Sponsors Link

10 Processor Paling Tinggi Saat Ini

Sponsors Link

Processor atau yang juga sering kita kenal dengan nama CPU atau central processing unit merupakan salah satu komponen yang vital bagi sebuah komputer, baik itu sebuah personal komputer, laptop, netbook, tablet, hingga smartphone yang saat ini juga sedang booming. Apabila komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka bisa dibilang bahwa processor merupakan otaknya, memiliki bentuk dan juga ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan keseluruhan fisik dari perangkat itu sendiri, namun mengatur seluruh kinerja dari perangkat tersebut.

ads

Fungsi CPU komputer atau processor ini merupakan hal yang paling terpenting dari semua perangkat yang ada dalam sebuah komputer, oleh sebab itu user juga paling tidak mengetahui spesifikasi lebih dalam pada processor saat akan memilih laptop atau PC. Dengan begitu komputer yang di jalankan akan mampu bekerja lebih baik dengan banyak aplikasi mendukung lainnya.

Persaingan Antara Dua Brand dan Vendor

Saat ini processor seperti sudah menjadi trademark dari kedua bendor teknologi di dunia, yaitu Intel dan AMD. Kedua vendor ini merupakan pesaing kelas berat dari penyedia processor, dan mungkin bisa dibilang hanya dua vendor ini sajalah yang aktif mengeluarkan pengembangan baru bagi komputer, terutama PC dan juga Laptop.

Meskipun keduanya merupakan pesaing berat, namun beberapa kondisi lebih memihak pada Intel, dimana processor buatan intel sudah berhasil membuat para user menganggap Intel adalah processor terbaik. Namun demikian, ternyata AMD pun juga memiliki taring, dengan menelurkan banyak processor dengan spesifikasi tertinggi.

Berikut ini adalah beberapa processor paling tinggi yang digunakan saat ini, yang dikeluarkan oleh AMD dan Intel dimulai dari yang terendah spesifikasinya:

  1. Intel Celeron G1820

intel cleronMerupakan salah satu processor basic besutan Intel, dengan fitur yang standar dan juga memiliki harga yang tidak menguras kantong anda. Berikut ini merupakan spesifikasi dari Intel Celeron G1820:

  • Kecepatan : 2.8 GHz
  • Core / Inti : 2 (dual core)
  • GPU : Intel HD Graphic
  • Ram : Dual Channel

Degan spesifikasi seperti itu, maka pantas apabila Intel Celeron merupakan salah satu processor bagi para pengguna komputer yang hanya membutuhkan fitur – fitur standar, seperti mengetik, mendengarkan lagu, dan menonton film dengan kualitas sedang. Keunggulan dari Intel Celeron sendiri adalah harga yang relatif murah dan tidak membutuhkan banyak daya.

Itu sebabnya processor jenis ini banyak di gunakan oleh para pelajar yang tidak banyak membutuhkan kecepatan yang tinggi. Sangat pas bagi anda yang membutuhkan netbook ukuran <12 inch yang praktis dan simple untuk keperluan mengetik, serta untuk membantu anak anda dalam mengenal fitur dasar dari suatu komputer / PC.

Sponsors Link

Meskipun memiliki keunggulan, namun Intel Celeron juga memiliki kelemahan, terutama dari segi kecepatan dan juga jumlah intinya. Dengan hanya memiliki dua inti dengan kecepatan yang biasa saja, maka tidak disarankan untuk bermain game ataupun melakukan editing foto dan juga video dengan menggunakan processor ini.

  1. Intel Pentium G3250

Intel Pentium G3250Merupakan pengembangan dari Intel Celeron, dimana memiliki kecepatan pemrosesan informasi yang lebih tinggi dibandingkan Intel Celeron. Berikut ini spesifikasi dari Intel Pentium G3250:

  • Kecepatan : 3.2 GHz
  • Core / Inti : 2 (dual core)
  • GPU : Intel HD Graphic
  • Ram : Dual Channel

Melihat spesifikasi dari Intel Pentium G3250, maka processor ini juga masih memiliki fungsi yang sama dengan Intel Celeron, hanya berbeda pada speed processornya saja.

Sama seperti Intel Celeron, processor ini juga sangat cocok bagi anda yang hanya membutuhkan fungsionalitas dari komputer atau PC, namun dengan kecepatan yang lebih tinggi agar performa yang dihasilkan juga semakin baik saat dijalankan.

  1. Intel Core i3 – 4160

Intel Core i3 – 4160Masih dari Intel, Intel Core i3 merupakan daftar berikutnya. Berikut ini adalah spesifikasi dari Intel Core i3 – 4160:

  • Kecepatan : 3.6 GHz
  • Core / Inti : 2 (dual core) 4 kaki
  • GPU : Intel HD Graphic
  • Ram : Dual Channel

Bagi anda yang meninginkan komputer dengan budget menengah ke bawah, namun memiliki kecepatan yang memuaskan, maka processor ini merupakan salah satu pilihan yang tepat. Performa yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Processor ini cocok untuk dignakan bagi anda yang menginginkan komputer atau PC yang ekonomis, namun mampu untuk menghandle beban yang lebih berat, seperti bermain game ataupun mengedit foto secara simple. Selain itu, processor ini juga sangat ideal untuk digunakan sebagai CPU pada server, dengan budget yang minim alias rendah.

  1. AMD FX-6300

AMD FX-6300Pesaing Intel, yaitu AMD mulai membuat tandingan dari Intel i3, yaitu AMD FX – 6300. Processor ini merupakan salah satu alternative pilihan dari Intel i3, dengan spesifikasi:

  • Kecepatan : 3.5 – 4.1 GHz
  • Core / Inti : 6
  • GPU : –
  • Ram : Dual Channel

Untuk processor AMD A10-7850K (APU) ini memiliki keunggulan dengan harga yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan processor Intel i3, processor ini memiliki performa yang tidak kalah dengan Intel i3.

Namun demikian, untuk keperluan gaming sepertinya AMD memang harus mengakui keunggulan dari processor Intel i3 meskipun hanya memiliki perbedaan yang tipis, untuk masalah gaming processor Intel lebih unggul dari AMD. Meski begitu processor ini juga tidak kalah hebatnya dengan processor lainnya yang juga di lengkapi dengan RAM komputer yang mendukung prangkat keras ini bekerja secara sempurna.

  1. AMD A8-7600

AMD A8-7600AMD A8-7600 merupakan processor tercepat berikutnya. Berikut ini adalah spesifikasi dari AMD A8-7600:

  • Kecepatan : 3.1 – 3.8 GHz
  • Core / Inti : 4
  • GPU : 384 GPU
  • Ram : Dual Channel

Merupakan processor keluaran AMD yang memiliki dua keunggulan, dibandingkan dengan Intel i3. Keunggulan dari processor AMD A8-7600 ini adalah konsumsi listrik yang lebih hemat dan memiliki GPU yang terintegrasi dan memiliki performance yang lebih baik.

Bagi anda yang menginginkan PC atau laptop gaming, dengan processor yang handal namun berharga murah, maka anda dapat memilih untuk menggunakan AMD A8-7600 ini dibandingkan dengan Intel i3.

ads
  1. AMD A10-7850K (APU)

AAMD A10-7850K (APU)PU atau CPU dan juga GPU yang terintegrasi di dalam satu processor dengan kualitas dan juga kecepatan yang cukup tinggi merupakan salah satu keunggulan dari AMD A10-7850K. Berikut ini adalah spesifikasi dari AMD A10-7850K:

  • Kecepatan : 3.7 GHz
  • Core / Inti : 4
  • GPU : ATI Radeon
  • Ram : Dual Channel

Processor AMD A10-7850K ini memiliki performa dan kualitas yang baik, sehingga cocok untuk PC Gaming ataupun design dengan budget menengah atau mid end.

Processor ini juga memiliki fitur turbo, dan mudah untuk dilakukan overclock, sehingga kecepatan processor menjadi lebih cepat dan lebih baik dari sebelumnya. Dengan pelengkap kapasitas RAM terbesar saat ini tentunya akan mampu memberikan kinerja processor secara optimal bagi user, disertai kecepatan yang tinggi dirasa processor ini bukanlah masalah yang sulit.

  1. AMD FX-8320

AMD FX-8320Masih dari AMD, processor lainnya bernama AMD FX-8320. Berikut ini adalah spesifikasi dari AMD FX-8320 :

  • Kecepatan : 3.5 GHz
  • Core / Inti : 8
  • GPU : –
  • Ram : Dual Channel

Merupakan salah satu best seller dai processor milik AMD untuk keperluan gaming dan juga design. Memiliki performa yang tinggi dan juga dengan harga kelas menengah yang bersahabat. Bagi anda pecinta game dan juga design, namun dengan budget kelas menengah, anda dapat mencoba processor ini.

Namun demikian, AMD FX-8320 ini memiliki konsumsi listrik yang cukup tinggi, sehingga kurang cocok untuk menjadi server, karena akan membengkakkan tagihan listrik rumah anda.

  1. Intel Core i5 – 4590K

Intel Core i5 – 4590KKembali ke Intel, kali ini ada Intel core i5. Saat ini sudah banyak laptop yang menggunakan intel core i5, yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Kecepatan : 3.3 GHz
  • Core / Inti : 4
  • GPU : Intel HD Graphic
  • Ram : Dual Channel

Processor ini merupakan pilihan tepat bagi anda yang sudah biasa memegang komputer. Performa yang baik dan juga kecepatan yang mumpuni membuat processor ini sangat ideal untuk user yang membutuhkan PC atau komputer yang dapat menghandle game-game kelas menengah, dengan sempurna.

Namun, bagi anda yang hobi mengutak-atik, maka processor ini tidak cocok untuk anda, karena memiliki fitur locke, yang artinya anda tidak bisa melakukan overclock untuk mempercepat kinerja CPU anda.

  1. Intel Core i7 – 4790K

Intel Core i7 - 4790KProcessor Inter Core i7 – 4790K ini merupakan salah satu processor teranyar dari Intel dengan performa yang cukup tinggi. Tentu saja processor ini merupakan salah satu processor tercepat yang pernah dibuat oleh intel. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari processor Intel Core i7:

  • Bus Speed : 5 GT/s DMI
  • Processpr Core : Devil’s Canyon
  • Core Stepping : C0 (QG81, SR219)
  • GPU Type : HD 4600

Dengan kemampuan yang sangat mengagumkan, processor ini sangat cocok bagi para user yang senang bermain games dengan spek yang tinggi, serta bagi anda yang sering melakukan desain dan juga editing video, ataupun foto, serta 3D graphic.

Processor ini cukup handal dalam menjalankan program dalam sebuha komputer tanpa keluhan dan tentunya dengan membuka berbagai macam aplikasi dalam satu klik saja.

  1. Intel i7 – 5960X

Intel i7 – 5960XMerupakan processor tercepat saat ini, yang memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan i7 – 4790K. Berikut adalah spesifikasi dari Intel i7-5960 X:

  • Bus Speed : 5 GT/s DMI
  • Core / Inti : 8
  • Core Stepping : M0 (QFRA) – R2 (SR20Q)
  • RAM : Hynix DDR4-2133C15 4×4 GB (16GB Total)

Pilihan sempurna bagi para user yang memang membutuhkan PC atau komputer dengan spesifikasi menawan dan ganas. Processor Intel i7-5960X ini cukup mampu memberikan kepuasan bagi user yang memang memiliki kinerja yang cukup membuat CPU bekerja lebih keras.

Dan juga dengan kemampuan yang di miliki oleh processor ini tidak akan membuat dampak pengaruh CPU usage 100% yang berbahaya untuk komputer anda. Kemampuan yang cukup canggih ini menjadikan Intel i7 – 5960 X sebagai processor terbaik saat ini.

Meskipun memiliki performa terbaik dan tercepat, namun processor ini memiliki konsumsi listrik yang ringan. Faktanya, Intel belum memiliki saingan terhadap processor terbaiknya sejauh ini.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 11th, September 2015 / 08:28 Oleh :
Kategori : CPU