Sponsors Link

Cara Cek Area 4G Telkomsel Paling Mudah

Sponsors Link

Teknologi 4G LTE (Fourth Generation Long Term Evolution) mengacu pada standar teknologi telepon seluler generasi   keempat (baca: kelebihan jaringan 4G). 4G LTE menggunakan teknologi yang berbeda dengan teknologi 3G atau 2G yang mendahuluinya. LTE merupakan teknologi yang dikhususkan untuk koneksi data internet mobile (baca: kelebihan dan kekurangan 4G LTE.)

ads

Teknologi ini bersifat universal, dapat dipasangkan di module GSM atau CDMA (baca: perbedaan GSM dan CDMA). Teknologi 4G yang  menggunakan jaringan pita lebar ini memiliki kecepatan transfer data (termasuk koneksi internet) yang jauh lebih cepat daripada teknologi 3G atau 2G, sehingga para pengguna internet sangat tertarik  untuk hijrah ke teknologi terbaru ini.

Di Indonesia sendiri telah banyak tersedia perangkat smartphone juga modem yang mendukung penggunaan teknologi 4G. Semua operator seluler di negri ini juga sudah memberikan layanan 4G, walau belum di semua daerah di Indonesia, namun setidaknya di semua kota besar telah tersedia. Jika berbicara tentang layanan jaringan seluler, seperti yang kita ketahui, Telkomsel merupakan penyedia jaringan terbesar yang bahkan tersedia di daerah pelosok di seluruh Indonesia.

Jika anda merupakan pengguna teknologi 3G yang ingin hijrah ke teknologi 4G, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa operator seluler di daerah tempat tinggal anda sudah mensupport 4G. Selain itu anda harus menggunakan perangkat serta usim yang juga mensupport 4G (baca juga: modem 4G terbaik). Berikut ini akan dosenIT uraikan cara cek area 4G Telkomsel.

1. Cek Area 4G Telkomsel Via Website Telkomsel

Untuk mengecek apakan teknologi jaringan 4G dari operator telkomsel (baca: cara daftar paket internet telkomsel) sudah tersedia di kota anda, anda dapat mengeceknya melalui website resmi Telkomsel. Telkomsel menyediakannya untuk anda agar anda bisa memastikan bahwa di daerah anda telah tersedia layanan 4G sebelum anda mengganti simcard anda menjadi usim yang support telnologi 4G. berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi browser pada perangkat seluler anda, atau bisa juga melalui komputer.
  • Pastikan bahwa perangkat anda telah terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Ketikkan url: http://internet.telkomsel.co/area4g/ pada kolom alamat
  • Klik Enter atau Go
  • Anda akan diarahkan pada halaman area jangkauan 4G telkomsel
  • Cari kota/kabupaten tempat tinggal anda lalu klik tombol CARI
  • Akan muncul daftar nama daerah yang telah mendapatkan layanan 4G Telkomsel. Cari nama daerah (kota/kabupaten, kecamatan, dan kelurahan) anda.
  • Jika nama daerah anda ada dalam daftar, berarti teknologi jaringan 4G telkomsel telah tersedia di tempat tinggal anda.
  • Namun jika anda tidak menemukan nama daerah anda dalam daftar tersebut, berarti telkomsel belum menyediakan teknologi 4G di daerah anda. anda harus bersabar dan menunggu beberapa waktu lagi. 😀

Baca juga:

2. Mengecek Coverage 4G LTE dengan aplikasi Open Signal

Open Signal merupakan sebuah aplikasi untuk mencari sinyal serta hotspot wifi. Aplikasi ini akan memberitahu anda menara seluler yang berada di sekitar anda, dan tempat untuk mendapatkan sinyal terbaik. Dengan memanfaatkan fitur yang  diberikan aplikasi Open Signal ini, anda bisa mengetahui apakah jaringan 4G telkomsel telah tersedia di tempat anda, dan seberapa baik sinyalnya. Anda juga bisa mengetahui jaringan operator mana yang memiliki sinyal terbaik di daerah anda.

Sponsors Link

Aplikasi ini menggunakan google maps untuk menampilkan hasil pemetaannya. Namun peta ini tidak diperbaharui secara real time, namun setidaknya pengembang memperbaharui peta setiap 2 minggu sekali. Open Signal bisa anda unduh dari Google Play secara gratis. Hingga tulisan ini dibuat, aplikasi ini telah diunduh oleh 10 pengguna dan mendapatkan 4.2 bintang. Ukuran Open Signal cukup ringan, hanya 3.15 MB sehingga tidak akan terlalu membebani RAM smartphone anda.

Baca juga:

3. Yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan sinyal 4G Telkomsel

Selain memastikan bahwa telkomsel telah menyediakan layanan teknologi 4G LTE di area tempat tinggal anda, ada dua syarat lain yang harus dipenuhi agar anda bisa mengakses jaringan 4G. syart tersebut adalah menggunakan kartu 4G (USIM) dan menggunakan perangkat yang telah mendukung 4G LTE.

ads
  • Perangkat yang mendukung 4G

Smartphone/ perangkat keluaran lama hanya mendukung teknologi 3G atau 2G, namun belum mendukung teknologi 4G yang baru muncul beberapa tahun belakangan ini. Untuk bisa mengakses sinyal 4G, anda harus mengganti perangkat lama anda ke perangkat baru yang telah mendukung 4G.

Sejak teknologi 4G LTE mulai booming, produsen smartphone serta perangkat seluler lain saling berlomba membuat perangkat yang mensupprot 4G. Hampir semua smartphone atau modem terbaru telah mendukung teknologi 4G, sehingga anda memiliki banyak sekali pilihan produk yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

  • Kartu USIM

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teknologi 4G LTE menggunakan teknologi yang berbeda dengan teknologi 3G atau 2G. Akibatnya kartu SIM lama tidak dapat digunakan untuk mengakses jaringan 4G. Anda harus menggati simcard lama anda menjadi USIM untuk bisa mengakses jaringan 4G.

Kartu USIM memiliki kapasitas yang lebih besar daripada SIM card sehingga mampu menampung data setting berbagai parameter berbagai teknologi jaringan yang diperlukan (GSM, 2G, 3G, HSDPA, LTE, atau CDMA, EVDO A, EVDO B, LTE) dalam satu kartu. Dengan begitu USIM dapat mengcover kebutuhan untuk sim card juga ruim card.

Untuk menggantti kartu SIM Telkomsel lama anda menjadi USIM anda dapat melakukannya dengan beberapa cara berikut:

  1. Melalui Smartphone Corner

Mengganti kartu sim lama anda menjadi usim dengan cara ini dilakukan secara mandiri. Anda terlebih dahulu membeli kartu usim 4G pada smartphone corner. Anda bisa mengecek smartphone corner terdekak melalui website resmi telkomsel. Setelah itu buka website resmi telkomsel dan lakukan pendaftaran migrasi kartu ke kartu 4G.

  1. Melalui MyGrapari

MyGrapari merupakan media digital penyedia layanan Telkomsel yang dapat diakses secara mandiri (self service) oleh pengguna Telkomsel. Hingga saat tulisan ini dibuat, MyGraPARI telah tersedia di 66 titik di Indonesia. Jenis layanan yang dapat dilakukan melalui MyGraPARI antara lain upgrade kartu 4G LTE, pembayaran KartuHalo, pembelian pulsa isi ulang, aktivasi paket, registrasi e-bill, akses informasi kode PUK, dan pengaduan keluhan (hanya dapat diakses pelamggan pada jam operasional GraPARI setempat).

Untuk dapat melakukan upgrade kartu SIM anda menjadi kartu 4G (USIM), anda bisa mendatangi GraPARI yang menyediakan mesin MyGraPARI dan melakukan upgrade secara mandiri dengan cepat. Anda bisa mengecek MyGrapari terdekat dengan mengeceknya melalui website resmi telkomsel: http://www.twlkomsel.con/customer -service/lokasi-layanan/11951-MyGrapari.htm

  1. Melalui GraPARI

Jika anda tidak ingin melakukan self service untuk melakukan upgrade kartu 4G, anda bisa langsung mendatangi GraPARI terdekat dan meminta bantuan agent Telkomsel (baca juga: cara cek poin telkomsel) untuk membantu anda menukarkan kartu 4G anda.

Cara ini juga tidak akan memakan waktu lama. Anda hanya perlu menyerahkan kartu SIM lama anda dan menandatangani beberapa persetujuan. Setelah itu anda hanya tinggal menunggu agent telkomsel melakukan upgrade kartu selama beberapa menit, kemudian agent telkomsel tersebut akan memberikan kartu USIM yang merupakan kartu 4G.

Baca juga:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 05th, July 2017 / 02:47 Oleh :
Kategori : Telekomunikasi