Sponsors Link

10 Kelebihan dan Kekurangan Browser Safari

Sponsors Link

Browser Safari merupakan salah satu web browser yang merupakan binaan dan pengembangan dari Apple Inc. salah satu perusahaan IT yang popular dan juga sangat besar, dan juga merupakan saingan dari beberapa perusahaan IT lainnya. Awalnya, Safari merupakan Browser yang identic yang diciptakan khusus untuk sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. yaitu Mac Os dan juga iOS. Akan tetapi lama laun, Safari Browser menjadi sangat populer dan akhirnya melebarkan sayapnya ke sistem operasi lain.

ads

Safari yang menjadi salah satu browser terbaik yang menduduki posisi ke 3 dari segi kecepatan ini telah menjadi salah satu bowser yang banyak di gunakan user. Browser yang merupakan salah satu perangkat untuk mengakses internet, sebagai jendela penggunaan internet untuk mendapatkan informasi secara global.

Karena hal ini berkaitan dengan perkembangan jaringan komputer yang kian melebar hingga ke plosok negeri, otomatis penggunaan internet menjadi kebutuhan dan menjadi suatu wujud nyata kehidupan yang lebih baik bagi semua kalangan.

Kelebihan Browser Safari

  1. Memiliki fitur Nitro Engine untuk mengolah aplikasi berbasis web lebih cepat

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Safari Browser, terutama versi terbarunya adalah NitroEengine. Sesuai dengan namanya, fitur Nitro Engine pada Safari browser ini dapat membantu meningkatkan kecepatan pengolahan data pada sistem aplikasi berbasis web. Salah satu contoh aplikasi berbasis web adalah aplikasi pada sebuah situs yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dari macam-macam bahasa pemrograman yang ada.

Dengan menggunakan fitur Nitro Boost pada Safari Browser ini, maka pengolahan terhadap aplikasi Java di dalam sebuah situs akan menjadi lebih cepat. Bahkan diklaim bahwa dengan menggunakan Nitro Boost ini, pengolahan aplikasi menjadi 8 kali lebih cepat dibandingkan dengan web browser lainnya.

  1. Memiliki desain UI yang cukup menarik

Salah satu ciri khas produk yang dikeluarkan oleh Apple Inc. adalah desain. Apple mengandalkan kualitas dan riset terhadap desain produknya agar dapat sukses di pasaran. Nah, browser Safari ini juga memiliki desain UI yang menarik. User Interface yang dimiliki oleh safari ini tergolong simple dan juga mudah untuk dijalankan, serta memiliiki desain yang menarik.

Sangat jauh berbeda apabila kita bandingkan dengan browser seperti Internet Explorer yang terlalu ‘ramai’ oleh menu bar dan juga tool bar yang terkadang mengganggu pengalaman browsing usernya.

  1. Bagi penggunan Sistem Operasi Mac OS, tidak perlu melakukan instalasi

Bagi anda yang menggunakan komputer dengan sistem operasi Mac OS, dan juga komputer yang merupakan produk dari Apple Inc. maka anda tidak perlu repot mendownload dan juga menginstall browser Safari ini di dalam komputer anda. Safari sudah menjadi browser bawaan milik sistem operasi Mac OS, yang akan membuat anda menjadi lebih mudah dalam melakuakn browsing dan juga surfing, dengan pengalaman yang sangat menyenangkan.

  1. Bisa digunakan pada sistem operasi berbasis Windows

Anda ingin mencoba menggunakan browser Safari, namun anda tidak memilki perangkat yang diterbitkan oleh Apple Inc? Jangan khawatir. Browser Safari bukanlah sebuah produk yang ‘egois’. Safari bisa anda gunakan dan juga anda download untuk komputer anda yang menggunakan sistem operasi Windows, yang merupakan sistem operasi yang populer di kalangan masyarakat dunia. Jadi, user bisa menikmati kelebihan dari browser Safari ini tanpa harus menggunakan sistem operasi dan juga produk dari Apple Inc.

Sponsors Link

  1. Memiliki fitur Cover Flow

masih dari segi desain dan juga user interface yang dimilki oleh browser Safari, browser ini memiliiki fitur bernama Cover Flow. Fitur Cover Flow ini merupakan fitur yang ada di dalam browser safari untuk mempercantik dan juga memperindah serta meningkatkan utilitas dan juga fungsi dari bookmark dan juga history pada browser safari.

Dengan adanya fitur Cover Flow ini, maka user akan menjadi lebih mudah dan juga menjadi ebih nyaman dalam melakukan pengaturan history dan juga bookmark yang dimilki, dan tentu saja akan sangat menambah nilai plus bagi browser safari ini dari segi kenyamanan berinternet.

  1. Mendukung format HTML 5, yaitu format terbaru dari sebuah web

Apple juga senantiasa memberikan pembaruan dan juga update bagi browser bawaannya ini. salah satu update yang sudah dilakukan oleh Apple terhadap browser Safari ini adalah pembaruan format. Safari Browser saat ini sudah mendukung format standar terbaru dari sebuah website, yaitu format HTML versi 5.

Dengan pembaruan ini, maka safari dapat mengumpulkan juga menampilakn situs dan juga website apa saja yang sering dibuka oleh usernya, dan kemudian mengumpulakn situs favorit user tersebut ke dalam thumbnail. Fitur ini mirip seperti fitur yang dimilki oleh Browser keluaran Opera, yaitu Opera Browser.

  1. Tersedia dalam bentuk mobile, baik untuk sistem operasi iOS maupun Android

Sama seperti browser pada umumnya, Safari Browser juga mengembangkan platform ke dalam smartphone. Pengguna iOS akan menikmati browsing dan surfing dengan menggunakan Safari Mobile secara default. Bagi user yang menggunakan sistem operasi Android pada Smartphone, user juga bisa menikmati kelebihan dari Browser Safari ini, dengan cara mendownloadnya di play store android.

Kekurangan dari Safari Browser

Sponsors Link

  1. TIdak memilki fitur restore session

Meskipun memiliki segudang fitur yang sangat banyak dan membat usernya menjadi sangat nyama juga terlena akan kelebihannya, namun ternyata Safari Browser ini tidak memiliki fitur restore session. Restore Session merupakan sebuah fitur dimana kita sebagai user bisa mengulangi untuk membuka halaman web yang sudah kita kunjungi sebelumnya apabila browser mengalami hang atau crash.

Jadi, ketika Safari Browser mengalami hang ataupun crash, seluruh kegiatan browsing di halaman web tidak dapat dibuka kembali, dan kita harus mengulangi dari awal. Cukup membuang waktu memang, oleh karena itu tidak ada backup link jika terjadi hang pada komputer.

  1. Terdapat sebuah bug yang bernama ‘Carpet Bombing’

Perusahaan IT dan juga teknologi yang besar, bukan berarti semua produk yang dmiliknya bebas dari bug dan juga kesalahan teknis. Salah satu hal yang paling banyak dibicarakan, mengenai bug pada Safari Browser adalah bug yang dapat menyebabkan terjadinya Carpet Bombing.

Carpet Bombing merupakan sebuah kondisi dimana para hacker dan juga attacker dapat merusak dan juga menghilangkan desktop dari user yang menggunakan safari. Attacker menggunakan bug danjuga lubang di dalam software Browser Safari untuk melakukan hal tersebut.

  1. Tampilan Browser Bagi User Terasa janggal

Kekurangan yang satu ini hanyalah masalah kebiasaan dari user. Bagi anda yang terbiasa menggnakan produk windows dan juga browser – browser bawaan windows, ataupun yang khusus dikembangkan untuk windows, maka user akan merasa kebingungan ketika pertama kali menggunakan Browser Safari ini.

Hal ini disebabkan karena desain dan juga UI dari Browser Safri memang jauh berbeda. Namun demikian, apabila sudah terbiasa menggunakan Browser Safari, maka hal ini tidak akan menjadi persoalan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 20th, November 2015 / 10:29 Oleh :
Kategori : Browser