7 Macam Software Pengolah Kata – Onlie dan Offline

Sponsors Link

Software pengolah kata (Word Processor) merupakan aplikasi sangat familiar, dan saat mendengar atau membaca mengenai “aplikasi pengolah kata” yang terbayang pasti (setidaknya oleh Saya sendiri) adalah aplikasi keluaran Microsoft, ya kan? Ya, Microsoft Office Word merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer dan (mungkin) paling banyak digunakan sehingga beberapa orang merasa telah “terkunci” oleh aplikasi ini sehingga aplikasi ini menjadi wajib ada pada komputer yang digunakannya.

Baca juga:

Namun, tahukah Anda bahwa banyak sekali aplikasi pengolah kata sebagai alternatif Microsoft Office Word? Mulai dari yang gratis, ringan, hingga yang tidak perlu diinstall (online). Jadi kita tidak harus selalu menggunakan aplikasi berbayar, apalagi aplikasi bajakan. Berikut DosenIT sajikan informasi mengenai macam-macam software pengolah kata .

Baca Juga:

Software Pengolah Kata Online

1. Zoho Writer

Zoho menawarkan sekitar 20 aplikasi online gratis termasuk aplikasi pengolah kata bernama Writer. Antarmuka Zoho Writer sangat familiar sehingga tidak akan menimbulkan kebingungan bahkan untuk yang pertama kali menggunakannya. Kelebihan lain dari Zoho Writer adalah fitur autosave-nya, hal tersebut menjadi solusi kekhawatiran pengguna yang menggunakan aplikasi pengolah kata online yaitu kehilangan data yang telah ditulis (diketik) jika jaringan terputus atau web browser mengalami crash. Hal tersebut secara pribadi sering Saya alami saat menulis artikel langsung pada editor di blog/website.

Baca juga:

2. Office Online

Office? Ya, aplikasi online ini memang diproduksi oleh perusahaan yang sama dengan produsen Office Word, Microsoft. Aplikasi ini bernama Office Word Online, menawarkan fitur yang hampir sama dengan Office Word versi Desktop (atau versi Native, aplikasi yang diinstall di Hard disk Drive komputer) namun dengan beberapa batasan. Kenapa dibatasi? Tentu saja, karena sejatinya Office Word adalah aplikasi pengolah kata komersil (berbayar) namun Office Word Online tidak, aplikasi ini dapat diakses secara gratis, solusi yang bagus untuk Anda yang terbiasa dengan Office Word namun tidak menggunakan Sistem Operasi Windows (misalnya Sistem Operasi Linux).

Baca juga:

sponsored links

3. Google Docs

Google memang sangat memanjakan penggunanya dengan segala layanan gratis, email gratis (Gmail), cloud drive gratis (Google Drive), bahkan aplikasi pengolah kata gratis, sebenarnya Google Docs adalah seperangkat/paket aplikasi termasuk spreasheets (mirip Office Excel), presentation (mirip Office PowerPoint) dan masih banyak lagi, apakah itu semua berbayar? Tidak, semuanya benar-benar gratis, cukup login dengan Google Account dan semuanya bisa Anda gunakan dengan bebas, bahkan Google Docs memiliki verso offline yang terintegrasi dengan Google Docs online, sehingga saat Anda tidak memiliki koneksi Internet, Anda tetap mendapat akses untuk mengedit dokumen.

Baca juga:

Software Pengolah Kata Offline

1. OpenOffice.Org

Jika Microsoft Office adalah aplikasi native (yang diinstall di komputer) berbayar, maka OpenOffice.Org sebaliknya, aplikasi ini benar-benar gratis bahkan open-source. Apa itu open-source? “Open” artinya “buka” (atau “terbuka”), dan source secara bahasa artinya “sumber”, maksudnya adalah sumber (sebut saja “source code”) aplikasi nya terbuka sehingga siapapun dapat merubahnya (dalam arti mengembangkannya). Oleh karena itu aplikasi ini ditangani oleh komunitas yang besar sehingga penanganan error dan bantuan menjadi sangat cepat dan mudah. Aplikasi ini menjadi favorit Saya saat menggunakan Sistem Operasi Linux Ubuntu, dulu aplikasi ini merupakan “built-in apps” pada sistem operasi Linux (khususnya distro Ubuntu).

Baca juga:

2. LibreOffice

Sama halnya dengan OpenOffice.Org (Saya bahkan beranggapan bahwa OpenOffice.Org dengan LibreOffice  berasal dari core  (source code) yang sama, atau mungkin LibreOffice memang berasal dari pengembangan OpenOffice), LibrreOffice menawarkan sepaket aplikasi office yang lengkap, termasuk (yang tidak ada dalam Microsoft Office)  PDF reader. LibreOfficce banyak dipilih sebagai aplikasi office built-in pada beberapa distro Linux seperti Ubuntu,  Backtrack (sekarang Kali Linux), dan masih banyak lagi. Namun aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna sistem operasi Windows.(Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows , Macam Software Spreadsheet)

3. AbiWord

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi favorit Saya saat menggunakan Sistem Operasi Linux (khususnya Lubuntu), aplikasi ini sangat ringan namun mumpuni untuk kebutuhan pengolah kata sebagai alternatif Office Word. Tampilannya sederhana an mendukung banyak format dokumen termasuk DOC dan DOCX, jadi dokumen yang kita buat dengan menggunakan Office Word dapat dibuka dengan baik oleh aplikasi ini. AbiWord merupakan aplikasi “built-in” pada sistem operasi Lubuntu (Lightweight Ubuntu), seperti namanya Lubuntu memang Sistem Operasi Linux Ubuntu yang Lightweight (ringan) oleh karena itu aplikasi yang disertakan (secara default, bawaan atau built-in) merupakan aplikasi pilihan yang memang ringan saat dioperasikan, bahkan Desktop Environment-nya pun menggunakan LXDE yang terkenal sangat ringan (itulah yang membuat Lubuntu dikenal juga dengan kependekan dari LXDE Ubuntu, Sistem Operasi Ubuntu dengan Desktop Environment LXDE).(Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi pada Microsoft Word , Cara Membuat Garis di Microsoft Word)

Sponsors Link

4. Kingsoft Office Writer

Mungkin nama ini cukup familiar. Ya, Kingsoft Office Writer memang muncul sebagai aplikasi built-in pada beberapa smartphone, Kingsoft Office Writer juga memiliki nama lain yaitu WPS Writer (sebenarnya produknya sama, seperti halnya OpenOffice.org dengan LibreOffice Saya pikir). Keduanya menawarkan aplikasi pengolah kata namun tidak berdiri sendiri, dengan kata lain untuk dapat menggunakan Kingsoft Office Writer atau WPS Writer ini kita harus menginstall keseluruhan paket aplikasi, sama halnya dengan Microsoft Office Suite yang didalamnya terdapat banyak aplikasi selain Office Word (seperti Office Excel, Office PowerPoint, dan alin sebagainya), namun Microsoft menawarkan Office Word stand-alone (tidak satu paket dengan yang lain) sedangkan Kingsoft Office tidak. Apakah Kingsoft office gratis? Ya, terdapat versi gratisnya namun dengan beberapa batasan dibandingkan dengan versi Professional, untuk mendapatkan Kingsoft Office Professional Anda diharuskan membeli seluruh paket (suite).(Baca juga: Fungsi Software Pengolah Kata , Fungsi Tombol Alt)

Demikian beberapa apliaksi pengolah kata yang berhasil dihimpun DosenIT, meskipun Anda sudah merasa cocok dan nyaman dengan satu aplikasi pengolah kata, namun tidak ada salahnya mencoba alternatif lain misalnya (yang sangat Saya sarankan) aplikasi pengolah kata online, perkembangan teknologi saat ini sudah sangat mendukung multi-platform atau cross-platform, saat Anda menggunakan komputer dengan aplikasi pengolah kata yang tidak familiar (tidak seperti yang biasa Anda gunakan) atau bahkan di komputer tersebut tidak terdapat aplikasi pengolah kata-nya namun komputer tersebut terkoneksi ke jaringan Internet, Anda dapat bekerja dengan menggunakan aplikasi pengolah kata online, menyimpannya di cloud drive dan hasil tulisan Anda dapat Anda akses menggunakan perangkat apapun yang terkoneksi ke Internet misalnya smartphone, menarik bukan? Selamat mencoba. (Baca Juga: Penggunaan Internet Banking  , Perbedaan Intranet, Internet dan Extranet)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 25th, December 2016 / 03:58 Oleh :
Kategori : Software