Home » Tutorial » 11 Cara Mengatasi Touchscreen Hp Android Error

11 Cara Mengatasi Touchscreen Hp Android Error

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu di tahun 2000’an ke belakang, ponsel yang di gunakan pengguna masih memiliki sistem operasi java (contoh : nokia) dan layar ponsel masih berukuran kecil. Contohnya seperti ukuran (176 x 220), (240 x 320), (320×240) dan ukuran layar lainnya. Dimana untuk melakukan perintah masih menggunakan tombol ponsel yang berada di bawah layar.

Namun seiring dengan di ciptakannya perangkat android oleh google pada tahun 2008, membuat ukuran layar ponsel pun mengalami perubahan yang drastis sehingga mampu memuaskan pengguna. Selain itu smartphone android juga telah di lengkapi dengan fitur touchscreen (layar sentuh) mengikuti langkah revolusioner Iphone pada tahun 2007 lalu.

Saat kita pertama kali membeli smartphone baru di toko ponsel. Kondisi smartphone yang baru saja kita beli tentunya masih bagus dan berjalan dengan baik karena semua komponen yang tertanam di ponsel baru di rilis oleh pabrikan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu ponsel kita pun mulai mengalami masalah yang di tandai dengan tidak berfungsinya beberapa komponen ponsel seperti baterai ponsel yang cepat habis, system yang sering mengalami lag atau bisa juga layar ponsel yang mengalami error.

Bila sudah seperti itu tentunya membuat kita jadi tidak nyaman saat menggunakan smartphone, karena smartphone menjadi kebutuhan primer (utama) di masa kini. Terlebih bila yang rusak adalah komponen touchscreen membuat kita tidak bisa melihat layar dan menjalankan perintah pada layar ponsel.

Touchscreen yang memiliki kerusakan bisa di karenakan beberapa sebab baik itu karena penggunaan yang sudah lama maupun karena beberapa efek eksternal seperti karena terkena air hujan, terbentur maupun terjatuh. Sebelum kami menjelaskan cara mengatasinya pada kali ini kami akan menjelaskan apa itu touchscreen.

Lalu Apa itu Touchscreen?

Touchscreen adalah sebuah perangkat input pada smartphone dan komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan pada layar menggunakan jari pengguna atau pena digital yang mampu menggantikan fungsi tombol dan mouse pada perangkat smartphone dan komputer.

Fitur Touchscreen di masa kini juga sudah terpasang pada beberapa teknologi konsumen yang di produksi secara massal seperti laptop, pemutar musik (iPod), iPhone, Blackberry Storm, Thermostat dan perangkat lainnya.

Komponen Touchscreen

  1. Panel Sensor. Komponen ini berada di lapisan luar layar berupa sensor yang mengaliri aliran listrik tertentu dan sensitive saat di sentuh oleh jari pengguna
  2. Controller. Komponen ini berfungsi untuk memproses sinyal yang di terima panel sensor, kemudian menerjemahkannya ke dalam data sentuhan yang di salurkan ke dalam prosesor komputer
  3. Driver Software. Komponen ini berfungsi menerjemahkan data yang di simpan prosesor menjadi layaknya gerakan kursor (mouse) dan menyediakan antarmuka pada system operasi computer (windows) & smartphone (android).

Setelah kita mengetahui apa itu touchscreen beserta komponen yang ada di dalamnya. Pada kali ini kami akan membahas ciri-ciri touchscreen smartphone rusak beserta penyebabnya yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Ciri- Ciri Touchscreen Rusak & Error

  1. Deadtouch. Artinya layar ponsel mati dan tidak bisa di gunakan walau daya baterai masih penuh dan mesin smartphone masih hidup
  2. Deadspot. Artinya pada beberapa titik atau bagian layar smartphone tidak merespon saat kita sentuh dengan jari dan perintah gagal di jalankan
  3. Delayed Response. Artinya saat layar smartphone kita sentuh dengan jari, respons yang di hasilkan smartphone terlambat yang tentu membuat pengguna tak nyaman terlebih saat sedang main game
  4. Ghost Touch. Artinya Layar Smartphone tiba-tiba gerak sendiri walau tidak kita sentuh dan tanpa perintah sedikit pun

Penyebab Touchscreen Rusak & Error

  1. Ponsel Terkena Air. Hal ini biasanya terjadi di sebabkan saat pengguna kehujanan di jalan, lupa menyimpan ponsel di saku saat mencuci di mesin cuci atau tak sengaja menumpahkan minuman saat ponsel berada di atas meja. Selanjutnya panel sensor yang terdapat pada touchscreen mengalami kerusakaan karena aliran lisrik mengalami korsleting karena terkena air
  2. Ponsel Terjatuh. Hal ini sering terjadi saat pengguna kurang berkonsentrasi saat sedang memegang handphone dan body ponsel sebelumnya tidak di beri pelindung seperti Hardcase (Casing) & Tempered Glass (TG). Sehingga saat terjatuh langsung mengenai komponen Touchscreen (TC) hingga mengalami keretakan dan sensitifitas panel sensor berkurang bahkan sampai layar ponsel mati
  3. Charger Tidak Sesuai. Saat kita membeli charger baru yang tidak sesuai dengan merek ponsel kita, maka tegangan yang di hasilkan pun berbeda yang membuat ponsel jadi cepat panas dan panel sensor pada smartphone mengalami kerusakan
  4. Baterai Ponsel Rusak. Bila daya baterai mengalami kerusakan maka komponen lain pada ponsel pun ikut terpengaruh. Termasuk panel sensor pada touchscreen yang membutuhkan aliran listrik. Sehingga touchscreen ponsel kita jadi tidak berjalan optimal
  5. Penggunaan Berlebihan. Saat kita menekan layar ponsel terlalu kuat dan terjadi secara terus menerus maka lama-lama komponen pada touchscreen pun mengalami kerusakan
  6. Virus. Selain panel sensor, touch screen ponsel juga memiliki driver software yang berfungsi menerjemahkan data sentuhan touchscreen. Saat smartphone android kita terlalu banyak virus dan menyerang software touchscreen maka touchscreen kita menjadi sering error

Setelah kita mengetahui ciri – ciri touchscreen smartphone rusak beserta penyebabnya. Pada kali ini kami akan membahas cara mengatasi touchscreen error dan rusak baik itu menggunakan settingan bawaan maupun menggunakan aplikasi tambahan. Adapun caranya seperti di bawah ini.

11 Cara Mengatasi Touchscreen Hp Android Error dan Tidak Berfungsi

Restart Smartphone

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk memperbaiki touchscreen hp android yang error dan tidak berfungsi adalah dengan cara merestart ponsel yang kita miliki. Hal ini perlu di lakukan bila penyebab touchscreen kita eror di karenakan smartphone mengalami lag (ngehang) karena banyaknya aplikasi yang berjalan dan juga ada aplikasi yang crash.

Sehingga setelah smartphone kita di restart maka semua aplikasi yang berjalan dan pengaturan akan di refresh kembali ke awal dan touchscreen smartphone kembali berfungsi dengan baik. Cara restart sendiri mudah yaitu cukup dengan tekan tombol power kemudian pilih opsi restart dan setelah Hp kembali menyala, maka touchscreen dapat berfungsi lagi.

Periksa Kapasitas RAM

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk mengatasi touchscreen smartphone kita yang error dan tidak berfungsi adalah dengan memeriksa Kapasitas RAM. Hal ini di karenakan bila kapasitas ruang penyimpanan RAM kita kepenuhan maka smartphone akan mengalami lag (hang).

Bila sudah hang maka layar smartphone tidak akan merespon saat kita sentuh dan touchscreen jadi eror. Adapun cara mengecek penggunaan dan kapasitas RAM sangat mudah, yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengecek Kapasitas dan Penggunaan RAM Hp Android

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pengaturan / Setelan di Hp Android kita
  2. Kemudian kita Pilih Menu Device dan Pilih Opsi Apps
  3. Setelah berada di halaman Apps kita Geser ke Kiri untuk menampilkan halaman SD Card
  4. Setelah berada di halaman SD Card lalu kita Geser ke Kiri untuk menampilkan tab Running
  5. Selesai. Pada Halaman Running kita bisa melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di hp kita beserta sisa ruang RAM yang masih kosong

Setelah kita lihat ternyata memang benar kapasitas RAM kepenuhan, maka untuk mengurangi beban kerja RAM maka kita bisa menguninstal (menghapus) aplikasi yang dirasa tidak penting sehingga Smartphone tidak akan mengalami hang lagi dan touchscreen kembali berfungsi dengan normal.

Masuk ke Safe Mode

Cara ke tiga yang akan kami jelaskan untuk mengatasi touchscreen tidak bisa di sentuh dan error adalah dengan cara masuk ke safe mode pada ponsel kita. Safe mode sendiri adalah salah satu mode yang di sediakan oleh system operasi (windows & android) dan bisa di gunakan untuk memecakan masalah system yang tidak bisa di lakukan saat membukanya dengan normal.

Karena saat safe mode hanya aplikasi bawaan saja yang bisa berjalan pada smartphone. Adapun cara masuk ke safe mode pada smartphone android akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Masuk ke Safe Mode di Hp Android

  1. Pertama-tama kita Tekan dan Tahan Tombol Power Smartphone Android kita
  2. Setelah itu Munculah beberapa pilihan seperti Power Off, Restart dan Mode Pesawat
  3. Lalu kita Tekan dan Tahan Power Off hingga Muncul Popup Reboot to Safe Mode
  4. Kemudian kita Klik Tombol OK hingga kita berhasil masuk ke Safemode
  5. Selesai. Setelah berhasil masuk ke safemode lalu kita cek apakah touchscreen kita kembali berfungsi dengan baik atau tidak

Force GPU 2D Rendering

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk mengatasi touchscreen error dan tidak bisa di sentuh adalah dengan melakukan force GPU Rendering. Force GPU Rendering sendiri adalah sebuah Unit Pemrosesan Grafis yang di program untuk menangani masalah informasi grafis pada layar smartphone kita.

Dengan cara ini maka system akan merender animasi UI lebih baik karena system akan memaksa aplikasi untuk merender hardware 2D. Sehingga smartphone tidak mengalami hang dan touchscreen kembali berfungsi.

Namun kelemahan cara ini adalah baterai ponsel kita jadi cepat habis dan bila kita memainkan game dengan grafis 3D maka tampilan gambarnya jadi lebih buruk. Adapun cara GPU 2D Rendering akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Force GPU 2D Rendering

  1. Pertama- tama kita Klik Menu Pengaturan / Setelan
  2. Selanjutnya Gulir ke Bawah dan kita Pilih Menu Opsi Pengembang (Developer Option)
  3. Selanjutnya kita Gulir ke Bawah dan Pilih Menu Hardware Accelerated Rendering (Perenderan Berakselerasi Perangkat Keras)
  4. Lalu kita Aktifkan Tombol Force GPU Rendering yang ada di bawahnya
  5. Selesai. Kini GPU 2D Rendering berhasil di aktifkan pada smartphone kita dan CPU smartphone kembali enteng dan touchscreen tidak lagi ngelag & error

Kalibrasi Layar Smartphone

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk mengatasi touchscreen smartphone yang bergerak sendiri dan error adalah dengan mengkalibrasi layar smartphone. Kalibrasi Touchscreen sendiri adalah suatu proses dan upaya yang di lakukan untuk mengkondisikan ulang fungsi smartphone seperti saat pertama kali di beli. Sehingga layar smartphone kita kembali sensitive dan berfungsi dengan baik.

Untuk melakukan proses kalibrasi layar smartphone, kita harus mendownload dan menginstal aplikasi tambahan sehingga proses kalibrasi dapat berjalan dengan baik dan simple. Salah satu aplikasi yang bisa pengguna download dan gunakan secara gratis di playstore adalah aplikasi bernama Touchscreen Calibration. Adapun cara menggunakannya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Kalibrasi Layar Smartphone Menggunakan Aplikasi Touchscreen Calibration

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi Touchscreen Calibration melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=redpi.apps.touchscreencalibration
  2. Setelah terinstal. Lalu kita Buka Aplikasi Touchscreen Calibration
  3. Setelah aplikasi terbuka. Lalu kita Klik Tombol Calibrate (Kalibrasi) yang berwarna biru
  4. Selanjutnya kita di haruskan mengikuti beberapa perintah yang di sediakan pada layar untuk mengetes berfungsinya touchscreen hp kita seperti : TAP (Klik 2 kali Tombol Hijau), 2 TAP (Tekan dan Tahan Tombol Selama 2 Detik), LONG & SWIPE (Sentuh layar dengan 2 jari secara bersamaan)
  5. Setelah semua perintah berhasil kita jalankan dengan baik, maka Muncul Tulisan di layar Calibration Successful
  6. Selanjutnya kita Restart Hp Android kita
  7. Selesai. Kini Touchscreen Hp Android kita kembali normal dan berfungsi dengan baik setelah berhasil di kalibrasi

Aplikasi Touchscreen Calibration memiliki nilai rating sebesar 4.4 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.0 ke atas. Aplikasi Touchscreen Calibration memiliki ukuran file sebesar 1.5 MB dan telah di unduh oleh lebih satu juta pengguna di Playstore.

Gunakan Charger Hp yang Asli

Cara ke enam yang akan kami jelaskan untuk mengatasi touchscreen hp android error dan kurang sensitif adalah dengan menggunakan charger (casan) ponsel yang asli. Hal ini di karenakan banyaknya para pengguna menggunakan charger Hp yang palsu bila charger asli telah rusak.

Padahal bila kita menggunakan charger ponsel dengan asal maka berpotensi merusak baterai ponsel karena tegangan yang di hasilkan tidak sesuai. Bila sudah begitu maka ponsel akan cepat panas yang menyebabkan beberapa komponen pada ponsel jadi rusak termasuk panel sensor layar sehingga touchscreen jadi error.

Untuk itu bila charger ponsel bawaan sudah rusak lebih baik kita beli yang asli di toko ponsel resmi. Walau harga charger ponsel asli lebih mahal namun daya yang di hasilkan sesuai takarannya dan hp android kita jadi lebih awet.

Gunakan Aplikasi MultiTouch Tester

Cara ke tujuh yang akan kami jelaskan untuk mengatasi touchscreen ponsel kurang sensitif dan error adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Multitouch Tester. Hal ini di lakukan bila penyebab layar smartphone kita error dan lag (ngehang) adalah karena masalah multi touch pada touchscreen.

Nantinya dengan aplikasi ini kita bisa mengetes berapa jumlah sentuhan maksimum saat kita menyentuh layar ponsel kita secara bersamaan (multi touch). Untuk menggunakan aplikasi ini kita bisa mengunduh terlebih dahulu di Google Playstore secara gratis. Adapun cara menggunakan aplikasinya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengatasi Touchscreen Hp Android Error Menggunakan Aplikasi Multitouch Tester

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi Multitouch Tester melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.the511plus.MultiTouchTester
  2. Selesai di Instal. Lalu kita Buka Aplikasi Multitouch Tester
  3. Setelah aplikasi terbuka maka akan muncul angka 0 besar dengan background berwarna hitam di layar aplikasi
  4. Lalu kita Tempelkan semua jari kita ke titik layar ponsel yang biasanya sering mengalami error secara bersamaan. Contohnya seperti menempelkan 5 jari
  5. Setelah jari di sentuh ke layar ponsel maka beberapa titik yang di sentuh akan Menampilkan Lingkaran dengan Warna yang berbeda (contoh warna merah, hijau, biru, ungu, ping dll) yang menandakan semua titik touchscreen layar ponsel masih berfungsi dengan baik
  6. Namun bila ada salah satu titik yang tidak memiliki warna, maka bisa di pastikan titik touchscreen tersebut sudah error yang bisa kita tandai dan di tindak lanjuti.
  7. Selesai. Kini kita pun tahu tentang kinerja fungsi touchscreen pada smartphone melalui aplikasi

Aplikasi Multitouch Tester memiliki nilai rating sebesar 4.6 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 2.2 ke atas. Aplikasi Multitouch Tester memiliki ukuran file sebesar 139 KB dan telah di unduh oleh lebih 1 juta pengguna.

Diagnosa Display Smartphone

Cara ke delapan yang akan kami jelaskan untuk mengatasi layar smartphone error dan tidak bisa di sentuh adalah dengan cara mendiagnosa diplay smartphone. Untuk menggunakan cara ini kita bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama Display Tester. Aplikasi ini di kembangkan oleh developer android bernama Braintrapp.

Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa menguji fungsi layar dan mencari tahu apakah layar smarthpone kita mengalami gangguan atau tidak. Adapun fitur yang di miliki aplikasi ini seperti Dead Pixel Test, Color Test, Gamma Calibration Test, Multi-touch Test, Display Performance Test dll. Sehingga nantinya kita bisa mengetahui apa masalah pada layar smarthpone kita.

Aplikasi Display Tester memiliki nilai rating sebesar 4.1 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.1 ke atas. Aplikasi Display Tester memiliki ukuran file sebesar 10 MB dan telah di unduh oleh lebih 1 juta pengguna. Adapun bagi yang ingin mendownload nya bisa dengan mengklik tautan berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gombosdev.displaytester

Lepas Pelindung Layar Ponsel

Biasanya untuk melindungi layar ponselnya, maka pengguna memasang pelindung tambahan berupa tempered glass agar bila layar mengalami benturan secara langsung maka tidak merusak touchscreen. Hal ini di karenakan harga Touchscreen (TC) yang lebih mahal (Rp. 300 ribuan) di bandingkan Tempered Glass (TG) yang memiliki harga puluhan ribu saja.

Namun bila ternyata touchscreen kita sudah mengalami error, maka sebaiknya kita melepas pelindung layar tambahan (Tempered Glass) yang terpasang. Walau tidak bisa memperbaiki sepenuhnya, namun hal ini mampu meningkatkan tingkat sensifitas dan respon touchscreen pada layar smartphone yang mengalami masalah saat kita sentuh.

Keringkan Ponsel

Cara ke sepuluh yang akan kami jelaskan untuk mengatasi touchscreen hp android yang error dan rusak adalah dengan mengeringkan ponsel kita. Cara ini khusus di lakukan bila penyebab touchscreen kita rusak di karenakan tersiram air. Baik itu karena terkena air hujan, tak sengaja tercuci di mesin cuci, tersiram minuman di tas meja dan faktor lainnya.

Cara untuk mengeringkan ponsel yang terkena air sendiri cukup mudah baik menggunakan lap biasa maupun menggunakan meteri penyerap air. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengeringkan Layar Ponsel Yang Terkena Air

  1. Pertama-tama kita Matikan Ponsel kita
  2. Kemudian Lap bagian luar ponsel dengan handuk kering atau lap micro fiber
  3. Selanjutnya Buka Casing Ponsel dan Lepas Baterai Ponsel
  4. Kemudian Taruh dan Benamkan ponsel ke wadah yang sebelumnya telah terisi material pengering seperti beras maupun silica gel.
  5. Setelah itu Diamkan selama 2 x 24 jam hingga ponsel kering sempurna
  6. Selesai. Setelah Ponsel kering sempurna. Lalu kita Cek apakah fungsi touchscreen pada ponsel kembali berfungsi dengan baik atau tidak

Beli LCD Hp yang Baru

Bila ke semua cara di atas tetap tidak bisa mengatasi masalah touchscreen pada ponsel kita. Maka langkah terakhir yang bisa kita tempuh adalah dengan mengganti LCD Hp smartphone android kita dengan LCD yang baru.

Bila kita ingin membeli LCD yang baru maka sebaiknya kita meriset terlebih dahulu harga satu paket LCD sebagai gambaran sebelum menuju toko ponsel. Hal ini di karenakan harga satu paket LCD ponsel android biasanya memiliki rentang harga amtara 300 ribuan hingga jutaan tergantung jenis Hp kita.

Selain itu bila kita ingin mendapatkan kualitas LCD yang bagus maka kita bisa membelinya di gerai resmi ponsel tersebut (contoh : Samsung center). Karena selain akan mendapatkan suku cadang asli kita juga akan mendapatkan garansi walau harganya cenderung lebih mahal.

Namun hal itu di rasa lebih baik di banding bila kita membeli LCD versi KW dengan kualitas yang meragukan. Walau memiliki harga yang lebih murah, namun LCD ponsel yang bukan asli berpotensi mengalami ketidak cocokan dengan ponsel kita yang membuat kinerja touchscreen ponsel jadi tidak maksimal.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Touchscreen beserta komponen yang ada di dalamnya. Selain itu kita juga telah menjelaskan ciri-ciri touchscreen error, penyebab touchscreen error dan beberapa cara mengatasinya. Seperti dengan cara Merestart Smartphone, Periksa Kapasitas RAM, Masuk ke Safe Mode, Force GPU 2D Rendering, Kalibrasi Layar Smartphone, Gunakan Charger Asli, Gunakan Aplikasi Multitouch Tester, Diagnosa Display, Lepas Pelindung Layar, Keringkan Ponsel dan Ganti LCD Baru.

Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kita kini jadi tahu apa itu touchscreen beserta fungsinya pada ponsel kita. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kita kini bisa mencoba memperbaiki touchscreen ponsel kita sebelum membawanya ke tukang service sehingga mampu menghemat biaya perbaikan.

You may also like