Penyebab Tombol Power Laptop Tidak Berfungsi

Sponsors Link

Untuk dapat menyalakan sebuah laptop, maka hal yang harus dilakukan adalah tentu saja menekan tombol power pada laptop tersebut. Akan tetapi, terkadang laptop kita seringkali mengalami masalah, dimana tombol power tidak dapat membantu menyalakan laptop. Apabila tombol power sudah ditekan, namun tidak dapat menyalakan laptop, maka kemungkinan terdapat beberapa masalah yang terjadi pada laptop anda.

Bila terdapat kerusakan pada laptop, paling tidak user tau apa yang dilakukan. Mulai dari pengecekan batrai laptop hingga mencoba beberapa saat sampai berhasil, namun hal itu bukan tidak mungkin terkadang laptop menjadi lebih bermasalah jika terus dipakasakan. Salah satu cara menjaga laptop agar tidak cepat rusak agar selalu menjaga keyboard dan tombol lainnya dengan pemakaian laptop yang tidak terlalu kasar.

Tombol power yang tidak menyala ini bukan hanya dikarenakan kerusakan hardware semata, namun bisa jadi terdapat kerusakan pada software yang tidak diketahui oleh user. Seperti akibat dan bahaya laptop sering diinstal ulang yang menyebabkan banyak program pada laptop tersebut crash hingga ke software inti processor.

Penyebab Laptop Tidak Menyala

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mengapa tombol power dari sebuah laptop tidak mau berfungsi ketika ditekan. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari kondisi tombol power laptp yang tidak berfungsi dan beberapa cara mengatasinya

1. Baterai Laptop Mengalami Kebocoran

Hal pertama yang mungkin terjadi adalah karena baterai laptop sudah mulai mengalami kebocoran, atau kerusakan yang terdapat pada bagaian sel-sel baterainya, sehingga hal ini membuat laptop menjadi tidak mau menyala saat ditekan tombol power.

Cara mengatasinya:

Untuk mengatasi hal ini, mudah saja, anda hanya perlu menggunakan adaptor bawaan laptop anda untuk menyalakan laptop. Atau anda juga bisa mengganti baterai laptip anda dengan baterai yang lebih baru dan berkualitas.

2. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Bagi anda yang menyalakan laptop tanpa menggunakan baterai, alias langsung menggunakan tenaga listrik, maka pastikan tegangan dan juga daya listrik rumah anda cukup untuk menyalakan laptop ada.

Kemungkinan besar, laptop anda tidak menyala saat tombol power ditekan karena tegangan dan juga arus listrik yang tidak stabil, sehingga menyebabkan laptop tidak bisa menyala.

Bagaimana Solusinya?

Apabila memang benar tegangan listrik rumah anda tidak stabil, maka anda bisa menggunakan stabilizer untuk membantu menstabilkan arus listrik rumah anda, sehingga laptop anda bisa menyala.

Sponsors Link

3. Kerusakan pada Perangkat Keras Laptop

Faktor beriktnya yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada perangkat keras komputer anda. Kerusakan bisa saja terjadi pad komponen internal, seperti :

Kerusakan pada kompoenen tersebut memang seringkali menyebabkan laptop tidak mau menyala, sehingga hal ini tentu saja membuat tomol power pada laptop anda tidak dapat berfungsi.

Bagaimana Memperbaikinya?

Untuk memperbaikinya, maka hal yang harus anda lakukan adalah memastikan bagian komponen mana yagn mengalami kerusakan. Apabila sudah mengetahui bagian mana yang mengalami kerusakan, maka pilihan terbaik adalah mengganti komponen internal tersebut, agar laptop bisa berfungsi kembali.

4. Kerusakan pada Bagian Tombol Power

Terkadang, tombol power laptop juga tidak berfungsi karena terjadi kerusakan pada bagian tombol powernya. Penyebabnya? Berikut ini adalah penyebab kerusakan pada tombol power laptop :

sponsored links

  • Tombol power yang patah.
  • Bagian tombol power yang berdebu dan kotor.
  • Switch tombol power mengalami kerusakan.

Bagaimana Mengatasinya?

Untuk mengatasinya, cukup repot, karena anda harus membuaka dan membongkar laptop anda. Apabila tidak terbiasa, serahkan kepada ahlinya. Yang harus dilakukan adalah:

  • Membersihkan area tombol power laptop.
  • Mengganti switch power laptop.
  • Mengganti tombol power laptop, apabila memang patah dan mengalami kerusakan.
Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 22nd, September 2015 / 23:09 Oleh :
Kategori : Troubleshooting