Home » Tutorial » 9 Cara Cek Kecepatan Internet di Hp Android, PC & iPhone

9 Cara Cek Kecepatan Internet di Hp Android, PC & iPhone

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu di tahun 90’an sumber informasi yang menjadi rujukan bagi akademisi dan para pembaca berita biasanya adalah melalui media cetak berbentuk kertas. Contohnya seperti koran, majalah, buku ilmiah, buku tentang bisnis dan lainnya.

Namun seiring dengan kemajuan teknologi kini semua informasi yang di inginkan bisa di cari di internet melalui mesin pencari seperti google. Baik menggunakan perangkat komputer maupun menggunakan perangkat mobile seperti smartphone dan tab.

Internet sendiri singkatan dari Interconnected Network yang merupakan sebuah sistem jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain secara global menggunakan Paket Protokol Internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Baik itu perangkat komputer, perangkat mobile (smartphone & tab) dan juga perangkat pengirim pesan fax.

Dengan menggunakan jaringan internet kita bisa melakukan banyak hal seperti mencari informasi, bersosial media, membaca buku online, menonton video online, belanja online, belajar online dan berkomunikasi dengan orang lain via audio dan video call. Ke semua layanan internet itu bisa kita gunakan baik melalui perangkat komputer maupun perangkat mobile.

Namun terkadang kegiatan kita berselancar di internet tiba-tiba terganggu yang di sebabkan oleh beberapa hal seperti karena cuaca buruk (hujan), terjadinya pemadaman listrik atau bisa juga karena paket internet kita yang sudah habis sehingga koneksi internet yang di berikan provider melambat.

Tentunya salah satu cara untuk mengetahui penyebab tiba-tiba koneksi internet kita terganggu adalah dengan mengecek kecepatan akses internet kita baik downstream maupun upstream sehingga kita bisa melakukan tindakan selanjutnya untuk mengatasinya. Sebelum menjelaskan caranya, pada kali ini kami akan menjelaskan apa itu kecepatan akses internet dan juga jenis kecepatan akses internet yang biasa kita gunakan.

Lalu Apa itu Kecepatan Internet?

Kecepatan Internet adalah Kecepatan Transfer Data pada saat melakukan akses data melalui jaringan internet. Baik itu kecepatan akses saat downstream (mengambil data dari server ke komputer) maupun kecepatan internet saat upstream (mengirim data dari komputer kita ke server). Contohnya saat kita download video di youtube (Downstream) atau saat kita menggungah foto di media sosial (Upstream).

Baik saat melakukan downstream dan upstream keduanya memiliki satuan kecepatan transfer data bernama bps (bit per second). Artinya banyaknya bit data yang di pindahkan dari satu komputer (host) ke komputer lain (server) dalam satu detik. Dimana Teknologi internet zaman sekarang sudah mampu melakukan transfer data dengan jumlah jutaan bit per second (Mbps).

Setelah kita mengetahui apa itu kecepatan internet. Pada kali ini kami membahas jenis dan tipe kecepatan internet yang bisa di pilih. Yang tentunya juga harus di sesuaikan dengan perangkat yang kita gunakan apakah compatible atau tidak. Adapun Jenis dan Tipe Kecepatan Internet akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Jenis Kecepatan Internet

  1. Dial Up. Kecepatan Akses Internet Menggunakan Jenis Dial Up memiliki kecepatan maksimal hngga 56 kbps (kilo bit per second). Jenis ini biasanya di gunakan saat menghubungkan komputer ke internet menggunakan kabel telepon
  2. ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line). ADSL merupakan teknologi modem yang bekerja pada frekuensi 34 kHz- 1104 kHz. ADSL Memiliki kecepatan transfer data yang tinggi yakni antara 1.5- 8 Mbps (Mega bit per second)
  3. GPRS (General Packet Radio Services). GPRS merupakan komunikasi data dan suara pada jaringan internet yang menggunakan gelombang radio. GPRS memiliki kecepatan transfer data antara 56 kbps-115 kbps
  4. 3G (Third Generation Technology). 3G Merupakan teknologi generasi ke 3 pada perkembangan teknologi internet tanpa kabel (nirkable). Sinyal 3G memiliki kecepatan akses internet sebesar 144 kbps pada perangkat yang berjalan cepat (mobile), 384 kbps pada perangkat yang berjalan lambat (pedestrian) dan sebesar 2 Mbps pada perangkat dengan kondisi static (diam di tempat)
  5. HSPA (High Speed Packet Acces). HSPA Merupakan teknologi (3.5G /3.75G) yang merupakan hasil pengembangan dari teknologi 3G. HSPA memiliki kecepatan transfer data hingga 14 Mbps (Downstream) dan 5.76 Mbps (Upstream)
  6. WLAN (Wireless LAN). Wireless LAN merupakan teknologi yang menggunakan gelombang radio dengan standard 802.11ac. WLAN memiliki Kecepatan Transfer Data Maksimum pada komputer user hingga 500 Mbps
  7. Broadband. Broadband merupakan koneksi internet berkecepatan tinggi menggunakan pita lebar berupa kabel modem dan DSL. Broadband memiliki kecepatan transfer data sebesar 512 Kbps atau lebih

Setelah kita mengetahui Jenis Kecepatan Internet. Pada kali ini kami akan menjelaskan cara melihat dan mengecek kecepatan akses internet pada perangkat yang kita gunakan. Baik perangkat Komputer, Hp Android maupun iPhone.

Sehingga kita jadi tahu jenis kecepatan internet yang sedang digunakan dan juga mampu mendeteksi alasan koneksi internet kita melambat. Adapun cara mengecek kecepatan internet di komputer, hp android dan iPhone akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

9 Cara Cek Kecepatan Internet di Hp Android, iPhone dan PC

Cara Cek Kecepatan  Internet di Smarphone

Pada tahap pertama kami akan menjelaskan cara mengecek kecepatan internet di perangkat smartphone kita. Hal ini di karenakan terkadang kita mengalami situasi di mana smartphone kita lambat saat mengakses internet yang di sebabkan oleh beberapa hal seperti masalah cuaca, pemadaman listrik dan kuota yang habis. Untuk cara ceknya sendiri kita diharuskan mengunduh aplikasi terlebih dahulu baik aplikasi android maupun aplikasi iOS yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Menggunakan Aplikasi V-Speed Speed Test

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk mengecek kecepatan akses internet di Hp android adalah menggunakan aplikasi bernama V-Sped Speedtest. Aplikasi V-Speed Speedtest adalah aplikasi yang di kembangkan oleh developer V-Speed.eu dan bisa di gunakan pengguna untuk mengecek kecepatan internet di smartphonenya.

Selain itu aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk mencari sinyal seluler, memilih server default, menguji kecepatan download & upload yang di sesuaikan dengan jenis koneksi yang digunakan seperti (3G, 4G, Wifi, LTE dan 5G).

Dan Hasil kecepatan yang di dapat bisa kita share ke situs media sosial yang kita gunakan seperti facebook, twitter dan lainnya. Adapun cara Cek kecepatan internet di Hp Android menggunakan aplikasi V-Speed Speedtest akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Cek Kecepatan Internet di Hp Android Menggunakan Aplikasi V-Speed Speedtest

  1. Pertama-tama Download dan Instal Aplikasi V-Speed Speed Test di Playstore atau melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=pl.speedtest.android&hl=in&gl=US
  2. Setelah terinstal. Lalu Buka Aplikasi V-Speed Speed Test
  3. Setelah masuk ke Home Page. Lalu kita Pilih Mode Jaringan yang ingin di cek kecepatan internet nya apakah jaringan Mobile, WLAN atau System
  4. Setelah perangkat di Pilih. Lalu  kita Klik Tombol Start
  5. Proses Pengukuran Kecepatan Internet di smartphone pun berjalan hingga selesai
  6. Selesai. Setelah proses pengukuran kecepatan selesai, maka hasil Pengukuran akan tampil di Atas Layar aplikasi seperti Kecepatan Download, kecepatan Upload dan Lama waktu melakukan Ping

Aplikasi V-Speed Speed Test memiliki nilai rating 4.8 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone Android versi 4.1 ke atas. Aplikasi V-Speed Speed Test memiliki ukuran yang kecil yakni hanya sebesar 6.8 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 10 Juta Pengguna.

Menggunakan Aplikasi Nperf Speed Test

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk mengecek kecepatan internet di smartphone android adalah menggunakan aplikasi bernama Nperf Speed Test. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan nPerf SAS (nperf.com) dan bisa digunakan pengguna untuk menguji kecepatan internet (bit rate & latency), kecepatan terbukanya website hingga menguji kecepatan streaming video. Setelah itu hasil pengujian tersimpan pada riwayat dan bisa kita bagikan ke media sosial.

Selain itu pada aplikasi Nperf telah tersedia tool untuk melihat peta jangkauan dan kecepatan koneksi dari provider yang tersedia dengan menggunakan alat ukur koneksi terbaik dan terlengkap hingga kecepatan 1 Gbps (Giga Byte per second). Adapun cara mengecek kecepatan internet menggunakan aplikasi Nperp Speedtest akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengecek kecepatan Internet di Hp Android menggunakan Aplikasi Nperf

  1. Pertama-tama Download dan Instal Aplikasi Nperf Speed Test di Playstore atau melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nperf.tester&hl=in&gl=US
  2. Setelah terinstal. Lalu Buka Aplikasi Nperf Speed Test
  3. Setelah Aplikasi terbuka. Lalu Klik Tombol Launch Full Test
  4. Setelah itu Proses Pengujian kecepatan internet kita berjalan hingga selesai
  5. Selesai. Setelah proses pengujian kecepatan selesai, maka kita bisa lihat hasilnya di layar aplikasi seperti kecepatan Download, kecepatan Upload, kecepatan Latency, Kecepatan Browsing dan Streaming, Nama Provider dan Jenis Teknologi internet yang di gunakan.
  6. Bila kita ingin membagikan hasil test kecepatan internet Hp kita ke media sosial. Maka kita Klik Tombol Share yang ada di Kiri Layar

Aplikasi Nperf Speed Test memiliki nilai rating 4.7 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi Nperf maka pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.1 ke atas. Aplikasi Nperf Speed Test memiliki ukuran file sebesar 13 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 1 Juta pengguna.

Cara Cek Kecepatan Internet di iPhone

Bila kedua cara di atas adalah cara mengecek kecepatan internet di hp android. Maka pada kali ini akan membahas cara mengecek kecepatan internet di Hp iOS (iPhone). Hal ini tentunya berguna bagi pengguna perangkat iPhone yang jumlahnya juga banyak dan mampu menyaingi pengguna ponsel android.

Salah satu perbedaannya adalah bila di android kita harus download aplikasi di playstore, sedangkan pada iPhone kita harus download aplikasi speedtest di Appstore. Nama aplikasi yang akan kita gunakan untuk cek kecepatan internet di iPhone sendiri bernama Speed Test by Ookla yang akan kami jelaskan caranya seperti di bawah ini.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di iPhone

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi Speedtest by Ookla di Appstore atau melalui link berikut ini https://apps.apple.com/us/app/speedtest-by-ookla/id300704847
  2. Selesai di Download. Lalu kita Buka Aplikasi Speedtest by Ookla
  3. Setelah berhasil masuk Homepage Aplikasi. Lalu kita Klik Tombol GO
  4. Proses Kalkulasi kecepatan internet di perangkat iPhone pun berjalan hingga selesai
  5. Selesai. Setelah proses selesai, maka hasil tes akan di tampilkan di layar aplikasi seperti kecepatan Download, kecepatan Upload dan kecepatan melakukan Ping
  6. Bila kita ingin membagikan hasil test ke media sosial, maka kita Klik Tombol Share

Aplikasi Speedtest by Ookla memiliki nilai rating 4.1 di layanan Apple Appstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna harus memiliki smartphone iOS versi 11.0 ke atas. Aplikasi Speedtest by Ookla memiliki ukuran file sebesar 109 MB (versi iOS) yang mana ukuran filenya lebih besar di bandingkan dengan software versi android.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC

Bila 3 cara diatas adalah cara mengecek kecepatan internet di perangkat smartphone, maka pada kali ini kami akan menjelaskan cara mengecek kecepatan internet di perangkat laptop kita. Cara ini sebenarnya lebih simple karena kita tak perlu mengunduh aplikasi pada laptop kita. Cukup buka situs layanan test kecepatan internet maka hasilnya pun dapat di ketahui.

Namun sebelum membuka situs, pastikan kuota internet kita masih mencukupi sehingga bisa menggunakan layanan di situs speed test internet. Adapun beberapa caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Melalui Situs Speedtest.net

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk mengecek kecepatan internet di PC adalah melalui situs speedtest.net. Dengan cara ini maka kita tidak perlu lagi untuk mendownload dan menginstal aplikasi tambahan untuk cek kecepatan internet di laptop kita. Namun pastikan kuota internet kita masih cukup untuk mengunjungi situs ini dan menggunakan fitur yang di miliki. Adapun cara cek kecepatan internet di pc melalui situs speedtest.net akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Cek Kecepatan Internet di PC melalui situs Speedtest.net

  1. Pertama-tama Buka Situs https://www.speedtest.net/ melalui browser pada laptop kita (chrome)
  2. Setelah berhasil masuk ke Home page. Lalu kita Klik Tombol Go berwarna biru muda yang ada di tengah Layar
  3. Proses pengukuran kecepatan internet pada pc dan laptop kita pun berjalan hingga selesai
  4. Selesai. Setelah Proses perhitungan kecepatan internet selesai. Maka hasil nya akan di tampilkan di layar situs seperti Kecepatan melakukan Ping, Kecepatan Download, Kecepatan Upload, Nama Server, Nama Provider dan Result ID
  5. Bila kita ingin Membagikan Hasil dari kecepatan internet laptop kita ke media sosial. Maka kita Klik Tombol Share yang berada di Pojok Kiri Atas Layar

Melalui Situs Indihome Telkom Speedtest

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk mengecek kecepatan internet di laptop kita adalah dengan mengunjungi situs Indihome Telkom Speedtest. Situs ini merupakan layanan yang dimiliki oleh PT Cyber Network Indonesia yang bisa digunakan pelanggan untuk mengecek kecepatan internetnya saat menggunakan paket layanan dari indihome. Adapun cara mengecek kecepatan internet di laptop melalui situs indihome speedtest akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di Laptop Melalui situs Indihome Telkom Speedtest

  1. Pertama-tama kita Buka situs https://fast.indihome.web.id/ melalui browser di Laptop kita (Chrome)
  2. Setelah berhasil masuk ke Homepage Indihome Speed Test. Lalu kita Klik Tombol GO berwarna Merah di tengah layar
  3. Setelah itu Proses Pengecekan kecepatan internet di laptop kita berjalan Hingga selesai
  4. Selesai. Setelah Proses penghitungan selesai. Maka Hasilnya akan di tampilkan di Layar Laptop kita seperti kecepatan Download, Upload, Jitter dan Ping beserta Nama Provider yang kita gunakan
  5. Bila kita Ingin melakukan Tes Uang. Maka kita Klik Tombol Again dan bila kita Ingin membagikan hasil tesnya maka kita Klik Icon media sosial facebook dan twitter di Kanan Atas Layar

Melalui Situs CBN Speed Test

Cara ke tiga yang akan kami jelaskan untuk mengecek kecepatan internet di laptop adalah melalui situs CBN Speed Test. Situs ini merupakan layanan yang di miliki oleh perusahaan Cyberindo Aditama untuk mengecek kecepatan akses internet pengguna. Adapun cara mengecek kecepatan internet di laptop melalui situs CBN Speed Test akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di Laptop Melalui Situs CBN Speed Test

  1. Pertama-tama kita Buka Situs https://speedtest.cbn.id/ melalui browser Laptop kita (chrome)
  2. Setelah berhasil masuk home page. Lalu kita Klik Tombol GO berwarna biru di tengah layar
  3. Proses Perhitungan Kecepatan Internet kita pun berjalan hingga selesai
  4. Selesai. Setelah proses kalkulasi selesai. Maka Hasilnya akan di tampilkan di Layar Website seperti Kecepatan Download, Kecepatan Upload, Kecepatan Ping dan IP Address yang kita gunakan
  5. Bila kita Ingin melakukan Test Ulang. Maka kita Klik Tombol Restart Test

Melalu Situs Meter.Net

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk mengecek kecepatan akses internet di laptop kita adalah melalui situs Meter.net. Situs ini di jalankan oleh seorang webmaster bernama Adam Haken dan telah berdiri sejak tahun 2014 lalu untuk mengukur kecepatan akses internet pengguna.

Di mana pada situs ini pengguna bisa melakukan tes kecepatan internet sebanyak puluhan kali test setiap harinya. Adapun Tool yang ada di situs ini meliputi Test Server, Host Server dan Embed Speed Test- Web Plugin. Adapun cara mengecek kecepatan melalui situs Meter.net akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di Laptop Melalui situs Meter.net

  1. Pertama-tama kita Buka Situs https://www.meter.net/ melalui browser laptop kita (chrome)
  2. Setelah berhasil masuk ke Home Page. Lalu kita Klik Tombol Start yang ada di sebelah kiri layar
  3. Proses penghitungan kecepatan internet pun berjalan hingga selesai
  4. Selesai. Setelah proses penghitungan selesai. Maka hasilnya bisa terlihat di layar situs seperti kecepatan Upload, kecepatan Download, kecepatan Ping dan Lama Waktu yang dibutuhkan untuk mendownload file mp3, cd & dvd

Melalui CMD (Command Prompt)

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk mengecek kecepatan internet di laptop kita adalah melalui menu CMD (Command Prompt). Cara ini tentunya memudahkan pengguna karena hampir di semua laptop windows telah memiliki fitur bawaan berupa menu CMD (Command Prompt) sehingga kita tak perlu mengintal aplikasi atau mengunjungi situs web untuk mengecek kecepatan akses internet kita. Adapun cara mengecek kecepatan internet melalui menu CMD akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di Laptop Menggunakan Menu CMD

  1. Pertama-tama Kita Klik Tombol Start Menu di Pojok Kiri Bawah Layar
  2. Setelah itu Kita Ketik CMD Pada kotak pencarian dan Klik Command Prompt pada hasil pencarian tersebut
  3. Setelah Layar Command Prompt Muncul. Lalu kita Ketik ping 8.8.8.8 –t –l 1000 dan Tekan Enter
  4. Maka Munculah hasil pinging 8.8.8.8 with 1000 bytes of data
  5. Lalu kita Lihat dan Baca hasilnya. Jika Hasil Nilai Time Mengecil, maka kecepatan akses internet kita semakin cepat. Sedangkan bila hasil Nilai Time Membesar, maka kecepatan akses internet kita melambat. Dan bila hasil pada layar bertuliskan Request Time Out, maka Koneksi internet kita terputus

Melalui Situs Bandwith Place

Cara terakhir yang akan kami jelaskan untuk mengecek kecepatan akses internet di laptop adalah melalui situs bandwith place. Bandwith Place adalah situs layanan yang di miliki oleh perusahaan asal amerika serikat yang memiliki beberapa layanan seperti mengecek kecepatan internet, melakukan komparasi antara provider yang berbeda, mencari provider dengan akses internet tercepat di sekitar tempat kita tinggal dan layanan lainnya. Adapun cara cek kecepatan internet melalui situs bandwith place akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Cek Kecepatan Internet di Laptop Melalui Situs Bandwith Place

  1. Pertama-tama kita Buka situs https://www.bandwidthplace.com/ melalui browser laptop kita (chrome)
  2. Setelah berhasil masuk Homepage situs. Lalu kita Klik Tombol Start
  3. Proses perhitungan kecepatan internet di laptop kita pun berjalan hingga selesai
  4. Selesai. Setelah proses selesai, maka hasil test akan di tampilkan pada layar situs seperti kecepatan Download, kecepatan Upload, kecepatan melakukan Ping, Nama Provider, Ip Address dan Lokasi Server
  5. Bila kita ingin membagikan hasil testnya, maka kita Klik Tombol Share Result

Situs ini menggunakan kode HTML5 pada kode pembuatan desain websitenya. Sehingga pengguna bisa mengunakan tool dan layanan yang ada pada website melalui beberapa perangkat seperti melalui perangkat PC (Dekstop), Laptop dan Mobile (Smartphone & Tablet) tanpa memerlukan aplikasi adobe flash player.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu kecepatan akses internet, jenis kecepatan akses internet dan cara cek kecepatan internet di perangkat Android, iPhone dan Laptop. Seperti menggunakan aplikasi V-Speed Speedtest, Nperf Speedtest, Speedtest by Ookla dan juga melalui situs speedtest.net, Indihome Speedtest, CBN Speedtest, Meter.net, Bandwith Place dan melalui menu CMD (Command Prompt).

Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kini kita jadi lebih mengenal apa itu kecepatan akses internet beserta jenisnya yang biasa kita gunakan. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita jadi lebih mengetahui cara mengecek kecepatan akses internet pada smartphone dan laptop kita baik kecepatan upload maupun download. Sehingga kita mampu memperkirakan lama waktu saat sedang mendownload dan mengunggah file di internet.

You may also like