Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optic

Sponsors Link

Dalam sebuah jaringan, keberadaan kabel tentu saja merupakan salah satu elemen yang penting. Kabel merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk menyalurkan dan juga mentransmisikan paket data dari server menuju komputer client. Jaringan kabel banyak digunakan hampir di semua jaringan komputer, terkecuali jaringan yang sifatnya wireless.

Ada beberapa jenis kabel jaringan yang biasa digunakan di dalam sebuah jaringan komputer. Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca mengenai jenis kabel jaringan komputer. Salah satu jenis kabel jaringan komputer yang mulai banyak digunakan adalah kabel fiber optic

fiber optik

Apa itu Kabel Fiber Optic?

Mungkin anda sudah sangat sering mendengar istilah kabel fiber optic baru – baru ini, namun masih belum tahu secara pasti, apa sih sebenarnya kabel fiber optic tersebut. Kabel fiber optic sendiri, sesuai namanya merupakan jenis kabel yang terdiri atas serat – serat optic. Serat – serat optic ini bisa terdiri atas kaca ataupun plastic. Dari bahan tersebut, kemudian diambil serat– seratnya, dan kemudian digabungkan menjadi satu kabel.

Nah, bagaimana? Apakah sudah bisa membayangkan dan mendapatkan garis besar mengenai kabel fiber optic?

Penggunaan Kabel Fiber Optik

Apabila dilihat dari sejarah jaringan dan juga perkembangan jaringan komputer, jaringan yang menggunakan fiber optic dalam proses pentransmisian datanya cenderung lebih baru, bahkan bisa dikatakan lebih baru dibandingkan dengan penggunaan jaringan wireless pertama kali. Hal ini disebabkan, karena saat ini penggunaan kabel twisted pair jenis unshielded (UTP) masih menjadi primadona di dalam sebuah jaringan komputer. Namun, meskipun demikian,, saat ini penggunaan fiber optic sudah semakin banyak diminati, dan juga mulai banyak dikembangkan untuk kepentingan jaringan dan juga telekomunikasi.

Kelebihan

Saat ini mungkin banyak muncul pertanyaan, apabila kabel UTP banyak digunakan dalam sebuah jaringan, mengapa kita harus menggunakan kabel dengan fiber optic? Ada beberapa keunggulan dar kabel fiber optic dibandingkan dengan kabel jaringan sejenis. Berikut ini adalah kelebihan dari kabel fiber optik :

  1. Kecepatan transfer data yang jauh lebih baik

Alasan pertama untuk menggunakan kabel fiber optic di dalam jaringan komputer anda adalah karena kecepatan transfer data yang sangat baik dari kabel fiber optic. Apabila dibandingkan dengan jenis kabel jaringan lainnya, maka kael fiber opticlah juaranya.


Pemanfaatan dari fiber optic

Dengan kelebihan berupa kecepatan transfer data yang baik ini, maka kabel fiber optic sangat optimal untuk digunakan pada jaringan internet, baik perkantoran maupun personal. Untuk penggunaan LAN sendiri, sebenarnya fiber optic juga sangat berguna, namun terkadang butuh biaya yang sangat tinggi untuk membangun jaringan LAN menggunakan fiber optic

sponsored links

  1. Ukuran dari kabel yang tipis, kecil dan juga ringkas

Masih ingat struktur dari kabel fiber optic? Ya, struktur utamanya adalah serat – serat optic yang digabungkan menjadi satu kabel yang utuh. Serat –serat optic ini memiliki ukuran yang sangat tipis, sehingga hal ini juga berpengaruh terhadap ukuran dari kabel fber optic secara keseluruhan, yang ringkas, kecil, tipis, dan mudah untuk ditarik kemana saja.

  1. Memiliki resistensi terhadap gangguan gelombang radio atau noise

Keunggulan paling penting lainya dari kabel fiber optic, yaitu resistensi alias ketahanan terhadap noise dan juga gangguan gelombang radio. Dengan sifat ini, maka proses transfer data dengan menggunakan kabel fiber optic tidak akan mudah mengalami gangguan berarti.

Implementasi dari kabel fiber optic

Saat ini, terutama di Indonesia, teknologi kabel fiber optic sudah mulai banyak dikembangkan dan juga digunakan secara luas. Terbukti, banyak sekali perusahaan telekomunikasi nasional, yang menggunakan teknologi kabel fiber optic ini sebagai kabel jaringan utamanya. Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan dari jaringan kabel fiber optic di Indonesia :

  • Sebagai jaringan backbone dari sistem jaringan perusahaan besar
  • Jaringan internet, baik personal maupun corporate
  • Jaringan kabel telepon rumah
  • Jaringan penggunaan TV Digital / TV Kabel.

Sponsors Link

Kekurangan kabel fiber optik

Meskipun memiliki banyak kelebihan, terutama dari segi resistensi dan juga kecepatan transfer datanya yang baik, ternyata kabel fiber optic memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan dari kabel fiber optic yang paling utama adalah biayanya yang sangat tinggi, alias mahal. Untuk membangun sebuah sistem jaringan fiber optic secara luas, perusahaan harus bisa menginvestasikan biaya yang tinggi.

Selain itu, penggunaan kabel sangat rentan terhadap gangguan binatang liar. Hal ini bisa saja terjadi, seperti contohnya kabel digigit oleh tikus. Hal ini tidak akan terjadi apabila anda menggunakan teknologi jaringan wireless.

Baca juga : Perangkat Lunak jaringan Komputer

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 09th, September 2015 / 21:29 Oleh :
Kategori : Hardware Jaringan