Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » 5 Cara Membersihkan Memori HP Android dengan Mudah

5 Cara Membersihkan Memori HP Android dengan Mudah

by Elang Hendy Subrata

Pernahkah Anda merasa jengkel memori HP tiba-tiba penuh ? Tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan karena kita tidak bisa menyimpan media yang kita inginkan seperti foto, video, dan beberapa dokumen lainnya. satu-satunya cara untuk melegakan kembali memori HP adalah dengan menghapus beberapa memorinya. Akan tetapi, kita bingung memori apa yang harusnya kita hapus? Bagaimana jika memori yang kita hapus adalah file penting? Untuk menjawab pertanyaan Anda, sebaiknya ikutilah beberapa tips berikut ini.

1. Uninstal aplikasi bawaan

Aplikasi bawaan yang terdapat di dalam HP terkadang tidak banyak yang kita gunakan. Memang pada dasarnya aplikasi bawaan tersebut dapat membantu penggunanya dalam menunjang aktivitasnya. Akan tetapi, jika aplikasi tersebut tidak pernah dipakai oleh kita, maka aplikasi tersebut hanya memenuhi memori HP saja. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita menghapus aplikasi bawaan tersebut.

Cara untuk uninstal aplikasi bawaan terkadang cukup sulit karena kita aplikasi tersebut sudah diproteksi oleh pihak pengembangnya. Hal yang bisa kita lakukan hanyalah menonaktifkannya saja. Untuk caranya sendiri, pertama masuk ke bagian “Setting” lalu masuk ke bagian “App” dan pilih “All App”. Di sana banyak aplikasi-aplikasi yang terpasang pada smartphone Anda. Anda cukup nonaktifkan aplikasi bawaan tersebut dan pilih juga “Disable”. Dengan begitu, aplikasinya tidak akan berjalan lagi.

2. Hapus Cache aplikasi

Mungkin Anda masih bingung dengan apa itu Cache. Pada dasarnya Cache adalah memori yang tersimpan saat kita menjalankan program. Contohnya saja ketika kita membuka browser dan melakukan aktivitas browsing, melakukan login, unduh, dan sebagianya, maka semua aktivitas tersebut akan direkam menjadi memori cache. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika saat kita menutup dan membuka kembali browser, maka semua history dan beberapa akun kita masih aktif. Akan tetapi, semakin sering kita gunakan browser aatau aplikasi lainnya, maka semakin besar memori cache yang tersimpan pada HP.

Maka dari itu, akan jauh lebih baik jika Anda menghapus memori Cache secara berkala agar memori HP tidak terus membengkak. Cara untuk menghapus memori cache adalah masuklah ke bagian “Setting”, kemudian pilih “All App”. Pilihlah aplikasi yang memiliki memori penyimpanannya besar. Rata-rata aplikasi yang memiliki memori penyimpanan besar terdapat memori cache yang cukup besar juga. Selanjutnya “hapus Cache” dan tunggu hingga proses selesai. jika berhasil maka memori di dalam aplikasi tersebut akan menurun.

3. Menghapus berkas unduhan

Sebagian dari kita terkadang tidak menyadari bahwa berkas unduhan sangat jarang dipindahkan atau dihapus. Padahal berkas unduhan pun jika ditumpuk terus-menerus akan menambah memori HP. Hal tersebut juga membuat HP akan terasa lambat dan kadang-kadang mengalami hang.

Untuk itu sebaiknya Anda menghapus semua file unduhan yang biasanya ada di dalam folder “Download”. Cobalah Anda cek folder “Download” yang ada di dalam aplikasi file manager HP masing-masing. Biasanya setiap HP masing-masing memiliki jenis file manager yang berbeda-beda. Setelah membukanya, Anda tinggal masuk ke dalam folder Download dan hapuslah semua file di dalamnya. Jika ada file yang penting, sebaiknya pindahkanlah ke folder khusus agar tidak ikut terhapus.

4. Memindahkan aplikasi dan file ke memori eksternal

Salah satu opsi untuk membersihkan memori internal HP adalah dengan memindahkan file-file seperti aplikasi, game dan berbagai file lainnya pada memori eksternal. Meskipun untuk opsi pemindahan aplikasi tidak dapat dilakukan semuanya karena hanya beberapa aplikasi saja yang dapat dipindahkan.

Cara memindahkan file-file relatif mudah karena kita hanya melakukan copy-paste saja pada setiap file. Sedangkan untuk aplikasi sendiri, kita dapat memindahannya melalui setting. Pertama masuk ke bagian “Setting” dan pilih “All App”. Pilih aplikasi dan lihat apakah ada opsi “pindah ke SD card” atau tidak? Jika terdapat opsi tersebut, maka kita tinggal pilih saja dan tunggu proses pemindahan aplikasi hingga selesai. jika berhasil, maka memori internal akan mulai kosong karena aplikasi sudah dipindahkan ke memori eksternal.

5. Memakai Aplikasi Cloud

Saat ini, data penyimpanan tidak harus melalui memori internal atau menggunakan memori elsternal. Dengan semakin maraknya cloud server membuat kita dapat langsung menyompan berbagai macam data secara online. Untuk data foto, kita dapat manfaatkan Google Foto sebagai standar penyimpanan foto mauun video. Begitu juga dengan file-file lainnya, kita bisa manfaatkan Google Drive. Dengan adanya sistem Coud ini, memori internal bisa dilegakan. Anda bisa bisa pilih opsi jenis cloud computing sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada dasarnya, cara membersihkan data di HP tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan laptop dari file sampah secara permanen. Apabila Miro SD yang Anda punya mengalami kerusakan, Anda bisa pelajari cara memperbaiki Micro SD V-Gen yang rusak dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat.

You may also like