Sponsors Link

8 Fungsi Search Engine dan Contohnya

Sponsors Link

Fungi Search Engine sesuai dengan namanya yang utama adalah untuk mencari informasi. Bagi anda yang sudah sering melakukan surfing dan juga browsing dengan menggunakan jaringan internet, maka sudah pasti akrab dengan salah satu fitur yang ada pada internet ini. Search engine, secara harafiah merupakan suatu mesin atau software yang digunakan untuk mencari data dan juga file tertentu di dalam internet.

Search engine sat ini sudah banyak digunakan di dalam browser untuk berbaga keperlan speerti mencari informasi, berita, materi kuliah, dan bahan lainnya yang dibutuhkan oleh user. Kebutuhan akan search engine sangatlah tinggi hal ini kemudian menyebabkan search engine merupakan salah satu aplikasi internet yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. (Baca juga perbedaan search engine dengan browser.)

Fungsi dari Search Engine

Pada dasarnya, search engine memang sangat berguna bagi usernya. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari search engine bagi user atau penggunanya:

  1. Membantu Mencari Materi Kuliah dan Belajar

Search engine saat ini banyak sekali digunakan untuk membantu para pelajar, terutama mahasiswa untuk membantu mencari materi kuliah dan juga materi pembelajaran. Saat ini apabila ingin mencari materi, user hanya perlu mengetik kata kunci maka seluruh link website yang berhubungan dengan materi yang dicari dapat muncul. Ini sangat mudah dan praktis.

  1. Mencari Tutorial

Search engine juga bisa difungsikan untuk membantu mencari tutorial. Tutorial biasanya berupa video ataupun tulisan dan juga gambar mengenai bagaimana cara melakukan sesuatu. Tutorial yang banyak dicari biasanya adalah tutorial yang berhubungan dengan alat musik dan juga software design dan programming komputer.

  1. Mencari Informasi dan Berita

Informasi dan juga berita bisa anda cari di dalam search engine. Ya, anda tinggal memasukkan keyword berita dan juga informasi yang ingin anda cari, maka search engine akan menampilkan portal berita yang memilki informasi dan berita yang relevan dengan apa yang anda cari.

  1. Menambah Pengetahuan, Pemahaman dan Ilmu

Tentu saja dengan fitur pencari ini search engine dapat berfungsi sebagai pegangan, karena pada dasarnya search engine dapat membantu menambah pengetahuan dan juga pemahaman dan ilmu dari user yang melakukan pencarian di dalam sebuah search engine. Seperti halnya dalam mempelajari berbagai macam ilmu yang diluar materi di sekolah, kampus maupun tempat kursus.

Layaknya manfaat dari search engine yang dapat berguna sebagai pencari informasi yang cukup luas, mempelajari banyak ilmu akan memberikan manfaat yang baik terlebih bidang pengetahuan tertentu. Seperti contoh pada manfaat mempelajari ilmu komputer yang akan sangat berguna pada bidang teknologi, karena dijaman yang maju seperti sekarang ini, penggunaan komputer sudah semakin meluas dan menjadi kebutuhan di berbagai tempat untuk menyimpan banyak data yang cukup praktis.

sponsored links

  1. Mencari Software dan Aplikasi Komputer

Anda ingin mencari aplikasi dan juga software komputer? Kalau begitu search engine merupakan salah satu lokasi yang tepat. Karena daripada anda harus repot bertanya ke toko komputer, ada baiknya anda bertanya ke search engine yang lebih praktis. Biasanya sudah banyak link website yang berisi mengenai program dan juga aplikasi komputer, lengkap beserta plus dan minusnya. Khususnya software gratis yang banyak dicari orang, seperti contoh software gratis untuk edit video.

  1. Mencari Tips and Trick

Tips and trick juga merupakan fungsi lainnya dari search engine. Search engine biasanya juga akan melakukan rekomendasi bagi usernya ke dalam situs-situs tertentu yang relevan dengan kenginan usernya.

  1. Mencari Lokasi pada Maps

Lokasi pada maps juga bisa degnan mudah anda cari, meskipun anda tidak memiliki aplikasi maps. Anda hanya perlu memasukkan alamat, maka mesin pencari alias search engine akan secara otomatis menampilkan peta dari alamat yang anda cari.

  1. Memperoleh Penghasilan

Saat ini penggunaan search engine sudah banyak difungsikan sebagai alat pencari uang. Ya, dengan sedikit teknik-teknik yang dikenal dengan nama SEO (Search Engine Optimization), seorang pemiliki website dapat meraih untuk melalui iklan, apabila website miliknya berada pada peringkat pertama pencarian di search engine.

Contoh Berbagai Search Engine

Search engine sendiri di internet ada banyak macamnya, mulai dari search engine yang berdiri sendiri maupun search engine yang menjadi sebuah fitur tambahan di dalam website. Berikut ini adalah beberapa contoh dari search engine:

  • Google

Merupakan salah satu search engine yang paling populer dan juga banyak digunakan di seluruh dunia. Apabila membicarakan mengenai search engine, maka google adalah topic utamanya. Saat ini, penggunaan dari Google sudah mencapai lebih dari bemiliar kali pencarian di seluruh dunia. Hal ini kemudian menimbulkan makna bahwa Google tahu segalanya, dan dapat dengan mudah membantuuser dalam mencari tugas dan informasi lainnya.

Sponsors Link

  • Yahoo

Search engine kedua yang bisa anda kunjungi adalah Yahoo Search. Pada awalnya, yahoo search diperuntukan hanya untuk mencari bookmark yang ada di dalam internet, sehingga pencarian menggunakan Yahoo hanya menampilkan hasil berupa halaman yang sering dibookmark.

Akan tetapi, hingga saat ini penggunaan yahoo sama seperti google. Meskipun dari segi penggunaan user dan juga penghasilan masih kalah jauh apabila dibandingkan dengan search engine google.

  • Bing

Bing merupakan search engine lainnya yang saat ini mulai banyak digunakan. Bing merupakan keturunan dari MSN Search dan juga Live Search yang merupakan program yang bernaung di bawah induk Microsoft, salah satu raksasa teknologi besar di dunia. Meski begitu, meskipun merupakan program yang dikembangkan oleh Microsoft, penggunaan Bing masih kalah juga dengan penggunaan Google sebagai search engine.

  • Ask

Ask.Com merupakan contoh search engine lainnya. Ask merupakan salah satu search engine yang mulai bangkit lagi sejak diciptakan pada tahun 1996 oleh Gerret Gruener dan juga David Warthen. Saat ini penggunaan search engine dengan menggunakan ask sudah mulai banyak digunakan oleh user internet di dunia.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 22nd, September 2015 / 23:14 Oleh :
Kategori : Search Engine