Sponsors Link

4 Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit

Sponsors Link

Aktvitas keseharian anda sepertinya tidak bisa dihindarkan lagi dari penggunaan komputer. Komputer sendiri memiliki banyak fungsi baik di dunia offline maupun online. Bahkan di dunia yag semakin maju ini, pastinya kita dituntut untuk lebih paham tentang teknologi. Oleh sebab itu pastinya anda harus lebih belajar mengenani komputer dan sistem-sitem yang ada didalamnya. Sistem operasi yang banyak digunakan sebuah komputer adalaha ubuntu, linux, dan windows. Namun sepertinya penggunaan windows cukup banyak dikalangan masyarakat kini. Dari kalangan pekerja hingga pelajar biasanya menggunakan sistem operasi windows dari Microsoft. Bagi anda yang menggunakan windows tentunya pernah mendengar sistem 32 bit dengan 64 bit. Lalu apakah itu? Pada dasarnya windows memang dibuat dengan sistem 32 bit dan 64 bit. Kedua hal tersebut tentunya memiliki perbedaan dan fitur-fitur pendamping didalamnya. Sehingga kinerja pun juga pasti akan berbeda. Agar anda dapat mengetahuinya dengan jelas apa saja perbedaan windows 32 bit dengan 64. Berikut penjelasannya dibawah ini.

baca juga:

1. Jumlah RAM yang digunakan

Perbedaan yang cukup mencolok diantara sistem 32 bit dengan 62 bit pada sistem operasi windows adalah maksimal RAM yang dapat digunakan. Hal ini tentunya banyak diketahui oleh pengguna pengguna komputer. Setiap sistem memiliki batasan yang berbeda-beda. Untuk sistem operasi windows berbasis 32 bit memiliki batasan RAM yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan sistem 64 bit. Windows 32 bit hanya memiliki batas maksimal penggunaan memori RAM kurang dari 4 GB (sekitar 3,2 GB) dan akan bekerja maksimal ketika menggunakan RAM 1 GB atau 2 GB. Sedangkan untuk windows 64 bit sendiri dapat menggunakan  RAM lebih dari 4 GB. Bila windows 32 dipaksakan untuk dipasankan RAM 4GB maka hanya 3GB saja yang akan terbaca. Hal ini dikarenakan perbedaan arsitektur prosesor antar windows 32 bit dengan 64 bit. (Baca juga: Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7)

2. Peforma sistem windows

Perbedaan juga dapat anda lihat pada peforma prosesornya. Bila dibandingkan, tentu saja teknologi prosesor 64 bit lebih canggih bila dibandingkan teknologi 32 bit. Windows 32 bit dengan prosesor 32 bit juga memiliki kemampuan dibawah 64 bit. Sehingga kombinasi prosesor dan windows ini hanya mampu untuk melakukan pekerjaan yang ringan ringan saja. Selain itu, prosesor 32 bit tidak dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang berat. Sedangkan untuk windows 64 dengan proseso 64 bit sangat tepat bila digunakan untuk mengerjakan pekerjaan berat seperti desain, video, editing dan lain-lainnya. (baca juga: Fungsi Cmos pada motherboard)

sponsored links

3. Kemampuan dalam memproses data

Perbedaan lainnya adalah dalam hal peforma komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 yang tertera sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam sekali putaran. Untuk windows 32 bit ketika sedang melakukan satu kali proses, data yang dapat dimuat adalah sebesar 32 bit. Sedangkan untuk windows 64 bit akan memproses data sebesar 64 bit lebih cepat dan maksimal dalam satu kali putaran. (Baca Juga: Cara Mencegah Flashdisk dari Virus  , Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia)

4. Segi Kompatibilitas Software

Perbedaan yang mencolok lainnya yang cukup berpengaruh adalah kompatibilitas software yang dapat digunakan pada sistem operasi windows.Untuk windows 32 bit, sistem ini tidak dapat menjalankan software 64 bit. Namun sebaliknya,windows 64 bit dapat dengan leluasa untuk menjalankan software 32 bit maupun 64 bit.

Baca juga:

Dari perbedaan-perbedaan yang telah disebutkan diatas maka anda dapat melihat berbagai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki sistem windows 32 bit maupun sistem windows 64 bit.

Kelebihan windows 32 bit:

  1. dapat menjalankan aplikasi-aplikasi terdahulu dengan basis 16 bit seperti komputer versi lama
  2. lebih kompatibel bila digunakan pada driver lama dan cocok bila digunakan pada komputer yang RAM nya kurang dari 4 GB dan laptop atau notebook versi lama.
  3. Lebih optimal bila digunakan untuk RAM dengan kapasitas 2 GB (Baca Juga: Cara Menjaga Laptop Agar Tidak Cepat Rusak , Fungsi Tombol F1 sampai F12)

Kekurangan windows 32 bit:

  1. tidak dapat menggunakan RAM yang kapasitasnya lebih dari 4 GB
  2. tidak dapat menjalankan program-program yang berbasis 64 bit
  3. tidak dapat menjalankan aplikasi dan game yang terlalu berat dan emmbutuhkan spesifikasi yang besar.

Baca Juga:

Kelebihan windows 64 bit:

  1. Lebih cepat dan maksimal dalam pengolahan data serta lebih efisien
  2. dapat bekerja optimal pada prosesor 64 bit
  3. dapat juga menjalankan program-progam yang berbasis 32 bit dan kompatible
  4. sangat direkomendasikan untuk digunakan untuk membuka aplikasi dan game yang berat serta program program terbaru.

(Baca Juga:  Bahaya Virus Untuk Komputer , Virus yang paling mematikan)

Sponsors Link

Kekurangan windows 64 bit

  1. sangat tidak direkomendasikan bila digunakan untuk PC lama
  2. bagi anda yang menggunakan sistem windows ini harus memiliki spesifikasi PC yang tinggi.

Untuk mengetahui apakah komputer yang anda jalankan menggunakan windows 32 bit atau 64 bit anda dapat melakukan cara-cara dibawah ini

Untuk komputer yang menggunakan windows 7 atau vista:

  • Buka system dengan meng klik start lalu klik kanan pada computer, kemudian klik properties
  • Di bagian bawah system , anda dapat melihat jenis sistem windows apa yang ada gunakan di komputer anda.

(Baca Juga: Manfaat Firewall , Cara Mengatasi Komputer Hang)

Untuk komputer yang menggunakan sistem operasi windows XP:

  • Klik start
  • Lalu klik kanan pada my computer dan klik properties
  • Bila anda tidak melihat kata “x64 edition” terdaftar maka sistem windows yang anda gunakan adalah sistem windows 32 bit windows XP
  • Jika anda menemukan “x64 edition” di bawah sistem maka anda saat ini sedang menggunakan sistem windows 64 bit pada komputer anda.

Baca juga:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 18th, December 2016 / 05:25 Oleh :
Kategori : Windows