Home » Tutorial » 15 Cara Memperkuat Sinyal Jaringan (3G/4G) di Hp Android

15 Cara Memperkuat Sinyal Jaringan (3G/4G) di Hp Android

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu di tahun 90’an penggunaan perangkat seluler untuk berkomunikasi di Indonesia masih jarang di gunakan. Karena pada saat itu perangkat yang populer digunakan masyarakat untuk berkomunikasi jarak jauh adalah melalui perangkat telepon rumah, telepon di wartel (warung telepon) atau telepon di pinggir jalan yang menggunakan uang koin untuk mengoperasikannya.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan di perkenalkannya SIM Card pada tahun 90’an akhir, membuat perangkat seluler mulai di lirik oleh banyak pengguna. Hingga akhirnya pengguna telepon seluler menonjak hingga jutaan pengguna pada tahun 2000’an awal karena kemudahan dan kepraktisan saat berkomunikasi melalui handphone.

Seiring dengan itu mulai muncul pula beberapa perusahaan operator seluler dengan menawarkan beberapa harga paket layanan yang bisa di pilih pengguna. Apakah memilih harga paket yang mahal tapi kualitas sinyal bagus. Atau membeli paket layanan yang murah namun kualitas sinyal seluler sering putus-putus.

Dari masa sinyal seluler 3G di masa lalu hingga ke masa sekarang yang menggunakan sinyal 4G. Ternyata sinyal seluler di seluruh wilayah Indonesia masih belum merata dan belum stabil. Hal itu pula yang membuat Indonesia menjadi negara kedua terbawah dari 45 negara dalam hal kecepatan internet berdasarkan hasil data survey yang dilakukan oleh perusahaan asal Amerika Serikat bernama Ookla yang menyediakan layanan pengujian kecepatan Internet.

Hal itu tentunya bukan berita yang menggembirakan terutama bagi pengguna yang tinggal di wilayah pedesaan yang sering mengalami terputusnya sinyal seluler. Untuk mengatasi hal itu tentunya di perlukan cara khusus agar sinyal seluler kita kembali kuat lagi. Sebelum menjelaskan caranya pada kali ini kami akan membahas apa itu sinyal seluler.

Lalu Apa itu Sinyal Hp (Smartphone)?

Sinyal Hp (smartphone) Adalah sinyal yang di berikan oleh operator seluler melalui pemancar berupa BTS (Base Transceiver Station) sehingga operator seluler (GSM, CDMA, TDMA) dan peranti pengguna (telepon rumah, handphone, wifi) bisa saling berkomunikasi.

Yang selanjutnya pengguna bisa mendaftar dengan cara membeli pulsa untuk menggunakan beberapa paket layanan jaringan seluler yang di sediakan operator seperti paket data internet, paket telepon, paket sms dan paket lainnya.

Setelah kita mengetahui apa itu sinyal Hp (Smartphone). Pada kali ini kami akan membahas beberapa jenis sinyal jaringan pada perangkat seluler yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Jenis Jaringan Seluler

  1. 1G. Jenis Sinyal ini di gunakan pada generasi pertama perangkat seluler yang biasanya terpasang pada telepon analog (hanya suara) dan memiliki kecepatan transfer data maksimal 2.4 Kbps
  2. 2G. Sinyal jenis ini di gunakan pada generasi ke dua perangkat seluler yang terpasang pada telepon digital dimana selain bisa melakukan panggilan suara juga bisa mengirimkan sms (pesan teks) dan mms (pesan bergambar)
  3. 3G. Sinyal jenis ini di gunakan pada generasi ke 3 perangkat seluler yang terpasang pada perangkat nirkabel seperti handphone yang bisa mengakes jaringan internet dengan kecepatan transfer data hingga 0.2 Mbps
  4. 4G. Sinyal jenis ini di gunakan pada generasi ke 4 perangkat seluler yang terpasang pada smartphone zaman sekarang dimana memiliki kecepatan transfer data hingga 100 Mbps. Sehingga sangat lancar saat menjalankan multimedia melalui internet seperti bermain game online, melakukan live streaming, menonton video online dan lainnya.

Setelah kami menjelaskan beberapa jenis jaringan seluler yang terdapat pada perangkat smartphone. Pada kali ini kami akan membahas beberapa cara memperkuat sinyal smartphone kita baik melalui fitur bawaan maupun menggunakan aplikasi tambahan.

Sehingga sinyal smartphone kita bisa terdeteksi kembali dan akses internet kembali lancar. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

15 Cara Memperkuat Sinyal Handphone

Tentukan Lokasi Sinyal Terkuat

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal Hp Android kita adalah dengan menentukan lokasi sinyal terkuat dari bangunan yang kita tempati (contoh rumah). Hal itu bisa di ketahui dengan melihat jumlah garis sinyal yang tampak pada layar smartphone kita.

Setelah lokasi sinyal terkuat di rumah kita telah di ketahui (contoh tuang tamu). Lalu kita lakukan pengecekan kekuatan sinyal handphone kita sebelum melakukan langkah lanjutan untuk memperkuat sinyal. Adapun cara mengecek kekuatan sinyal di smartphone akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengecek Kekuatan Sinyal Operator di Hp Android

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pengaturan di Smartphone Android kita
  2. Kemudian Munculah beberapa menu pengaturan. Lalu kita Pilih Menu About
  3. Kemudian kita Pilih Menu Status
  4. Selanjutnya kita Pilih Opsi Network
  5. Selesai. Dari Menu Network tersebut kita bisa melihat kekuatan sinyal Hp Android kita berupa angka dBm (Desibel-miliwatt). Contohnya seperti -80 dBm hingga -100 dBm dimana semakin kecil angkanya maka semakin bagus sinyal operator yang di tangkap

Cara Mengecek Kekuatan Sinyal Operator di Perangkat iPhone

  1. Pertama-tama Buka Menu Dialpad di perangkat iPhone kita
  2. Kemudian pada Kotak Dialpad kita Ketikan *300#12345#*
  3. Kemudian Munculah Jendela Field Test yang merubah baris sinyal menjadi nilai sinyal dalam satuan dBm. Contohnya -70 dBm hingga -100 dBm
  4. Selesai. Kini kekuatan sinyal operator di perangkat iPhone kita telah di ketahui

Aktifkan Menu Airplane Mode

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal adalah dengan mengaktifkan menu Airplane Mode. Airplan Mode sendiri adalah Sebuah mode pada smartphone yang biasanya di gunakan saat berada di pesawat. Dengan menggunakan mode ini maka kita dapat menonaktifkan semua fungsi ponsel tanpa harus mematikannya.

Salah satu fungsi ponsel yang akan mati melalui fitur Airplane Mode adalah sinyal jaringan seluler. Cara mengaktifkan Airplane Mode sendiri sangat mudah. Adapun cara memperkuat sinyal melalui airplane mode akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Memperkuat Sinyal Melalui Airplane Mode

  1. Pertama-tama Lakukan Scroll (gulir) ke Bawah saat kita berada di Layar Utama Ponsel
  2. Setelah itu Munculah beberapa Menu icon. Lalu Klik Icon bergambar Pesawat
  3. Setelah mode pesawat aktif. Lalu Tunggu hingga beberapa detik agar Proses Airplane Mode Aktif
  4. Setelah itu Barulah Klik kembali icon Pesawat agar Airplane Mode Nonaktif
  5. Selesai. Setelah Airplane Mode di matikan maka Sinyal Jaringan Seluler kita kembali kuat karena telah melakukan restart dan refresh terhadap sambungan sinyal jaringan operator seluler saat airplane mode aktif tadi

Mendekati Menara Pemancar Sinyal (BTS)

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal jaringan operator Hp Android kita adalah dengan mendekati lokasi menara pemancar sinyal (BTS). Hal ini sangat efektif bila kita sedang berpergian keluar rumah atau sedang ingin mengerjakan tugas sekolah / kantor namun di rumah tidak ada sinyal sama sekali. Seperti yang terjadi di banyak wilayah di masa pandemi seperti sekarang.

Namun bila kita tidak mengetahui lokasi menara pemancar sinyal (BTS) terdekat maka kita bisa mengunduh aplikasi tambahan di playstore atau appstore untuk menentukan lokasi menara pemancar sinyal (BTS) terdekat. Setelah kita berhasil mendekati BTS maka sinyal kita pun kembali super cepat.

Karena di atas menara pemancar terdapat perangkat pernama BTS (Base Tranceiver Station) yang berfungsi memancarkan sinyal digital ke semua perangkat yang ada di sekitarnya (Handphone, Wifi, Telepon Rumah) dalam radius beberapa Kilometer sehingga semua perangkat pengguna bisa berkomunikasi dengan pihak operator seluler untuk menggunakan layanan yang di sediakan.

Setting Mode Jaringan

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal jaringan Handphone kita adalah dengan melakukan setting mode jaringan. Cara ini dilakukan agar kita mengetahui sinyal apa yang cocok di gunakan pada kartu operator seluler kita. Bila sinyal 4G dirasa tidak terjangkau di wilayah kita, maka kita di himbau untuk menggunakan sinyal 3G saja.

Karena walaupun sinyal 3G lebih lambat dari 4G, namun dengan kondisi yang ada maka dengan menggunakan sinyal 3G sinyal jaringan seluler kita tetap stabil & tidak putus-putus lagi. Adapun cara melakukan setting mode jaringan pada smartphone android akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Memperkuat Sinyal Melalui Setting Mode Jaringan

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pengaturan di Hp Android kita
  2. Kemudian Pilih Opsi Jaringan Seluler (Mobile Network)
  3. Setelah itu kita Pilih Menu Preferred Nerwork Type
  4. Selanjutnya kita Pilih Kartu SIM Utama yang akan digunakan untuk akses internet
  5. Lalu Munculah beberapa Mode Jaringan yang bisa kita Pilih seperti 4G LTE/3G/2G
  6. Lalu kita Pilih 4G sebagai mode jaringan seluler tercepat
  7. Selesai. Kini jaringan seluler kita pun memiliki akses yang lebih cepat. Namun bila di wilayah kita sinyal 4G putus-putus maka kita bisa ubah mode jaringan menjadi 3G agar sinyal tetap stabil

Cek Kartu SIM dan Handphone

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal seluler Hp Android kita adalah dengan mengecek dan melihat secara fisik kondisi Kartu SIM (SIM Card) dan Kondisi smartphone android kita.

Hal ini di karenakan bisa saja penyebab sinyal seluler kita sering lemah adalah telah terjadi kerusakan pada Kartu SIM dan Hp Android kita. Contohnya seperti lempengan emas dan chip pada SIM Card sudah tergores parah. Atau bisa juga di karenakan slot SIM Card Hp android kita sudah rusak

Bila sudah seperti ini maka untuk mengatasinya kita harus membawanya ke tukang service untuk memperbaiki Slot SIM Card  atau membeli SIM Card Baru. Agar SIM Card kita kembali terdeteksi dan sinyal seluler kembali jadi Kuat dan kencang.

Menggunakan Sticker Penguat Sinyal

Cara Ke enam yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal jaringan seluler handphone android kita adalah menggunakan alat bernama sticker penguat sinyal. Alat ini sendiri berbentuk sticker yang bisa kita tempelkan ke belakang casing Hp android kita dan selanjutnya sticker ini mengubah sinyal yang lemah di sekitar menjadi stabil.

Cara kerja alat ini hampir mirip dengan perangkat repeater yakni sticker akan mengumpulkan sinyal lemah yang tertangkap di sekitar area kita (ruangan). Lalu sticker akan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kondisi yang lebih kuat dan stabil. Walau demikian sticker ini hanya memperkuat sinyal dan bukan menciptakan sinyal.

Hal ini pula yang menyebabkan sticker ini selain di pasang pada perangkat smartphone, juga bisa di pasang pada perangkat modem. Sehingga sinyal modem kita jadi lebih kuat dan koneksi internet di laptop jadi semakin kencang. Bagi pengguna yang ingin menggunakan alat ini bisa membelinya di Online Shop atau Toko Seluler dengan harga murah berkisar antara Rp. 3000-Rp.20.000 tergantung dengan kualitas sticker dan mereknya.

Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara Ke Tujuh yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal Hp Android kita adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal yang bisa kita di Download di Playstore, Appstore maupun melalui situs resminya. Adapun beberapa aplikasi yang bisa digunakan pengguna untuk memperkuat sinyal seluler Hp Android kita akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

2 Aplikasi Penguat Sinyal Smartphone Android

7.1.Aplikasi Signal Guard Pro

Aplikasi Pertama yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal jaringan seluler di Hp Android kita adalah menggunakan aplikasi bernama Signal Guard Pro. Aplikasi ini di kembangkan oleh seorang software developer asal china bernama Kevin Zhang. Dimana dengan aplikasi ini pengguna bisa memperkuat sinyal di smartphone androidnya.

Aplikasi ini akan memberikan informasi lengkap mengenai jaringan GSM yang terhubung. Dan bila koneksi sinyal seluler kita terputus maka secara otomatis aplikasi akan menstabilkan kembali koneksi jaringan perangkat seluler kita dalam waktu 6 hingga 10 detik yang sudah di sesuaikan dengan parameter sinyal.

Selain itu aplikasi Signal Guard Pro juga akan memberikan peringatan saat kita sedang pergi ke tempat-tempat yang berpotensi mengalami perubahan dan hilangnya sinyal seluler seperti ruang bawah tanah, basement, kereta bawah tanah, desa terpencil dan tempat lainnya. Peringatannya sendiri bisa melalui beberapa mode seperti mode dering, getar, dan 3 lampu Led.

Aplikasi Signal Guard Pro memiliki nilai rating sebesar 4.4 di layanan Google Playstore. Aplikasi ini memiliki ukuran file sebesar 4.4 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih Seribu pengguna Playstore. Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini bisa mengunduhmya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.duoduosoft.signalguardpro

7.2.Aplikasi Open Signal

Aplikasi ke dua yang akan  kami jelaskan untuk memperkuat sinyal jaringan seluler Hp Android kita adalah dengan menggunakan aplikasi open signal. Aplikasi ini di kembangkan oleh perusahaan Ametros Group Ltd yang juga merupakan pemilik situs opensignal.com.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa menguji kecepatan sinyal jaringan dan konektifitas seluler di wilayahnya. Seperti tes jaringan wifi, tes kecepatan download, tes kecepatan upload, tes ping, tes buffering video online dan lainnya.

Selain itu aplikasi ini juga memberikan peta jangkauan konektifitas terbaik sehingga pengguna bisa mengetahui lokasi mana saja yang memiliki sinyal paling kuat di tempat mereka tinggal. Termasuk saat kita berpergian ke luar rumah dan ke daerah terpencil. Sehingga nantinya pengguna akan melihat dari arah mana sinyal terkuat datang (BTS). Setelah ditangkap, lalu sinyal jaringan seluler kita pun jadi lebih kuat.

Aplikasi Open Signal memiliki nilai rating sebesar 4.2 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.1 ke atas. Aplikasi Open Signal memiliki ukuran file sebesar 7.1 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 10 juta pengguna. Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini bisa mendownloadnya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.staircase3.opensignal

Menggunakan Antena Penguat Sinyal Hp

Cara ke 8 yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal HP android 4G kita adalah dengan menggunakan alat bernama Antena Penguat Sinyal Hp. Antena penguat sinyal Hp sudah di lengkapi dengan modem dan Mifi sehingga sinyal Hp kita menjadi lebih kencang dan kuat.

Adapun bagi pengguna yang ingin mendapatkan antena penguat sinyal Hp Android bisa membelinya di toko online maupun di toko offline dengan harga ratusan ribu rupiah. Walaupun harganya terbilang mahal namun dengan alat ini maka koneksi sinyal Hp android kita terjamin stabil dan selalu kencang.

9.Menggunakan Alumunium Foil

Cara ke 9 yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal jaringan seluler pada Hp Android kita adalah dengan menggunakan Alumumium Foil. Alumunium Foil sendiri adalah sebuah lapisan dari alloy yang berbentuk lembaran mirip plastik dan mengandung 99.4 % Alumunium.

Karena bahan ini bersifat kuat, elastis dan aman maka tak jarang alumunium foil di jadikan sebagai kemasan dari produk makanan. Selain itu ternyata alumunium foil juga bisa kita gunakan untuk memperkuat sinyal Hp Android kita. Namun Sebelum itu kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya.

Bahan-Bahan Untuk Memperkuat Sinyal Hp Dengan Alumunium Foil

  1. 1 Buah Lembar Alumunium Foil ( Bisa dengan membelinya di toko atau dari bungkus rokok bekas)
  2. 1 Buah Silet (Dengan Merek Apapun)
  3. 1 Buah Magnet
  4. 1 Buah Solatif

Setelah bahan-bahan telah siap barulah kita bisa meracik alat penguat sinyal dengan bahan-bahan yang tersedia. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Memperkuat Sinyal Hp Android Menggunakan Alumunium Foil

  1. Pertama-tama kita Tempel dan Gosokan Magnet ke Badan Silet secara bolak-balik
  2. Setelah di gosok beberapa menit. Lalu Pastikan Silet kini memiliki Medan Magnet hingga benda kecil berbahan besi menempel ke silet saat di dekatkan
  3. Kemudian Bungkus Potongan Silet Tersebut menggunakan Alumunium Hoil hingga rapat
  4. Setelah itu Tempelkan potongan Silet berbungkus alumunium foil tersebut ke Belakang Baterai Hp atau ke Belakang Casing Hp Android kita menggunakan Solatif
  5. Selesai. Setelah Alumunium Foil berhasil di tempel maka kini sinyal jaringan seluler pada Hp Android kita jadi semakin kencang

Pindah ke Tempat Yang Lebih Tinggi

Cara ke 9 yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal jaringan seluler Hp Android kita adalah dengan pindah ke tempat yang lebih tinggi. Cara ini di perlukan agar Hp Android kita bisa dengan mudah menjangkau sinyal seluler yang di pancarkan oleh operator seluler dari menara BTS (Base Tranceiver Station) tanpa terhalang bangunan lain.

Tempat yang tinggi ini bisa kita sesuaikan dengan kondisi kita saat ini. Bila kita sedang berada di rumah maka kita bisa naik ke tingkat 2 rumah sehingga sinyal kembali kencang. Dan bila kita berada di daerah dataran tinggi maka kita bisa menaiki bukit seperti yang pernah dilakukan siswa dan viral beberapa waktu lalu untuk belajar online.

Reboot / Restart Hp Android

Cara ke 10 yang akan kami jelaskan untuk memperbaiki sinyal Hp Android kita adalah dengan cara mereboot Hp Android kita. Dengan kita melakukan restart pada Hp Android maka nantinya kita akan merefresh koneksi dengan operator seluler sehingga sinyal yang di dapatkan menjadi baru dan lebih kencang.

Selain itu dengan melakukan restart kita juga bisa meningkatkan kinerja sistem pada Hp Android kita sehingga sistem operasi dan aplikasi di dalamnya jadi kembali normal. Cara restart Hp Android sendiri cukup mudah yaitu dengan menekan Pombol Power dan Pilih Opsi Restart / Reboot maka Hp Android kita otomatis melakukan restart ulang.

Lepas Kartu SIM dan Baterai

Cara ke 11 yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal jaringan seluler Hp Android kita adalah dengan melepas kartu SIM dan baterai Hp Android. Walau terkesan sepele namun cara ini cukup ampuh untuk mengubah sinyal lemah menjadi sinyal kuat.

Karena dengan melepas Kartu SIM dan Baterai maka setelah Kartu SIM dan Baterai di pasang lagi otomatis koneksi dengan operator seluler kembali di refresh. Bila sinyal di Hp masih lemah maka kita bisa melakukan tindakan lanjutan dengan menukar posisi SIM Card 1&2. Karena mungkin saja kedua SIM Card peletakannya pada Slot Hp tidak Pas.

Update Sistem

Cara ke 12 yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal jaringan seluler Hp Android kita adalah dengan melakukan update sistem. Karena dengan update sistem maka nantinya Hp android kita akan melakukan pembaruan patch dan pengaturan sistem termasuk sistem koneksi internet dan jaringan seluler.

Cara Update Sistem Hp Android sendiri cukup mudah yakni Buka Menu Pengaturan >> Pilih Menu System >> Kemudian Pilih Opsi System Update. Setelah itu kita akan melihat Pembaruan baru yang di sediakan Android. Bila pembaruan tersedia maka kita tinggal Instal saja. Namun sebelum melakukan update system pastikan kita masih memiliki kuota data yang cukup.

Buka Kaca Jendela Mobil

Cara ke 13 yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal Hp Android kita adalah dengan membuka kaca jendela. Cara ini efektif di gunakan saat kita berada di dalam mobil. Hal ini di karenakan dengan kita membuka kaca jendela mobil maka sinyal yang di pancarkan oleh menara pemancar BTS tidak terhalang sehingga sinyal Hp Android kita kembali kuat. Dan juga akses internet dan panggilan telepon kita tidak putus-putus.

Pergi ke Tanah Lapang

Cara ke 14 yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal Hp Android kita adalah dengan pergi ke tanah lapang (lapangan). Cara ini cocok saat kita sedang berpergian ke suatu tempat namun sinyal di daerah tersebut lemah. Dengan pergi ke tanah lapang maka sinyal dari menara pemancar tidak terhalang oleh objek lain seperti bangunan dan pepohonan sehingga sinyal jaringan seluler kita kembali kuat.

Bawa ke Tukang Services

Cara terakhir yang akan kami jelaskan untuk memperkuat sinyal jaringan seluler Hp Android kita adalah dengan membawanya ke tukang services. Cara ini tentunya menjadi langkah terakhir bila semua cara di atas gagal memperkuat sinyal jaringan seluler Hp Android kita. Nantinya di Tempat Service, Teknisi akan mengecek Hp Android kita dengan peralatan yang di miliki sehingga Hp Android kita kembali memiliki sinyal jaringan seluler yang kuat.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai Apa itu Sinyal Hp Android, Jenis Sinyal jaringan Seluler dan juga 15 Cara Memperkuat Sinyal Hp Android kita. Seperti dengan Menentukan Lokasi Sinyal Terkuat, Mengaktifkan Airplane Mode, Mendekati Arah Menara BTS, Setting Mode Jaringan, Mengecek Kartu SIM, Menggunakan Sticker Penguat Sinyal, Membeli Antena Penguat Sinyal, Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal, Menggunakan Alumunium Foil, Pindah ke Tempat yang lebih tinggi, Reboot Hp Android, Lepas Kartu SIM dan Baterai, Update System, Buka Kaca Mobil, Pergi ke Lapangan dan Membawa Hp Android ke Tukang Services.

Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kini kita jadi tahu apa itu sinyal seluler beserta jenis sinyal yang bisa kita sesuaikan dengan Hp Android kita. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita tidak bingung lagi bila sewaktu-waktu sinyal Hp android kita hilang. Dengan menerapkan beberapa pilihan cara di atas kini Hp Android kita bisa kembali kencang tanpa harus di bawa ke tukang services tentunya.




You may also like