5 Kelebihan dan kekurangan CMS OsCommerce

Sponsors Link

CMS atau Content management system merupakan sebuah aplikais yang sengaja dibuat khusus untuk melakukan manajemen data pada konten yang dimiliki oleh sebuah website. Biasanya, CMS banyak digunakan untuk membantu mengembangkan toko online dan juga bisnis E-Commerce. Penggunaan CMS sudah sangat luas, mulai dari situs toko online atau e-commerce yang kecil dan amatir, hingga e-commerce professional and juga dikenal luas di dunia internasional. Salah satunya yang merupakan aplikasi CMS ini adalah OsCommerce. OsCommerce merupakan salah satu aplikasi CMS yang tentu saja bisa anda gunakan untuk membangun toko online anda sendiri. Ada beberapa hal yang menjadi kelebihand ari aplikasi CMS OsCommerce ini. berikut ini adalah beberapa hal yag menjadi kelebihan dari aplikasi CMS OsCommerce :

Baca Juga:

Kelebihan OsCommerce

  1. Ukuran dan juga resource memory yang kecil, sehingga sangat ramah untuk berbagai macam spesifikasi komputer

Apabila anda ingin menggunakan aplikasi CMS yang memiliki resource kecil, serta ramah spek, maka OsCommerce merupakan salah satu aplikasi CMS yang pas untuk anda gunakan. Ya, berbeda dengan beberapa macam aplikasi CMS lainnya, yang membutuhkan resource besar, serta bisa menyebabkan kelemotan pada sisi baik user maupun admin, OS Commerce sangatlah ringan dan juga ramah spek. Anda bisa membuat toko online anda sendiri menggunakan basis CMS OsCommerce ini dengan mudah, tanpa takut muncul gejala lemot, lambat loading, ataupun komputer adna yagn tidak memnuhi spek. Pokoknya, Os Commerce sangat memabntu anda yang memiliki modal kecil dalam pembuatan e-commerce. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Javascript , Kelebihan dan Kekurangan Opera , Kelebihan dan kekurangan Browser Google Chrome)

  1. Mudah untuk digunakan, cenderung simple dan sederhana

Selain resource yang ringan dan juga ramah spek, kelebihan lainnya dari OsCommerce adalah mudah untuk dipelajari, digunakan, dan juga diaplikasikan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan dari OsCommerce yang sangat simple dan juga ringan. Hal ini tentu saja akan membaut OsCommerce menjadi sangat mudah untuk digunakan,sehingga bagi anda yagn mungkin baru belajar, bisa menggunakan aplikasi CMS yang satu ini, karena penggunaannya yagn mudah dan juga sederhana. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce)

Sponsors Link

Kekurangan OsCommerce

Meskipun merupakan salah satu aplikasi CMS yang ringan dan juga mudah untuk digunakan, namun demikian OsCommerce saat ini sudah banyak ditinggalkan, alias sudah kurang populer. Sudah banyak pengembang dan juga programmer yang beralih ke aplikasi CMS lainnya. Hal ini tentu saja tidak lepas dari beberapa kekurangan yang banyak dimiliki oleh aplikasi content management system yang satu ini. kekurangan CMS OsCommerce ini tak pelak membuat reputasi dan juga penggunaannya menjadi menurun dan menjadi CMS yang kurang populer. (Baca Juga: Fungsi Software Basis Data , Manfaat Jaringan Komputer)

Apa saja kekurangan dari OSCommerce ini, sehingga membuat CMS ini menjadi tidak populer? Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari OsCommerce:

  1. Dukungan atau support product yang kurang, atau bahkan tidak diperhatikan dengan baik

Hal pertama yang menjadi kekurangan dari OsCommerce sebagai salah satu aplikasi CMS atau content management system ini adalah dukungan atau support product yang kurang. Seolah, aplikasi ini sudah tidak mendapat perhatian lagi dari pengembang dan juga pembuatnya. Hal ini tentu saja cukup menyulitkan, karena ketika pemilik toko online ataupun pengembang menghadapi masalah, mereka akan sulit untuk memecahkan masalah tersebut akbita kurangnya dukungan atau support. Hal ini merupakan hal pertama yang merupakan kekurangan pertama dari OsCommerce, sekaligus menjadi hal yang menyebabkan OsCommerce banyak ditinggalkan, dan sudah jarang sekali digunakan sebagai aplikasi CMS pada toko online atau e-commerce.

sponsored links

  1. Plugin dan juga fungsi dari komponen – komponen yang minim dan tidak terlalu banyak dan lengkap

Plugin merupakan salah satu senjata andalan dari aplikasi – aplikasi CMS untuk dapat menarik user dan juga customer, sehingga menggunakan CMS tersebut dalam mengembangkan sebuah toko online atau bisnis e-commerce. Namun demikian, sayangnya plugin bukan merupakan sebuah keunggulan yang dimilki oleh OsCommerce. OsCoomerce dinilai memiliki plugin dan juga fungsi komponen – komponen yang tidak lengkap. Hal ini tentu saja sangat menurunkan nilai guna dari aplikasi CMS yang satu ini, terutama dibandingkan dengan aplikasi CMS lainnya yang menawarkan banyaks ekali fitur dan juga plugin, meskipun harus membayar. Apabila anda membutuhkan sebuah toko online atau situs e-commerce yang memilki fungsi yang kompleks dan banyak akan fitur – fitur penting, maka OsCommerce ini bukanlah merupakan sebuah pilihan yagn tepat untuk anda. (Baca Juga: Keuntungan OLX Dari Mana?)

  1. Penggantian template yang cukup sulit untuk dilakukan

Kekurangan berikutnya dari OsCommerce ini adalah perubahan pada penggantian template yang ternyata sulit untuk dilakukan. Hal ini berarti menunjukkan bahwa template dari OsCommerce hanya itu – itu saja. Sulit dirubahnya template ini memang merupakan salah satu kelemahan yang sangat menyebabkan OsCommerce banyak ditinggalkan. Disaat banyak aplikasi CMS yang membebaskan pengguna dan pengembangnya dalam melakukan kustomisasi, justru OsCommerce malah menyulitkan untuk melakukan hal tersebut. Tentu saja hal ini menjadi salah satu poin negative yang dimiliki oleh CMS OsCommerce ini.

Baca Juga:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 08:44 Oleh :
Kategori : Web