Home » Software » 7 Aplikasi Hotspot Android Gratis Terbaik

7 Aplikasi Hotspot Android Gratis Terbaik

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu di era 90’an saat orang ingin berselancar di dunia internet maka pengguna harus mengaksesnya melalui komputer yang telah terpasang dengan peralatan jaringan seperti modem internal, router, kabel LAN & repeater. Sehingga pengguna bisa internetan dengan berlangganan ke pihak internet service provider (ISP).

Namun seiring dengan perkembangan dunia internet dan teknologi membuat pengguna kini menjadi lebih praktis bila ingin mengakses jaringan internet. Berawal dari di temukannya modem eksternal. Lalu di temukannya modem portable berbentuk USB yang bisa di bawa kemana-mana. Hingga ke zaman sekarang yang menggunakan smartphone sebagai media sharing jaringan internet.

Penggunaan smartphone sebagai media sharing jaringan internet tak lepas dari kemajuan dunia internet dalam hal kecepatan transfer data pada layanan mobile terutama dengan teknologi 4G nya. Sehingga dengan kecepatan transfer data hingga puluhan mega byte per second (mbps) membuat pengguna smartphone bisa membagikan koneksi internetnya ke pengguna lain baik itu perangkat smartphone maupun pc.

Agar bisa membagikan koneksi internet ke pengguna lain, maka pengguna membutuhkan perangkat smartphone 4G beserta fitur hotspot yang terpasang pada smartphonenya. Sehingga nantinya pengguna bisa membagikan koneksi internetnya dengan metode wireless (tanpa kabel).

Walau pada perangkat smartphone terbaru sudah terpasang fitur bawaan hotspot, namun untuk menambah tool & fitur yang ada maka kita bisa mengunduh aplikasinya melalui layanan google playstore. Sebelum kami menjelaskan daftar aplikasi hotspot android maka pada kali ini kami akan membahas apa itu hotspot dan fungsinya.

Lalu Apa itu Hotspot?
Hotspot adalah sebuah area dan tempat-tempat tertentu baik tempat umum maupun tempat pribadi yang memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi jaringan tanpa kabel (wireless). Di mana pengguna yang berada dalam jangkauan sinyal wifi bisa memanfaatkan sinyal hotspot tersebut untuk internetan melalui perangkat smartphone dan laptopnya baik secara gratis maupun dengan ketentuan tertentu (berbayar).

Pada umumnya area hotspot menggunakan peralatan dengan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN jenis ini mampu memberikan kecepatan akses data internet yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE.802.11b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11g) yang menjangkau area sinyal hingga 100 meter. 

Adapun beberapa komponen yang digunakan pada jaringan hotspot seperti acces point, switch, network acces controller, server web, koneksi internet berkecepatan tinggi, penyedia jasa internet/ Internet Service Provider, Wireless ISP, router, dan workstation. 

Setelah kita mengetahui apa itu Hotspot. Pada kali ini kami akan menjelaskan tipe hotspot yang biasa di gunakan pengguna di berbagai tempat umum seperti dibawah ini.

Tipe Hotspot di Tempat Umum

  1. Gratis.Hotspot ini bisa di gunakan oleh pengguna secara gratis. Biasanya layanan hotspot gratis merupakan layanan tambahan dari pemilik usaha dan tempat yang bersangkutan kepada pelanggan sehingga mampu memuaskan pelanggan. Adapun beberapa area yang menyediakan layanan hotspot gratis seperti di area hotel, lobi hotel, ruang konferensi, kedai kopi, area kampus, kafe dan juga pada acara seminar komputer
  2. Hotspot Berbayar ke Pemilik Gedung. Dengan menggunakan jenis hotspot ini maka pengguna harus membayar langsung ke pemilik gedung untuk menalangi biaya leased line atau unlimited ADSL ke layanan Internet. Biasanya hotspot jenis ini juga di berlakukan di beberapa area publik seperti hotel, restoran dan kedai kopi. Hal ini di karenakan tidak semua hotel memberikan layanan wifi gratis
  3. Hotspot Berbayar ke Operator. Dengan menggunakan jaringan hotspot tipe ini maka pengguna harus membayar langsung ke operator hotspot seperti Boingo dan iPass. Operator hotspotjenis ini biasanya merupakan jaringan international secara global sehingga layanannya digunakan oleh pengguna yang sering berpindah tempat secara international dan mancanegara.

Setelah kita mengetahui apa itu hotspot, komponen hotspot dan tipe hotspot yang biasa di sediakan di tempat umum. Pada kali ini kami akan membahas beberapa aplikasi android yang bisa digunakan pengguna sebagai media untuk melakukan sharing sinyal hotspot. Adapun daftar aplikasinya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

7 Aplikasi Hotspot Android Gratis  

1. PDA.Net +

Aplikasi pertama yang akan kami jelaskan untuk digunakan sebagai hotspot di smartphone android adalah aplikasi bernama PDA.Net+.  Aplikasi ini telah di ciptakan sejak tahun 2003 lalu yang telah di download pengguna hingga 30 juta unduhan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk bisa berbagi koneksi internet dari smartphone android ke laptop atau pc. Adapun beberapa fitur yang dimiliki pada aplikasi PDA.Net+ akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Fitur Aplikasi PDA Net+

  1. Mode Wifi Direct Hotspot (Baru). Dengan fitur ini maka kita bisa berbagi koneksi internet dari smartphone android kita ke komputer atau tablet kita menggunakan jaringan wifi yang berada di area hotspot. Fitur ini dapat digunakan khusus pengguna yang memiliki smartphone versi 4.1 keatas
  2. Mode Hotspot Foxfi (Lama). Dengan fitur ini pengguna bisa menggunakan mode hotspot dengan fitur yang lama karena fitur ini masih terdapat pada aplikasi PDA Net+. Namun kekurangan mode ini adalah fitur Hotspot Foxfi sudah tidak berfungsi pada beberapa tipe ponsel baru karena upgrade yang dilakukan oleh operator seluler.
  3. Mode USB. Dengan fitur ini maka kita bisa membagikan koneksi internet ke perangkat lain melalui sambungan USB. Fitur ini dapat di gunakan pada semua ponsel android kecuali beberapa model ZTE dan alcatel. Fitur ini juga bisa digunakan pada sistem operasi Windows dan Mac.
  4. Mode Bluetooth. Dengan fitur ini kita bisa menghubungkan perangkat windows kita dengan perangkat lain. Walaupun fitur ini jarang digunakan oleh pengguna

Dengan berbagai fitur yang dimiliki ternyata aplikasi ini dapat digunakan secara langsung tanpa harus melakukan proses root pada smartphone. Namun penggunaan fitur pada aplikasi ini akan terbatas bila tanpa root. Dengan ukuran file yang kecil tak lebih dari 1 MB (Mega Byte) tentunya aplikasi ini tidak membebani kapasitas RAM smartphone pengguna dan proses downloadnya pun cepat. Bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi PDA.Net+ di smartphonenya, maka bisa mengunduhnya melalui playstore dan melalui situs resminya di http://pdanet.co/install/

2. Portable Wifi Hotspot

Aplikasi kedua yang akan kami jelaskan untuk di gunakan pengguna sebagai hotspot di smartphone android adalah aplikasi bernama Portable Wifi Hotspot. Aplikasi ini dirilis sejak tahun 2012 lalu. Aplikasi memiliki rating 3.7 di google playstore. Untuk menggunakan aplikasi kita diharuskan memiliki hp android versi 4.0 keatas

Aplikasi ini bisa digunakan sebagai pengganti dari fitur hotspot bawaan bila hotspot bawaan mengalami kerusakan seperti tidak mendeteksi sinyal wifi.Dengan aplikasi ini kita juga bisa mengubah nama jaringan Wi-Fi Ponsel (SSID) dan juga mengamankan jaringan Wifi ketika dijadikan sebagai hotspot portable.

Aplikasi ini memiliki ukuran file 1.8 Mb dan telah di download oleh 10 Juta Pengguna. Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi Portable Wifi Hotspot bisa mengunduhnya di Google Playstore atau melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=kr.core.technology.wifi.hotspot

3. Mobile Hotspot

Aplikasi ketiga yang akan kami jelaskan untuk di gunakan sebagai hotspot pada smartphone android adalah aplikasi bernama Mobile Hotspot. Aplikasi ini memiliki tampilan dengan desain yang sederhana sehingga memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya.

Selain itu aplikasi ini memiliki widget yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan hotspot portable pada smartphone androidnya. Aplikasi Mobile Hotspot sendiri memiliki beberapa mode dalam pengoperasiannya yang akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Mode Pengoperasian Mobile Hotspot

  1. Tanpa Sandi. Dengan mode ini maka kita bisa membagikan koneksi internet pada smartphone android ke pengguna lain melalui jaringan hotspot tanpa kata sandi. Cara mengaktifkan mode hotspot tanpa password sendiri cukup mudah seperti penjelasan dibawah ini :
    • Pertama-tama Nyalakan Mode Hotspot di HP kita
    • Lalu Smartphone pengguna lain melakukan Tethering dengan Sinyal Hotspot kita
    • Selesai. Pengguna lain pun langsung bisa terhubung dengan koneksi Internet melalui sambungan Wifi kita
  2. Dengan Sandi. Dengan Mode ini maka kita bisa membuat password atau kata sandi pada saat kita mengaktifkan sinyal hotspot wifi pada smartphone kita. Sehingga tidak semua pengguna bisa mengakses jaringan hotspot kita dan pengguna yang ingin masuk harus meminta passwordnya kepada kita. Cara mengaktifkan hotspot dengan kata sandi pada jaringan hotspot sendiri cukup mudah seperti penjelasan di bawah ini :
    • Pertama-tama kita Buat dan Ketikan Nama Hotspot Wifi kita
    • Lalu kita Buat Password/ Kata Sandi Hotspot Wifi kita
    • Setelah Pengaturan selesai kita Klik Tombol Simpan
    • Setelah itu Aktifkan Mode Hotspot Wifi kita pada smartphone
    • Selesai. Kini bagi pengguna lain yang ingin masuk ke jaringan hotspot kita harus mengetikan kata sandi yang telah kita buat

Aplikasi ini sendiri sudah teruji dan berhasil di jalankan pada beberapa perangkat ponsel yang dites seperti Hp Samsung, LG, Motorola, HTC, Huwaei, Xiaomi, ZTE, Alcatel, dan lainnya.

Aplikasi memiliki ukuran 4 MB dan telah diunduh lebih dari 1 pengguna. Bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi Mobile Hotspot pada smartphonenya. Maka bisa download aplikasinya melalui aplikasi Google Playstore atau bisa juga melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=kr.core.technology.wifi.hotspot

4. TP Link Tether

Aplikasi ke empat yang akan kami jelaskan untuk digunakan sebagai hotspot wifi pada smartphone android kita adalah aplikasi bernama TP Link Tether. Selain bisa digunakan sebagai hotspot wifi, aplikasi ini juga menyediakan cara termudah untuk mengakses dan mengelola TP Link Router, Router xDSL, Range Extender dengan perangkat mobile kita.

Selain itu aplikasi ini juga cocok digunakan oleh orang tua karena telah tersedianya fitur interface pengguna yang intuitif sehingga para orang tua bisa melihat status perangkat anak saat sedang online menggunakan jaringan hotspot milik orang tua menggunakan aplikasi ini. Adapun beberapa fitur yang di miliki pada aplikasi TP Link Tether akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Fitur TP Link Tether

  1. Setup SSID. Dengan fitur ini maka kita bisa melakukan pengaturan SSID (Service Set Identifier) sehingga nantinya pengguna bisa membuat nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan wifi pada smartphone kita
  2. Setup ADSL. Dengan fitur ini maka kita bisa melakukan pengaturan ADSL (Asymmetric Digital Suscriber Line) sehingga nantinya pengguna bisa mentransfer data dengan kecepatan yang berbeda dari satu perangkat ke perangkat lain
  3. Setup Password. Dengan fitur ini maka pengguna bisa membuat sebuah kata sandi pada jaringan hotspot wifi di smartphone sehingga jaringan hotspot wifi jadi lebih aman dan tak bisa diakses oleh sembarang orang
  4. Block User. Dengan fitur ini maka pengguna bisa memblokir pengguna yang mengakses jaringan hotspot kita tanpa izin. Sehingga saat sudah diblokir maka pengguna tersebut tidak bisa melihat nama jaringan wifi kita lagi
  5. Parental Control. Dengan fitur ini maka para orang tua bisa mengontrol jadwal dan managemen akses internet anak berbasis link url
  6. Manage Permission. Dengan fitur ini maka kita bisa mengelola hak akses perangkat lain pada wifi hotspot di smartphone kita
  7. Find Location. Dengan fitur ini maka kita bisa mencari lokasi terbaik untuk menempatkan range extender kita
  8. Automatic turnoff LED. Dengan fitur ini maka kita bisa mematikan lampu LED secara otomatis pada waktu tertentu yang bisa kita sesuaikan dan atur
  9. Manage Most Tp Link Device. Dengan fitur ini kita bisa mengelola sebagian besar perangkat TP Link secara bersamaan

Pada beberapa fitur, proses upgrade firmware perlu dilakukan agar fitur dapat berjalan dengan baik diperangkat kita. Untuk memilih versi yang benar kita bisa download firmware di situs resminya https://www.tp-link.com/us/tether/ . Selain itu situs resminya juga telah menyediakan aplikasi TP Link tether untuk di download pengguna. Sebagai cara alternatif dari download melalui Playstore.

5. Netshare No Root Tethering

Aplikasi ke lima yang akan kami jelaskan untuk digunakan sebagai hotspot di smartphone android kita adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Netshare. Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagi data seluler dan koneksi internet . Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperluas koneksi Wifi. Aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone android versi 6.0 keatas. Adapun beberapa fitur yang dimiliki pada aplikasi Netshare akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Fitur Netshare No Root Tethering

  1. Block Hotspot. Dengan fitur ini maka pengguna bisa mengabaikan dan memblokir pengguna yang mengakses jaringan hotspot kita tanpa izin
  2. Hidden Tethering. Dengan fitur ini maka kita bisa menyembunyikan proses tethering (berbagi koneksi internet) dan proses tethering tidak terdeteksi
  3. Create Portable Wifi. Dengan fitur ini kita bisa membuat hotspot wifi portable saat terhubung ke jaringan Wifi untuk berbagi koneksi internet dari perangkat kita perangkat lain
  4. Tether Faster Bluetooth. Tentunya saat kita menggunakan fitur tethering hotspot maka proses transfer data internetnya lebih cepat dibandingkan bila menggunakan mode bluetooth
  5. Perpanjang Sinyal Wifi. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperpanjang sinyal Wifi kita sehingga jangkauannya lebih luas saat digunakan pengguna dan juga sinyal internet jadi terasa lebih kuat tidak putus-putus

Sesuai dengan namanya aplikasi ini tidak memerlukan proses root pada smartphone kita sehingga aplikasi bisa langsung dijalankan untuk melakukan proses tethering hotspot dan berbagi koneksi internet dengan perangkat lain. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur yang bisa digunakan untuk mengontrol penggunaan data pada smartphone kita dan perangkat lain. Aplikasi ini berukuran 377 Kb dan telah diunduh 1 juta pengguna. Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini bisa mengunduhnya melalui playstore dan link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=kha.prog.mikrotik

6. Wifi Tethering Hotspot

Aplikasi ke 6 yang akan kami jelaskan untuk digunakan sebagai media hotspot pada smartphone android kita adalah aplikasi bernama Wifi Tethering Hotspot. Dengan aplikasi ini maka kita bisa mengaktifkan fitur bawaan berupa Hotspot Wifi Portable dan Bluetooth yang dapat dioperasikan dengan mudah dan cepat. Karena terdapat alat berupa shortcut yang mampu mempersingkat proses pengoperasian dibandingkan dengan cara biasanya. Aplikasi ini sendiri memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan pengguna yang akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Fitur Wifi Tethering Hotspot

  1. Call Embedded Wifi. Dengan fitur ini kita bisa melakukan tethering hotspot wifi ke perangkat lain dengan pengaturan yang mudah dan hanya membutuhkan beberapa klik
  2. Call Embedded Bluetooth. Dengan fitur ini maka kita bisa melakukan tethering ke perangkat lain menggunakan mode bluetooth dimana pengaturannya berlangsung cepat
  3. Share Internet. Dengan fitur ini maka kita bisa berbagi koneksi internet pada smartphone kita dengan perangkat lain
  4. App 2 SD support. Aplikasi ini mendukung fitur 2 SD
  5. Quick Launch. Aplikasi ini dapat dengan cepat merilis pemberitahuan dari notification bar
  6. IAP Feature. Aplikasi ini juga menyediakan fitur IAP sehingga proses tethering menjadi cepat dengan cukup dengan satu klik pada layar wifi tethering

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengganti nama hotspot dan kata sandi sendiri. Selain itu terdapat 6 tombol pengaturan yang bisa digunakan untuk mengelola jaringan hotspot seperti tombol Wifi Setting, Wifi Hotspot, Mobile Data, Bluetooth Setting, About Phone, dan Update OS. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil yaitu hanya sebesar 2.1 MB (Mega byte). Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini di smartphonenya bisa melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wifi.hotspot 

7. Clockworkmod Tether

Aplikasi terakhir yang akan kami jelaskan untuk digunakan sebagai hotspot pada smartphone android kita adalah aplikasi bernama Clockwork Mod Tether. Aplikasi ini bisa digunakan pada pc atau laptop kita yang memiliki sistem operasi Linux, Windows dan Mac untuk melakukan tethering (berbagi koneksi intenet) melalui hotspot.

Walau aplikasi ini tidak membutuhkan proses root pada smartphone kita. Namun pengguna tetap harus menginstal tether software pada laptop atau pc untuk bisa menjalankannya.

Dan bila pada laptop atau komputer kita tidak memiliki akses jaringan internet maka kita bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui smartphone android kita terlebih dahulu yang kemudian dipindahkan ke PC melalui kartu SD.

Aplikasi ini dapat kita gunakan secara gratis dengan masa percobaan hingga 14 hari. Setelahnya kita diharapkan untuk membelinya secara premium melalui aplikasi untuk mengupgradenya menjadi full version dan mendapatkan beberapa fitur tambahan. Aplikasi ini sendiri memiliki ukuran file sebesar 3.5 MB dan bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini bisa mengunduhnya melalui playstore dan link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.koushikdutta.tether

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu hotspot, tipe hotspot yang banyak tersedia di beberapa tempat hingga tujuh aplikasi android yang bisa digunakan sebagai media hotspot seperti aplikasi PDA Net+, Mobile Hotspot, Portable Wifi Hotspot, TP Link Tether, Netshare, Wifi Tethering Hotspot, Clockwork Mod Tether.

Dengan membaca penjelasan diatas tentunya kini kita lebih mengenal apa itu hotspot beserta manfaat pada jaringan internet. Selain itu dengan membaca penjelasan diatas kini kita tak bingung lagi bila fitur bawaan hotspot HP kita mati. Dengan menggunakan beberapa aplikasi diatas maka proses tethering (berbagi koneksi internet) ke pengguna lain pun bisa teratasi.

You may also like