Sponsors Link

3 Cara Mengatasi Wifi Limited Windows 10 Paling Mudah

Dewasa ini salah satu jenis koneksi yang paling sering digunakan adalah koneksi internet wifi atau wireless fidelity. Jenis koneksi ini memang sangat memudahkan penggunanya karena tidak memerlukan kabel fisik, sehingga mobilitas pengguna dapat lebih tinggi daripada melakukan koneksi dengan menggunakan LAN misalnya. Selain itu, transfer data yang cepat juga menjadi salah satu keunggulan tersendiri dari jaringan wifi.

ads

Tentu saja kalau berbicara masalah koneksi internet hal itu sudah bukan lagi urusan device wifi, akan tetapi kalau kita membicarakan tentang seberapa cepat wifi dapat mengirimkan data, maka kamu tidak perlu risau karena dengan perkembangan teknologi wifi, bandwidth maksimal yang kamu dapatkan dari akses wifi sudah dapat melebihi 300Mbps lo. Artinya kamu dapat mengirimkan data kurang lebih sebesar 30MB per detik. Tentu saja sudah sangat cepat bukan?

Akan tetapi semua itu pasti akan sirna manakala koneksi wifimu bermasalah. Baik koneksi internet wifi di sistem operasi Windows ataupun Linux, tidak menutup kemungkinan akan mengalami masalah tertentu. Salah satu jenis masalah yang sering kali dialami oleh para pengguna Windows 10 adalah koneksi wifi limited yang membuat mereka tidak dapat mengakses internet dengan lancar sekalipun sebenarnya mereka sudah terhubung ke titik akses.

Baca juga:

Memiliki keterampilan atau wawasan tersendiri mengenai cara mengatasi wifi limited Windows 10 adalah salah satu hal yang mutlak dimiliki bagi kamu yang sering atau bahkan menggantungkan pekerjannya dari koneksi wireless yang ada di taman kota atau di tempat-tempat lainnya, misalnya seorang freelancer. Dengan memiliki pengetahuan untuk mengatasi masalah koneksi wifi ini, sudah pasti kamu akan sangat tertolong dan bisa mandiri ketika harus menyelesakan permasalahan jaringan laptopmu.

Lantas bagaimana cara mengatasi wifi limited Windows 10 tersebut? Apabila kamu ingin mencari jawaban atas pertanyaan itu, di sinilah solusinya.

Tetapi sebelum membahas solusi, ada baiknya kita berbicara mengenai sebab kenapa koneksi wifi bisa limited di Windows 10. Dengan memahami penyebabnya kita dapat memilih penanganan yang lebih tepat serta memahami apabila satu solusi tidak berhasil, bisa jadi ada masalah lain yang belum kita selesaikan. Berikut ini beberapa sebab mengapa wifi bisa berstatus limited di Windows 10.

Beberapa sebab wifi limited di Windows 10 antara lain adalah:

  1. Titik akses tidak ada koneksi ke internet.
  2. Perangkat keras titik akses rusak.
  3. Driver perangkat wifi windows tidak cocok.
  4. Pengaturan DNS yang salah.
  5. Akses internet diblokir dari titik akses.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, tentunya membutuhkan langkah-langkah yang berbeda sesuai dengan jenis penyebab wifi limited yang kamu alami. Berikut ini akan kita bahas beberapa cara mengatasi wifi limited Windows 10 yang secara umum dapat kita terapkan pada laptop atau komputermu apabila wifi yang dimiliki oleh Windowsmu berstatus limited.


Baca juga:

1. Mengatasi Wifi Limited karena Driver Tidak Cocok

Buka terlebih dahulu Device Manager. Kamu bisa melakukannya dengan mencari ‘system’ lalu klik ‘device manager’ atau langsung cari dengan kata kunci Device Manager. Pada aplikasi yang muncul, buka tab Network Adapters, lalu klik kanan wireless yang kamu miliki dan plih update driver software. Apabila kamu sudah memiliki driver yang cocok untuk wifimu dengan cara download manual, pilih Browse my computer for driver software. Bila tidak kamu bisa klik next dengan memilih “Search automatically for updated driver software”.

Bila kamu memilih update manual, pilih “Let me pick from a list of device drivers on my computer” lalu klik “Have Disk”. Browse atau pilih file yang telah kamu download, pilih next dan tunggu hingga instalasi driver wifi selesai. Apabila langkah ini belum dapat menyelesaikan masalah limitedmu, bisa jadi penyebabnya bukanlah pada wifi drivermu.

2. Mengatasi Wifi Limited karena Setting DNS

Klik kanan koneksi wifimu lalu pilih properties. Buka bagian details atau properties, dan klik pada tab DNS. Lihatlah apakah terdapat setingan DNS custom (sudah terisi alamat DNS tertentu) atau masih blank. Apabila sudah terisi, hapuslah data DNS tersebut dan restart ulang wfifimu. Apabila tidak ada isinya, sementara kamu koneksi ke internet publik atau koneksi wifi pada umumnya yang tidak membutuhkan pengaturan DNS khusus, bisa jadi permasalahannya bukan pada pengaturan DNS jaringan tersebut. Untuk itu, kamu dapat menerapkan alternatif berikutnya yang ada di bawah ini.

Baca juga:

3. Mengatasi Wifi Limited dengan Reset Koneksi

Cara untuk mengatasi koneksi wifi limited berikutnya adalah dengan melakukan reset konseksi dan servis atau layanan wifi yang dimiliki oleh Windows. Langkahnya adalah sebagai berikut. Buka Command Prompt. Kamu bisa melakukannya lewat kolom pencarian di start, tau dengan menggunakan kombunasi tombol Ctrl + R, lalu ketik ‘cmd’ dan enter untuk membuka Command Promt. Di jendela Command Prompt yang sudah terbuka, ketik perintah ini “netsh winsock reset catalog” lalu tekan enter di keyboardmu.

Masih di jendela Command Promt yang sama, ketik perintah “netsh int ipv4 reset reset.log” lalu tekan tombil enter yang ada di keyboardmu. Setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas, cobalah untuk merestart laptop atau kompter Windows 10-mu, dan koneksikan kembali ke jaringan wifi yang sebelumnya mengalami indikasi atau tanda centang sebagai penanda bahwa jaringan Wifi yang kamu akss memiliki limitasi jaringan.

Baca juga:

Itulah beberapa alternatif cara mengatasi wifi limited Windows 10 yang dapat kamu lakukan secara mandiri. Apabila langkah-langkah di atas tidak dapat menyelesaikan masalah wifi limted yang kamu alami, bisa jadi masalah koneksi jaringan di komputermu terjadi karena beberapa hal. Oleh karena itu lebih baik kamu pastikan dulu bahwa jaringan internet yang kamu akses memang benar-benar terhubung atau tersambung ke internet, karena bila tidak demikian percuma kamu melakukan langkah-langkah di atas karena masalahnya terletak pada jaringan koneksimu dan bukannya sistem operasi Windows 10 yang kamu jalankan atau laptop yang kamu miliki. Setelah itu barulah kamu dapat menerapkan langkah-langkah di atas apabila koneksi internet wifi yang kamu miliki ternyata masih limited juga.

Semoga dengan langkah-lankah di atas dapat membantumu menyelesaikan masalah wifi limited di Wondws 10 dengan cepat dan mudah ya. Selamat belajar!

Artikel lain yang bisa kamu baca:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 25th, September 2017 / 04:41 Oleh :
Kategori : Windows