Sponsors Link

Cara Logout Play Store di Android Paling Mudah

Sponsors Link

Bagi pemilik smartphone Android, tentu tidak asing lagi dengan Play Store. Lewat Play Store kita bisa mencari dan mengunduh berbagai jenis aplikasi yang kita inginkan. Ada ribuan aplikasi yang tersedia dalam Play Store untuk kita gunakan secara gratis. Banyaknya jumlah aplikasi dalam Play Store merupakan satu kelebihan Android yang sulit disaingi oleh OS smartphone lain.

ads

Untuk dapat mengunduh aplikasi dari Play Store, pengguna smartphone Android harus terlebih dahulu mendaftarkan diri/ masuk ke akun google pada layanan Play Store. Secara otomatis, akun google yang kita gunakan di play store akan digunakan sebagai nama pengguna kita pada layanan google yang lainnya, jadi kita tidak perlu lagi login ke google game, google music, gmail, atau layanan google lainnya.

Namun suatu ketika kita mungkin akan perlu untuk logout dari playstore. Misalnya jika hendak berganti kepemilikan smartphone atau ingin mengganti akun google yang dipakai pada smartpone android anda (baca: kelebihan dan kekurangan os android). Mungkin sedikit membingungkan, karna pada play store sendiri tidak opsi untuk logout. Nah, kali ini dosenIT akan membahas cara logout Play Store untuk menjawab kebingungan anda. berikut langkah-langkahnya:

Baca juga:

Langkah 1 : Hapus Data pada Aplikasi Play Store

Langkah pertama yang harus anda lalukan adalah menghapus seluruh data pada Play Store. Ini sangat perlu dilakukan, agar semua rekaman aktivitas anda di Play Store dihapus. Setelah penghapusan data, Play Store akan kembali kekeadaan semula seperti saat pertama kali dipasang/ belum digunakan. Berikut langkah – langkah menghapus data pada play store:

  1. Buka menu Pengaturan pada smartphone android anda.
  2. Pilih menu Apl (Aplikasi)
  3. Cari aplikasi Google Play Store pada daftar semua aplikasi yang terinstall pada smartphone anda. Penulis mengggunakan Android 6; yang mana begitu anda membuka menu aplikasi, anda akan langsung mendapati daftar semua aplikasi yang terinstall. Namun jika anda menggunakan versi android lawas, misalnya android 4; anda harus menekan tab ‘semua’ untuk menampilkan daftar semua aplikasi yang terinstall pada smartphone anda.
  4. Tekan aplikasi Google Play Store, setelah anda menemukannya.
  5. Setelah menu aplikasi Play Store tebuka, tekan opsi Penyimpanan
  6. Tekan opsi Hapus Data (baca: fungsi clean master).
  7. Akan muncul peringatan yang menyatakan bahwa ‘Semua data apl ini akan dihapus secara permanen. Mencakup semua berkas, setelan, akun, basis data, dll.
  8. Tekan OK pada peringatan yang muncul, untuk melanjutkan proses penghapusan data pada aplikasi Google Play Store.
  9. Data akan langsung terhapus, untuk memastikannya anda bisa mengecek ukuran Data atau Cache pada menu penyimpanan aplikasi google play store kini menjadi 0 B.
  10. Tutup menu pengaturan. Selesai.

Baca juga:

Sponsors Link

Langkah 2: Hapus Akun Google dari Smartphone

Setelah data dihapus dari Google Play Store, rekaman data anda pada Play store akan dihapus secara permanen. Namun jika anda membuka kembali Play Store, anda akan mendapati akun anda masih dipakai sebagai pengguna pada Google Play Store. Untuk dapat menghapus akun anda dari Play Store, anda harus menghapus akun Google anda dari smartphone. Berikut langkah – langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan pada smartphone Android anda.
  2. Tekan menu Akun
  3. Tekan opsi Google
  4. Tekan akun yang akan anda hapus tersebut.
  5. Akan muncul menu sinkron dari akun yang anda pilih.
  6. Tekan ikon yang berupa tiga titik vertikal sejajar, yang terletak pada bagian pojok kanan atas layar menu (baca: cara menghapus virus trojan di android).
  7. Akan muncul dua opsi, ‘Singkronkan Sekarang’ dan ‘Hapus Akun’. Tekan opsi Hapus Akun.
  8. Akan muncul peringatan yang menyatakan ‘Menghapus akun ini akan menghapus semua pesan, data kenalan, dan data lainnya akun tersebut dari ponsel’
  9. Klik opsi Hapus Akun pada peringatan yang muncul, untuk melanjutkan proses penghapusan akun.
  10. Secara otomatis akun anda akan langsung terhapus dari smartphone anda.
  11. Sekarang jika anda membuka kembali google Play Store anda akan diminta untuk mendaftar atau login kea kun Google terlebih dahulu (kecuali jika anda menggunakan lebih dari satu akun google pada smartphone anda).
  12. Keluar dari menu pengaturan. Selesai.
ads

Setelah anda melakukan dua langkah diatas, akun google anda akan terhapus dari smartphone. Anda tidak akan dapat lagi menggunakan Play Store sebelum anda login kembali. Namun akun Google yang anda hapus tersebut masih terdaftar di Google, sehingga masih bisa anda gunakan kembali di kemudian hari. Jika anda ingin menghapus akun tersebut secara permanen, anda harus menghapusnya dari Google.

Baca juga:

Menghapus Akun Google dari Google

Untuk menghapus akun Google anda secara permanent, bukan hanya dari smartphone anda, anda harus menghapusnya dari Google. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka link https://accounts.google.com menggunakan aplikasi browser pada perangkat anda (baca: kelebihan dan kekurangan browser google chrome).
  2. Login/ Masuk menggunakan akun Google yang akan anda hapus
  3. Jika muncul Opsi Pemulihan Akun, klik Ok saja untuk melewatinya.
  4. Anda akan masuk ke menu My Account.
  5. Scroll halaman hingga ke bawah, dan cari opsi ‘Delete your account or services’. Atau buka menu My Account, lalu cari opsi ‘Delete your account or services’. Tekan opsi tersebut.
  6. Akan mucul dua opsi,
    1. Deleted Products: untuk menghapus beberapa google services yang anda gunakan saja, seperti gmail, google + atau You tube.
    2. Deleted Google Account and data: untuk menghapus akun Google dan seluruh datanya.
  7. Pilih opsi Deleted Google Account and data
  8. Anda akan diminta untuk memverifikasi bahwa ini memang anda untuk melanjutkan. Masukkan sandi akun Google anda lalu klik berikutnya untuk melanjutkan.
  9. Anda akan dialihkan ke halamn penghapusan akun. Check box untuk menyetujui pernyataan yang diminta di akhir laman. Lalu klik ‘Delete Account’
  10. Secara otomatis, Google akan segera menghapus akun anda dari daftarnya. Untuk mengeceknya, anda bisa mencoba Login kembali menggunakan akun anda tersebut. Anda akan menemukan promt “account no longer avaliable’
  11. Tutup browser. Selesai.

Baca juga:

Sekian artikel mengenai cara logout Play Store ini. untuk melakukannya anda pertama – tama harus menghapus data dari aplikasi Playstore melalui menu aplikasi pada Pengaturan Telepon, kemudian hapus akun Google anda dari smartphone melalui menu akun pada Pengaturan Telepon. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, penambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 17th, May 2017 / 08:56 Oleh :
Kategori : Software