Sponsors Link

Software Untuk Melacak Lokasi Nomor Handphone (HP)

Sponsors Link

Kenapa Anda perlu melacak lokasi nomor handphone?

ads

Alasan pertama: Perangkat handphone Anda hilang

Apa yang biasa Anda lakukan saat Anda kehilangan handphone? Pinjam handphone teman untuk menghubungi nomor handphone Anda dan berharap handphone Anda berdering atau bergetar disekitar Anda?

Atau menghubungi nomor handphone Anda dengan harapan seseorang bersedia mengangkatnya lalu menjawab panggilan Anda dan memberitahukan dimana handphone Anda berada. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan 4G LTE , Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wireless)

Bagaimana jika handphone Anda hilang karena dicuri? Masihkan Anda berharap “sang pencuri” mengangkat panggilan dari Anda dan memberitahukan dimana handphone Anda berada?

Ternyata,ada cara yang efektif secara akurat mengetahui lokasi handphone Anda berdasarkan nomor handphone dan identitas lainnya yaitu Software Untuk Melacak Lokasi Nomor Handphone, berikut informasi yang telah dihimpun oleh Dosen IT: (Baca Juga: Fungsi Dropbox , Dampak Positif dan Negatif Sosial Media)

  1. Find My iPhone

iPhone? Ya, iPhone. Smartphone keluaran Apple ini memang terkenal eksklusif, tidak heran banyak fitur canggih tertanam didalamnya, termasuk fitur “Find My iPhone” ini, dari namanya saja kita tentu sudah dapat membayangkan manfaat dari layanan ini. (Baca Juga: Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia ,  Komputer Paling Canggih)

Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda sebagai pengguna iPhone diharuskan memperbaharui sistem operasi smartphone Anda minimal ke iOS5, lalu men-setup akun iCloud (melalui iCloud.com), dengan kata lain iPhone Anda harus terintegrasi dengan iCloud. (Baca Juga: Tahapan SDLC , Perbedaan HTTP dan HTTPS)

Jika dikemudian hari iPhone yang Anda miliki hilang, Anda dapat login ke iCloud.com menggunakan Apple ID, dan mengklik “Find My iPhone”. Website akan menampilkan lokasi dimana smartphone Anda berada dan menampilkan opsi untuk membunyikan nada, mengirim pesan, mengunci smartphone atau bahkan (untuk alasan keamanan data) Anda dapat menghapus seluruh data yang ada pada smartphone tersebut dari jarak jauh (remote), menjadi pilihan yang wajar saat data yang ada didalam perangkat iPhone Anda lebih penting daripada perangkat iPhone itu sendiri, sehingga demi mencegah bocornya data pribadi (rahasia) yang ada pada perangkat iPhone, penghapusan total data yang ada didalam perangkat menjadi pilihan terbaik.

(Baca juga: Pengertian Cloud Server , Kelebihan dan Kekurangan Browser Safari)

Sponsors Link

  1. Lookout Mobile Security dan Plan B

Sama halnya dengan Find My iPhone untuk iOS, Lookout Mobile Security menyediakan layanan berbasis web yang dapat Anda gunakan untuk menemukan dimana lokasi smartphone Android Anda berada. Setelah software ini terinstall di smartphone Anda dan karena suatu hal Anda kehilangan smartphone Anda, Lookout Mobile Security dapat menemukan lokasi smartphone Anda berada dengan mematikan mode diam untuk mengeraskan suara alarm (membunyikan nada), mengaktifkan GPS dari jarak jauh untuk memfasilitasi pencarian lokasi smartphone Anda dan melihat lokasinya pada peta. (Baca Juga: Cara Melacak Orang dengan GPS , Cara Merecovery Data Yang Hilang)

Software ini juga menawarkan antivirus, sehingga cocok untuk perlindungan perangkat sekaligus perlindungan data.

(Baca juga: Cara Mencegah Flashdisk dari Virus , Pengertian Trojan)

Tapi bagaimana jika perangkat Android Anda hilang sementara belum ter-install software “pelacak” didalamnya? Selalu ada rencana cadangan (Plan B), tapi Plan B yang ini merupakan nama software yang dikembangkan oleh Lookout, pengembang yang juga membuat Lookout Mobile Security.

Plan B dapat diinstal pada perangkat Android Anda (melalui Google Play) bahkan setelah perangkat Android Anda hilang. Setelah terinstall maka software Plan B akan mengirim email mengenai lokasi perangkat Android Anda (berdasarkan nomor telepon), email akan dikirim pada akun Gmail yang Anda gunakan untuk login Google Play pada perangkat Android Anda. Anda juga dapat mengirim pesan “locate” ke nomor telepon perangkat Android Anda yang hilang menggunakan nomor telepon teman Anda, dan Plan B akan membalas dengan lokasi perangkat Android Anda yang hilang.

(Baca juga: Kelebihan Dan Kekurangan OS Android , Cara Membuat Email Baru)

  1. Find My Phone

Terdengar tidak asing? Ya, Find My iPhone dibuat oleh Apple Inc. dan hanya dapat digunakan oleh Anda para pengguna perangkat iPhone, sedangkan Find My Phone dikembangkan oleh Microsoft untuk Anda yang menggunakan perangkat Windows Phone.

Sama halnya dengan iCloud.com, Find My Phone mengharuskan Anda mengintegrasikan perangkat Windows Phone Anda dengan situs WindowsPhone.com, jika suatu saat perangkat Windows Phone Anda hilang, Anda hanya tinggal login ke WindowsPhone.com dengan akun Windows Live ID menggunakan komputer yang terkoneksi ke internet. Anda dapat membunyikan nada dering, mengunci perangkat Windows Phone Anda, menghapus semua data yang ada didalam perangkat Windows Phone Anda, dan yang paling utama adalah mengetahui lokasi perangkat Windows Phone Anda pada peta. (Baca Juga: Sejarah Microsoft Windows , Kelebihan dan Kekurangan Browser Internet Explorer)

Demikianlah beberapa software serta layanan yang dapat menjadi solusi untuk menemukan perangkat iPhone, perangkat Android, atau perangkat Windows Phone Anda yang hilang dengan melacak lokasi perangkat berdasarkan nomor telepon.

(Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Prestashop , Perbedaan GSM dan CDMA )

Namun tidak hanya itu alasan seseorang ingin mengetahui lokasi suatu perangkat berdasarkan nomor teleponnya, mungkin saja ia ingin mengawasi seseorang (seperti halnya mata-mata) misalnya seorang anak berangkat ke sekolah, dan orang tuanya ingin memastikan bahwa anaknya benar-benar sampai disekolah. Atau mungkin seseorang yang aktif di media sosial dan selalu ingin berbagi lokasi kemana ia bepergian atau sebaliknya ia yang selalu ingin tahu kemana lokasi teman-temannya bepergian.

Oleh karena itu Dosen IT menghimpun informasi mengenai beberapa software yang dapat digunakan untuk mengetahui lokasi nomor handphone untuk alasan kebutuhan sosialisasi. (Baca Juga: Peran Teknologi Dalam Pendidikan , Daftar Mata Kuliah Teknik Informatika)

Alasan kedua: Kebutuhan Sosialisasi

  1. Find my Friends

Anda yang menggunakan iOS (baik itu iPhone, iPad, atau iPod Touch) dapat men-download software Find my Friend dari Apple Store untuk mengetahui lokasi teman, keluarga atau kerabat Anda yang sama-sama menggunakan perangkat iOS. Anda dapat menambahkan teman Anda ke kontak dan Anda dapat melacak lokasi teman Anda dengan presisi pada peta (map). (Baca Juga: Bahasa Pemrograman Web Paling Populer , Contoh Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya)

Sponsors Link

Find my Friends juga secara otomatis membagikan lokasi dimana Anda berada saat ini kepada teman-teman Anda yang terdaftar di kontak.

Bagaimana dengan privasi? Jangan khawatir, Anda dapat memilih untuk tidak membagikan lokasi dimana Anda berada saat ini, atau menggunakan lokasi sementara (bukan lokasi sebenarnya).

Menarik bukan? Sayangnya software ini terbatas hanya untuk pengguna perangkat iOS. Sehingga Anda tidak dapat mengetahui atau membagi lokasi dimana Anda berada kepada  teman, keluarga atau kerabat Anda yang tidak menggunakan perangkat iOS. (Baca Juga: Fungsi ROM , Fungsi Search Engine)

  1. Google Latitude

Untuk kebutuhan cross-platform (dapat digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi berbeda) diantaranya iOS, Android, BlackBerry, Symbian dan bahkan Windows Mobile (saat ini bernama Windows Phone). Anda dapat menggunakan Google Latitude.

Ya, software keluaran Google ini memang sangat digandrungi karena kemampuannya dalam memetakan rute perjalanan dalam sebuah diagram serta yang paling penting adalah software ini dapat digunakan oleh sistem operasi smartphone apapun. (Baca Juga: Kelebihan dan kekurangan Browser Google Chrome , Kelebihan dan Kekurangan Opera)

Namun dibalik semua kelebihannya, banyak pengguna yang komplain mengenai borosnya baterai saat software ini digunakan. Ya, mungkin itu konsekuansi yang sepadan namun tetap saja membuat tidak nyaman penggunanya.

(Baca Juga: Cara Agar Baterai Android Awet)

  1. Foursquare

Software ini juga tersedia untuk berbagai sistem operasi (iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, dan lain sebagainya). Namun Foursquare sedikit berbeda dengan software yang kami sajikan sebelumnya. Karena disamping software ini mampu melacak lokasi perangkat lain, Foursquare mengharuskan Anda untuk check-in terlebih dahulu sebelum Anda membagikan lokasi dimana Anda berada saat ini (tidak seperti Find my Friend yang secara otomatis membagikan lokasi terkini). (Baca Juga: Tujuan Mempelajari Sistem Operasi Komputer)

Kesimpulan

Banyak sekali pilihan software untuk mengetahui lokasi nomor telepon, kami hanya menyajikan beberapa diantaranya. Jangan lupa, selalu pastikan Anda meng-install dan meng-setup software “pelacak” sebelum perangkat Anda hilang.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 06th, November 2016 / 22:44 Oleh :
Kategori : Software