7 Kelebihan dan Kekurangan Software MYOB

Sponsors Link

 

 

 

MYOB merupakan kependekan dari Manage Your Own Bussiness, merupakan salah satu jenis software yang berhubungan dengan perhitungan akuntansi modern yang dapat mempermudah anda dalam menjalankan bisnis. Saat ini software MYOB sudah banyak digunakan di dunia, termasuk di dunia untuk membantu mempermudah akses terhadap pembukuan dan juga aktivitas akuntansi bagi perusahaan yang kecil dan menengah atau sering kita kenal dengan nama UKM.

Sejarah MYOB

MYOB sendiri pada awalnya mulai dikembangkan di Australia pada tahun 1991. MYOB berangkat dari keluhan para pengelola usaha kecil dan menengah yang masih merasa kesulitan dalam melakukan proses pembukuan dan juga proses akuntansi dalam usahanya. Maka dari itu, MYOB pun akhirnya mulai dikembangkan dan ternyata mendapatkan respon positif dari para usernya yang terbukti pada era tahun 1999 sudah terjual sebanyak 1 juta copy. Hal ini menunjukkan bahwa MYOB memang memiliki banyak manfaat bagi para pegiat usaha kecil dan menengah.

Kelebihan MYOB

Kesuksesan dari penggunaan MYOB oleh para usernya bukanlah tanpa alasan. MYOB memiliki banyak sekali kelebihan, sehingga menjadi salah satu software akuntansi yang banyak diminati oleh user dan laku keras di pasaran. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari MYOB:

  1. Mudah Untuk Digunakan

Kelebihan pertama dari software MYOB ini adalah mudah untuk digunakan. Ya, sama seperti kebanyak software lainnya MYOB memiliki icon – icon serta description yang jelas untuk tiap fungsinya. Sehingga siapapun yang mungkin tidak mempelajari akuntansi tetap akan bisa menggunakan software MYOB ini. Anda hanya perlu menginput data – data dalam database, lalu kemudian melakukan penghitungan dengan mudah dan cepat.

  1. Pengolahan Perhitungan Akuntansi yang Akurat dan Tepat

Perhitungan akuntansi akan menjadi lebih cepat dan juga efisien dengan menggunakan software ini. Bayangkan apabila anda harus menghitung pembukuan dan beragam rumus akuntansi untuk satu periode secara manual, pasti akan memakan waktu sangat lama. Karena itu, penggunaan MYOB sangat membantu dalam hal efiseisnsi waktu dan juga kecepatan dari perhitungan akuntansi.

  1. Dapat Membantu Mengolah Manajemen Proyek 

Apabila anda membawahi lebih dari 1 departemen, maka MYOB bisa melakukan hal ini. Jadi, MYOB bersifat multi user, bisa digunakan untuk mengawasi dan juga melakukan pengolahan data dari proyek – proyek yang sudah dilakukan oleh departemen yang anda bawahi, seperti departemen keuangan, departemen marketing, departemen HRD, dan kemudian mengolahnya untuk membuat laporan akuntasi dan keuangan perusahaan secara utuh.

  1. Tidak Memerlukan Maintanece

Sebuah software, apabila sudah diinstall akan bisa digunakan terus menerus tanpa perlu melakukan maintanance bahkan mengeluarkan biaya bulanan. Maka dari itu MYOB sangat efektif untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi setiap bulannya untuk software ini.

  1. Software Cukup Murah Untuk Kelas UKM

Harga dari software ini pun cenderung murah dan juga terjangkau. Untuk penggunaan dalam jangka waktu tak terbatas, harga sebsar 6 – 7 juta untuk software ini tidaklah mahal, karena akan membantu anda dalam melakukan manajemen bisnis anda sendiri.

sponsored links

  1. Terintegrasi Dengan Database Perusahaan

MYOB juga sudah memiliki fitur integrasi dengan database perusahaan. Jadi anda hanya perlu memasukan database yang akan anda olah dan analisa, maka hasilnya akan muncul dengan cepat dan juga akurat. Tidak perlu repot – repot meng-copy file terlebih dahulu. Banyaknya software database yang ada memungkinkan keterkaikan software satu dengan yang lainnya, namun untuk software MYOB ini cukup fleksibel untuk masalah database, sebab database yang tersimpanpun cukup aman.

  1. Lebih Cepat Dalam Melakukan Penghitungan Akuntansi

Perhitungan akuntansi juga akan menjadi lebih cepat dengan menggunakan software MYOB ini. Tidak perlu membawa banyak berkas yang tebal dan menggunakan perhitungan rumus secara manual. Anda akan lebih cepat dan juga efektif untuk melakukan penghitungan tersebut.

Kelemahan dari Software MYOB

Meskipun memilki banyak keunggulan dan kelebihan, namun software ini juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemamhan dari MYOB :

  1. Tidak Adanya Fitur Pelaporan Perpajakan di Indonesia 

Karena merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh Australia, maka dari itu beberapa fitur masih mengadopsi Australian style, seperti fitur perpajakannya. Sehingga bagi anda yang ingin menghitung pajak dan juga pelaporan pajak, anda harus menggunakan software lainnya untuk melakukan penghitungan pajak perusahaan anda.

  1. Hanya Bisa Dilakukan pada Satu Perusahaan 

MYOB hanya cocok untuk digunakan oleh pebisnis yang hanya memilki satu perusahaan saja. Jadi bagi anda yang memiliki perusahaan atau anak perusahaan lebih dari satu, alias multi company, sehingga tidak cocok bagi pengusaha yang multi-company. Aplikasi MYOB belum bisa memenuhi kebutuhan para pebisnis dengan banyak kebutuhan.

Sponsors Link

  1. Belum Tersedia dalam Bahasa Indonesia

Mungkin bukan merupakan masalah yang penting, namun demikian terkadang ada beberapa pengguna atau user yang tekadang suka kebingungan akan perbedaan istilah dalam bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris. Karena itu, belum adanya Bahasa Indonesia dalam software MYOB ini juga merupakan suatu kelemahan.

  1. Beda Format Neraca Keuangan Dengan Indonesia

Masih dari perbedaan negara, format keuangan yang didukung oleh software MYOB ini merupakan format neraca keuangan Australia, sehingga hal ini cukup merepotkan, karena format neraca keuangan yang umum digunakan di Indonesia berbeda dengan format neraca keuangan di Australia.

  1. Belum Mendukung Multi Currency

MYOB juga ternyata belum mendukung multi currency, sehingga anda harus melakukan konversi mata uang terlebih dahulu sebelum memasukkan transaksi yang sudah anda lakukan, Cukup repot memang apabila sebuah software keuangan belum mendukung fitur multi currency.

  1. Belum Mendukung Fitur Multi Gudang

Bagi anda yang memiliki lebih dari 1 gudang pun ternyata masih juga direpotkan oleh keterbatasan dari software MYOB. MYOB belum mendukung multi gudang atau multi warehaouse. Hal ini Membuat anda akan kerepotan, terutama apabila anda memiliki lebih dari satu gudang penyimpanan.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari software MYOB. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan juga dapat menambah wawasan anda semua. Terima Kasih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 12th, September 2015 / 06:34 Oleh :
Kategori : Akuntansi