Sponsors Link

7 Ciri Ciri Browser Kena Virus / Malware dan Mengatasinya

Sponsors Link

Virus, tidak hanya menyerang sistem komputer saja, namun virus juga seringkali menyerang berbagai program – program dan juga aplikasi lainnya di dalam sebuah komputer. Tak terkecuali program web browser. Apa saja ciri – ciri dari browser kena virus? Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri browser kena virus :

  1. Browser menjadi sangat lambat dan juga lemot ketika melakukan startup

Ciri – ciri pertama dari browser yang terkena virus adalah browser menjadi lemot ketika startup, alias ketika baru akan dijalankan pertama kali. Anda akan dapat merasakan hal ini, terutama ketika komputer atau PC anda sebenarnya tidak lemot. Hal ini disebabkan karena virus membebani komputr anda, terutama direktori dari web browser anda, sehingga hal ini menyebabkan web browser adna menjadi lemot ketika akan startup pertama kali. Hal ini akan membaut anda kesal, dan memicu anda untuk membuka browser berkali – kali,s ehingga nantinya malahan akan menyebabkan error, dan banyak muncul window browser.

  1. Halaman awal atau homepage pada browser berganti menjadi situs lain, padahal kita tidak melakukan penyetelan tertentu

Apabila anda menggunakan web browser, maka tentunya adan sudah hapal bukan dengan homepage alias halaman awal dari browser anda? ya, browser seperti safari, chrome dan sebagainya memiliki konfigurasi default pada homepage alias halaman awalnya. Atau kita juga bisa melakukan kustomisasi, sehingga halaman awal dari browser kita adalah situs favorit kita yang biasa kita kunjungi. Namun demikian, virus di dalam browser dapat menyebabkan halaman awal atau homepage ini berubah. Kita tidak pernah mengubahnya, namun ternyata berubah. Ini merupakan salah satu pekerjaan dari virus, dimana biasanya virus ini muncul ketika kita mendownload konten, atau menginstall konten dari situs – situs yang mungkin sangat rawan akan virus.

  1. Muncul banyak tab baru atau window baru secara tidak wajar

Ketika anda melakukan browsing menggunakan web browser anda, biasanya terdapat beberapa fitur penting seperti fitur new tab dan juga new window. Tujuan dari fungsi dan juga fitur ini adalah untuk memungkinkan anda sebagai user, supaya bisa membuka link tertentu di dalam tab ataupun di dalam window baru. Hal ini bisa kita lakukan ketika kita mengklik option open in new window atau open in new tab. Namun demikian, terkadang, ketika kita mengklik suatu link (tanpa mengkilk opsi open in new tab / window) malahan ada tab dan juga window baru yang terbuka.

Dan lebih menyebalkannya lagi, window atau tab baru yang terbuka ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan link yang akan kita buka. Hal ini merupakan salah satu ciri yagn bisa mengindikasikan bahwa browser adna sedang terinfeksi oleh virus.

sponsored links
  1. Loading website atau situs menjadi berat, lama dan juga lemot, padahal ping kecil

Biasanya, ketika kita sedang melakukan browsing, dan mendadak terjadi gejala lemot pada koneksi di dalam browser, kita akan menyalahkan koneksi dari provider yagn kita gunakan. Namun demikian, ternyata koneksi terlihat stabil apabia dideteksi, dan ping pun terhitung rendah. Hal in ibisa saja merupakan salah satu indikasi yang disebabkan oleh virus yang masuk di dalam browser anda. virus dapat menyebabkan koneksi atau proses loading dari sebuah browser menjadi sangat lambat. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas user yang sedang melakukan browsing internet.

  1. Toolbar pada browser akan terinstall bookmark atau aplikasi tambahan, yang sama sekali tidak kita ketahui dan tidak kita install

Fitur penting lainnya yang sering kita temui di dalam sebuah web browser adalah fitur bookmark dan juga fitur toolbar. Toolbar ini merupakan fitur dimana anda bisa menyimpan sebuah link atau fitur tertentu di dalam browser, sehingga nantinya anda tinggal meng klik toolbar tersebut. Biasanya, toolbar akan muncul sendirinya ketika kita melakukan konfigurasi, atau kita menginstall suatu aplikasi yang mendukung. Namun demikian, terkadang kita juga melihat ada toolbar yang asing, dan tidak pernah kita install sama sekali, muncul di browser anda. anda perlu berhati – hati dengan kondisi ini, karena hal ini kemungkinan adalah salah satu indikasi browser anda terserang virus.

  1. Browser sering mengalami crash secara tidak wajar

Crash, merupakan suatu kondisi ketika aplikasi yang sedang berjalan mengalami malfungsi,s ehingga file dan juga sistem yang ada tidak dapat berjalan semestinya. Singkatnya, crash bisa kita samakan dengan istilah error. Crash pada browser yagn “sehat” kebanyakan disebabkan karena plugin yagn belum terinstall dengan baik, versi HTML yang digunakan, bahasa pemrograman, serta beberapa fitur yang ada di dalam sebuah website, yagn tidak mampu didukung oleh si browser itu sendiri.

Dengan kata lain, crash pada browser hanya akan terjadi pada website tertentu saja, dan tidak terjadi setiap saat. Nah, apabila anda memiliki browser yang sering mengalami crash, terutama crash yang tidak wajar, dimana hampir semua website, bahkan website yang ringan saja mengalami crash, maka hal ini merupakan salah satu pertanda bahwa web browser anda sudah terinfeksi oleh virus.

  1. Muncul iklan – iklan yang tata letaknya sangat mengganggu (bukan merupakan iklan yang berada di dalam situs tertentu)

iklan malware browserIklan memang merupakan “nafas” dari setiap website dan juga bisis online. iklan, sewajarnya terleak pada sudut atau sisi – sisi tertentu pada sebuah website. Namun demikian, saat ini, kita seringkali dibuat repot dengan kemunculan iklan penuh yang menutupi layar, atau menghalangi pandangan. Apalagi ketika hal ini terjadi pada website besar, yang notabene memilki manajemen yang baik.

Lalu darimanakah iklan itu berasal? Iklan itu bukanla iklan yang dipasang pada situs yang sedang anda kunjungi, melainkan iklan yang berasal dari aplkasi advertising tertentu, yang secara diam – diam dan tidak anda sadari terinstall pada browser anda. virus ini bisa kita kenal dengan istilah AdWare. Hal ini sangat mengganggu anda, karena penempatan iklan yang “sangat strategis” bagi pemilik iklan, sangatlah mengganggu user.

sponsored links

Bagaimana browser bisa kena virus?

Hal paling utama yang bisa menyebakan browse kena virus adalah karena anda melakukan download dari situs – situs yang tidak terpercaya. Biasanya hal ini dapat masuk ke dalam browser anda ketika anda melakukan proses download konten cloud storage yang sudah dipasangkan dengan situs iklan, seperti adfly, zeoads dan sebagainya. Atau bisa juga anda melakukan download konten dari cloud yang kurang reliabel dan memilikisistem antivirus yang buruk, sehingga beberapa virus mampu menempel pada konten dan tidak sengaja terinstall pada browser anda.

Cara Mengatasinya

Ada beberapa cara mengatasinya yang wajib anda ketahui untuk menghilangkan malware dalam browser anda ini. Berikut adalah beberapa cara yang ampuh.

1. JIka anda menggunakan chrome, lihat ekstensi applikasi plugin yang terinstal.

cara menghapus malwarePilih alat lainnya dan klik ekstensi, cek dan lihat apakah ada ekstensi yang aneh atau sebelumnya belum pernah anda install.

Jika anda tidak pernah menginstal plugin tersebut, sebaiknya anda menghapus aplikasi tersebut atau melakukan uninstall.

Setelahnya, cek lagi ekstensi sejenis, dan hapus hingga bersih dan tidak tersisa lagi ekstensi yang terindikasi malware tersebut.

2. Cek control panel program anda.

Terkadang control panel anda sudah terinstal secara otomatis oleh program jahat yang menyebabkan browser anda terserang malware / virus.

Bagaimana cara mengeceknya ? sebagai pemilik komputer / laptop, tentu anda masih ingat kapan terakhir kali anda menginstall program di laptop anda. Nah setelahnya silakan sort program yang paling terakhir di install. Jika ada keanehan silakan remove / uninstall aplikasi yang aneh atau anda tidak merasa menginstallnya.

Nah semoga ciri ciri browser terkena virus dan cara mengatasinya dapat membantu anda agar tidak terkena malware yang merugikan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 23rd, May 2016 / 14:22 Oleh :
Kategori : Browser