Sponsors Link

6 Kelebihan dan Kekurangan Software SAS

Sponsors Link

Software SASSAS mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang sudah berkecimpung di dalam dunka statistik, terutama dalam hal statistik dan perencanaan keuangan. SAS merupakan kependekan dari Statistical Analysis System. Sesuai dengan namanya, software SAS ini merupakan salah satu software yang digunakan oleh para penganalisa data statistik, yang tentu saja sangan penting untuk banyak hal.

Hampir seluruh hal yang berhubungan dengan finasial perusahaan, seperti prediksi keuntungan, prediksi kerugian, prospek perusahaan, dan juga semua hal yang berhubungan dengan unsur angka dalam suatu perusahaan bisa kita lakukan dengan cara mengolah data statistik di dalam software SAS ini.

Hingga saat ini SAS sudah banyak sekali digunakan pada pasar global untuk keperluan statistika dan juga hitung menghitung. Kurang lebih penggunaan dari SAS hingga saat ini digunakan di lebih dari 130 negara dengan jumlah lebih dari 65 ribu user yang bervariasi, mulai dari institusi pendidikan, perusahaan, hingga personal user. SAS sendiri pada awalnya merupakan suatu software yang dikembangkan oleh SAS Institute, yang berada di bawah naungan North Calorina University, Amerika Serikat.

Hingga saat ini, SAS sudah berkembang dengan sangat pesat, dan juga sudah menambahkan banyak sekali fitur – fitur yang dibutuhkan oleh para pengguna alat hitung statistik tersebut. Hingga saat ini, SAS sudah mencapai generasi yang diberi label versi 15.05 pada tahun 2015 ini. Jadi, sudah lebih dari 30 tahhn, sejak 1960an, dimana SAS mulai dikembangkan pertana kali, bisa membantu mengakomodir kebutuhan analisa statistik para penggunanya.

Di Indonesia sendiri SAS sudah berusia kurang lebih 10 tahun. Itu artinya SAS mulai masuk ke Indonesia pada era 2004 – 2005, dimana saat itu SAS sudah memasuki versi 9.0. Penggunaannya di Indonesia sendiri pun saat ini sudah sangat bervariasi, dan banyak yang sudah menggunakan SAS untuk berbagai macam kepentingan, baik bisnis, pendidikan, dan juga untuk kepentingan penelitian statistik yang basisnya berhubungan dengan ekonomi dan juga keuangan.

Kelebihan Software SAS

Seperti pada kebanyakan software pada umumnya, software SAS juga memiliki banyak kelebihan. Kelebihan ini sudah pasti akan memberikan banyak sekali manfaat bagi para user alias penggunanya. Apa saja kelebihan dari software SAS? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari software SAS:

  1. Mempermudah Perhitungan Statistik dari Suatu Instansi

Bagi anda yang membutuhkan bantuan untuk melakukan analisa dan juga penghitungan statistik, maka sudah pasti software ini merupakan salah satu software yang patut anda gunakan. Selain dapat digunakan secara personal, software SAS ini juga merupakan salah satu software yang sering digunakan oleh perusahaan dan juga instansi tertentu, yang pastinya akan membuat perhitungan statistik menjadi lebih mudah

Sponsors Link

  1. Mempersingkat Waktu Dalam Melakukan Penghitungan

Penghitungan statistik juga akan menjadi lebih mudah dan juga cepat. Selain itu, dari segi efisiensi waktu, penggunaan software SAS ini juga akan membantu mempersingkat waktu, Anda tidak perlu menggunakan teknik statistik dengan perhitungan manual, yang pastinya akan menghambat waktu dan juga dapat memiliki tingkat akurasi yang kurang apabila tidak teliti.

  1. Tidak Membutuhkan Spesifikasi Komputer yang Tinggi

Spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan software SAS ini juga tidak terlalu tinggi. Sebuah komputer atau laptop dengan spek standar pun sudah bisa menjalankan prgram SAS ini, sehingga SAS sangat universal dan bisa digunakan dimana saja. Terlebih menggunakan kapasitas RAM terbesar saat ini, sehingga software SAS ini dapat di di jalankan dengan sangat sempurna tanpa merusak hardware yang ada pada komputer.

  1. Memberikan Solusi Bagi Kepentingan Bisnis

Bagi kepentingan bisnis, terutama untuk penghitungan analisa statistik perusahaan, tentu saja software SAS ini sanga baik untuk digunakan dalam keperluan bisnis anda.

  1. Hasil Lebih Akurat dan Reliabel

Hasil dari penghitungan statistik yang dilakukan dengan menggunakan software SAS ini akan menjadi lebih valid dan juga reliabel, alias dapat dipercaya, karena menggunakan komputasi, sehingga dapat memperkecil resiko terjadinya kesalahan penghitungan pada analisa statistik suatu perusahaan atau perseorangan.

  1. Cocok Untuk Membantu Riset Pasar dari Suatu Bisnis

Riset pasar juga merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan oleh suatu perusahaan. Riset pasar digunakan untuk melihat keinginan dan juga kemampuan pasar serta respon pasar terhadap produk perusahaan. Hal ini tentu saja menjadi suatu keunggulan bagi SAS, karena dapat membantu menganalisa riset pasar bagi suatu perusahaan.

sponsored links

Kekurangan Software SAS

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun demikian, masih ada beberapa kekurangan dari software SAS ini. Apa saja kekurangan dari software SAS? Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari software SAS:

  1. Terbatas Untuk Konsep Statistika Sosial

Kekurangan pertama dari software ini adalah keterbatasannya yang hanya pada kepentingan bisnis, sehingga banyak memiliki fitur bisnis. Sedangkan untuk statistika sosial, mungkin masih bisa menggunakan software SAS ini, namun fiturnya belum lengkap untuk kepentingan statistik ilmu sosial.

  1. Belum Terintegrasi dengan Program Database

Kekurangan lainnya dari software SAS ini adalah kurangnya integrasi terhadap software database dan spreadseheet, seperti Ms.Excel. Anda bisa melakukan proses copy-paste data – data anda ke dalam software SAS ini, yang mana akan mengurangi efisiensi waktu anda, dan kemungkinan bisa saja mengalami masalah dalam melakukan proses copy – paste.

Itulah beberapa keunggulan, kelebihan dan juga kekurangan dari software SAS. Pada intinya adalah tidak ada software yang mempu menghandle seluruh pekerjaan, jad anda membutuhkan lebih dari satu software untuk melakukan pekerjaan yang banyak. BIjaklah dalam memilih software, dan jangan pernah membeli software bajakan alias palsu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan juga dapat menambah wawasan anda. Terima Kasih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 14th, September 2015 / 06:22 Oleh :
Kategori : Statistik