Sponsors Link

7 Fungsi Clean Master pada Smartphone Android

Sponsors Link

Saat ini, penggunaan smartphone dengan OS Andorid sudah mulai banyak digunakan. Salah satu keunggulan dari smartphone dengan OS Android ini adalah dapat mendukung banyak pilihan aplikasi hingga puluhan ribu aplikasi. Mulai dari aplikasi simple dan juga sederhana seperti chatting dan juga file manager, hingga aplikasi yang ckup rumit, seperti pembuatan video dan juga photo editor. Selain itu, permainan atau game yang tersedia di android pun terbilang sangat banyak dan tidak akan pernah membuat penggunanya menjadi bosan.

Namun demikian, banyakny aplikasi yang ditawarkan oleh OS Android ini ternyata membawa efek yang cukup menyebalkan bagi para user smartphone berlogo robot hijau ini. Bagaimana tidak, penggunaan aplikasi yang begitu banyak akan memakan memory dari smarthphone mereka, termasuk RAM dan juga ROM (Internal Memory). Hal ini disebabkan karena history dan juga cache yang ada pada suatu aplikasi tidak akan langsung terhapus setelah suatu aplikasi ditutup. Inilah yang menyebabkan smartphone andorid kemudian menjadi boros baterai, cepat panas, dan pada akhirnya malah menjadi lambat dalam pemrosesan informasinya.

Clean Master

Namun anda tidak perlu khawatir lagi dan juga tidak perlu bertambah kesal degnan hal ini. Beberapa developer berhasil membuat aplikasi yang ditujukan khusus untuk membantu permasalahan yang umum terjadi pada smartphone ber-OS android. Salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat ini adalah aplikasi clean master.

Sesuai namanya, Clean Master merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membersihkan cache, history dan juga file – file sisa dari sebuah aplikasi yang masih “menyangkut” di dalam memory. Anda dapat memperoleh aplikasi Clean Master ini di Google App Store.

Fungsi Clean Master

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, fungsi dari Clean Master di smartphone android ini sangatlah banyak. Berikut in i adalah beberapa manfaat dan juga fungsi dari Clean Master :

  1. Menutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Salah satu parameter yang dapat menyebabkan suatu smarthpone menjadi boros dalam penggunaan daya baterai dan juga cepat panas adalah banyaknya aplikasi – aplikasi yang sebenarnya tidak terpakai, masih tetap berjalan pada system. Karena itu, Clean Master ini berfungsi untuk melihat aplikasi – aplikasi apa saja yang sedagng tidak digunakan, lalu kemudian memabntu menutup aplikasi yang tidak terpakai tersebut. Praktis sekali bukan?

  1. Menutup Aplikasi yang Menyebabkan Smartphone Menjadi Panas

Beberapa aplikasi yang sedang berjalan juga seringkali dapat menyebabkan smartphone anda menjadi panas. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan clean master. FUngsi dari clean master adalah dapat membantu menutup file dan juga aplikasi yang tidak terpakai, ataupun aplikasi yang seringkali menyebabkan smartphone anda menjadi panas. Degnan begini, maka smartphone android anda lama kelamaan akan menjadi lebih stabil suhunya, dan bisa digunakan seperti sedia kala.

Sponsors Link

  1. Membersihkan Cache File, History

Seperti yang sudah pernah disinggung, cache file dan juga residu atau sisa – sia file yang masih “menyangkut” di memory akan menyebabkan smartphone menjadi lebih lelet dan juga lambat dalam merespon. Karena itu, fungsi Clean Master yang satu in iakan sangat membantu anda, karena Clean Master akan membersihkan segala bentuk cache file, dan juga sisa – sisa dari aplikasi yang masih menyangkut pada memory telepon anda.

  1. Mengoptimalkan dan Mengosongkan Memory

Bagi anda yang senang bermain game dan juga membuka aplikasi yang berat pada smartphone anda, pasti anda membutuhkan fungsi Clean Master yang satu ini. Clean Master dapat membantu mengoptimalkan memory telepon para pengguna smartphone, dengan cara mengosongkan memory telepon anda, agar dapat membantu mempercepat respon terhadap game dan juga aplikasi – aplikasi yang berat dan membutuhkan memory yang lebih besar pada saat dijalankan.

  1. Memantau Penggunaan CPU Secara Keseluruhan, 

Salah satu hal yang benar – benar harus diperhatikan oleh para pengguna smartphone, terutama android adalah system processing. System Processing ini seperti jumlah RAM dan juga ROM yang terpakai serta berat atau ringannya kerja dari CPU yang banyak memakai daya pada saat sedang berjalan, haruslah selalu dipantau oleh para user. Tentunya spek dari masing-masing smartphone membutuhkan RAM yang baik agar setiap program yang terinstall juga bekerja dengan lancar, smartphone juga akan semakin menunnjukan performa terbaiknya dengan menggunakan processor paling tinggi saat ini. Aplikasi yang praktis untuk melihat hal in itentunya adalah Clean Master.

  1. Dapat Menscan Aplikasi dari Virus

Bagi anda yang suka menginstall aplikasi dari luar Google Play Store, maka anda harus berhati – hati terhadap kemungkinan serangan virus yang mungkin akan menyerang smartphone anda. Namun demikian, tidak perlu khawatir karena salah satu fungsi utama dari Clean Master adalah untuk melakukan pemindaian atau scanning terhadap kemungkinan ada atau tidaknya virus-virus yang menempel pada aplikasi yang akan kita install. Smartphone anda pun akan menjadi lebih aman berkat Clean Master.

sponsored links

  1. Mengatur Ulang Aplikasi

Terkadang sebagai user, anda pasti juga membutuhkan suatu application manager, yang berfungsi untuk membantu melihat aplikasi apa saja yang sudah terinstall, dan juga untuk membantu melakukan proses uninstall dan juga proses lainnya. Clean Master pun memberikan fitur tersebut. Maka dari itu, nantinya, Clean Master dapat membantu anda untuk melakukan proses uninstalling aplikasi, clear cache dan juga clear data, hanya dalam satu aplikasi, Clean Master.

Itulah beberapa fungsi Clean Mater yang tentunya akan sangat berguna bagi para pengguna dari smartphone, khususnya yang menggunakan platform OS Android. Semoga artikel mengenai fungsi Clean Master ini dapat menambaha wawasan anda, dan berguna bagi anda semua. Terima Kasih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 15th, September 2015 / 07:56 Oleh :
Kategori : Mobile Software