Sponsors Link

6 Kelebihan dan Kekurangan CMS Prestashop

Sponsors Link

Prestashop merupakan salah satu CMS atau yang kita kenal dengan istilah Content Management System, dimana merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk melakukan manajemen terhadap content – content di dalam sebuah website atau situs. Biasanya, CMS banyak digunakan oleh situs yang bergerak pada bidang e-commerce, seperti contohnya adalah toko online. dengan menggunakan CMS, maka setiap produk atau konten yang ditawarkan oleh toko online tersebut bisa diatur denga menggunakan bantuan aplikasi CMS. Prestashop adalah salah satu contoh CMS yang cukup populer dan juga banyak digunakan oleh para pengembang dan juga pemilik toko online dalam menjalankan bisnis onlinenya.

ads

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan CMS Magento , Kelebihan dan kekurangan CMS OsCommerce)

Kelebihan PrestaShop

Tentu saja, sebagai salah satu CMS yang banyak digunakan di seluruh dunia, Prestashop pastlah memiliki beberapa kelebihan dan juga poin positif. Apa saja kelebihan dari prestashop ini? berikut ini adalah beberapa kelebihan dari prestashop :

  1. Memiliki opsi pengaturan menggunakaan Bahasa Indonesia

Bagi anda yang mungkin memiliki pemahaman yang kurang dalam hal bahasa asing, terutama bahasa Inggris, maka Prestashop ini mungkin merupakan salah satu CMS toko online yang paling baik untuk anda gunakan. Mengapa? Karena CMS Prestashop ini memiliki opsi pengaturan dengna menggunakan Bahasa Indonesia. Jadi anda bisa lebih memahami dan juga menggunakan fitur serta tool – tool yang ada pada CMS ini secara lebih optimal, karena pasti anda bisa lebih memahami dibandingkan harus memahami pengaturan yang menggunakan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Sangat cocok sekali utnuk digunakan pada Negara Indonesia.

(Baca Juga: CMS Toko Online Paling Bagus , Kelebihan dan Kekurangan OpenCart)

  1. Memiliki banyak sekali fitur – fitur yang penting dalam pembuatan sebuah toko Online

Sama seperti beberapa jenis CMS lainnya, tentu saja Prestashop memilik banyak sekali fitur – fitur penting yang ditawarkan di dalamnya. Fitur – fitur penting ini nantinya juga akan sangat membantu para pemilik toko online dan juga para developer dalam membuat sebuah toko online yang optimal pelayananya, dan tentu saja sangat user friendly. Salah satu fitur penting yang terdapat pada CMS prestashop ini adalah fitur AJAX, yang merupakan salah astu fitur penting yang banyak dibutuhkan dalam pembuatan sebuah online shop atau toko online. Baca Juga:

Sponsors Link

  1. Tampilan dari toko online yang responsive, terutama apabila menggunakannya dalam platform mobile

Saat ini, penggunaan smartphone dan juga tablet sangat gencar dan juga populer di kalangan masyarakat dunia secara umum. Hal ini membuat akses internet menggunakan perangkat mobile, dan non – PC atau desktop sangat banyak. Biasanya akses internet menggunakan mobile app dan juga mobile carrier lebih ringan dibandingkan akses menggunakan PC ataupun desktop. Nah, untuk mendukung hal ini, anda tidak perlu khawatir. Toko online yang dikembangkan menggunakan basis CMS prestashop sangat ramah dengan pengguna mobile phone, sehingga toko online tersebut bisa diakses dengan menggunakan app mobile namun tetp berfungsi optimal, dan tentu saja responsive dalam menanggapi permintaan user.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Browser Safari , Kelebihan dan Kekurangan 4G LTE)

  1. Menyajikan versi trial atau versi demo untuk dicoba.

Bagi anad yang mungkin merasa bahwa prestashop memiliki harga yang cukup mahal untuk pemula, atau bagi anda yang ingin mencoba terlebih dahulu, seperti apa sih prestashop itu, dan bagaimana cara prestashop bisa bekerja, maka anda bisa mencoba prestashop terlebih dahulu, dengan memiliki versi trial atau versi demonya. Hal ini untuk membantu anda memahami fitur – fitur dan memastikan bahwa CMS prestashop ini memang cocok dengan kebutuhan anda yang akan mengembangkan dan juga menbuat sebuah toko online.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Pro Final , Kelebihan dan Kekurangan Software MYOB)

Kekurangan Prestashop

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, namun demikkian, tentu saja prestashop juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan dari prestashop ini sebagai aplikasi CMS untuk toko online? berikut ini adalah kekurangan dari prestashop :

Sponsors Link

  1. Penggunaan plugin yang komplit menyebakan proses loading dari toko online yang menggunakan CMS PrestaShop ini menjadi sangat lambat

Kerugian atau bisa dibilang sebagai kekurangan pertama dari CMS prestashop ini adalah penggunaan pluginnya yang mungkin belum dapat dimaksimalkan. Hal ini disebabkan karena semakin banyak plugin yang digunakan dalam prestashop ini, maka akan menghasilkan sebuah toko online yang lebih lambat dalam merespon. Maka dari itu, bagi anda yang ingin membuat sebuah toko online yang membutuhkan banyak plugin di dalamnya, disarankan jangan mengunakan prestashop ini sebagai CMS toko online anda, karena banyaknya plugin yang digunakan dapat menyebabkan proses loading menjadi lambat dan juga bisa menyebabkan terjadinya time out. (Baca Juga: Ciri Ciri Browser Kena Virus / Malware , Fungsi Session Layer Jaringan Komputer)

  1. Resource memory yang cukup besar, terutama pabila menggunakan fitur lengkap.

Sama seperti penggunaan plugin, penggunaan fitur – fitur tambahan yagn cukup banyak dan juga komplit pada CMS prestashop ini juga dapat menyebabkan membengkaknya resource memory yang dibutuhkan oleh CMS yang satu ini. Hal ini akan menyebabkan seoalah – olah situs atau toko online yang anda buat menjadi lemot dan sulit untuk diakses. Hal ini disebabkan karena resource memory yang yang ternyata membengkak dan besar, sehingga menyebabkan koneksi seolah – olah menjadi lemot dan juga sulit untuk diakses oleh user yang ingin berbelanja di toko online anda. (Baca Juga: Kapasitas RAM Terbesar Saat Ini , Fungsi RAM)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 07th, October 2016 / 11:22 Oleh :
Kategori : Web