Sponsors Link

Teknologi Digital dalam Fisika – Manfaat dan Software Pendukungnya

Sponsors Link

Perkembangan teknologi digital saat ini sudah tidak bisa dipungkiri. Munculnya teknologi ini berpengaruh ke berbagai aspek kehidupan, mulai dari gaya hidup, komunikasi hingga berpengaruh dalam bidang sains. Siapa yang tak mengenal teknologi digital di zaman yang serba modern ini. Adanya teknologi digital memberi kemudahan pada berbagai aspek kehidupan. (Baca Juga: Peran Teknologi Dalam Pendidikan , Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli)

Teknologi digital adalah sebuah rangkaian teknologi yang pengoperasiannya tidak lagi memerlukan dan menggunakan tenaga manusia tetapi lebih cenderung pada sistem pengoperasian yang serba otomatis dan canggih dengan sistem komputeralisasi yang dapat dibaca oleh komputer. (Baca Juga: Penyebab Teknologi Komputer Berkembang Cepat , Fungsi Sistem Operasi )

Berbagai bidang yang sedang ditekuni manusia dalam sebuah negara kini sudah banyak memanfaatkan teknologi digital sebagai media dan alat bantu dalam menyelesaikan aktivitas dan tugas sesuai bidangnya. Salah satu pemanfaatan teknologi digital ini diterapkan dan digunakan di bidang sains, seperti fisika.

Baca Juga:

Perkembangan teknologi digital telah memberikan pengaruh besar terhadap dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran. Derasnya arus perkembangan teknologi ini membuat pada penyelenggara pendidikan harus menyiapkan dan mempersiapkan peserta didik untuk memasuki era globalisasi yang penuh tantangan ini. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Matrikulasi , Pengertian Sistem Pakar Menurut para Ahli)

Pembelajaran dalam dunia sains seperti fisika juga tidak luput dari pesatnya kemajuan di bidang teknologi digital. Berbagai penelitian fisika yang dilakukan para ahli saat ini tidak pernah lepas dari peran teknologi. Penggunaan teknologi digital ini akan mengoptimalkan pembelajaran dalam fisika jika sang guru atau ahli sains dapat meningkatkan kemampuan profesionalnya untuk menggunakan produk digital ini. Contoh penerapan teknologi digital dalam pembelajaran fisika adalah memadukan penggunaan laboratorium nyata dengan laboratorium virtual atau maya sehingga mampu membuat hasil belajar yang maksimal.

Baca Juga:

Teknologi digital memiliki andil yang sangat besar dalam membantu menampilkan fenomena fisika. Dalam dunia pendidikan terkadang banyak hal yang abstrak dan imajinatif yang sulit dipikirkan oleh peserta didik sehingga dengan adanya teknologi digital hal yang abstrak tersebut dapat dipresentasikan melalui simulasi komputer. (Baca Juga: Cara Melacak Orang dengan GPS , Software Untuk Melacak Lokasi Nomor Handphone)

Sponsors Link

Beberapa latihan dan percobaan-percobaan virtual dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi digital untuk penanaman dan penguatan konsep fisika dalam memecahkan masalah sehari-hari. Selain itu, sebagian besar dalam pembelajaran fisika selalu memerlukan media peraga atau alat penunjang untuk materi yang berhubungan dengan fenomena alam agar memudahkan pemahaman materi pada peserta didik. Dengan adanya multimedia yang merupakan hasil dari teknologi digital membantu menggambarkan fenomena-fenomena fisika secara jelas atau secara visual sehingga lebih mudah dipahami dan diamati. (Baca Juga: Ciri-Ciri Komputer Generasi Kelima , Fungsi Port pada Komputer)

Teknologi digital memiliki potensi besar dalam membantu menampilkan fenomena-fenomena fisika. Di bidang penelitian sudah ada teleskop, mikroskop, bahkan teropong dalam bentuk digital. Apa yang kita lihat dengan mikroskop atau teleskop akan terpampang pada layar monitor. Teknologi-teknologi digital seperti ini sudah sangat diperlukan dalam penelitian guna mendapatkan temuan-temuan baru.

Baca Juga:

Dunia pendidikan jelas dituntut agar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital. Pemanfaatan teknologi digital dalam fisika ini memiliki beberapa manfaat diantaranya:

  • Dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar
  • Memudahkan tenaga pendidik mengajarkan fisika bagi peserta didik
  • Dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Membantu memahami fenomena-fenomena fisika dengan lebih mudah

(Baca Juga: Manfaat Youtube , Tujuan Mempelajari Jaringan Komputer)

Ada berbagai software dan situs-situs hasil teknologi digital yang dapat membantu dalam pembelajaran fisika, seperti:

sponsored links

  1. Ideal gas in 3D yaitu software yang membantu pembelajaran tentang termodinamika sehingga dapat memvisualisasikan gas dalam proses isochoric, isobaric, dan isothermal.
  2. Crocodile physics software yaitu perangkat lunak yang memberi simulasi tentang mekanika, gelombang optik, sampai elektronika.
  3. Electric field 2.01 yaitu software yang membantu mempelajari fisika tentang listrik statik.
  4. Roller coaster simulator 6 yaitu software untuk membuat roller coaster sehingga kita dapat melihat apakah kereta kita bisa tetap berada pada track.
  5. Laboratorium maya atau virtual lab yaitu situs yang menyediakan praktikum fisika gratis.
  6. Software-software astronomi seperticybersky 3.3.1, stellarium, dan starrynight. Melalui teknologi digital berupa software ini, kita dapat belajar tentang terbentuknya tata surya, pembelajaran tentang gelombang elektromagnetik di satelit, dan mengetahui seluruh isi alam semesta.

(Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi , Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan)

Masih banyak tenologi digital yang saat ini sudah mulai digunakan dalam pembelajaran fisika, mulai dari software, situs-situs dan alat-alat penelitian lainnya. Selain memberi kemudahan dalam pembelajaran fisika, segala bentuk teknologi digital ini juga mengurangi ketidakteraturan dalam pembelajaran seperti harusnya antri ketika praktikum karena alatnya yang kurang memadai.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 12th, November 2016 / 00:20 Oleh :
Kategori : Teknologi Informasi