Sponsors Link

12 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Publisher Bagi Pengguna

Microsoft publisher adalah sebuah sofware untuk menyusun sebuah publikasi baik publikasi resmi semisal paper, ataupun sebuah publikasi semisal majalah atau tabloid. Sesuai namanya, microsoft publisher dikeluarkan oleh microsoft. Microsoft publisher dilengkapi dengan serangkaian tools untuk dapat memudahkan pengguna membuat layout, sampai pada tools yang berhubungan dengan gambar. Bagi para editor pasti pernah menggunakan atau paling tidak mendegar tentang microsoft publisher ini. Sebagai salah satu software untuk tugas publishing berikut adalah kelebihan dan kelemahan microsoft publisher. ( Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice )

ads

Kelebihan

1. Memudahkan pembuatan layout graphics

Sebagai salah satu alternative untuk membuat layout graphics, microsoft publisher tidak memiliki fitur yang advanced seperti pada photoshop ataupun pada corel. namun, fitur yang terkesan sederhana ini malah memberi kemudahan bagi para pemula yang membutuhkan pembuatan layout sederhana. Seorang pengguna microsoft publisher cukup melakukan import gambar dan juga memproses gambar dengan drag and drop yang mudah dan gampang dimengerti. Hasil yang dihasilkan dari penggunaan software ini pun bisa terlihat profesional walaupun yang memakai adalah pemula karena tingkat kemudahan penggunaannya. ( Baca Juga: Kelebihan dan kekurangan Corel Draw )

2. Dapat dikostum sesuai kebutuhan

Seluruh pekerjaan yang dilakukan dengan microsoft publisher dapat di kostumisasi oleh pengguna software. pengguna software dapat menambahkan template, kartu nama, email, dan juga tools tertentu kedalam software yang dipakainya untuk memudahkan dalam membuat sebuah publikasi. Seluruh kostumisasi dapat diakses oleh pengguna pada menu ribbon yang ada pada microsoft publisher.

3. Pekerjaan dapat langsung di share ke cloud service

Setelah selesai mengerjakan suatu publikasi proses selanjutnya adalah melakukan pengiriman atau publish dari sebuah publikasi. Dengan menggunkan microsfot publisher, pembuat dapat melakukan share hasil pekerjaannya lewat cloud yang sudah disediakan oleh microsoft. Para penerima pekerjaan nantinya cukup dikirimkan link untuk melakukan download hasil pekerjaan ke kloud sehingga tidak perlu menggunakan alat penyimpanan data fisik untuk diserahkan ke penerima pekerjaan. ( Baca juga: Pengertian Cloud Server)

4. Berkolaborasi menjadi lebih mudah

Menghadapi waktu deadline yang singkat tentu membuat kita membutuhkan bantuan untuk menyelesiakan suatu pekerjaan. Microsoft publisher memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan beberapa orang untuk dapat melakukan perubahan terhadap file yang sedang dikerjakan secara bersamaan dan updatenya terjadi secara realtime. Hal ini dapat diumpamakan sedang menggambar pada kanvas yang sama pada waktu yang bersamaan pula. Bahkan pada saat mengerjakan pekerjaan secara bersamaan, kita dapat berkomunikasi dengan rekan kerja pada menu yang ada pada microsoft publisher.

5. Memiliki fitur simpan sebagai gambar

Ketika melakukan publish pekerjaan, tentunya kita harus dapat menjamin bahwa hasil pekerjaan kita dapat dibuka di komputer milik orang lain yang akan menilai pekerjaan kita. Dengan fitur ini, orang lain yang memiliki operating system lain bahkan menggunakan device pun dapat dengan mudah melihat hasil pekerjaan yang kita lakukan. Format gambar tentunya juga akan mengecilkan file size dari publikasi kita

Baca Juga:


6. Termasuk dalam paket microsfot office proffesional

Microsoft sudah melakukan bundling terhadap software ini untuk didistribusikan bersama dengan program khusus office lainnya dari microsoft seperti: microsoft word, microsoft excel, microsoft power point dan juga microsoft one note. Hal ini membuat biaya yang dikerluarkan oleh perusahaan menjadi sedikit lebih murah.

7. Terdapat fitur wizard

Pada microsoft publisher terdapat fitur wizard dimana pengguna dapat memilih tipe dokumen apa yang akan dibuatnya. mulai dari pamflet, tabloit, poster, berita, kop surat. dan lain sebagainya. Setelah memilih tipe dokumen, akan muncul tutorial step by step mengenai fitur apa saja yang bisa digunakan untuk membuat dokumen yang sudah dipilih oleh pengguna tadi. Tentunya hal ini akan memudahkan pengguna terutama pengguna pemula yang ingin bekerja menggunakan microsoft publisher ini.

8. Banyak template dari projek gratis

Microsoft menyediakan sebuah website untuk mendapatkan template gratis yang dapat digunakan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Website tersebut banyak sekali memiliki template bahkan sampai berjumlah ribuan template yang dapat digunakan oleh pemilik software microsoft publisher ini. Hal ini juga memudahkan para pekerja dan mempercepat pembuatan sebuah dokumen jika ternyata template dari dokumen tersebut sudah tersedia di website template milk microsoft.

Kekurangan

1. Hanya tersedia untuk platform microsoft

Software ini hanya dapat digunakan untuk platform microsoft dengan berbagai OS nya baik itu seven, vista, windows 10 ataupun windows 8. Pengguna tidak dapat menyimpan source pekerjaan dan memberikan pada orang lain untuk diteruskan pekerjaannya jika orang tersebut tidak memiliki pc yang menjalankan platform dari microsoft. Hal ini membuat pengguna platform lainnya seperti linux dan juga mac memilih tidak menggunakan software ini. ( Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Linux )

2. Harga yang cukup mahal

Seperti yang kita ketahui, microsoft cukup ketat dalam persoalan harga dalam menjual produk produk software, karena seperti yang kita tahu, developer ini menarget pasar dari perusahaan perusahaan yang cukup besar dan menyarankan mereka untuk menggunakan produk software dari microsoft. Bagi pengguna dari kalangan publisher kecil seperti percetakan, bahkan organisasi non-profit hal ini menjadi suatu masalah untuk dapat menggunakan microsoft publisher dalam tugas sehari hari mereka.

3. Tidak stabilnya versi dari dokumen yang dihasilkan

Pernah mengalami tidak dapat membuka sebuah dokumen word pada produk microsoft lainnya yaitu microsoft word? ya hal ini terjadi juga pada microsfot publisher, microsoft terus mengganti file dokumen yang dihasilkan oleh software software nya dan membuat file dokumen yang dihasilkan oleh versi lawas dari sebuah software tidak dapat dibuka oleh versi yang lebih baru dan juga sebaliknya. semisal contoh kasus kita sudah mengerjakan projek kita menggunakan software microsot publisher 2013, maka ketika kantor kita memutuskan untuk melakukan update dari versi software miliknya, kita akan menemui masalah dari versi kecocokan dokumen yang tidak dapat dibuka pada software baru.

Baca Juga:

4. Fitur website template

Microsoft publisher memiliki fitur website template untuk membuat atau menggunakan template dengan menggunakan bahasa pemrograman web yaitu html dan juga css. Fitur ini terasa sangat advanced dan sangat sulit untuk dipelajari oleh pemula. Entah kenapa microsoft menyertakan fitur ini pada microsoft publisher, mungkin untuk menggaet pengguna yang sudah expert dalam hal pemrograman web. Karena seperti yang kita tahu, lebih mudah untuk melakukan editing menggunakan html dan scc untuk menghasilkan sebuah layout bagi para programmer. Namun hal ini malah menambah bagian yang tidak familiar bagi pengguna lainnya yang bukan programmer yang memiliki jumlah lebih banyak.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari microsoft publisher yang dapat saya rangkum. Kesimpulan yang dapat diambil adalah software ini cukup baik digunakan untuk melakukan pembuatan dokumen publikasi seperti pamflet, koran, tabloid, kop surat, dan lain sebagainya terutama bagi para pemula. namun tentu saja software ini memiliki kelemahan diantaranya cukup mahal, dan dokumen yang dihasilkan tidak portable untuk digunakan cross platform.

Baca juga artikel yang berhubungan ini:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 25th, September 2017 / 04:49 Oleh :
Kategori : Microsoft