Sponsors Link

17 Cara Mendaftar Akun Google di HP dan PC

Sekarang ini pengguna smartphone sudah semakin banyak saja, terutama smartphone bersistem operasi Android. Nah, sebagai pengguna smartphone Android, anda akan diwajibkan untuk memiliki akun google agar anda bisa mendapatkan akses ke play store, serta layanan google lain seperti google game, google music, google buku, dkk. Jika tidak, anda tidak akan dapat mendownload berbagai aplikasi yang dari playstore. Jika anda belum memiliki akun google, anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Untuk mendapatkan akun google cukup mudah, anda bisa menggunakan email dari google, email dari vendor lain seperti Yahoo, atau menggunakan nomor kontak telepon genggam anda. Jika anda belum memiliki alamat email, anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dosenIT jelaskan langkah-langkah cara mendaftar akun google. Baca Juga:

ads

Langkah-langkah Membuat Akun Google Baru

  1. Pastikan perangkat anda terhubung dengan koneksi internet (baca juga: cara cek kuota 3).
  2. Jika mendaftar menggunakan smartphone:
    • Buka menu Pengaturan > Akun
    • Klik opsi + tambahkan akun
    • Klik opsi Google
    • Klik opsi Buat Akun Baru
  3. Jika mendaftar menggunakan PC/ Laptop
  4. Akan muncul form pendaftaran yang harus anda isi
  5. Isi kolom Nama depan, Nama belakang. Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dkk.
  6. Pada kolom nama pengguna, anda bisa menggunakan alamat email yang telah anda miliki sebelumnya dengan mengklik opsi ‘saya lebih suka menggunakan alamat email saya sekarang‘. Namun jika anda belum memiliki alamat email, atau ingin membaut yang baru, anda bisa menuliskan nama pengguna yang anda inginkan pada kolom. (baca juga: kelebihan dan kekurangan os android)
  7. Untuk membuat nama pengguna (alamat email) baru, sebaiknya gunakan nama pengguna yang unik dan mudah anda ingat (baca juga: cara agar baterai android awet).
  8. Jika muncul peringatan ‘Nama pengguna tidak tersedia’, berarti nama pengguna yang ingin anda gunakan tersebut telah digunakan oleh orang lain. Oleh karena itu anda harus menggantinya dan membuat nama pengguna lain.
  9. Untuk mendapatkan bantuan mencari nama pengguna yang tersedia, anda bisa mengklik opsi ‘sentuh untuk melihat’. Google akan memunculkan beberapa saran nama pengguna yang tersedia. Klik salah satu saran nama pengguna yang anda inginkan, lalu klik Coba Lagi. (Baca juga : Macam-macam Software Multimedia)
  10. Untuk sandi, gunakan kombinasi huruf dan angka. Pilih sandi yang unik dan sulit di tebak. Buat milnimal 8 karakter. Sebaiknya hindari penggunaan tanggal lahir atau nama anda.
  11. Kolom konfimasi sandi diisi dengan sandi yang sebelumnya anda tulis.
  12. Pada bagian nomor ponsel dan alamat email pemulihan, sebaiknya diisi, untuk mempermudah melakukan pemulihan akun jika terjadi masalah seperti lupa Namun jika anda tidak ingin mengisinya, anda bisa membiarkannya tetap kosong. (Baca Juga: Peran Teknologi Dalam Pendidikan , Daftar Mata Kuliah Teknik Informatika)

  13. Klik ‘Selanjutnya’.
  14. Anda akan menemukan form info pembayaran. Info pembayaran ini berguna jika anda melakukan pembelian pada google play game misalnya. Namun anda bisa melewatinya jika tidak ingin mengisinya dengan megklik opsi ‘Lain kali’
  15. Setelah itu akan muncul Kebijakan Privasi dan Persyaratan Layanan dari Google. Sebaiknya baca sebelum anda menyetujuinya, agar anda mengerti isinya.
  16. Cheklist Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi untuk menyetujuinya. Google akan segera memproses akun anda, dan dalam hitungan detik (bergantung koneksi internet) akun google anda sudah terdaftar dan bisa anda gunakan (baca juga: kelebihan dan kekurangan 4g lte).
  17. Jika anda mendaftar menggunakan
    • Smartphone: secara otomatis akun google pada smartphone anda telah bertambah sehingga anda tidak perlu menambahkannya lagi.
    • PC/ Laptop: anda harus menambahkan akun Goole pada smartphone anda. caranya:
      • Buka menu Pengaturan > Akun
      • Klik opsi + tambahkan akun
      • Klik opsi Google
      • Masukkan alamat email serta sandi akun yang telah anda buat sebelumnya, lalu klik berikutnya.

Setelah berhasil membuat akun Google, kini anda bisa mengakses layanan google. Anda bisa menggunakan play store untuk mencari dan mengunduh aplikasi-palikasi android yang jumlahnya ribuan, serta menggunakan layanan google musik atau google film untuk mencari dan mendengarkan lagu atau menonton  film yang tersedia. Baca juga:

Jika anda ingin menghapus akun yang telah anda buat tersebut dari smarphone anda, misalkan karna smarphone tersebut akan digunakan orang lain, atau karna anda ingin mengganti akun tersebut dengan akun lain, anda bisa melakukan langkah dibawah ini.

Langkah–langkah Menghapus Akun Google

  1. Buka menu pengaturan > Akun
  2. Klik opsi Google
  3. Klik akun yang ingin anda hapus
  4. Klik ikon tiga titik yang sejajar secara vertical pada pojok kanan atas layar menu smartphone
  5. Klik opsi Hapus akun pada kotak dialog yang muncul.
  6. Akan muncul kotak berisi peringatan, bahwa dengan menghapus akun tersebut anda akan menghapus semua pesan, data kenalan, dan data lain akun tersebut dari ponsel.
  7. Klik Hapus akun

(Baca Juga: Bahasa Pemrograman Web Paling Populer , Contoh Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya)

Setelah melakukan langkah diatas, akun anda akan terhapus dari smartphone anda. Namun akun tersebut hanya dihapus dari smartphone anda, tapi tidak pada Google. Anda bisa mengakses kembali akun tersebut jika anda mau.


Langkah Mengganti Akun Google

  1. Pertama hapus terlebih dahulu akun google anda, caranya seperti langkah diatas. Jika tidak ingin menghapusnya, anda bisa memilih untuk menambahkan akun.
  2. Buka menu Pengaturan > Akun
  3. Klik opsi + tambahkan akun
  4. Klik opsi Google (baca juga: fungsi clean master)
  5. Jika anda telah memiliki akun: Masukkan alamat email serta sandi akun yang telah anda buat sebelumnya, lalu klik berikutnya.
  6. Jika anda ingin membuat akun baru: pilih opsi Buat Akun Baru, lalu lakukan langkah membuat akun baru seperti yang telah dijelaskan diatas.
  7. Setelah semua langkah berhasil dilakukan, maka ketika mengecek pada informasi akun, anda akan menemukan akun baru tersebut pada menu akun google anda (baca juga: perbedaan gsm dan cdma).
  8. Jika anda hanya memiliki satu akun, akun tersebut secara otomatis akan digunakan sebagai nama pengguna seluruh layanan google pada smartphone anda. Namun jika anda memiliki lebih dari satu akun pengguna, anda akan bisa memilih nama pengguna (akun) mana yang ingin anda gunakan.  (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Prestashop , Perbedaan GSM dan CDMA )
  9. Untuk Memilih akun yang digunakan:
    • buka aplikasi goolge play, contohnya Play Store.
    • Tap ikon menu yang berupa ikon tiga garis sejajar.
    • Akan muncul halaman menu layanan google
    • Tap ikon panah bawah yang terletak disebelah nama pengguna serta alamat email anda
    • Akan muncul opsi nama akun yang lain.
    • Pilih akun yang ingin anda gunakan (baca juga: cara menghapus virus trojan di android).

Demikian artikel mengenai cara mendaftar akun google ini. Untuk membuat akun Google baru, anda bisa mengakses menu Pengaturan > Akun > Google > Buat Akun Baru. Setelah itu mengisi form yang tersedia dan menyetujui Kebijakan Privasi dan Persyaratan Layanan Google, akun anda akan segera teradaftar.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 15th, May 2017 / 08:20 Oleh :
Kategori : Google