7 Fungsi Switch pada Komputer

Sponsors Link

Switch apabila diartikan secara harafiah berarti merupakan sebuah tombol. Dalam penggunaan kehidupan sehari – hari, switch identik dengan tombol on dan juga tombol off yang biasa digunakan untuk mematikan dan juga menyalakan lampu, dan perangkat elektronik lainnya. Mirip dengan switch dalam kehidupan sehari – hari, switch dalam teknologi sistem komputer juga memiliki fungsi yang mirip, yaitu untuk mematikan dan juga menghidupkan. Hanya saja, switch pada suatu jaringan komputer memiliki fungsi yang lebih kompleks, karena mampu untuk membatasi penerimaan dan juga pengiriman suatu sinyal data.

Fungsi SwitchApa Itu Switch ?? 

Switch sendiri pada dasarnya identik dengan salah satu perangkat keras yang juga digunakan untuk membentuk satu jaringan lokal, yaitu hub. Kenyataannya, banyak orang yang sering salah kaprah, dan menganggap bahwa switch dan hub merupakan perangkat keras yang sama.

Memang, pada dasarnya, fungsi switch dan juga fungsi hub dalam jaringan komputer memiliki fungsi dan juga peranan yang sama dalam pendistribusuan jaringan di dalam suatu ruangan. Namun demikian, ada satu perbedaan mendasar yang membuat switch jauh berbeda dengan hub, dan perbedaan ini pulalah yang membuat switch seringkali dijuluki menjadi smart switch. Meski begitu, perbedaan hub dan switch secara teknis pada jaringan komputer tentulah berbeda hanya karena pemakaian mereka yang sama-sama di gunakan dalam penghubung ke suatu jaringan.

Perbedaannya Switch dengan HUB

Tentu saja banyak orang yang mungkin tidak menyadari perbedaan tersebut, karena yang terpenting adalah sebuah jaringan komputer bisa terbentuk dan juga bisa berjalan dengan sempurna. Perbedaan dari switch dan hub ini diantaranya:

  • Kecepatan Dalam Transfer Data

Switch mendeteksi IP yang merequest lebih dulu, sehingga transfer data menjadi lebih cepat. Sedangkan hub mengirimkan sinyal menyeluruh sehingga tidak langsung kepada IP yang dituju.

  • Sistem Keamanan Jaringan

Dalam mengirimkan data, hub akan mengirimkan data ke IP tujuan secara full tanpa ada yang terlewat. Sedangkan untuk switch pengiriman data ke IP tujuan hanya beberapa saja, dikarenakan switch akan menyortir data yang aman dan tidak, kemudian switch hanya akan mengirimkan data yang aman dan membuang data yang tidak aman.

  • Tingkat Kemampuan

Hub jauh lebih praktis bila di bandingkan dengan switch, namun dalam hal kinerja switch jauh lebih baik daripada hub. Karena switch akan menyeleksi perangkat mana saja yang akan terhubung dan hanya menerima perangkat yang aman saja.

Sponsors Link

Contoh singkatnya adalah seperti ini :

Satu server / host dengan 10 komputer yang sudah saling terhubung dalam satu jaringan. Server tersebut memiliki konten yang mengandung unsur kekerasan yang tidak boleh diakses oleh anak – anak. Maka dari itu, agar anak – anak tidak dapat mengakses konten tersebut, maka paket data menuju komputer anak – anak tersebut dibatasi. Disinilah letak keunggulan dari switch itu apabila dibandingkan dengan hub.

Memang hal ini merupakan suatu hal yang sifatnya aksidental, yang berarti tidak dibutuhkan setiap saat. Berikut ini adalah beberapa fungsi switch dalam jaringan komputer:

  1. Menerima Sinyal dan Data dari Komputer

Sama seperti hub, switch juga memiliki fungsi yang penting dalam menerima sinyal dan juga data yang dikeluarkan oleh suatu komputer yang biasanya memiliki peran sebagai server atau host. Ketika sinyal sudah mulai dikeluarkan, maka switch akan menerimanya dan siap untuk mentransmisikan sinyal tersebut ke seluruh komputer yang sudah terhubung ke dalam suatu jaringan.

  1. Mentransmisikan Data Dari Server ke dalam Jaringan

Merupakan proses selanjutnya yang dilakukan oleh switch. Ya, fungsi switch berikutnya adalah untuk membantu mentransmisikan data berupa sinyal – sinyal yang keluar dari server ataupun host menuju komputer atau client yang sudah terhubung ke dalam jaringan tersebut. Dengan begitu, maka setiap komputer yang sudah terhubung ke dalam jaringan dapat mengakses informasi dan juga data yang dimiliki oleh server ataupun host.

  1. Memperkuat Sinyal Transmisi Dari Server Menuju Client

Fungsi berikutnya dari switch adalah dapat membantu memperkuat sinyal yang ditransmisikan. dengan menggunakan tampahan energi listrik, maka switch akan memiliki fungsi seperti hub aktif, yang dapat memperkuat sinyal yang ditransmisikan ke dalam jaringan. Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi para user, karena akses yang diperoleh akan menjadi lebih cepat dan juga lebih baik karena sinyal yang ditransmisikan akan menjadi lebih sempurna.

  1. Mengatur dan Membatasi Jumlah paket data Transmisi ke Client

Merupakan fungsi dari switch yang tidak dimiliki oleh hub. Karena fungsi inilah, switch seringkali dikenal dengan istilah smart hub. Switch dapat membantu membatasi dan juga mengatur paket data yang akan ditransmisikan ke komputer tertentu. Seperti contoh diatas, data yang dimiliki oleh server bisa dibatasi jumlahnya, sehingga ada beberapa client dalam satu jaringan yang tidak akan memperoleh informasi tertentu.

sponsored links

  1. Sebagai Central Connection Point

Fungsi switch berikutnya, masih sama seperti fungsi dari hub, yaitu sebagai central connection point. SInyal – sinyal data dari server atau host akan disentralisir d dalam perangkat switch ini, yang kemudian akan menyelurkannya ke dalam jaringan. Sebagai central connection point, maka apabila terjadi kerusakan pada perangkat keras switch, akan berpengaruh ke jaringan komputer secara keseluruhan. Ketika hal ini terjadi, maka kemungkinan seluruh jaringan komputer akan mengalami gangguan, seperti koneksi yang terputus, atau koneksi yang melambat.

  1. Berfungsi Sebagai Repeater

Fungsi dapat terjadi apabila anda ingin menambah jarak dari network atau jaringan yang anda bangun. Dengan memanfaatkan switch, maka anda bisa menambah jarak dari cakupan jaringan yang anda bangun, sehingga tidak perlu menggunakan kabel yang telalu panjang.

  1. Sebaga Splitter atau Pemisah

Switch juga memiliki fungsi sebagai pemisah atau splitter dari jaringan. Misalnya, ketika anda memiliki rumah dengan 2 lantai, maka anda dapat menggunakan switch untuk fungsi splitter alias pemecahan.

Itulah beberapa fungsi dari Switch. Semoga artikel mengenai fungsi dan juga beberapa keterangan perbedaan antara switch dan juga hub dapat menambah wawasan anda, dan dapat berguna bagi anda semua. Terima Kasih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 14th, September 2015 / 09:53 Oleh :
Kategori : Hardware Jaringan