4 Macam Software Presentasi Paling Sering Digunakan

Sponsors Link

Bagi anda pekerja kantoran ataupun pelajar pastinya tidak asing dengan presentasi. Melakukan presentasi banyak digunakan dalam dunia perkuliahan, perkantoran, ataupun dalam kehidupan bermasyarakat. Misal bila anda bekerja dalam kantor, bila anda mempunyai suatu ide dan ingin menyampaikan kepada karyawan lain, anda dapat menyampaikan informasi dan ide tersebut dalam sebuah presentasi. Arti dari presentasi merupakan penyampaian suatu materi kepada banyak orang dengan maksud dan tujuan tertentu. Dengan tujuan tersebut, tentunya slide presentasi harus dibuat menarik dan efisien sehingga poin-poin penting dapat tersampaikan dan orang yang melihatnya tidak akan bosan.

baca juga:

Semakin berkembangnya teknologi, saat ini banyak orang yang menggunakan software presentasi untuk membuat sebuah slide presentasi. Software presentasi yang paling banyak dicari adalah yang memiliki fitur untuk menyimpan cloud serta dapat terkoneksi dengan mudah oleh para audiens yang melihat. Yang wajib harus anda perhatikan dalam memilih software presentasi adalah yaitu dapat mengimpor langsung dari berbagai media yang ada seperti gambar, teks, video, dan animasi. Dari segi free ataupun berbayar tentunya tergantung dari pemakaian pengguna.

baca juga:

Dengan melihat penjelasan diatas, tentunya software presentasi memiliki beberapa keunggulan, seperti:

  • dapat merancang suatu animasi pada pembuatan slide presentasi. Dengan menambahkan animasi ataupun gambar dan suara dalam slide anda pastinya akan membuat presentasi akan lebih hidup dan menarik perhatian audiens. Sehingga tidak akan membuat audiens cepat bosan dan informasi yang tersampaikan akan mudah dicerna.
  • dapat membuat presentasi dari sebuah produk, seminar, dan lainnya.
  • menampilkan slide-slide yang digunakan untuk presentasi.

(Baca Juga: Teknologi Digital dalam Fisika , Peran Teknologi Dalam Pendidikan)

Nah berikut ini kumpulan software-software presentasi yang banyak digunakan saat ini dari yang free hingga berbayar, bahkan dari yang offline hingga berbasis online.

Macam Macam Software Presentasi

1. Microsoft Power Point

Tentunya software ini bukanlah sesuatu yang asing bagi anda pengguna komputer atau laptop. Power point merupakan fitur yang paling banyak digunakan user. Hal ini dikarenakan kelengkapan fitur didalamnya dan cara menggunakan software ini terbilang mudah. Power point dikembangkan oleh Microsoft dan sudah mencapai versi 2010.

sponsored links

baca juga:

2. Impress – LibreOffice

Software presentasi ini merupakan paket dari libreoffice. Seperti halnya dengan power point, Impress dapat menampilkan presentasi dan cara membuatnya yang sangat mudah dan efektif. Software ini menciptakan editing yang fleksibel dan berbeda. Modus dari impress adalah normal, garis besar, handout, sorter slide, notes dan masih banyak lainnya. Impress juga dapat menambahkan gambar pada presentasi agar menjadi lebih menarik dan komunikatif.

Selain itu, anda juga dapat menambahkan efek, slide show, serta animasi sesuai dengan kebutuhan presentasi anda. Impress juga dibekali dengan fitur jenis dan hanya huruf yang beragam sehingga dapat memodifikasi penampilan presentasi anda. Impress dapat digunakan  di segala sistem operasi bahkan smartphone dengan basis android. (baca juga: Cara Memperbaiki Mouse , Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli)

Untuk sistem requirements Impress antara lain adalah:

  • Minimal RAM 512 Mb
  • Space pada hardisk 2 Gb
  • Resolusi layar yang digunakan 1024×768

3. Prezi

Prezi merupakan software presentasi dalam bentuk kanvas virtual yang disebut boar dalam dunia nyata. Aplikasi ini sangat mendukung untuk menambahkan komponen-komponen pada presentasi seperti gamabr, video, pengaturan ZOOM, ataupun menambahkan navigasi 2D dan 3D. Zoom digunakan untuk melihat presentasi dengan jelas sedangkan penambahan navigasi ditujukan untuk memudahkan pengendalian materi saat anda sedang melakukan presentasi.

Teknologi terbaru dari prezi bahkan mampu digunakan pada browser, komputer, iPad, dan iPhone. Selain itu, prezijuga menyediakan fitur untuk mempermudah anda membagikan presentasi dalam berbagai media seperti pdf, ppt, jpg, dan format lainnya. Prezi juga memberikan kemudahan bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu dalam membuat slide presentasi karena menyediakan template didalamnya.

Baxa Juga:

Untuk sistem requirements:

  • Browser yang dapat digunakan antara lain Firefox 3,6, Chrome 4, Safari 4 dan lainnya
  • Untuk prosesor PC minimal 2,33 Ghz dan untuk notebook minimal Intel atom 1,6 Ghz
  • Ukuran RAM sebesar 1 Gb
  • Space hardisk 1 Gb

4. Kpresenter

Bagi anda pengguna Linux tentunya tidak asing dengan software yang satu ini. Software ini memang dirancang digunakan sebagai Power Point nya KDE. Maka dari itu anda akan menemukan beberapa kemiripan antara power point dengan Kpresenter. Hal tersebut dapat menjadi keunggulan bila anda ingin berpindah dari power point.

Fitur pendukung didalamnya juga sangat membantu anda dalam membuat sebuah presentasi seperti berbagai macam teks, gambar, chart, dan lainnya yang dapat membuat tampilan presentasi anda semakin menarik. Keunggulan dari Kpresenter lainnya adalah dapat menghasilkan slideshow dalam bentuk HTML sehingga bila anda sudah selesai mengerjakannya, anda dapat langsung menguploadnya ke website. (Baca Juga: Fungsi Software Presentasi , Dasar Dasar HTML)

Sponsors Link

5. Keynote

Software yang satu ini merupakan buatan Aple yang mungkin menjadi saingan untuk produk dari Microsoft. Keynote jauh lebih unggul dalam transisi dan animasinya yang jauh lebih halus dan memiliki beragam fitur menarik didalamnya. keynote diluncurkan dalam dua versi. Versi pertama untuk sistem operasi Mac dan yang kedua support untuk iOS. Beberapa fitur menarik yang ada didalam software ini antara lain adalah: (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server , Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows)

  • Fitur Tema: Fitur ini dapat memungkinkan pengguna keynot untuk menjaga konsistensi warna dan font dalam presentasi termasuk grafik dan tabel
  • Dual monitor support : fitur ini dapat membuat pengguna menunjukkan slide presentasi di layar monitor namun pengguna juga masih melihat dari dekstop atau catatan lain dari layar perangkat.
  • Dapat mendukung semua format video QuickTime dalam slide show
  • Kompatible dengan Apple remote dan aplikasi keynote remote pada iPhone dan iPod touch.
  • Fitur transisi slide 3D OpenGL didalamnya mampu membangun gulir kubus yang dapat membalikkan halaman presentasi sehingga terlihat menarik.

baca juga:

Nah itu tadi beberapa software atau aplikasi presentasi yang mungkin sering banyak orang gunakan saat ini. Dengan bantuan software seperti ini tentunya akan membuat tampilan presentasi anda semakin menarik dan tidak membuat bosan bagi orang yang membacanya. Semoga informasi di atas dapat membantu anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 20th, December 2016 / 05:48 Oleh :
Kategori : Software