Sponsors Link

6 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik Tahun 2017

Film animasi semakin berkembang, termasuk di Indonesia. Anda  mungkin pernah mendengar atau menonton film animasi ‘Keluarga Somat’ atau film ‘Adit Sopo Jarwo’,  film animasi  karya anak bangsa yang tayang secara rutin di salah satu statsiun TV lokal Indonesia.

ads

Baca Juga:

Selain film tersebut masih banyak lagi film animasi buatan Indonesia yang bisa dibilang bagus, baik dari segi cerita juga dari kualitas tayangan animasi 3d yang diberikan seperti Battle Of Surabaya, Meraih Mimpi, Tendangan Halilintar, Garuda Riders, dan masih banyak lagi.

Jika anda tertarik untuk membuat animasi 3D, atau sedang mencari aplikasi 3D yang sesuai dengan kebutuhan anda, berikut akan dosenIT jabarkan beberapa software aplikasi pembuat animasi 3D Terbaik di tahun 2017 ini, sebagai referensi anda.

Baca juga:

1. Software Aplikasi Animasi 3D paling Top: Autodesk

Autodesk Maya serta Autodesk 3Dds Max merupakan aplikasi paling top menurut penulis. Autodesk Maya memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dalam pembuatan animasi, termasuk pemodelan, simulasi, rendering, juga composting. Penggunaan aplikasi ini juga termasuk mudah dan sangat user friendly, sehingga sangat cocok digunakan oleh pemula.

Meskipun banyak digunakan oleh pemula, Autodesk Maya juga digunakan oleh industri pembuat film animasi besar di Hollywood. Anda pasti tau film Lord of the Ring, atau Finding Nemo. Dua film populer tersebut merupakan contoh karya yang dihasilkan menggunakan Autodesk Maya.

Baca Juga:

Sama seperti Autodesk Maya, Autodesk 3D Max juga merupakan aplikasi pembuat animasi 3D keluaran autodesk. Bedanya Autodesk 3D Max lebih mudah digunakan dalam mode script untuk permainan, sehingga cocok digunakan untuk pembuatan game.

Sayangnya harga kedua aplikasi pembuat animasi 3D dari autodesk ini cukup mahal. Namun jika anda pelajar, anda bisa memanfaatkan Student Version dari autodesk untuk mendapatkannya secara gratis namun legal. Lisensi untuk pelajar/ Mahasiswa ini berlaku selama 3 tahun.

Baca juga:


2. Software Aplikasi Animasi OpenSource Terbaik: Blender

Blender merupakan aplikasi prmbuat animasi 3D yang bersifat opensource sehingga anda bisa mendapatkannya dengan harga sangat murah, bahkan gratis. Tidak seperti Autodesk yang hanya bisa digunakan pada PC/ Laptop dengan OS Windows, Blender bisa digunakan pada berbagai OS, baik Windows, Linux ataupun Max.

Meskipun gratis, fasilitas yang diberikan Blender sangat lengkap. Blender dapat digunakan untuk pembuatan animasi, pemodelan, Rendering, pemberian visual effect – composting, dan lainnya. Ukuran Blender juga cukup ringan, jadi cocok digunakan pada PC atau Laptop dengan spesifikasi  tidak terlalu tinggi.

Perkembangan Blender juga sangat cepat, update blender dirilis hampir setiap 3 bulan sekali. Pengembang Blender tanggap akan kebutuhan pekembangan industri animasi 3D, serta respon pengguna. Sayangnya Blender cukup sulit digunakan, terutama bagi pemula. Namun pengguna Blender cukup banyak terseber di seluruh dunia, banyak forum-forum penggunanya yang bisa membantu anda untuk mempelajari aplikasi ini dengan mudah.

Baca juga:

3. Software Aplikasi Animasi 3D Terbaik untuk Rendering: Cinema 4D

Cinema 4D merupakan aplikasi animasi 3D dari Maxon. Cinema 4D mudah digunakan, bahkan lebih mudah daripada Autodesk; sehimgga cocok digunakan untuk pemula. Meskipun begitu, aplikasi ini tetap mumpuni untuk digunakan secara professional. Fiturny lengkap, dapat digunaakan untuk modeling, rendering, animasi, texturing, juga pencahayaan. Ukuran installernya juga  cukup ringan sehingga tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi.

Baca Juga:

Cinema 3D terkenal dengan proses renderingnya yang cepat, dan hasil rendernya yang mendekati realistis. Contoh animasi 3D yang menggunakan Cinema 4D dapat anda lihat pada film animasi  Tron Legacy, Ghost Rider, Fantastic Four, dan banyak lainnya. Namun harga lisensi dari software ini cukup mahal.

4. Software Aplikasi Animasi 3D Terbaik untuk Composting: Nuke

Nuke merupakan aplikasi compositor yang dibuat yang dibuat oleh The Foundry. Aplikasi ini tidak memberikan fasilitas modeling atau animasi. Nuke mengkhususkan diri pada proses akhir, penyatuan dan pemberian efek semua gambar yang telah dirender, atau biasa disebut dengan bagian composting.

Baca Juga:

Kelebihan Nuke dalam composting memang bisa diacungi jempol, tak aneh jika Nuke mendapatkan penghargaan dalam kategori visual effect terbaik. Biasanya Nuke digunakan oleh editor film, illustrator dan semacamnya untuk menyempurnakan karya buatannya. Nuke memiliki banyak tools yang memudahkan pengguna dalam melakukan composting, sehingga proses composting pun bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Nuke telah banyak dipakai oleh berbagai Industri film berbasis animasi seperti Dreamwork Animation, MPC, dan lain-lain. Contoh karya yang dihasilkan menggunakan aplikasi Nuke bisa anda lihat pada film The Adventure of Tin Tin, Iron Man, Transformer 3, dll.

Baca juga:


5. Software Aplikasi Animasi 3D dengan Plugin Terbaik: Houdini

Houdini merupakan software animasi 3D dari SideFx. Houdini memiliki berbagai macam extention dengan beragam kemampuan yang dapat memenuhi kebutuhan anda. Houdini sangat fleksibel. Anda bisa mengintegrasikan berbagai plugin yang anda butuhkan, sehingga kemampuan yang diberikannya tepat, sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca Juga:

Houdini juga memberikan berbagai fasilitas seperti modeling, animasi, rendering, pencahayaan, juga composting. Program untuk professionalnya bahkan bisa memampukan anda untuk membuat volume gas yang kompleks. Dengan banyak fitur dan opsi yangdiberikannya, Houdini cukup kompleks untuk dipelajari. Namun tutorial online yang diberikannya, cukup membantu penggunaan aplikasi ini.

Houdini juga cukup banyak dipakai oleh industri film animasi, contohnya Distney Pictures, DNA Production, dll. Contoh karya yang dihasilkan dengan menngunakan Houdini misalnya film Rio, Ant Bully, atau Chiken Little.

6. Software Aplikasi Animasi 3D Terbaik untuk Pembuatan Karakter (Modelling) : ZBrush

Zbrush merupakan sebuah aplikasi animasi 3D yang memfokuskan diri pada modelling. Dengan Zbrush anda dapat melakukan digital sculpting, texturing dan oainting. Jutaan cara sclupting (memahat) yang dapat anda gunakan pada Zbrush memampukan anda menciptakan model dari berbagai bahan seperti yanga ada dalam pikiran anda.

Tool yang dimiliki Zbrush sangat banyak, memampukan anda untuk membuat model dengan detail yang sangat rinci, dan beresolusi tinggi. Mulai dari membuat rangka, pose, bentukan otot, dan detail ornament karakter yang anda ciptakan dapat anda lakukan dengan Zbrush. Batasan kemampuan modeling yang dapat diciptakan melalui aplikasi ini hanya imajinasi anda.

Baca juga:

Demikian artikel mengenai aplikasi pembuat animasi 3D terbaik ini. Software aplikasi terbaik untuk Modelling adalah Zbrush, terbaik untuk composting dipegang oleh Nuke, terbaik untuk rendering adalah Cinema 4D. APlikasi dengan plugin terbaik adalah Houdini, sedangkan software terbaik secara keseluruhandipegang oleh Autodesk dan Blender.

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, pemambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 12th, April 2017 / 01:16 Oleh :
Kategori : Desain