Sponsors Link

Peran Teknologi Dalam Pendidikan dari Segi Teknologi Mesin, Informasi hingga Komputer

Teknologi. Apabila mendengar kata-kata ini, pasti yang terbestit di dalam benak anda adalah sebuah perkembangan peralatan yang dapat membantu mempermudah dan melancarkan setiap pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Memang, sebuah teknologi merupakan sebuah inovasi yang diciptakan dan juga dikembangkan, yang memiliki sebuah kepentingan utama untuk membantu mempermudah segala bentuk kegiatan dan juga kepentingan manusia.

ads

Salah satu manfaat penting dari serbuah teknologi banyak dirasakan ada pada bidang pendidikan. Saat ini, pendidikan sudah banyak sekali dikombinasikan dengan teknoogi, sehingga dapat membantu memajukan perkembangan pendidikan di Negara kita juga dunia. Memang tak bisa dipungkiri bahwa fungsi teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan cukup berpengaruh.

Dengan adanya peran teknologi dalam pendidikan ini semakin membuka lebar pikiran serta pandangan secara lebih luas. Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan dan juga peran dari teknologi di dalam bidang pendidikan:

Teknologi Mesin

  1. Mempermudah pemerataan distribusi peralatan sekolah

Teknologi mesin saat ini banyak mengembangkan tipe dan jenis kendaraan baru yang memiliki performa juga kemampuan yang baik untuk proses distribusi. Hal ini akan membantu pihak sekolah dan universitas dalam melakukan pendistribusian peralatan belajar secara fisik, sehingga menjadi lebih mudah juga lebih cepat.

  1. Membantu pengembangan peralatan praktek untuk siswa

Beberapa siswa membutuhkan peralatan praktek untuk dapat lebih mendalami dan memahami segala materi yang dipelajari di dalam proses belajar dan mengajar. Karena itu teknologi mesin saat ini sangat membantu pihak institusi pendidikan untuk memperoleh alat peraga juga alat praktek yang kebanyakan dibuat oleh tenaga mesin, sehingga hasilnya menjadi lebih presisi dan lebih cepat.

Teknologi Informasi dan Komunikasi

  1. Mepermudah komunikasi siswa dengan pengajar

Pada masa sebelum internet mulai banyak digunakan, terkadang guru dengan murid atau mahasiswa dengan dosennya sulit sekali untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Saat ini dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, hampir tidak ada batasan komunikasi antara guru dengan muridnya maupun dosen dengan mahasiswanya.

Karena komunikas sangat mudah untuk dibangun secara tidak langsung, seperti dengan menggunakan telepon, email dan chatting. Hal ini menjadi dasar perkembangan jaringan komputer yang semakin meluas dari waktu ke waktu dengan pengguaan internet yang semakin meningkat.

  1. Melakukan update ilmu pengetahuan

Teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dalam hal update atau pembaruan dari sebuah ilmu pengetahuan. Dengan adanya teknologi informasi, banyak penelitian-penelitan yang ditujukan untuk meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan agar menjadi lebih maju lagi.

Oleh sebab itu peran internet terhadap prestasi belajar siswa juga menjadi hal yang baik bagi perkembangan pembelajaran untuk para pelajar. Dalam segala hal internet memang cukup memiliki andil bagi dunia pendidikan.

  1. Virtual Class

Virtual class merupakan sebuah produk lainnya yang berasal dari peran penting teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan. Virtual class merupakan suatu metode pembelajaran yang berbasis komunikasi, dimana semua siswanya bisa belajar dari rumah, hanya dengan menggunakan komputer dan internet.

Siswa akan terhubung secara online dengan staff pengajar, dan akan memperoleh materi secara online dengan menggunakan fitur video streaming yang mudah dan cepat.

  1. Mempermudah komunikasi antar siswa

Selain dapat memermudah komunikasi antara guru dengan muridnya, komunikasi antar siswa pun juga akan menjadi semakin mudah dan juga efisien dengan adanya teknlogi informasi ini. Antar siswa akan menjadi lebih mudah untuk saling berkomunikasi satu sama lain, terutama untuk kepentingan belajar bersama.

Seperti menanyakan tugas, ataupun mengerjakan tugas secara bersama-sama, yang akan meningkatkan minat dan kemauan belajar dari setiap individu. Karena belajar bersama merupakan salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang ada.

  1. Membantu orangtua mengetahui perkembangan anak dengan memanfaatkan sistem informasi

Tidak hanya dari sisi internal sekolah dan muridnya dalam institusi pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi juga efektif untuk membantu memberikan informasi dari institusi pendidikan tersebut ke orangtua atau wali dari muridnya.

Hal ini menggunakan konsep sistem informasi, dimana segala bentuk informasi yang tersedia. Kemudian akan ditampilkan di dalam program tertentu, sehingga setiap orangtua bisa mengetahui perkembangan anaknya di sekolah.

Karena penyebab teknologi komputer berkembang cepat ini menjadikan motivasi bagi dunia pendidikan untuk terus bergerak maju demi kualitas dan kreativtas anak bangsa di masa akan datang.

  1. Membantu siswa dalam mengerjakan tugas

Teknologi informasi yang berkembang saat ini, yaitu internet merupakan salah satu pengembangan teknologi informasi yang sangat banyak dan marak untuk digunakan secara luas. Dengan adanya internet, siswa dapat dengan mudah mendapatkan informasi penting yang berkaitan dengan mata pelajaran juga materi yang akan dipelajari.

Hal ini nantinya juga akan berpengaruh kepada kemampuan siswa dalam mengerjakan tugasnya. Apabila memiliki materi yang cukup, maka tugas akan bisa dikerjakan dengan sangat baik dan juga siswa akan lebih mudah memahami materi tersebut.

  1. Mempermudah siswa dalam membeli buku pelajaran

Saat ini buku pelajaran dan buku pegangan tidak harus dicari di dalam toko buku ataupun dibeli melalu tata usaha sekolah. Dengan adanya teknologi informasi dan komnunikasi ini, setiap buku pelajaran bisa dipesan dengan mudah secara online.

Kita hanya perlu mencari buku tersebut di situs online, lalu kemudian membayarnya dengan menggunakan kartu kredit ataupun transfer melalui bank. Hal ini akan lebih membantu murid, agar tidak perlu bersusah payah berkeliling toko buku dalam mencari buku yang dibutuhkannya.

  1. Memudahkan siswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun

Teknologi internet memang benar-benar dapat memberikan banyak manfaat di dunia pendidikan, baik formal maupun non formal. Hal ini ditunjukkan, dengan banyaknya situs dan website belajar mandiri, yang mampu membuat semua orang dapat belajar secara mandiri juga online. Sehingga setiap individu dapat belajar apapun dimanapun juga kapanpun dengan sangat mudah dan juga efisien.

Namun, perlu juga memperhatikan bahaya internet bagi anak sekolah. Karena dijaman sekarang ini internet yang dengan mudah diakses melalui gadget pribadi terkadang dimanfaat kedalam hal buruk. Contohnya dengan mengakses hal-hal negatif yang tak tepat sasaran seperti unsur pornografi.

  1. Membantu siswa dalam menemukan minat dan bakat

Siswa, terutama yang beada pada rentang usia remaja sedang berada pada tahapan mencari jati dirinya. Hal ini berhubungan erat dengan keinginan siswa dalam memahami minat juga bakat yang dimilikinya. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi ini, setiap siswa dapat dengan mudah mencari informasi penting yang dibutuhkan untuk memahami bakat dan minat mereka.

  1. Mempermudah pendaftaran dan administrasi pendidikan

Saat ini, pendaftaran sekolah dan universitas banyak dilakukan secara online. Hal ini merupakan salah satu dampak positif yang bisa kita peroleh dari perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Kita tidak perlu lagi repot mengantri untuk mengembalikan formulir pendaftaran. Cukup dengan mendaftar secara online, cepat, mudah juga aman.

  1. Transparansi hasil belajar siswa

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini mendukung transparansi hasil belajar siswa yang mudah untuk diakses. Nilai raport, IPK dan nilai lainnya dapat dengan mudah diakses tanpa adanya manipulasi dan juga pengubahan. Semuanya dapat diakses secara transparan dengan menggunakan sistem informasi, dan teknologi komunikasi yang saat ini terus berkembang.

Teknologi Komputer

  1. Tidak perlu repot membawa buku pelajaran yang berat

Masih ingat pada masa SD dahulu dimana tas yang dibawa sangatlah berat akibat banyak sekali buku yang harus dibawa? Saat ini, hal tersebut sudah bisa dikurangi, yaitu dengan penggunaan ebook. Ebook atau electronic book merupakan salah satu terobosan penting di dalam dunia pendidikan.

Khususnya, dimana setiap siswa dapat membawa banyak sekali buku pelajaran di dalam satu buah laptop ataupun smartphone saja. Hal ini tentu saja akan meringankan beban dari para siswa yang seringkali mengeluh dengan beratnya tas yang harus dibawa ke sekolah atapun kampusnya.

  1. Membantu siswa dalam membuat laporan, makalah dan tulisan ilmiah

Sebelum teknologi komputer mulai berkembang dengan pesat semua bentuk laporan, dan tulisan ilmiah dibuat dengan menggunakan tulisan tangan, ataupun mesin ketik yang kurang efisien dan tentu saja sulit untuk dioperasikan. Akan tetapi saat ini dengan berkembangnya teknologi komputer, maka penggunaan mesin ketik ataupun tulisan tangan sudah jauh ditinggalkan.

Adanya komputer, siswa dapat membuat dan menyusun segala bentuk tulisan ilmiah juga makalah dengan mudah, dan lebih cepat, yang dapat meningkatkan efisiensi waktu siswa dalam belajar dan mengerjakan tugas di rumah.

  1. Meningkatkan kreativitas siswa

Teknologi komputer saat ini juga turut andil dalam meningkatkan kreativitas siswa. Ya, berbagai macam program dan juga software yang ditawarkan di dalam sebuah komputer akan meningkatkan kreativitas yang dimilki oleh siswa. Misalnya, dalam membuat sebuah presentasi, siswa bisa menggunakan software seperti power point atau prezi, yang bisa dikustomisasi secara bebas, sesuai dengan kreativitas mereka.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa kreativitas dan juga kecerdasan emrupakan dua hal yang saling berhubungan erat, dimana setiap orang yang kreativitasnya tinggi, memilki kecerdasan yang juga tinggi.


  1. E-Learning

e-learning merupakan sebuah konsep belajar dengan menggunakan komputer. Setiap materi dan juga mata kuliah ataupun mata pelajaran akan dikemas ke dalam sebuah progam komputer tertentu, dimana setiap paket terdiri dari penjelasan materi, soal pemahaman, dan juga forum diskusi atau Tanya jawab.

Dengan adanya e-learning ini, maka setiap siswa dimunkinkan untuk mengakses sistem pembelajaran dimanapun, seperti di komputer, laptop, ataupun di dalam gadget milik pribadi sekalipun. Sangat praktis, mudah dan juga cenderung lebih efisien dari segi waktu dan juga tenaga apabila dibandingkan dengan sistem belajar tradisional yang mengharuskan adanya tutor ataupun tenaga pengajar.

  1. Meningkatkan minat belajar siswa

Teknologi komputer juga disinyalir dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa. Ya, dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh komputer, maka wajar saja hal ini akan membantu meningkatkan minat belajar siswa. Siswa tidak akan menjadi bosan dengan hal – hal monoton yang dipelajari di dalam kelas. Minat belajar yang tinggi, tentu saja nantinya akan diimbangi dengan hasil belajar yang baik dan juga memuaskan.

  1. Memudahkan sekolah dalam mendata jumlah siswa dan biodata siswa

Pendataan sekolah mengenai jumlah siswa dan juga profil milik siswa pun akan menjadi lebih mudah. Sekolah dapat menyimpan data – data penting siswa di dalam harddisk, dan bukan di dalam lemari penyimpanan berkarat lagi seperti jaman dahulu. Dengan adanya teknologi komputer ini, maka sekolah akan menjadi lebih efisien dalam menyimpan data.

  1. Mengurangi pemakaian kertas, terutama untuk tugas sekolah dan ujian

Saat ini, penggunaan kertas sudah berada pada level darurat. Hal ini disebabkan karena penggunaan kertas dapat menyebabkan hutan dapat rusak dan juga hilang. Krtas merupakan produk yang merupakan hasil olahan dari kayu, yang mana tentu saja agar dapat membuat sebuah kertas, maka sebuah perusahaan haruslah menebang pohon terlebih dahulu. Penebangan pohon ini tentu saa sangat merugikan alam, karena berpotensi meingkatkan kerusakan alam.

Akan tetapi, dengan adanya perkembangan teknologi komputer, maka saat ini penggunaan kertas menjadi sedikit berkurang. Hal ini dikarenakan banyak sekali buku dan juga tulisan yang tidak dicetak menjadi sebuah buku secara fisik, namun hanya dijadikan sebagai ebook saja.

Tentu saja, hal ini akan sangat membantu memperbaiki kerusakan alam yang disebabkan penebangan pohon akibat pembuatan keratas. Selain itu, hal ini juga akan membantu penghematan kertas, sehingga kita tidak perlu membuang-buang uang untuk membeli kertas.

  1. Mempercepat administrasi di tata usaha

Terkadang bagian tata usaha merupakan bagian yang paling sibuk diantara bagian lainnya di dalam dunia pendidikan. Hal ini disebabkan karena bagian tata usaha bertanggung jawab untuk mengatu segala sumberdaya yang ada di dalam institusi pendidikan tersebut, sehingga semuanya bisa teratur.

Dengan adanya teknologi komputer, maka kinerja dari tata usaha kan menjadi jauh lebih cepat dan juga jauh lebih efisien, karena tidak perlu repot mencari file yang hilang ataupun menulis. Dengan adanya perkembangan teknologi komputer, maka pegawa tata usaha hanya perlu mengetik data-data dan juga informasi, dan mencari data tersebut di dalam database yang sudah terkomputerisasi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 29th, October 2015 / 09:39 Oleh :
Kategori : Sistem Informasi