15 Fungsi Software Pengolah Kata dan Contohnya

Sponsors Link

Software pengolah kata atau juga bisa disebut word processing adalah aplikasi yang difungsikan untuk membantu pekerjaan manusia yang berhubungan dengan penyusunan dokumen, dan juga difungsikan untuk melakukan pemformatan, dan penyuntingan dokumen.  Hasil yang sering dijumpai dari aplikasi pengolah kata ini adalah dokumen-dokumen seperti surat lamaran kerja, surat pengunduran diri, proposal, naskah pidato, dan lain sebagainya.

Sebelum muncul aplikasi pengolah kata, dulu ada yang namanya mesin ketik manual, tentu saja dengan mesin ketik ini tulisan masih bisa rapi, formal, dan berlaku standar untuk segala dokumen yang resmi, namun kelemahannya mesin ketik manual tidak dapat melakukan penyuntingan pada dokumen.

Dari permasalahan tersebut muncul sebuah inovasi untuk membuat aplikasi pengolah kata yang lebih user friendly untuk para pengguna.

Fungsi Software Pengolah Kata

Sejarah terbentuknya aplikasi pengolah kata yaitu muncul dari keresahan para pengguna mesin ketik manual. Pada waktu itu perkembangan aplikasi pengolah kata juga bertahap mulai dari aplikasi pengolah kata yang berbasis grafik pertama kali yaitu Bravos, kemudian berselang 3 tahun kemudian muncul produk pengolah kata baru dari Microsoft yang diberi nama Microsoft Word. Pada saat itu Microsoft Word diciptakan untuk dapat bekerja dengan baik pada perangkat IBM PC yang mempunyai sistem operasi Windows.

Pada sistem operasi DOS pada waktu itu dapat menggunakan aplikasi pengolah kata seperti WordStar dan WordPerfect.

Secara umum, aplikasi pengola kata yang ada sekarang ini mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Membuat sebuah dokumen.
  2. Menyunting dan melakukan pemformatan pada dokumen.
  3. Mencetak dokumen.
  4. Membuat Cover.
  5. Memberikan hiasan/bingkai pada sebuah dokumen.
  6. Mengarsipkan sebuah tulisan.
  7. Penulisan digital.
  8. Dan lain sebagainya.

Saat ini aplikasi pengolah kata telah banyak dipakai di berbagai bidang kehidupan, contohnya bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, social, keuangan, pemerintahan, dan lain sebagainya.

sponsored links

Contoh-contoh program aplikasi pengolah kata

  1. Microsoft Office Word

Microsoft Office Word atau selanjutnya bisa kita sebut Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang menjadi andalan Microsoft. Microsoft Word pertama kali hadir dengan nama Multi-Tool Word untuk sistem operasi Xenix. Setelah Xenix Microsoft Word dikembangkan lagi untuk berbagai sistem operasi seperti DOS, Macintosh, SCO Unix, OS/2, dan Microsoft Windows. Kemudian hingga kini Microsoft Word hanya dikenal dengan sebutan Word saja.

Aplikasi Word memiliki konsep WYSIWYG, atau ‘What You See is What You Get’, yang artinya menggambarkan sebuah sistem yang mana sebuah konten yang disunting dapat terlihat sama persis dengan hasil keluaran akhir.

  1. WordStar

WordStar adalah aplikasi pengolah kata yang dipublikasikan oleh MicroPro International. WordStar dibuat pertama kali untuk sistem operasi CP/M dan kemudian digunakan kembali untuk sistem operasi DOS. Pada awal perkembangan sistem operasi DOS, aplikasi WordStar sangat popular.

  1. WordPerfect

WordPerfect adalah aplikasi pengolah kata yang dipublikasikan oleh Corel untuk digunakan pada perangkat komputer pribadi.

WordPerfect dikembangkan di Universitas Brigham Young untuk keperluan pada komputer mini data. Aplikasi ini lebih maju dibandingkan dengan WordStar walaupun pada akhirnya dikalahkan oleh produk Microsoft Word. Pada awalnya Wordperfect telah digunakan oleh banyak platform, seperi MAC OS, Linux, Apple II, dan lain sebagainya.

  1. StarWriter

StarWriter diperkenalkan sebagai aplikasi pengolah kata yang multi platform, dapat digunakan diberbagai macam platform sistem operasi, seperti Windows, Linux, dan Unix. Aplikasi ini dikembangkan oleh Oracle Corp. StarWriter adalah salah satu paket aplikasi dari StarOffice.

StarWriter digunakan pertama kali pada sistem operasi DOS.

  1. Open Office Writer

Open Office Writer adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang masuk dalam komponen paket dalam OpenOffice.org.  Open Office Writer mampu membaca dan mengedit dokumen dalam format .doc, .odt, .rtf, dan mampu mengexport ke dalam file .pdf.

Meskipun open source, aplikasi ini memiliki fitur pengolah kata yang telah modern, seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and formatting, Text Frames and Linking, Table of Content, Indexing, Bibliographical references, Illustrations, dan Tables.

  1. Abi Word

Abi Word adalah aplikasi pengolah kata yang mendukung dalam banyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, QNX, Solaris, dan FreeBSD. Aplikasi pengolah kata Abi Word mampu membaca dan mengedit jenis tipe dokumen standar yang ada pada dokumen Open Office, Microsoft Word, Word Perfect, Rich Text Format (rtf), HTML, dan lain-lain. Pada aplikasi Abi Word juga tersedia fasilitas seperti advanced document layout options yang memungkinkan untuk membuat dokumen dapat tampil lebih professional dan elegan.

Abi Word tersedia dalam banyak bahasa, mendukung lebih dari 30 bahasa. Abi word memiliki kemiripan dengan Microsoft word yang memiliki fitur mail merge yang dapat melakukan automasisasi pekerjaan untuk memuat surat.

Satu kelebihan dari abi word ini adalah ukuran program nya sangat kecil dan hemat sumber daya untuk menjalankan aplikasi ini. Sehingga cocok untuk dipakai dalam kebutuhan komputer skala menengah kebawah.

Sponsors Link

  1. KWord

Kword adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang gratis, dan merupakan proyek dari KOffice yang bekerja pada lingkungan Desktop Environment. Kword didesain untuk dapat digunakan pada banyak platform sistem operasi, kword dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Macintosh. Pengembangan Kwrod terjadi pada awal tahun 1998 dengan frame yang dibuat oleh FrameMarker, hingga pada awal tahun 2000-an, Kword menjadi kurang terpelihara dan akhirnya menjadi tidak lagi digunakan oleh para pemakai.

Semua fitur yang ada di Kword sama dengan yang ada pada program aplikasi pengolah kata yang lainnya, sayangnya aplikasi ini masih kalah popular dengan produk pengolah kata yang dimiliki Microsoft.

Itulah fungsi dan masing-masing contoh dari aplikasi pengolah kata, semoga informasi yang ringan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 01st, October 2016 / 05:18 Oleh :
Kategori : Software