Home » Phyton » Karakteristik Pemrograman Python: Sejarah – dan Fiturnya

Karakteristik Pemrograman Python: Sejarah – dan Fiturnya

by Pitaloka Fortuna
by Pitaloka Fortuna

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup terkenal karena mudah untuk dipelajari. Dengan menggunakan Python kita dapat membuat aplikasi android dan membangun suatu website.

Selain itu, python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, berorientasi pada objek (object-oriented) dan interaktif.

Mengapa kita harus belajar Python?

Salah satu alasan mengapa kita harus belajar Python adalah bahasa pemrograman ini didesain untuk mudah dibaca.

Hal ini dibuktikan dari sebagaian besar kata kunci di Python menggunakan bahasa inggris, selain itu bahasa pemrograman ini juga dilengkapi dengan konstruksi sintaks yang lebih sedikit dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.

Beberapa kemudahan yang kita dapatkan saat mempelajari Python adalah sebagai berikut:

  • Dapat Diinterpretasikan : Python diproses saat runtime (pada saat kita menjalankan perintah Run) oleh interpreter. Sehingga kita tidak perlu mengkompilasi program sebelum dijalankan. Sistem ini mirip seperti pada PHP.
  • Interaktif : Kita dapat menggunakan prompt dari Python untuk berinteraksi dengan interpreter secara langsung untuk menuliskan program.
  • Berbasis Objek : Python mendukung teknik pemrograman yang merangkum suatu kode ke dalam sebuah objek.
  • Bahasa Pemrograman Untuk Pemula : Python sangat cocok untuk seorang pemula di dunia pemrograman dan dapat digunaan untuk mengembangkan beberapa aplikasi sederhana hingga pembuatan sebuah game.

Sejarah Python

Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada akhir tahun 1980 hingga awal tahun 1990 di Institut Riset Nasional untuk Matematika dan Ilmu Komputer di Belanda.

Python ini berasal dari banyak bahasa lain, termasuk ABC, Modula-3, C, C ++, Algol-68, SmallTalk, dan Unix shell dan bahasa skrip lainnya.

Seperti Perl, source code Python sekarang tersedia di bawah GNU General Public License (GPL).

Saat ini Python dikelola oleh tim pengembang dari intitusi tersebut dengan Guido van Rossum masih memegang peran penting dalam mengarahkan setiap kemajuan tenologinya.

Karakteristik Python

Berikut adalah beberapa karakteristik penting dari pemrograman Python:

  1. Mendukung metode pemrograman fungsional dan terstruktur serta OOP (Object Oriented Programming).
  2. Dapat digunakan sebagai scripting language atau dapat juga dikompilasi menjadi kode byte untuk membangun suatu aplikasi besar.
  3. Menyediakan tipe data dinamis tingkat tinggi dan mendukung pemeriksaan tipe dinamis.
  4. Mendukung automatic garbage collection.
  5. Mudah diintegrasikan dengan C, C ++, COM, ActiveX, CORBA, dan Java

Fitur-fitur dari Python

  • Mudah dipelajari (easy-to-learn)– Python ini memiliki sedikit kata kunci dan sebagian menggunakan bahasa inggris, memiliki struktur yang sederhana dan sintaks yang jelas dan mudah dipahami. Sehingga, pemrograman Python ini dapat dengan mudah untuk dikuasai.
  • Mudah dibaca (easy-to-read) – Python memiliki kode-kode yang dituliskan dengan cukup jelas dan mudah dibaca.
  • Mudah dirawat (easy-to-maintain) – Python memiliki source code yang mudah untuk dirawat.
  • Library standar yang luas – Sebagian besar library Python sangat portabel dan mampu untuk digunakan pada lintas platform seperti UNIX, Windows dan Machintos.
  • Mode Interaktif – Python memiliki fitur untuk mode interaktif yang memungkinkan programmer melakukan pengujian interaktif dan debugging beberapa code saja.
  • Portabel – Python dapat dijalankan di berbagai macam platform perangkat keras dan memiliki interface yang sama di semua platform.
  • ExtendableProgrammer dapat menambahkan modul tingkat rendah ke interpreter Python. Dimana modul ini memungkinkan programmer untuk menambah atau menyesuaikan perangkat mereka agar lebih efisien.
  • Database – Python menyediakan interface ke hampir semua database komersial.
  • Pemrograman GUI – Python mendukung pemrograman untuk aplikasi GUI yang dapat dibuat dan porting ke banyak panggilan sistem, pustaka dan sistem windows, seperti Windows MFC, Macintosh, dan sistem X Window dari Unix.

Pada artikel selanjutnya akan dibahas tentang pengaturan environment dan bagaimana cara melakukan instalasi Python.

You may also like