Sponsors Link

6 Kekurangan Android Nougat 7.0 Wajib Dipahami

Sponsors Link

Android merupakan salah satu jenis sistem operasi gawai yang saat ini telah mendunia. Berbagai gawai yang diproduksi oleh banyak pabrik terkenal seperti Google, Asus, Oppo, dan lain sebagainya, menggunakan sistem operasi Android sebagai sistem operasi gawainya. Hal itu menunjukkan bahwa banyak sekali keunggulan yang terdapat di dalam sistem operasi Android untuk kepentingan para pengguna gawai.

ads

Salah satu ciri khas dari Android adalah penamaan jenis sistem operasi yang urut dengan abjad sekaligus menyimbolkan nama makanan tertentu. Versi awal sistem operasi ini, yang pertama kali dirilis kurang lebih pada tahun 2008, bernama Apple Pie alias Android 1.0. Berturut-turut setelah itu, terdapat android versi Banana Bread (1.1), Cupcake (1.5), hingga pada akhirnya sampai pada versi Android Nougat (7.x). Sampai saat artikel ini ditulis, Android Nougat masih menjadi versi Android yang paling baru, walaupun sudah ada beberapa rumor yang menyebutkan akan dirilisnya Android Oreo (O) dalam waktu dekat ini. Secara kronologis, versi Android yang muncul di pasaran adalah sebagai berikut:

  • Android 1.0
  • Android 1.1+
  • Cupcake (1.5)
  • Donut (1.6)
  • Eclair (2.0–2.1)
  • Froyo (2.2–2.2.3)
  • Gingerbread (2.3–2.3.7)
  • Honeycomb (3.0–3.2.6)
  • Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
  • Jelly Bean (4.1–4.3)
  • KitKat (4.4+)
  • Lollipop (5.0+)
  • Marshmallow (6.0+)
  • Nougat (7.0+)

Android Nougat, berhasil menjadi salah satu jenis Android yang laris di pasaran. Walaupun kebanyakan pengguna masih menggunakan versi Marshmallow ataupun Lollipop, akan tetapi update ke Android Nougat dipastikan dapat dilakukan oleh para pengguna selama penyedia perangkat keras gawai mereka mengizinkan demikian. Beberapa user mungkin menggunakan cara yang tidak resmi untuk mengupdate ke Android Nougat.

Baca juga:

Walaupun Android Nougat memiliki segudang fitur luar biasa yang tidak terdapat pada versi Android sebelumnya, tidak dapat dipungkiri bahwa pada Android Nougat terdapat beberapa kekurangan yang bisa mengganggu kenyamanan pengguna saat menggunakan Android versi ini. Nah, untuk kamu yang ingin update ke Android Nougat, wajib hukumnya untuk mengetahui kekurangan dari Android Nougat sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk berpindah ke Android Nougat. Apa saja kekurangan Android Nougat? Simak di bawah ini ya.

1. Tidak bisa downgrade

Salah satu permasalahan yang mungkin bakal dialami oleh beberapa user adalah tidak bisanya downgrade secara resmi ke versi Android sebelumnya. Jadi misalnya kamu melakukan update resmi dengan versi Android yang lebih baru, kamu tidak bisa melakukan update kembali ke versi Android yang lama. Memang sih pada beberapa kasus, terutama yang suka mengoprek gawainya, hal ini bisa diatasi dengan menginstall custom recovery, flash firmware, dan terakhir flash rom. Tetapi tidak semua user dapat melakukannya dan mungkin akan cenderung menyusahkan buat user yang tidak punya sumber daya yang sesuai.

Sponsors Link

Apabila kamu sudah terlanjur upgrade ke Android Nougat, maka satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah berharap agar bug yang diderita gawaimu saat di Android Nougat sudah diperbaiki pada versi update berikutnya. Memang menyebalkan sih berharap tanpa kepastian itu. Oleh karena itu kamu bisa membantu developer Android gawaimu dengan menyediakan catatan log saat bug itu muncul.

Terdengar ribet? Iya, hanya ketika kamu tidak tahu cara menyelesaikannya sendirilah maka semuanya kelihatan sangat ribet.

Baca juga:

2. Repotnya backup data

Masalah ini mungkin tidak hanya dialami oleh Nougat, tetapi hampir di semua sistem operasi gawai yang umumnya ada di pasar. Memang sih, setiap kali kita online, Android akan melakukan backup data ke cloud storage online seperti Google Drive misalnya, untuk menjaga apabila sewaktu-waktu hp kamu diperbarui atau kamu kehilangan gawaimu, seluruh data-data pentingmu masih tersedia.

Namun demikian, jangan bayangkan backup data ini dapat menjangkau seluruh datamu. Beberapa yang dapat di backup mungkin meliputi kontak, aplikasi yang kamu install, dan lain sebagainya. Artinya, apabila kamu punya gawai baru atau kamu baru saja memperbarui sistem operasi gawaimu dengan versi sistem yang lain, maka kamu juga harus menginstall ulang aplikasi, mengunduh data dari cloud, dan lain sebagainya.

ads

Semuanya menjadi merepotkan karena akses internet yang kita miliki masih sangat terbatas. Data backup online itu tidak berukuran satu atau dua mega saja lo, tapi bisa bergiga-giga tergantung data apa yang kamu backup. Ukuran backup Android Nougat biasanya akan mengikuti data apa yang kamu ingin backup. Oleh karena itu, pilihlah baik-baik apa yang ingin kamu backup.

Solusi lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan backup data ini adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan data secara offline sehingga kamu tidak perlu membuang paket data untuk melakukan sinkronisasi online untuk menyinkronkan data yang kamu miliki sebelumnya.

Artikel lain yang bisa kamu baca:

3. Repotnya bug fix

Permasalahan ini, mungkin juga tidak dialami oleh Nougat saja. Apabila Android Nougatmu mengalami masalah, maka yang pertama kali harus dilakukan adalah menggunakan diagnosa crash log yang mungkin tidak bermakna apa-apa untuk orang yang tidak mengerti bahasa pemrograman di Android. Belum ada mekanisme penyampaian error serta bug fix yang mungkin dilakukan secara otomatis oleh sistem operasi Android itu sendiri.

Oleh karena itu, kamu harus bergerak aktif secara mandiri untuk mencari tahu apa yang menjadi masalah dari Androidmu serta mencari tahu solusi yang mungkin bisa diterapkan untuk mengatasi keadaan tersebut. Buat kamu yang tidak bisa membuang banyak waktu untuk mengatasi permasalahan gawai, maka hal itu bisa jadi sangat merepotkan. Tetapi jangan lupa, bisa saja permasalahan gawai tersebut bukan terjadi karena Nougatnya lo ya. Bisa jadi, perangkat keras yang dimiliki gawaimu memang sudah bermasalah dan waktunya untuk diganti.

4. Battery draining

Beberapa user mungkin mengalami masalah gawainya menjadi lebih boros setelah dipasang dengan Android Nougat. Penyebabnya bisa beragam, antara lain kernel yang buruk, manajemen memori yang jelek, banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, atau masalah-masalah lain yang dapat membuat baterai gawaimu berkurang dengan lebih cepat.

Apabila kamu mengalami masalah ini, silakan keluhkan ke developer untuk gawaimu ya, karena mereka dapat membantumu menemukan penyebab serta solusi dari masalah batteri draining yang cukup cepat. Baca juga: Cara Menghapus Virus Trojan di Android

5. Ekslusif untuk beberapa gawai tertentu

Untuk permasalahan ini, sebenarnya tidak terjadi karena murni kesalahan dari Android Nougat saja. Akan tetapi pabrik juga berpengaruh terhadap produksi dan installasi Nougat pada gawai mereka. Android Nougat sendiri memang membutuhkan sumber daya yang lebih canggih daripada Android versi sebelumnya. Kamu tidak akan bisa misalnya, menjalankan Android Nougat dengan gawai yang hanya memiliki RAM sejumlah 32 MB. Kalaupun dipaksakan, pasti akan terjadi stutter atau lag parah yang bakal membuat kamu stress setiap kali menggunakan gawaimu.

6. Harga lebih mahal

Sudah pasti dong, harga Android Nougat akan lebih mahal daripada versi sebelumnya karena peningkatan fitur dan lain-lain. Akan tetapi, bagi sebagian user, hal inilah yang membuat mereka cenderung menahan diri dari update ke Nougat atau membeli gawai dengan Nougat di dalamnya karena harga yang lebih mahal.

Itulah beberapa kekurangan Android Nougat yang dapat kamu ketahui. Untuk memutuskan apakah kamu akan memakai Android Nougat atau tidak, silakan kamu bandingkan dengan detail ya. Jangan sampai salah memutuskan!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, August 2017 / 06:32 Oleh :
Kategori : Software