Sponsors Link

6 Fungsi Dropbox dan Fitur Unggulannya

Sponsors Link

Dropbox adalah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan file secara online, Dropbox menggunakan teknologi penyimpanan berbasis cloud. Pada prinsipnya Dropbox memudahkan penggunanya dalam menyimpan dan berbagi file. Dropbox diklaim telah digunakan oleh 500 jutaan pengguna di seluruh dunia, pada perangkat apapun, dan total lebih dari 200 ribuan perusahaan telah bergabung dengan layanan Dropbox business.

Banyaknya jumlah pengguna Dropbox telah menghasilkan lebih dari 3,3 milyar koneksi dibuat dengan Dropbox, dan lebih dari 1,2 milyar file disimpan di Dropbox setiap harinya. Salah satu keunggulan Dropbox adalah keamanan file-file yang tersimpan, dan terjaganya privasi pengguna dari setiap pemilik file tersebut.

Baca juga artikel lain:

Saat ini Dropbox memiliki 3 paket yang bisa dipilih oleh pengguna, yaitu :

  • Dropbox pro
  • Dropbox Business
  • Dropbox Enterprise

Fungsi dropbox dan keunggulan yaitu :

  1. Menyimpan dan Berbagi File

Jika kita memiliki file-file penting alangkah lebih baiknya jika kita menyimpan file tersebut ditempat yang bisa kita akses dimana aja tanpa harus colok-colok flashdisk, ini untuk mengurangi resiko hilangnya file atau sesuatu yang tidak kita inginkan. Melalui aplikasi dropbox kita bisa menyimpan dan berbagi file dengan mudah, misalnya untuk file yang sifatnya penting seperti laporan skripsi, kita harus berhati-hati menjaga file tersebut agar tidak hilang atau terkena virus, file yang sudah kita simpan di Dropbox juga bisa kita bagikan ke teman-teman kita dengan mudah, atau siapapun yang membutuhkannya kita bisa atur dengan siapa kita ingin membagikannya.

  1. Membawa Dokumen ke Mana Saja

Aplikasi dropbox dapat disinkronkan secara otomatis ke semua perangkat kita, sehingga dapat memudahkan kita ketika mengakses file yang sudah kita simpan di Dropbox dimana saja saat perjalanan. Hebatnya lagi, semua jenis file bisa disimpan dan diakses di dalam Dropbox, melalui perangkat apapun itu kita juga bisa mengakses file-file tersebut, dan bahkan ketika sedang offline kita masih tetap bisa bekerja menggunakan aplikasi Dropbox.

  1. Mengirim Video dengan Cepat dan Mudah

Kamu punya video yang bagus dan sayang kalau ditonton sendirian, gunakan aplikasi Dropbox untuk berbagi video tersebut ke orang-orang yang kamu kenal meskipun mereka tidak memiliki akun Dropbox sama sekali. Dropbox mampu mengupload video dengan size yang besar, kemudian terdapat fitur untuk membagikan hasil video yang kita upload tersebut langsung ke orang yang dituju, seperti melalui email, aplikasi obrolan, dan sms.

sponsored links

Pada link tautan tautan yang telah kita bagi tersebut terdapat dua pilihan yang bisa dipilih, yaitu pilihan untuk mengunduh video tersebut dan pilihan untuk menonton video.

  1. Mengamankan Foto-foto Kesayangan

Ponsel hilang atau rusak bisa saja terjadi pada kita, dan bila itu terjadi maka akan sangat disayangkan apabila foto-foto yang sudah kita ambil hilang begitu saja. Apabila foto-foto tersebut hanya kita biarkan didalam ponsel maka kapasitas memori akan berkurang dan kita tidak bisa mengabadikan foto-foto yang lainnya lagi.

Kabar baiknya aplikasi Dropbox terdapat fitur untuk mencadangkan foto dari ponsel kita secara otomatis, kemudian foto-foto yang sudah terunggah tersebut akan ditata secara otomatis berdasarkan tanggal dan bisa diakses di semua perangkat yang kita punya. Kita juga bisa membuat album dan membaginya ke teman-teman yang kita punya.

  1. Mengerjakan Dokumen Bersama-sama

Kita bisa mengerjakan dokumen bersama-sama melalui fitur yang diberikan oleh Dropbox. Caranya kita bisa membuat sebuah “folder bersama” yang bisa kita isi orang-orang yang terlibat didalam isi folder tersebut, sehingga kita bisa mengedit dan mengubah dokumen secara bersama-sama tanpa perlu repot bolak-balik kirim email. Ketika dokumen tersebut diedit bersamaan maka setiap orang akan mendapatkan perubahannya secara otomatis.

  1. Apapun File yang tersimpan 100% Aman

Meskipun ponsel kita hilang atau ketinggalan di kereta, foto, dokumen, dan video yang kita punya tetap aman. Cukup dengan masuk ke akun Dropbox dari perangkat apa saja, maka semua file yang ada disitu bisa kita akses sesukai hati. Kemanaan lainnya yang diberikan oleh Dropbox yaitu fitur kemananan seperti verifikasi dua langkah dan control untuk berbagi.

Dropbox memberikan riwayat selama 30 hari apabila seandainya kita tidak sengaja menghapus sebuah file atau sekedar ingin memulihkan file yang sebelumnya dihapus.

Baca juga artikel lain :

Fitur-fitur yang ada didalam paket layanan Dropbox :

1. Dropbox Pro (US$8,25 / bulan)

Paket Dropbox Pro menyediakan space berukuran 1 TB, sudah terenkripsi dengan AES 256-bit dan SSL, kemudian bisa dipadukan juga dengan MS Office 365, namun dalam paket pro pemulihan file hanya diberi waktu sampai 30 hari saja.

Sponsors Link

2. Dropbox Business (US$12,50 / pengguna / bulan)

Paket Dropbox business menyediakan space unlimited, dan semua fitur yang ada dalam paket dropbox pro juga pasti tersedia didalam paket ini, dengan fitur-fitur tambahan lainnya, seperti pemulihan file yang terhapus dengan tidak dibatasi pada jumlah hari, kemudian ada fitur grup untuk perusahaan, create folder untuk tim, dukungan dasbor panel admin, dukungan untuk pengelolaan folder tim, ada catatan terperinci untuk aktifitas anggota dan tim, dapat melakukan kegiatan audit pada catatan dengan berbagai kejadian file, bisa memberikan kontrol pembatasan untuk file berbagi, terdapat dukungan email prioritas, dan terakhir dukungan melalui telepon dan obrolan.

3. Dropbox Enterprise (Harga, Hubungi Customer Service)

Paket Dropbox Enterprise menyediakan semua paket yang ada pada paket-paket sebelumnya, dengan terdapat beberapa tambahan lagi, seperti terdapat dukungan manajemen mobilitas perusahaan, pelatihan lanjutan untuk pengguna akhir dan admin, dan yang terakhir adalah fitur manajer kesuksesan akun khusus.

Meskipun semua paket berbayar, namun jangan hawatir, layanan Dropbox juga ada paket free nya, namun tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, kamu tetap dapat menggunakan layanan Dropbox free dengan space yang diberikan hanya 16 GB, cukup lumayan untuk sekedar ukuran gratisan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 27th, September 2016 / 09:26 Oleh :
Kategori : Software