Home » Gadget » Cara Membayar Tagihan listrik PLN di Tokopedia

Cara Membayar Tagihan listrik PLN di Tokopedia

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Listrik merupakan kebutuhan utama (primer) bagi kita yang hidup di zaman sekarang. Dengan listrik kita bisa menghidupkan peralatan elektronik seperti komputer, mesin cuci, lampu, tv dll. Dimana setelah pemakaian kita akan di bebankan dengan biaya tagihan listrik.

Dahulu untuk membayar tagihan listrik kita harus menuju kantor cabang PLN (perusahaan Listrik Negara) sebagai perusahaan operator penyedia listrik negara. Lambat laun munculah agen atau konter pembayaran listrik yang di buat oleh warga untuk kemudahan akses pelanggan.

Lalu gerai minimarket pun ikut menyediakan pembayaran tagihan listrik PLN sebagai layanan tambahan untuk pelanggan. Hingga ke masa kini yang serba mobile, membayar tagihan PLN bisa melalui online maupun aplikasi.

Salah satu aplikasi dan marketplace yang menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik PLN adalah Tokopedia.

Apa itu Tokopedia?
Tokopedia adalah perusahaaan marketplace (toko daring elektonik) yang didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leonthinus Alfa Edison yang terus berkembang dan bertranformasi menjadi unicorn dan turut membantu mengembangkan UMKM usaha kecil menengah di indonesia dan asia tenggara.

Sejarah Tokopedia

  1. Pada 17 agustus 2009 Tokopedia di dirikan oleh William Tanuwijaya dan Leonthinus alpha Edison
  2. Pada tahun 2014 Tokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama di asia tenggara yang menerima investasi sebesar US$ 100 juta atau setara Rp.1,2 triliun
  3. Tahun 2016 Tokopedia menghadirkan produk financial Fintech. Produknya sendiri berupa dompet digital, kartu kredit virtual, investasi terjangkau,kredit modal bisnis, produk pinjaman dan layanan keuangan lainnya.
  4. Tahun 2018 Tokopedia menghadirkan aplikasi mitra tokopedia, berupa aplikasi berukuran 1 mb yang bisa digunakan untuk pelaku usaha kecil rumahan dengan layanan seperti menjual paket data, token listrik, bpjs, voucher game dan lainnya.

Setelah kita tahu pengertian dan sejarah dari Tokopedia, lalu apa kelebihan tokopedia di banding market place lain sehingga kita harus menggunakannya?

Kelebihan Tokopedia

  1. Gratis. Situs dan aplikasi tokopedia dapat digunakan dan di download secara gratis
  2. Ukuran ringan. Dibanding aplikasi toko daring lain, aplikasi tokopedia sangat ringan
  3. Loading halaman cepat. Saat kita mencari produk di menu halaman tokopedia, proses perpindahan dari satu halaman ke halaman lain memiliki proses loading yang cepat.
  4. Memiliki Fitur blog. Dengan fitur ini kita bisa melihat tips dan informasi tentang optimasi penjualan agar cepat laris. Di tampilkan dengan konten yang menarik dan bervariasi.
  5. Sistem Keamanan yang Kuat. Dengan menggunakan sistem OTP (One Time Password) membuat pengguna merasa aman saat menggunakan aplikasi ini.
  6. Proses transfer dana cepat. Untuk memindahkan dana dari tokopedia ke bank lain hanya dibutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam
  7. Pre Order. Pada aplikasi tokopedia memiliki layanan Pre Order bahkan untuk beberapa barang impor.

Setelah kita mengetahui kelebihan dari aplikasi toko daring tokopedia di banding aplikasi lain, lalu bagaimana cara membayar tagihan listrik PLN di Tokopedia

Cara Membayar Tagihan Listrik PLN di Tokopedia

  1. Download aplikasi Tokopedia di Playstore
  2. Setelah selesai di download buka aplikasi Tokopedia
  3. Lalu kita klik Menu Listrik PLN
  4. Setelah kita masuk ke menu listrik PLN kita masuk ke menu meter atau ID pelanggan listrik PLN milik kita. Bila nomernya benar klik lanjut
  5. Tokopedia lalu membawa kita ke halaman Checkout. Disini terdapat informasi tentang ID pelanggan, nama dan total tagihan yang harus dibayar. Pastikan bahwa semua informasi itu benar milik kita.
  6. Setelah di rasa benar klik tombol warna orange bertuliskan Bayar
  7. Lalu kita pilih metode pembayaran seperti melalui Transfer bank, OVO, dan kartu kredit.
  8. Setelah dipilih metode pembayarannya, tak beberapa lama kita mendapatkan email bahwa pembayaran tagihan listrik telah berhasil di lakukan.

Demikian lah penjelasan tentang cara membayar tagihan listrik PLN di tokopedia. Kini kita pun tak perlu lagi keluar rumah untuk membayar tagihan listrik PLN. Bila sebelumnya kita harus menuju konter atau minimarket untuk membayar tagihan listrik PLN. Kini cukup buka aplikasi tokopedia dan mobile banking di gadget masing-masing, tagihan lisrik PLN pun langsung terbayar.

Selain itu kelebihan bila kita membayar tagihan listrik PLN di Tokopedia adalah kita berpeluang mendapatkan harga promo yang rutin dilakukan seperti promo cashback (uang kembali) bila kita beruntung.

You may also like