Home » Hardware » Microphone » Inilah 7 Penyebab Mic HP Rusak yang Sering Terjadi

Inilah 7 Penyebab Mic HP Rusak yang Sering Terjadi

by Elang Hendy Subrata

Microphone pada HP maupun smartphone terkadang sring diabaikan oleh beberapa pengguna. Fungsi microphone pada HP samrtphone adalah untuk memudahkan pengguna untuk menyampaikan suara saat ada panggilan telepon maupun rekaman suara. Namun seiring dengan perkembangan waktu, microphone pun juga dapat digunakan untuk melakukan pesan suara serta memberi perintah pada asisten virtual seperti Google Assistant.

Nah, tentunya jika terjadi kerusakan pada microphone, maka pasti ada penyebabnya. Untuk lebih mengetahui apa saja penyebab Mic HP rusak, berikut ulasannya.

1. Tercebur

HP yang terkena air memang sangat rentan terhadap kerusakan salah satu komponennya. Selain dapat merusak layar ataupun mesin, HP yang terkena air pun bisa merusak micrhopone yang terdapat pada Android. Ciri-cirinya bisa dirasakan saat kita menggunakan mic suaranya tidak masuk atau bahkan tidak dapat didengar oleh pengguna lain.

2. Virus

Selain human error, penyebab mic mengalami kerusakan juga bisa terjadi karena adanya virus yang menyerang HP. Seperti yang telah diketahui bahwa virus dapat merusak beberapa komponen di dalam suatu perangkat. Salah satu kerusakan yang terjadi akibat virus adalah mic mengalami error atau bahkan kerusakan. Gejalanya pun bisa terlihat saat suara tidak terdengar oleh pengguna lain, suara mengalami kekecilan, atau perekaman suara tidak dapat dilakukan.

3. Terjatuh

Penyebab lainnya kerusakan mic HP adalah pernah terjatuh sampai isinya keluar. Maksudnya saat terjatuh, beberapa komponennya pun ikut keluar seperti baterai dan casingnya. Perlu Anda ketahui bahwa ketika perangkat elektonik yang terjatuh, maka ada beberapa komponen yang umumnya terkena masalah besar.

Namun, hal ini biasanya tergantung pada tingkat keparahan saat perangkat elektronik terjatuh. Jika HP sampai jatuh tidak terlalu keras atau tidak sampai “bucat”, biasanya komponen pada HP masih kuat dan tidak akan terjadi apa-apa. Berbeda halnya jika HP sampai terjatuh terlalu keras, biasanya beberapa komponennya akan mengalami keruskaan. Salah satunya adalah bagian mic.

4. Tertutupi debu

Mungkin Anda baru menyadari bahwa debu yang menutupi microphone bisa mengalami kerusakan. Meskipun kemungkinannya kecil, namun hal ini memang bisa saja terjadi. Apalagi jika Anda sering menaruh smartphone pada meja yang berdebu, sering menggunakan HP pada tempat-tempat yang kotor, jarang membersihkan Hp, maka kemungkinan microphone rusak oleh debu sangat mungkin terjadi. Biasanya debu yang masih sedikit tidak akan memengaruhi microphone. Akan tetapi, jika HP tidak pernah dibersihkan dan lubang microphone terlihat tertutupi oleh debu yang tebal, maka kerusakan micrhrophone bisa terjadi.

5. Terlalu dalam membersihkan Mic

Masih berhubungan dengan kotoran. Jika kita ingin membersihkan mic Hp sangat berbeda dengan jenis mic yang lainnya. Mic pada HP memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Mic biasa. Maka dari itu, kita pun harus hati-hati dalam membersihkannya. Apabila setelah dibersihkan mic justru tidak berfungsi, maka bisa dipastikan Anda terlalu dalam membersihkannya. Alat untuk membersihkannya memang hanya bisa menggunakan jarum saja karena hanya alat itu yang bisa dicapai. Oleh sebab itu, saat membersihkan mic menggunakan jarum, pastikan Anda berhati-hati dan dilakukan secara pelan-pelan.

6. Kesalahan unduh aplikasi

Penyebab selanjutnya adalah kesalahan Anda dalam mengunduh suatu aplikasi. Bisanya hal ini terjadi karena Anda mengunduh aplikasi yang diluar dari Play Store. Bisa jadi aplikasi yang terpasang memiliki enkripsi untuk “mengunci” microphone sehingga Microphone tidak dapat digunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus menghentikan aplikasi tersebut dengan cara uninstalnya. Namun, untuk melakukan hal tersebut, kita harus mengubah HP dalam Save Mode. Mode tersebut dapat menghentikan aplikasi pihak ketiga yang berajalan. Ketika dalam keadaan safe mode, selanjutnya Anda tinggal uninstal aplikasi bermasalah tersebut.

7. Merekam suara yang terlalu keras

Perekaman suara menggunakan microphone tentunya memiliki batas dalam pengambilan suaranya. Jika Anda melakukan perekaman dengan suara yang terlalu keras, maka hal tersebut bisa membuat mic mengalami kerusakan. Jika dilakukan sekali-kali mungkin tidak akan terasa. Namun jika hal ini terus menerus dilakukan, maka keusakan bisa terjadi. Jika memang Anda ingin melakukan perekaman, sebaiknya atur jarak dan jangan terlalu dekat dengan suara yang terlalu kencang.

Dari ulasan di atas, kita bisa simpulkan bahwa kerusakan yang terjadi pada microphone lebih banyak terjadi akibat kelalaian pengguna itu sendiri. Pada dasarnya kerusakan mic pada perangkat HP smartphone cukup jarang terjadi. Oleh sebab itu, sebagai pengguna kita harus sering merawat HP kita dan tidak hanya sekadar memakainya saja. Sebab, HP yang kita gunakan saat ini sangat penting dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari saat ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.