6 Kelebihan dan Kekurangan OpenCart Untuk Toko Online

Sponsors Link

OpenCart merupakan salah satu aplikasi CMS atau Content Management System yang cukup populer dan banyak digunakan oleh kalangan pemilik dan juga pengembang dari sebuah toko online. OpenCart saat ini sudah banyak menjadi bagian dari beberapa toko online dan juga e-commerce di dunia. Hal ini tentu saja disebabkan karena CMS yang satu ini memiliki beberapa keunggulan dan juga kelebihan. Apa saja kelebihan dan juga keunggulan dari OpenCart? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari CMS OpenCart.

Kelebihan dari Opencart

  1. Fitur openCart yang powerfull dan cukup lengkap dibandingkan CMS lainnya

Kelebihan dan juga keunggulan pertama dari CMS opencart ini adalah fitur – fitur yang dimiliki oleh opencart yang dinilai sangat powerfull dan juga sangat lengkap. Banyak yang menganggap dan jug amembandingkan fitur yang ada pada CMS opencart ini dengan CMS – CMS lainnya yang beredar di dunia marketing dan juga online shop, ternyata membuktikan bahwa penggunaan OpenCart sebagai salah satu CMS yang sangat lengkap apabila dibandingkan dengan CMS – CMS lainnya. Tentu saja ini merupakan salah satu keuntungan tersendiri bagi anda yang menggunakan OpenCart sebagai salah satu CMS pada toko online anda.

(Baca juga : CMS Toko Online Paling Bagus – Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce)

  1. Kustomisasi yang mudah dilakukan oleh pengembang toko online

Kustomisasi merupakan salah satu kunci utama yang harus bisa dikuasai oleh setiap pengembang toko online. tanpa adanya kustomisasi yang dilakukan dengan baik, maka hasil akhir dari user interface toko online tersebut pun akan berantakan. Karena itu, kustomisasi sangat penting dalam menjaring pengunjung, terutama dari hasil akhir user interfacenya. Nah, untk bisa memperoleh hasil akhir user interface yang baik, maka proses kustomisasi pun harus dilakukan dengan sempurna, dimana opencart sangat mendukung hal ini, karena memilki pengaturan dan juga kustomisasi yang mudah dipahami dan juga mudah untuk dilakukan.

(Baca juga : Manfaat Online Shop)

  1. Fiturnya sederhana, namun lengkap dan mudah dipahami

Fitur-fitur pada CMS opencart ini memang terbilang sederhana. Namun demikian, dari kesederhanaan fitur tersebut, ternyata malaha memudahkan setiap pengembang toko online menjadi lebih mudah untuk memahami fitur – fitur yagn ada di dalam CMS toko online tersebut. Dengan begitu, semua fitur akan dapat dipergunakans ecara optimal, dan juga bisa membantu pengembangan sebuah situs toko online yang lebih baik untuk para pengunjungnya.

  1. Proses loading dari website yang lebih ringan dan juga cepat

Keunggulan berikutnya dari penggunaan OpenCart sebagai CMS yang digunakan untuk pembuatan toko online anda adalah proses loadingnya yang cepat. Ya, penggunaan OpenCart sebagai CMS dari toko online anda menggunakan resource yang lebih ringan, sehingga hal ini pun akan membuat proses loading menjadi lebih cepat. Proses loading yang cepat tentu saja akan memberikan keuntungan tersendiri, karena sudah pasti akan banyak pelanggan dan juga pengunjung yagn menyukai toko online anda apabila toko online anda memiliki kemampuan melakukan proses loading dengan cepat. Bayangkan apabila toko online anda memiliki resource yang sanat berat, dan lama dalam proses loadingnya, hal ini tentu saja akan sangat merugikan anda sebagai pemilik toko online bukan?

sponsored links

(Baca juga : Ciri Ciri Browser Kena Virus)

  1. Halaman admin yang user friendly dan mudah dipahami

Pengembang ataupun programmer yanga kaan membuat sebuah toko online memang biasanya adalah mereka yang sudah mengerti tentang fitur – fitur di dalam sebuah CMS. Namun demikian, apabila halaman admin ditampilkan secara tidak fungsional dan jga tidak user friendly, maka hal tersebut akan menghambat dan juga mempersulit admin dalam melakukan manajemen terhadap toko online mereka. karena itu, OpenCart memberikan kelebihan berupa penggunaan halaman admin yang sifatnya sangat user friendly dan juga mudah untuk dipahami. Hal ini tentu saja akan sangat mempermudah, baik admin maupun programmer dalam merlakuakn manejeman terhadap toko onlne yang dibuat dengan menggunakan CMS OpenCart.

  1. Memilki fitur SEO yang baik dan sangat fungsional

Satu hal yang tidak kalah penting dalam rangka pembuatan toko online adalah SEo alias search engine optimization. Ya, SEO merupakan sebuah standar mutlak yang harus dikuasai oleh pemilik toko online dalam rangka menarik banyak pengunjung dan juga pelanggan untuk masuk ke dalam toko onlinenya. Apabila anda menggunakan blog ataupun media lainnya dalam membuat toko online, maka mungkin anda harus repot mencari kata kunci, hingga administrasi SEO lainnya yang cukup repot secara manual. Namun tidak apabila anda menggunakan OpenCart sebagai CMS toko online anda. OpenCart sudah memiliki fitur SEO sendiri, sehingga anda bisa mengikitu langkah-langkah yang disediakan oleh OpenCart untuk mengoptimalkan fitur SEO di toko online anda.

Sponsors Link

Kekurangan dari OpenCart

Meskipun merupakan salah satu CMS yang kaya akan fitur dan juga memiliki banyak sekali kelebihan, namun demikian, OpenCart pada dasarnya memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangna yang dimiliki oleh opencart adalah harganya yang cukup mahal. Jadi bagi anda yang ingin membangun toko online kecil-kecilan, mungkin anda belum bisa menggunakan sistem CMS OpenCart ini, karena membutuhkan modal yang cukup besar. Apabila anda ingin mencoba, maka anda bisa menggunakan versi trial yagn ditawarkan oleh OpenCart.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 22nd, September 2016 / 07:57 Oleh :
Kategori : Web