Sponsors Link

Cara-Cara Hotspot WiFi dari HP ke HP Semua Merk

Sponsors Link

Saat ini, kebutuhan akan internet semakin terasa. Hal tersebut karena hampir di semua kehidupan sehari-hari, peran internet turut membantu pekerjaan kita. Termasuk juga ketika kita sedang tidak bekerja, peran internet masih dibutuhkan. Dampak positif dan negatif internet pun sudah mulai terasa oleh kita saat ini, saking banyaknya penggunaan internet dalam kehidupan kita.

ads

Biasanya ketika tanggal tua, atau tanggal-tanggal sebelum gajian, orang-orang banyak yang kehabisan kuota internetnya. Hal tersebut seringkali membuat beberapa orang meminta tolong kepada temannya yang masih memiliki kuota internet yang banyak untuk “berbagi hotspot” via HP atau istilah lainnya tethering.

Ngomong-ngomong, tethering itu apa sih? Jadi, tethering adalah sebuah cara untuk berbagi koneksi internet antara satu smartphone atau perangkat mobile dengan perangkat mobile lainnya. Jika tablet atau handphone Anda hanya memiliki koneksi wi-fi, maka dengan tethering, Anda bisa menggunakan wi-fi hotspot yang di-tethering sebagai koneksi internet Anda.

Dengan adanya fitur tethering internet ini, Anda tak perlu memiliki akses point sendiri untuk berbagi koneksi internet. Cukup dengan seperangkat smartphone yang memiliki fitur tethering, Anda sudah bisa membagikan koneksi internet Anda ke orang lain.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Nah, sebelum Anda memulai cara membagikan koneksi internet dengan tethering, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan kuota internet Anda masih banyak. Hal tersebut karena jika banyak orang yang menggunakan WiFi Hotspot dari perangkat Anda, maka kuota internet Anda akan banyak terkuras. Cara cek kuota IM3 dan operator seluler lainnya bisa Anda simak di situs kami ini.
  • Jika Anda menggunakan Blackberry, Anda mau tidak mau harus berlangganan paket internet di luar BIS (Blackberry Internet Services). Alasannya akan kami jelaskan nanti.
  • Meskipun berbagi adalah sebuah kebaikan, tetapi jangan sampai kebaikan tersebut digunakan orang lain untuk menggunakan kuota internet Anda untuk mengakses data dalam jumlah besar. Streaming Youtube misalnya. Prinsip “sama-sama tahu” antara pengguna dan pemilik WiFi hotspot harus dipakai.

Lalu, gimana sih cara hotspot WiFi dari HP ke HP? Berikut ini kami ulas caranya untuk berbagai OS smartphone yang sudah dirilis saat ini:

Cara Tethering di Smartphone ber-OS Android

Untuk membuat WiFi hotspot di Android, caranya mudah kok. Anda cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, pada layar smartphone Anda, gulir panel pemberitahuan ke bawah
  2. Lalu cari ikon “Hotspot”
  3. Aktifkan WiFi Hotspot dengan cara menyentuh ikon tersebut sampai berubah warna menjadi lebih terang.
  4. Tunggu sebentar dan WiFi hotspot di smartphone Anda sudah aktif.

Untuk pengaturan hotspot di HP Android Anda, berikut ini caranya:

  1. Masuklah ke “Settings” >”Wireless & Network” > “More”.
  2. Kemudian pilih “Tethering” > “Set Up Wifi Hotspot”.
  3. Nanti akan muncul jendela pop-up untuk mengisikan informasi seputar WiFi hotspot pada perangkat Anda.
  4. Pada pop up tersebut, isikan hal-hal berikut:
    • Network SSID: (isi sesuka Anda)
    • Security: WPA2
    • Password: (isi sesuka Anda)
  5. Setelah semua sudah diisi, pilih “Save”.

Cara Tethering di Smartphone ber-OS iOS (Apple)

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan WiFi hotspot di perangkat iPhone:

  1. Pilih “Settings” > “Mobile”.
  2. Pilih “Personal Hotspot”. Lalu, atur “Personal Hotspot” menjadi “On”.
  3. Pilih “Aktifkan Wi-Fi dan Bluetooth”.
  4. Pilih Wi-Fi Password dan masukkan password sesuai keinginan Anda. Ingat, password tersebut tidak terkait dengan Apple ID yang Anda punya.
  5. Untuk mengecek apakah hotspot pada perangkat iPhone Anda sudah tersedia, coba Anda buka hotspot pada perangkat Anda dan periksa nama hotspot yang tersedia.
  6. Jika nama SSID dari perangkat Anda sudah ada, itu artinya WiFi hotspot iPhone Anda sudah aktif.

Cara Tethering di Smartphone ber-OS Windows Phone

  1. Pada dasarnya, untuk melakukan tethering, artinya Anda akan membagikan koneksi internet yang menggunakan paket data kepada orang lain. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa data koneksi sudah diaktifkan. Caranya buka “Settings” pada smartphone Windows Phone Anda, lalu pilih “Cellular+SIM“.
  2. Lalu pastikan bagian “Data Connection“ sudah diaktifkan. Jika belum, swipe ke kanan untuk mengaktifkannya.
  3. Kembali ke halaman “Settings”, pilih “Internet Sharing” yang letaknya tepat di bawah “Cellular+SIM“.
  4. Pada bagian “Sharing“, swipe ke kanan untuk mengaktifkan fitur Internet Sharing. Pada halaman ini, ANda juga bisa melihat nama boardcast, password serta berapa banyak perangkat yang terhubung ke WiFi hotspot pada Windows Phone Anda.
  5. Anda juga dapat mengganti nama boardcast dan password dengan cara memilih ikon “Edit” yang berlambang pensil.

Sebagai catatan bagi Anda, jika fitur internet sharing ini tidak digunakan selama beberapa menit, maka secara otomatis fitur ini dinonaktifkan. Hal tersebut akan membantu Anda yang mungkin kelupaan untuk menonaktifkan internet sharing setelah beberapa jam dipakai.

Cara Tethering di Smartphone ber-OS Blackberry

Berikut ini adalah cara hotspot wifi dari HP ke HP menggunakan HP Blackberry:

  1. Anda harus memastikan bahwa HP Blackberry Anda sudah menggunakan OS versi 7.1. Jika belum, lakukan Update via Over The Air (OTA). Hal tersebut karena Blackberry yang bisa dijadikan WiFi hotspot adalah HP Blackberry dengan Blackberry OS versi 7.1.
  2. Untuk membagikan koneksi internet kepada orang lain, Anda mau tidak mau harus berlangganan layanan data internet operator di luar BIS (Blackberry Internet Service). Hal tersebut karena internet sharing tidak menggunakan jalur BIS yang mengharuskan komunikasi di HP Blackberry melewati server Blackberry.
  3. Atur APN (Access Point Name) sesuai dengan operator seluler yang Anda gunakan. Caranya, buka Menu > Option > Device > Advanced System Setting > TCP IP.
  4. Aktifkan WiFi di bagian atas kanan layar HP Blackberry Anda.
  5. Aktifkan Mobile Hotspot. Caranya dengan menekan kotak pada Mobile Hotspot.
  6. Masukkan kembali APN seperti yang Anda lakukan tadi, Isi dengan benar APN, Username dan Password.
  7. Ketika layar Blackberry Anda menampilkan jumlah perangkat yang dapat terhubung ke WiFi Hotspot perangkat Anda, scroll ke bawah dan tekan “OK”.
  8. Aturlah WiFi Hotspot di Blackberry Anda dengan cara masuk ke Option > Networks and Connections > Mobile Hotspot Connections. Halaman tersebut memuat history lama koneksi dan jumlah lalu lintas data yang sudah berjalan.
  9. Pada halaman tersebut, Anda juga dapat mengganti atau mengubah nama jaringan Wifi Hotspot yang ingin Anda tampilkan. Anda juga bisa melakukan cara cek IP Address yang digunakan oleh masing-masing perangkat.
  10. Agar koneksi WiFi Hotspot yang Anda bagikan tidak dimasuki penyusup, sebaiknya tambahkan password pada koneksi WiFi Hotspot Anda. Caranya pilih “Security Tipe” kemudian masukkan Password yang mudah Anda ingat.
  11. Anda juga bisa mengatur waktu untuk menonaktifkan mobile hotspot secara otomatis. Caranya dengan memilih “Auto Shutoff Timer”.

Nah, dari artikel yang kami tuliskan di atas, bisa dilihat bahwa semua perangkat smartphone saat ini sudah mendukung fitur Internet Sharing melalui WiFi Hotspot. Oh iya, fitur ini hanya bisa aktif untuk koneksi internet yang menggunakan paket data yah. Jadi, koneksi internet melalui WiFi tidak akan bisa dibagikan sepanjang Anda mengaktifkan fitur ini. Sayangnya, Anda tidak bisa melakukan cara mengatur bandwidth WiFi dalam hal berbagi koneksi internet dengan WiFi Hotspot. Itu mengapa, prinsip “sama-sama tahu” harus dipegang oleh pemilik dan pengguna.

Selain antar HP ke HP, WiFi hotspot dari HP juga bisa dihubungkan ke PC atau laptop. Nah, jika laptop Anda tidak bisa terhubung ke WiFi Hotspot dari HP Anda karena “limited”, simak cara mengatasi WiFi limited Windows 10 yang pernah kami bahas sebelumnya.

Sekian artikel kami kali ini. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat untuk Anda yang hendak berbagi koneksi internet dengan orang lain. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi Jaringan