Sponsors Link

20 Aplikasi Membuat Stiker di HP dan PC

Sponsors Link

Membuat stiker sebenarnya gampang – gampang susah, Saya sebut gampang karena memang banyak aplikasi yang memudahkan kita dalam membuat stiker, baik secara instant (template desain sudah di sediakan) ataupun secara kompleks (mendesain sendiri dari awal). (Baca juga : Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis)

ads

Pengertian Stiker

Stiker adalah gambar yang di tempel (gambar tempel), awalnya mungkin begitulah pemahaman Saya mengenai stiker, namun seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, istilah stiker di gunakan tidak hanya pada produk fisik saja, namun pada produk digital juga. (Baca juga : Macam – macam Software Grafis)

1. Stiker tempel yang di cetak

Ini merupakan jenis stiker konvensional, “gambar tempel” mungkin begitu Saya menyebutnya, desain grafis yang di hasilkan selanjutnya di cetak pada kertas khusus sebelum di distribusikan, sasaran pendistribusian pun tentunya media fisik seperti di tempel di kaca mobil, sampul buku, dan lain sebagainya.  (Baca Juga: Bahasa Pemrograman Web Paling Populer , Contoh Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya)

2. Stiker digital (biasanya di gunakan pada IM, Instant Messenger)

Inilah yang Saya sebut dengan penggunaan istilah stiker pada media non-fisik atau lebih tepatnya media digital, Anda tentunya tak asing lagi dengan stiker BBM atau LINE, sebenarnya masih banyak IM yang menyediakan fitur stiker pada aplikasinya.  (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Prestashop , Perbedaan GSM dan CDMA )

Bahkan BlackBerry Messenger dan LINE Messenger mengijinkan pengguna utnuk membuat sendiri stiker dalam rangka menuangkan kreatifitas penggunanya, namun tetap saja, untuk membuat stiker tersebut pengguna di haruskan menggunakan perangkat lunak grafis.

Bedanya, stiker digital tidak perlu di cetak untuk dapat di distribusikan, selain itu sasaran distribusinya pun merupakan media digital, biasanya di tambahkan kedalam IM sebagai fitur, berbeda dengan icon atau emoticon, stiker pada IM berukuran lebih besar dengan resolusi lebih tinggi.

Baca juga :

Aplikasi Native (di install di Komputer)

Aplikasi ini mengharuskan pengguna untuk meng – install nya pada komputer dengan sistem operasi tertentu tergantung dukungan, sistem operasi pada komputer yang umum di gunakan adalah Windows, Linux, dan Mac. (Baca juga : Perbedaan Bitmap dan Vektor)

Aplikasi pengolah bitmap / raster komersil (berbayar)

Beberapa contoh aplikasi yang dapat di gunakan untuk membuat stiker ini berbayar, artinya pengguna diharuskan membeli lisensi untuk dapat menggunakannya secara legal, jika pengguna menggunakan perangkat lunak tersebut secara utuh (full) namun tidak membeli lisensi secara legal artinya ia telah menggunakan aplikasi “bajakan”. (Baca juga : Macam-macam Software Multimedia)

1. Adobe Photoshop

Aplikasi pengolah bitmap / raster ini sudah sangat terkenal di kalangan para desainer grafis professional maupun amatir, baik yang sudah mahir maupun yang masih pemula, aplikasi ini juga rajin menempati urutan teratas dari “top 10 photo editor” di banyak review oleh situs web terkemuka. (Baca Juga: Peran Teknologi Dalam Pendidikan , Daftar Mata Kuliah Teknik Informatika)

Aplikasi ini kaya akan fitur sehingga sangat memungkinkan di gunakan untuk menghasilkan berbagai macam produk grafis termasuk stiker, dengan Photoshop Anda dapat membuat stiker berukuran (dimensi) besar dengan resolusi tinggi dan dapat Anda export menjadi berbagai macam format gambar.

Aplikasi ini juga (sepengetahuan Saya) nampaknya sudah menjadi standar untuk perusahaan yang bergerak di bidang grafis (sebut saja studio foto atau percetakan) terutama untuk kebutuhan editing photo, namun tentu saja karena aplikasi ini merupakan aplikasi komersil (berbayar), Anda di haruskan membeli lisensi untuk dapat menggunakan aplikasi ini secara leluasa (full version) dan legal. (Baca Juga: Sejarah Microsoft Windows , Kelebihan dan Kekurangan Browser Internet Explorer)

2. Corel PhotoPaint

Corel PhotoPaint sebenarnya merupakan bagian dari aplikasi CorelDRAW (akan kita bahas pada poin selanjutnya), dan memang seperti namanya Corel PhotoPaint di peruntukkan bagi pengguna yang bermaksud memanipulasi photo (bitmap / raster) saat menggunakan CorelDRAW, karena memanipulasi photo tidak dapat dilakukan dengan optimal oleh CorelDRAW, maka dari itu Corel PhotoPaint disertakan dalam paket instalasi CorelDRAW.

Namun, walaupun hanya sebagai “pelengkap” (bukan aplikasi utama), Corel PhotoPaint tetap dapat diandalkan layaknya Phostoshop (namun tentu saja tidak selengkap Photoshop), untuk membuat gambar stiker Corel PhotoPaint memiliki fitur yang mumpuni, selain terintegrasi langsung dengan CorelDRAW, Corel PhotoPaint juga dapat dijalankan secara mandiri.

Baca Juga:

ads

3. Corel PaintShop Pro

Jika Anda pernah menggunakan Corel PhotoPaint, antar muka Corel PaintShop Pro tentunya akan sangat familiar, Saya belum menemukan penjelasan resmi dari pihak developer (Corel Corp.) namun Saya beranggapan bahwa Corel PaintShop Pro merupakan versi Pro dari Corel PhotoPaint.

Baca juga :

Masalah fitur tentu saja tidak perlu di pertanyakan lagi, Corel Corp. nampaknya memang mengkhususkan diri dalam mengembangkan perangkat lunak untuk kebutuhan multimedia, sehingga Corel PaintShop Pro telah di bekali dengan segudang fitur untuk memudahkan dalam membuat desain grafis termasuk desain stiker.

Aplikasi pengolah bitmap gratis (freeware, sebagian bahkan open source)

4. GIMP

GIMP pernah di gadang – gadang sebagai rival (saingan) Adobe Photoshop, tentunya hal tersebut sangat “berani” mengingat reputasi Photoshop sebagai aplikasi komersil buatan Adobe Corp. sedangkan GIMP merupakan aplikasi gratis (freeware).

Namun, saat Anda mencobanya, klaim tersebut bukan hanya omong kosong belaka, untuk para pecinta aplikasi gratis, GIMP benar – benar dapat di andalkan dalam membuat desain grafis yang hasilnya memang bersaing dengan hasil manipulasi dengan Photoshop, namun faktor pengguna tentunya sangat menentukan.

Baca Juga:

5. Paint .NET

Mendengar nama aplikasi “Paint” awalnya Saya sedikit under estimate, karena Saya langsung teringat pada aplikasi built-in Windows dengan nama “Paint” yang memiliki fitur sangat terbatas (walaupun pada sistem operasi Windows 10 sudah banyak kemajuan).

Paint .NET di lengkapi dengan berbagai fitur yang jauh dari penilaian Saya tentang “Paint”, meskipun tetap mempertahakan antar muka yang sederhana layaknya Paint built-in Windows, fitur yang tersedia sudah sangat lengkap untuk berbagai kegiatan manipulasi gambar termasuk desain stiker.

Aplikasi pengolah vektor komersil (berbayar)

Baca juga :

6. CorelDRAW

Perangkat lunak ini sangat populer dan merupakan perangkat lunak favorit Saya untuk mengolah grafis vektor, pada beberapa industri grafis juga kemampuan dalam menggunakan CorelDRAW menjadi salah satu syarat untuk para pegawainya (terutama di bagian desain).

7. Adobe Illustrator

Adobe memang (bisa di bilang) terdepan dalam menghasilkan berbagai perangkat lunak multimedia (sebenarnya perangkat lunak untuk developer pun ada, misalnya Dreamweaver), Adobe Illustrator merupakan perangkat lunak yang di tujukan untuk mengolah grafik vektor layaknya CorelDRAW.

Baca Juga:

Aplikasi pengolah vektor gratis (freeware, sebagian bahkan open source)

8. InkScape

Perangkat lunak ini (katanya) saingan beratnya CorelDRAW, pasalnya perangkat lunak ini memiliki fitur yang secara umum sama dengan CorelDRAW (beberapa orang menilainya lebih bagus dari CorelDRAW) dan yang paling penting adalah perangkat lunak ini gratis.

9. Affinity Designer

Perangkat lunak ini gratis, namun cukup mumpuni dalam menghasilkan berbagai produk grafis, untuk membuat desain stiker, Affinity Designer di lengkapi dengan fitur yang sangat, namun sayangnya saat ini Affinity Designer masih versi beta dan hanya tersedia untuk platform Mac saja.

Baca Juga:

10. DrawPlus

Sebenarnya DrawPlus merupakan perangkat lunak komersil, namun pengembang perangkat lunak ini menyediakan versi gratis untuk DrawPlus dengan nama DrawPlus Free, berbeda dengan versi trial, versi free benar – benar gratis dan tidak di batasi oleh jangka waktu tertentu selama produknya masih di dukung oleh “sang pengembang”.

Di dunia industri multimedia (grafis), perangkat lunak ini cukup di perhitungkan karena produk yang di hasilkan oleh perangkat lunak ini umumnya memiliki kualitas yang bersaing dengan produk yang di hasilkan oleh Photoshop (Photoshop nampaknya menjadi acuan / standar dalam industri grafis).

Untuk membuat desain stiker, perangkat lunak ini telah di lengkapi dengan berbagai template menarik yang menggambarkan berbagai obyek seperti bangunan, kendaraan, dan lain sebagainya. Gambar yang di hasilkan pun memenuhi standar percetakan (khususnya percetakan stiker).

Baca Juga:

11. Vector

Perangkat lunak ini tersedia dalam berbagai dukungan platform, baik itu online (berbasis web) ataupun dekstop (Windows, Linux) dan Mac juga Chromebook, fiturnya sangat mumpuni untuk di gunakan dalam pembuatan ikon, grafis web, termasuk stiker. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Linux)

13. Krita

Krita di klaim telah di kembangkan selama 10 tahun, perangkat lunak gratis dan open source ini di lengkapi dengan berbagai fitur menarik termasuk brush yang cocok untuk berbagai bidang pekerjaan, selain itu grafis yang di hasilkan kompatibel dengan berbagai jenis perangkat. (Baca Juga: Perangkat Untuk Mengakses Internet)

Sponsors Link

14. PaintTool SAI

Perangkat lunak ini umumnya pernah sangat populer di kalangan desainer grafis Indonesia, dan sempat di anggap sebagai alternatif terbaik untuk Photoshop, selain gratis perangkat lunak ini juga menyediakan versi portable (no – install) dan hasil grafis anak muda Indonesia yang menggunakan perangkat lunak ini benar – benar bersaing dengan hasil grafis yang menggunakan Photoshop.  (Baca Juga: Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli)

15. Xara 3D

Ingin membuat desain 3 dimensi untuk stiker Anda menggunakan perangkat lunak “sederhana”? Xara 3D mungkin dapat menjadi solusinya, di bandingkan dengan blender tentu saja Xara 3D lebih sederhana karena Xara 3D memang di khususkan untuk membuat desain 3 dimensi, bukan animasi 3 dimensi. (Baca Juga: Sejarah Microsoft Windows)

16. Sculptris

Aplikasi berbasis Web (online, membutuhkan koneksi internet)

Untuk dapat menjalankan aplikasi ini, Anda harus mengakses situs web dan tentu saja memiliki akses internet yang mumpuni, Anda dapat langsung membuat desain stiker Anda dan menyimpannya kedalam berbagai format file, namun biasanya web browser Anda di haruskan memiliki plugin Adobe Flash Player.  (Baca Juga: Kampus IT terbaik Di Indonesia)

17. SumoPaint

Fiturnya cukup lengkap untuk keperluan pembuatan produk grafis termasuk stiker, SumoPaint dapat Anda gunakan secara gratis namun ada juga versi berbayarnya, dengan fitur yang lebih tentunya, untuk menjalankan perangkat lunak ini di butuhkan Adobe Flash Player pada web browser. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Javascript)

18. SVG-Edit

SVG-Edit merupakan perangkat lunak dengan fitur minimalis, untuk Anda yang tidak membutuhkan desain yang kompleks, perangkat lunak ini dapat menjadi pilihan terbaik, hanya saja Anda harus cukup puas dengan output yang di hasilkan karena seperti namanya, perangkat lunak ini hanya mendukung format SVG saja. (Baca Juga: Fungsi Port pada Komputer)

19. Visualize

Perangkat lunak ini sangat cocok digunakan untuk membuat stiker dengan desain infographic dengan mengedepankan aspek visual dari ekspresi seseorang, perangkat lunak ini gratis namun memiliki banyak fitur terutama template. (Baca Juga: Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis)

Aplikasi berbasis Mobile

Baca juga

20. Pixlr

Pixlr di klaim sebagai “online photo editor paling populer di dunia”, dan memang bukan tanpa alasan, seiring perkembangan perangkat komunikasi, photo editor pun tak hanya di gunakan pada komputer namun juga pada smartphone.  (Baca juga:  Cara Melihat Spesifikasi Komputer ,  Perangkat Keras Jaringan Komputer)

Pixlr dapat di gunakan pada smartphone dengan sistem operasi iOS atau Android, Pixlr menawarkan lebih dari 600 efek gambar, overlay, border, crop, dan resize, juga fitur lain yang jika di bandingkan dengan Photoshop, fiturnya hampir sama.

Membuat stiker dengan aplikasi ini tentunya akan sangat “di mudahkan”, Anda dapat menyimpannya kedalam format JPG/JPEG dan mencetaknya dengan dimensi dan resolusi yang tinggi.

Baca juga :

Demikian pembahasan mengenai aplikasi membuat stiker, semoga apa yang tertuang dalam artikel sederhana ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin menambah wawasan dan referensi mengenai perkembangan teknologi, sampai jumpa di artikel selanjutnya. 🙂

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 15th, May 2017 / 08:28 Oleh :
Kategori : Software