaruan, karena fungsinya yang mungkin sudah berkurang. Karena itu, dengan mempelajari rekayasa perangkat lunak seseorang akan mampu mengembangkan perangkat lunak yang sudah ada sebelumnya agar kemudian menjadi sebuah sistem perangkat lunak yang dapat berguna dan menjadi lebih baik lagi di kalangan user.

Sponsors Link

  1. Menciptakan sebuah perangkat lunak yang ramah dan user friendly

Sistem perangkat lunak yang user friendly adalah sebuah sistem yang didambakan oleh setiap user. Paling tidak, sebauh sistem perangkat lunak yang user friendly membutuhkan tampilan atau interface yang menarik, fungsionalitas, hingga kemudahan dalam penggunaannya.

Mereka yang mempelajari sistem rekayasa perangkat lunak ini tentu saja paham betul dengan hal ini, sehingga dapat membantu mereka mengembangkan sebuah sistem perangkat lunak yang user friendly, dan pastinya mudah untuk digunakan oleh banyak kalangan user.

  1. Agar sebuah sistem perangkat lunak bisa diintegrasikan dengan peralatan mekanikal yang ada, sehingga menjadi lebih bermanfaat

Beberapa peralatan mekanikal, seperti robotic membutuhkan integrasi dengan perangkat lunak agar bisa bekerja dengan baik dan juga optimal. Mereka yang mempelajari mengenai rekayasa peangkat lunak tentu saja sudah sangat paham dengan hal ini. Dengan kemampuan yang dipelajari dalam rekayasa perangkat lunak, maka sebuah sistem perangkat lunak dapat diintegrasikan ke dalam sebuah peralatan mekanikal, sehingga dapat mendukung kegiatan operasional dari peralatan tersebut.

Sponsors Link

  1. Agar seseorang mampu untuk melakukan perawatan dan maintanence dari perangkat lunak yang sudah ada

Funsi dari mereka yang mempelajari rekayasa perangkat lunak tidak hanya terpaku pada pembuatan dan juga pengembangan dari sistem perangkat lunak yang ada, namun juga berada pada level maintenance atau perawatan dari sebuah perangkat lunak yang ada. Setiap perangkat lunak tentu saja membutuhkan maintenance, terutam aketika perangkat lunak tersebut mengalami suatu gangguan atau kendala. Karena itu, pembelajaran mengenai rekayasa perangkat lunak sangatlah dibutuhkan, untuk kepentingan perawatan dan juga maintenance dari perangkat lunak tersebut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 15th, October 2015 / 09:39 Oleh :
Kategori : RPL