Sponsors Link

11 Fungsi Algoritma – Keuntungan dan Klasifikasi

Sponsors Link

Algoritma menjadi salah satu mata kuliah yang juga diajarkan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan informatika ataupun komputer. Algoritma sendiri merupakan cara untuk memecahkan setiap permasalahan yang mungkin timbul dalam algoritma. Algoritma sendiri merupakan ilmu yang berkembang dalam dua ilmu besar yaitu pada ilmu komputer dan juga matematikan. Fungsi Algoritma sendiri pada komputer menempati posisi yang snagat penting. (Baca Juga: Pengertian Algoritma Brute Force dan Greedy , Keuntungan Kuliah Jurusan Teknik Informatika)

ads

Apa itu Algoritma?

Deksripsi secara menyeluruh tentang algoritma pada ilmu komputer adalah logika yang ditulis pada perangkat lunak yang ditulis oleh pengembang. Algoritma ditulis untuk membuat komputer menjadi alat yang mampu menghasilkan keluaran yang sama dari masukan yang sudah dicantumkan pada perangkat. Algoritma juga bisa diartikan sebagai prosedur yang berupa langkah demi langkah. Algoritma sering digunakan untuk perhitungan, penalaran secara otomatis dan juga pemrosesan data.

Baca juga:

Apa itu Fungsi Algoritma ??

Algoritma sendiri dibagi menjadi dua hal yaitu prosedur dan fungsi dari Algoritma. Fungsi dari algoritma sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan prosedur dari algoritma. Hanya saja yang menjadi perbedaan disini jika fungsi algoritma lebih memiliki output dengan tipe variable yang berbeda. Algoritma menjadi satu bagian penting dalam komputer dimana algoritma sangat dibutuhkan untuk menjadi satu pengolah data yang ada pada komputer. Secara mudahnya, Fungsi algoritma bisa dikatakan untuk membuat software ataupun perangkat menjadi lebih bagus dan bisa berfungsi dengan lebih maksimal.  (Baca Juga: Manfaat dan Software Pendukungnya , Jenis Sistem Operasi Komputer)

Ada berbagai alasan kenapa fungsi alogritma sangat dibutuhkan pada komputer, berikut alasan penting kenapa penggunaan fungsi alogirtma sangat penting;

  1. Menggunakan fungsi algoritma bisa digunakan untuk memecahkan program yang rumit,
  2. Menggunakan fungsi algorita bisa menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana,
  3. Fungsi algoritma bisa digunakan secara berulang atau lebih dari satu kali penggunaan, (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Matrikulasi)
  4. Memudahkan dalam pembuatan program,
  5. Bisa mengatasi segala masalah dengan logika dan urut,
  6. Menggunakan fungsi algoritma bisa melakukan pendekatan top-down dan juga divide and conquer,
  7. Meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang,
  8. Program yang ada menjadi lebih terstuktur dengan rapi sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami ataupun dikembangkan, (Baca Juga: Manfaat Komputer dalam Bidang Industri)
  9. Ketika terjadi kesalahan bisa dicari dengan mudah karena dengan fungsi algoritma bisa mendapatkan alur yang jelas
  10. Ketika ingin melakukan modifikasi pada program bisa dilakukan hanya pada satu modul saja tanpa harus merubah dan menganggu modul yang lain, (Baca Juga: Daftar Mata Kuliah Teknik Informatika)
  11. Dokumentasi yang lebih mudah,
Sponsors Link

Keuntungan Pembuatan Algoritma

Ada  beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari pembuatan ataupun penulisan argoritma, diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Algoritma bersifat independen berasal dari bahasa pemrograman dan juga komputer yang melaksanakannya artinya pembuatan algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun.
  • Membuat notasi algoritma bisa diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman yang beragam
  • Output yang akan dikeluarkan sama meskipun menggunakan bahasa pemgrograman yang berbeda

(Baca Juga: Pengertian Algoritma, Flowchart dan Pseudocode , Algoritma Knapsack)

Hal penting dalam pembuatan Algoritma;

  • Notasi dalam teks algoritma disebut dengan notasi algoritmik, dalam pembuatannya bisa dalam berbagai bentuk notasi karena notasi untuk algoritma tidak baku;
  • Notasi algoritmik bisa dibuat sendiri dan setiap orang bisa membuat notasi algoritmiknya sendiri asalkan mudah dipahami secara umum;
  • Pseudocode yang ada pada notasi algoritmik harus ditranslate terlebih dahulu ke dalam bahasa pemrograman supaya bisa dijalankan pada komputer,
  • Algoritma akan sangat membantu dalam memecahkan atau mengkonversikan masalah yang ada pada bahasa pemrograman,
  • Algormitma pentuk ditransalte terlebih dahulu dalam bentuk  notasi bahasa pemgrogaraman.

Baca Juga:

Hal Penting dalam translasi Algoritma:

  1. Pendekklarasian Variabel
  2. Pemilihan Data tipe
  3. Pemakaian Intruksi-intruksi
  4. Aturan Sintaksis
  5. Tampilan Hasil
  6. Cara Pengoperasian Compiler dan interpreter

Cara Merancang Algoritma yang Baik

  1. Masukan (Input)
  2. Keluaran (Output)
  3. Terbatas (Finite)
  4. Pasti (Definities
  5. Efisien

Baca juga:

Klasifikasi Algoritma

1. Rekursi atau Iterasi

Algoritma rekursi adalah algoritma yang memanggil dirinya sendiri secara berulang kali. Algoritma iterative merupakan algoritma yang menggunakan kontruksi berulang yang terkadang memiliki data tambahan pada struktur yang dibuat.  (Baca Juga: Fungsi Flowchart dalam Pemrograman , Fungsi Software Basis Data)

2. Logical

Untuk algoritma logical ini memposisikan algoritma seperti logika deduksi yang terkontrol.

3. Serial, parallel atau terdistribusi

Algoritma yang yang menjalankan satu intruksi saja disebut dengan komputer serial. Algoritma pararel menggunakan komputer yang memiliki prosesor-prosesor yang bisa mengerjakan satu perintah dalam satu waktu yang sama. Untuk algoritma distribusi merupakan algoritma yang menggunakan banyak mesin yang terhuung dengan jaringan. (Baca Juga: Macam-macam Bahasa Pemgrograman , Jenis Firewall)

4. Deterministik atau non-deterministik

Untuk algoritma determinstik adalah alogritma yang bisa menyelesaikan masalah dengan keputusan yang tepat, sedangkan untuk non determinastik merupakan alogoritma  yang bisa menyelesaikan masalah dengan menggunakan metode penerkaan. (Baca Juga: Dampak Pengaruh CPU Usage 100 , Manfaat CPU)

Sponsors Link

5. Tepat atau perkiraan

Algoritma bisa saja memiliki solusi yang tepat atau paling tidak harus memiliki perkiraan yang mendekatai dengan solusi yang benar. Untuk merumuskan perkiraan ini bisa mencari dengan cara strategi deterministic ataupun secara acak. (Baca Juga: Perbedaan Quad Core dengan Dual Core , Jenis Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah

6. Algoritma Quantum

Menggunakan model realistic dari komputasi yang quantum.

Dalam Algoritma ada dua hal penting yang harus diperhatikan yaitu fungsi dan prosedur. Kedua hal ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan sehingga para pengguna tidak perlu bingung dalam memahaminya, diantarannya adalah sebagai berikut;

  1. Dilihat dari segi nilai yang dikirimkan fungsi dan prosedur memiliki perbedaan. Jika pada fungsi nilai yang dikirimkan balik akan terdapat pada nama fungsinya sedangkan jika pada prosedur akan dijadikan sebagai acuan.
  2. Perbedaan yang kedua, dikarenakan nama balik terdapat pada nama fungsi maka fungsi bisa langsung digunakan ataupun juga bisa langsung untuk dipindahkan.
  3. Sedangkan untuk prosedur, nama tidak bisa langsung digunakan karena yang bisa digunakan langsung adalah paramternnya.

Baca juga:

Dengan melihat berbagai hal tentang Algoritma maka bisa disimpulkan jika memang Algoritma ini memang memiliki fungsi yang cukup penting dalam ilmu komputer. Meskipun memang algoritma tidak hanya berhubungan dengan komputer, namun untuk di ilmu komputer memang Algoritma memiliki fungsi yang sangat penting. Menggunakan proses algoritma membuat proses yang ada pada komputer enjadi lebih mudah untuk dipahami karena bisa memberika langkah-langkah yang lebih logis.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 17th, November 2016 / 23:34 Oleh :
Kategori : Sistem Informasi