Cara Memperbaiki Micro SD V-Gen Yang Rusak Paling Mudah

Siapa yang tidak mengenal micro sd. Barang mungil ini telah digunakan hampir semua pengguna handphone. Micro sd disebut juga dengan kartu memori. Fungsinya adalah untuk menyimpan file dengan berbagai macam format. Mulai dari yang berjenis dokumen, foto, video, hingga aplikasi mentah atau apk. Kali ini kami akan menguraikan cara memperbaiki micro sd v-gen yang rusak.

ads

Micro sd pada awalnya hanya memiliki kapasitas sebesar 2 GB. Namun telah mengalami perkembangan hingga kini ada micro SD dengan kapasitas bahkan 128 GB. Micro SD biasa digunakan pada smartphone untuk tambahan memori internal, untuk mp3 player, pada kamera, PDA, dan perangkat digital yang lainnya.

Walaupun kini banyak smartphone yang telah menyematkan kapasitas sangat besar, namun penggunaan micro SD masih menjadi hal yang umum. Tambahan memori eksternal merupakan keharusan bagi orang-orang tertentu, terutama untuk anda yang memiliki kepentingan untuk menyimpan banyak file.

Begitu pentingnya micro sd sebagai penyimpan data ini menyebabkan banyak perusahaan yang memproduksi micro SD. Hingga saat ini ada sekitar 400 merk micro SD yang beredar di pasaran. Merk micro sd yang sangat umum dan populer di kalangan pengguna gadget adalah V-Gen. Perusahaan ini memproduksi bukan hanya micro SD, tapi juga MMC, SD Card, dan sebagainya. Merk V-Gen termasuk merk micro sd yang bagus dengan harga yang terjangkau. Karena itulah banyak pengguna smartphone memilih V-Gen sebagai micro sd yang mereka pakai.

Selain terdiri dari berbagai merk, micro SD ternyata memiliki kelas atau level tertentu. Kelas micro sd menunjukkan kecepatan akses atau kemampuan menyimpan data. Kecepatan akses ini meliputi proses membaca (read) dan menulis (write) sebuah data. Semakin tinggi class micro sd, semakin tinggi pula kecepatan aksesnya. Cara mengetahui class micro sd biasanya tertulis pada badan micro sd tersebut. Semakin tinggi classnya, maka harga yang ditawarkan pun semakin mahal.

Micro SD merk V-Gen pun menawarkan berbagai variasi harga karena terdiri dari berbagai class. Walaupun merk V-Gen ini tergolong bagus, tapi seperti micro sd pada umumnya, bisa saja terjadi kerusakan pada micro sd ini. Kerusakan micro sd pada umumnya adalah :

  • Micro sd yang tiba-tiba tidak terbaca di handphone
  • Micro sd tidak dapat diformat
  • Micro sd yang tidak berfungsi karena terkena virus
  • Micro sd patah dan kehilangan fungsi
  • Micro sd blank atau hang
  • Kerusakan hardware pada micro sd seperti susah dicabut, dan sebagainya.

Itulah beberapa kerusakan micro sd pada umumnya. Kerusakan micro sd bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya :

  • Kualitas yang kurang bagus. Micro sd v-gen memang berkualitas bagus, tetapi yang original. Bagaimana jika anda terjebak oleh micro sd kw? Maka bersiaplah mengeluarkan gadget lebih untuk memperbaikinya karena micro sd kw itu cepat rusak.
  • Sering dipindah. Jika tidak dalam keadaaan terpaksa, jangan sering memindahkan kartu memori dari satu gadget ke gadget yang lain. Pemindahan ini mengakibatkan micro sd lebih sering melakukan penyesuaian diri lagi. Belum lagi jika plat kuningan di micro sd bergesekan dan tergores.
  • Memindahkan dengan cara yang salah. Cara yang salah ini biasa dilakukan dengan tidak sabar. Untuk memindahkan micro sd, matikan dulu handphone anda dan tunggu 10 hingga 20 detik kemudian baru lepaskan micro sd nya.

  • Terkena minyak atau kotoran. Kotoran atau minyak yang menempel pada micro sd ternyata bisa berakibat fatal. Lempengan kuning yang terkena kotoran atau minyak menyebabkan micro sd tidak terbaca. Pastikan tangan anda bersih dari kotoran ketika melepas micro sd dari handphone anda.
  • Terkena virus. Kerusakan karena virus tergantung dari seberapa besar bahaya virus yang menyerang. Untuk mencegah hal ini terjadi, berhati-hatilah membuka situs internet, memindah kartu memori ke gadget yang lain, atau menyambungkan micro sd ke laptop. Lebih baik gadget anda terpasang anti virus dengan terus di update. Selain itu, anda harus mengetahui cara menghilangkan virus pada gadget anda.
  • Magnet. Setiap alat elektronik mengandung magnet. Jika satu alat elektronik didekatkan dengan alat eletronik yang lain, maka magnet akan saling mengganggu dan menimbulkan kerusakan. Begitu juga dengan micro sd. Karena bekerja dengan mengirim sinyal gelombang elektromagnetik, maka jauhkan micro sd dari benda-benda elektronik yang lain. Jangan sampai meletakkan handphone anda di atas kulkas, speaker, atau alat elektronik lainnya dalam waktu yang lama.
  • Bekerja terlalu lama. Ini terjadi jika usia micro sd telah tua. Lama pemakaian mempengaruhi kinerja suatu benda. Jika ini terjadi, maka anda harus segera mengganti micro sd anda dengan yang baru.

Micro sd yang telah mengalami kerusakan ternyata bisa diusahakan dengan memperbaikinya kembali. Jika anda bisa melakukan cara memperbaiki memori yang rusak, maka akan lebih efektif dan hemat biaya. Ada beberapa cara memperbaiki micro sd v-gen yang rusak. Simaklah beberapa cara di bawah ini :

  • Membersihkan micro sd

Cara pertama, kita bisa mencoba membersihkan micro sd yang rusak tersebut.

  1. Keluarkan kartu memori dari handphone anda. Pastikan anda mematikan handphone anda dan menunggunya setelah 10 hingga 20 detik kemudian.
  2. Bersihkan lempeng tembaga pada micro sd dengan penghapus pensil. Caranya adalah dengan menggosoknya pelan sampai bersih. Penghapus pensil yang dipakai adalah penghapus pensil yang berwarna putih. Pastikan lempengan tersebut tidak terkena tangan kita kembali.
  3. Masukkan kembali micro sd ke dalam handphone anda dan cek kembali micro sd tersebut.

Jika cara pertama tidak berhasil, silahkan lanjutkan ke cara yang kedua.

  • Membersihkan memori di micro sd

Cara pertama anda adalah membersihkan micro sd pada bagian fisiknya. Selanjutnya anda bisa mencoba membersihkan micro sd pada memori yang tersimpan di dalamnya.

  1. Pastikan handphone anda menyala. Masuk ke option – memory – total space – repair.
  2. Pilhan handphone android lainnya adalah setting – storage – erase sd card.
  3. Langkah di atas membuat micro sd anda bersih seperti baru karena menghapus seluruh file yang tersimpan seperti keadaan baru kembali.
  4. Cek lagi, apakah micro sd sudah berfungsi.

Jika langkah di atas belum juga berhasil, lakukankah cara yang ketiga.

  • Memeriksa keadaan micro sd dengan laptop atau PC.

Memperbaiki micro sd dengan handphone bisa dilakukan untuk kerusakan micro sd yang ringan. Jika masih belum berhasil, mari mencoba memperbaiki micro sd dengan bantuan laptop atau PC.

  1. Hubungkanlah handphone anda dengan laptop atau PC. Disarankan untuk menghubungkan menggunakan kabel data, bukan melepas micro sd dan memasangnya di card reader.
  2. Aturlah handphone anda untuk dapat memungkinkan bertransfer file.
  3. Bukalah windows explorer, carilah handphone storage anda. Klik kanan, kemudian klik properties. Pilihlah tools – error checking, dan tunggu hingga selesai. 

  4. Akan terdapat dua pilihan untuk mengecek dan scan file system. Centanglah keduanya.
  5. Eject handphone anda kemudian cabut kabel data.
  6. Silahkan cek kembali micro sd anda apakah sudah berfungsi dengan normal.

Masih ada cara keempat untuk memperbaiki micro sd anda. Cara yang terakhir adalah memformat micro sd anda.

  • Memformat micro sd

Cara memperbaiki kartu memori yabg eusat tanpa memformarnyabisa dilakukan jika memungkinkan. Tetapi jika tidak, cara memperbaikinya yang terakhir adalah dengan memformat micro sd anda. Walaupun format memori card bisa dilakukan di android, tapi ketika micro sd anda bermasalah, disarankan untuk memformatnya dengan laptop atau PC. Berikut ini langkah format kartu memori :

  1. Sebelum memformat micro sd, back up terlebih dahulu file yang ada jika memungkinkan. Karena kadang jika micro sd rusak, file pun tidak muncul.
  2. Format kartu memori anda dengan klik kanan pada kartu memori.
  3. Pilihlah format
  4. Pilih atau centang FAT16
  5. Klik start, maka akan ada tampilan proses, tunggu hingga selesai.
  6. Setelah itu anda bisa cek kembali apakah kartu memori anda sudah berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa cara memperbaiki micro sd v-gen yang rusak. Selamat mencoba!

, ,