Sponsors Link

30 Daftar Mata Kuliah Sistem Informasi Wajib Diketahui

Sponsors Link

Berikut ini adalah beberapa mata kuliah di dalam program studi sistem informasi secara umum di Universitas yang ada di Indonesia. Namun demikian, ada kemungkinan bahwa beberapa Universitas menggunakan nama dan juga istilah yang berebeda untuk beberapa jenis mata kuliah, dan memiliki beberapa mata kuliah tambahan. (Baca Juga: Keuntungan Kuliah Jurusan Teknik Informatika , Pekerjaan IT Paling Diminati)

ads

Daftar Mata Kuliah Sistem Informasi

  1. Pendidikan Agama

Mata kuliah pertama merupakan mata kuliah yang termasuk ke dalam mata kuliah dasar umum atau MKDU, yaitu pendidikan agama. Pendidikan agama sangat penting untuk diajarkan, karena sesuai dengan prinsip Pancasila dan juga UUD dimana setiap warga Negara bebas memluk dan mempelajari tentang agama yang dipeluknya masing – masing. Penddikan agama sendiri terbagi – bagi menjadi 6 mata kuliah, sesuai dengan jumlah agama yang diakui di Indonesia.

Baca Juga:

  1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan mata kuliah yang penting, karena seperti kita ketahui, segala sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer, misalnya penggunaan bahasa pemrograman dan juga sistem – sistem komputer lebih banyak menggunakan bahasa Internasional, yaitu bahasa Inggris. Hal ini diberikan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap penggunaan Bahasa Inggris di dalam bidang komputer.

  1. Bahasa Indonesia

Salah satu mata kuliah yang termasuk ke dalam MKDU, Bahasa Indonesia juga wajib dipelajari, karena merupakan bahasa nasional, dan masuk ke dalam kurikulum secara nasional.

Baca Juga:

  1. Pengantar Manajemen

Sistem informasi merupakan program studi yang berkaitan erat dengan penggunaannya di dalam sebuah bisnis dan juga perusahaan. Karena itu, para mahasiswanya juga harus mempelajari dasar – dasar manajemeni yang baik, untuk mengetahui dan memahami mengenai cara me-manage sesuatu denan baik, sehingga dapat bekerja dan juga berjalan secara optimal dan bermanfaat.

  1. Pengantar Bisnis

Sistem informasi juga merupakan salah satu mata kuliah yang banyak digunakan di dalam bidang bisnis. Pengantar bisnis diberikan kepada mahasiswa sistem informasi untk mendapatkan dasar – dasar mengenai dunia bisnis, sehingga nantinya bisa masuk dan juga mengoptimalkan karyanya di dalam dunis bisnis secara optimal kelak.

Baca Juga:

  1. Aljabar Linier

Salah satu mata kuliah hitung – hitungan yang ditemui pada program studi sistem informasi. Aljabar linier merupakan mata kuliah yang membahas mengenai persamaan dan juga penghitungan aljabar, dimana mata kuliah ini nantinya berguna untuk menambah dan meningkatkan daya analisis terhadap persoalan coding dan juga perhitungan di dalam membuat sebuah sistem informasi.

ads
  1. Pengantar Teknologi Informasi

Pengantar teknologi informasi berisi tentang materi – materi yang menjelaskan mengenai sejarah teknologi informasi, hingga perkembangann dari teknologi informasi saat ini. mata kuliah ini cukup penting, karena penerapan dan juga implementasi dari sebuah sistem informasi juga menggunakan bagian dari perkembangan teknologi informasi agar bisa berjalan secara optimal.

Baca Juga:

  1. Algoritma dan Pemrograman

Mahasiswa sistem informasi juga disuguhkan dengan materi atau mata kuliah yang berhubungan dengan pemrograman. Dalam mata kuliah ini mahasiswa sistem informasi akan diajarkan mengenai prinsip – prinsip algoritma dalam pemecahan masalah, dan juga mengenai dasar – dasar pemrograman di dalam sebuah komputer dalam membuat dan juga mengembangkan sebuah sistem informasi yang dibutuhkan.

  1. Kewarganegaraan

Salah satu mata kuliah dasar umum, yang wajib, bersama dengan pendidikan agama, bahasa Indonesia dan juga bahasa inggris. Mata kuliah ini mengajarkan mengenai pengamalan nilai – nilai Pancasila sebagai ideology Negara, dasar – dasar dari penerapan ideology, dan juga kehidupan berwarganegara yang baik sesuai dengan Undang – Undang dan juga aturan yang berlaku di Negara Indonesia.

  1. Manajemen Sains

Manajemen sains merupakan mata kuliah berikutnya yang biasa diajarkan kepada para mahasiswa sistem informasi. Manajemen sains merupakan mata kuliah yangmengajarkan atau membahas mengenai proses manajemen di dalam perkembangan sains dan keilmuan, dimana mahasiswa akan mempelajari mengenai perkembangan sains atau ilmu – ilmu tertentu, sehingga bisa mengimplementasikannya ke dalam sebuah sistem informasi.

  1. Statistika

Statistika merupakan salah satu mata kuliah yang cukup penting, karena memberikan banyak sekali materi mengenai penghitungan secara statistic, dimana mata kuliah ini bermanfaat bagi para mahasiswanya untuk bisa menyelesaikan persoalan – persoalan statistic dalam pengembangan sebuah sistem informasi yang akan dibuatnya.

Baca Juga:

  1. Komputer dan Masyarakat

Komputer dan masyarakat, atau sering juga dikenal dedngan IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) merupakan mata kuliah yang cukup penting, karena berhubungan dengan bagaimana seorang Alanis sistem informasi mampu membuat sebuah sistem yang bisa digunakan oleh user atau masyarakat. Mata kuliah ini menjelaskan tentang bagaimana peran manusia sebagai brainware dalam menggunakan sebuah teknologi informasi yang ada, dan bagaimana seharusnya sebuah teknologi informasi yang sudah ada ini bisa membantu user atau manusia dalam bekerja.

  1. Konsep Sistem Informasi

Mata kuliah ini merupakan penjelasan – penjelasan dasar dan juga umum mengenai sistem informasi. Para mahasiswa akan mempelajari mengenai teori – teori di dalam ilmu mengenai sistem informasi, sejarah sistem informasi, tokoh – tokoh, contoh, serta implementasi dari sistem informasi .

  1. Struktur Data

Struktur data merupakan mata kuliah yang memberikan penjelasan kepada mahasiswanya, dimana para mahasiswa akan mempelajari megnenai proses – proses pengolahan data, dan juga tingkatan – tingkatan pada data, serta bagaimana cara mengolah dan juga memproses data yang ada ke dalam sebuah sistem yang sudah ada ataupun sistem yang baru akan dibuat.

  1. Geographical Information System

Geographical Information System atau sistem informasi geografis ini merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai sistem – sistem yang berhubungan dengan geografis.

Baca Juga:

  1. Ilmu Sosial dan Budaya dasar

Ilmu sosial dan budaya dasar merupakan salah satu mata kuliah yang ditujukan kepada mahasiswanya untuk dapat memahami mengenai perbedaan dan juga pemahaman budaya dan juga prinsip – prinsip sosial yang berlaku di dalam masyarakat secara umum. Hal ini akan membantu mahasiswa dalam mengembangkan sebuah sistem informasi yang lebih ramah dan bisa digunakan di dalam kelompok sosial atau kelompok budaya tertentu, atau bisa membantu para mahasiswa dalam mengembangkan sbeuah sistem informasi yang bersifat universal.

  1. Analisis Proses Bisnis

Merupakan kelanjutan dari mata kuliah pengantar bisnis, mata kuliah analisis proses bisnis ini membantu mahasiswanya dalam melakukan analisa terhadap proses bisnis, teori – teori dasar mengenai proses binsis, dan juga mengimplementasikan proses bisnis ke dalam sebuah sistem.

Baca Juga:

  1. Bahasa Pemrograman

Seperti namanya, pada mata kuliah ini, para mahasiswa akan diajarkan mengenai jens – jenis dan juga sejarah bahasa pemrograman, serta pengimplementasian bahasa pemrograman tersebut ke dalam sistem.

  1. Sistem Basis Data

Basis data atau database juga merupakan salah satu elemen penting dalam sistem informasi. Para mahasiswa akan mempelejari tentang analisis basis data, jenis basis data, dan imlementasi dari basis data ke dalam sistem.

Baca Juga:

  1. Analisis dan Perancangan Sistem informasi

Pada mata kuliah ini, para mahasiswa akan mempelajari mengenai bagaimana merancang dan juga melakukan analisis sebuah sistem informasi yang baik dan juga benar.

  1. Perancangan Basis Data

Mata kuliah perancangan basis data memberikan kesempatan pada mahasiswanya untuk dapat membuat dan juga merancang sebuah database atau basis data, yang kemudian bisa bermanfaat dan diimplementasikan ke dalam sistem.

Baca Juga:

  1. Pemrogramana Web

Seperti namanya, mata kuliah pemrograman web ini mempelajari mengenai cara – cara pemrograman terhadap sebuah website, pengembangan, serta pembuatan dari sebuah website atau situs.

  1. Networking

Pada mata kuliah networking ini, para mahasiswa akan mempelajari mengenai konsep – konsep dasar dari pengembangan jaringan, seperti teori, sejarah, dan juga jenis jaringan, hingga dasar – dasar implementasi dari sebuah jaringan.

Baca Juga:

Sponsors Link

  1. Data & Warehouse Mining

Mata kuliah ini mengajarkan para mahasiswanya dalam melakukan proses pengumpulan data yang efektif, serta bagaimana cara menyimpan data yang sudah dikumpulkan di dalam sebuah penyimpanan atau juga di dalam sebuah database yang sudah ada.

  1. Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak merupakan mata kuliah yang mengajarkan mahasiswanya untuk dapat melakukan manajemen, pengembangan, dan juga pembuatan perangkat lunak atau software sehingga bisa digunakan dan juga diimplementasikan sebagai sebuah sistem.

Baca Juga:

  1. Sistem Operasi

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari mengenai dasar – dasar dari sistem informasi, dan juga jenis, sejarah, bahasa pemrograman, dan proses manajemen menggunakan sistem operasi.

  1. Manajemen Proyek Sistem Informasi

Dalam mata kuliah ini, para mahasiswa akan diajarkan mengenai teori – teori dan juga dasar – dasar yang harus dimiliki dan juga dibutuhkan dalam memanage atau mengawasi sebuah proyek yang berhubungan dengan pengembangan dari sebuah sistem informasi.

Baca Juga:

  1. Testing dan Implementasi Sistem Informasi

Seperti namanya, mata kuliah ini akan mengajarkan mahasiswa berbagai dasar – dasar dan juga teori serta penempatan aplikatif dari implementasi sistem informasi, berupa pengetesan, hingga analisis dari sistem informasi yang sudah ada.

  1. Kerja Praktek

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan disebar ke dalam perusahaan – perusahaan dan juga proyek – proyek tertentu untuk terjun langung menagani masalah – masalah dan juga pengembangan sistem informasi. (Baca Juga: Kampus IT terbaik Di Indonesia)

  1. Tugas Akhir

Pada tugas akhir ini, mahasiswa diminta untuk membuat konsep sistem informasi, dan juga mengembangkan konsep itu menjadi sebuah implementasi tersendiri sebagai sebuah sistem informasi mandiri yang bisa digunakan secara optimal untuk keperluan yang spesifik.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 31st, January 2017 / 04:09 Oleh :
Kategori : Sistem Informasi