Sponsors Link

11 Kelebihan dan Kekurangan Ulead Video Studio Terbaru

Ulead video studio adalah sebuah softwate untuk editing video yang dikembangkan pada platform microsoft oleh Ulead System. Pada tahun 2006 Ulead System telah Diakuisisi oleh core sehingga Ulead Video Studio kini berubah namanya menjadi Corel Video Studio. Saat ini Corel sudah mengeluarkan VideoStudio Pro X10 sebagai versi terbaru dari software ini. Sebagai salah satu software yang digunakan untuk editing video. Ulead video studio memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan ulead video studio dalam bidang edit video adalah sebagai berikut:
( Baca Juga: Macam macam Software Editing Video )

ads

Kelebihan

1. Mudah digunakan oleh pemula

Video Studio Pro memiliki tampilan user yang intuitif dan juga memiliki dokumentasi fitur yang baik. Pengguna Video studio baik pemula maupun ahli akan merasa bahwa software ini didesain secara baik dan juga terencana. Banyak tutorial dan juga forum untuk saling bertukar informasi, membahas permasalahan, dan juga saling berinteraksi antar para pengguna software pada forum milik Corel juga menambah flexibilitas dan juga integritas dari software dalam memudahkan para penggunanya.

2. Fitur tergolong lengkap

Fitur yang secara khusus perlu ada pada sebuah video editor mulai dari import video, video stabiliser, color correction, rotate, merge/join, split, dan masih banyak lagi fitur standar lainnya semua ada di dalam software ini. Para pengembang software video studio ini tidak akan pernah mau tinggal diam dan ketinggalan jika mereka merasa bahwa ada fitur yang tertinggal pada software yang mereka kembangkan. Apalagi terdapat versi ultimate dari VideoStudio yang memiliki fitur yang bahkan lebih lengkap lagi dari versi pro. Di dalam versi ultimate terdapat aset template untuk editing video dan juga suara. ( baca juga : Software Gratis Untuk Edit Video – Fungsi Photoshop Lightroom )

3. Stabil

Sejarah pengembangan VideoStudio sudah sangat panjang dan dikembangkan oleh pengembang besar. hal ini membuat software VideoStudio menjadi stabil. Setelah Corel mengakuisisi Ulead, corel banyak melakukan perubahan perubahan dari sisi kestabilan software. Corel bahkan membuat fitur live chat pada software untuk dapat melakukan kontak langsung ke costumer service agar dapat melaporkan error dan juga mengajukan pertanyaan dalam penggunaan software. Fitur ini lah yang membuat corel dapat secara sistematis menemukan bug dan memperbaiki bug pada software sehingga Video Studio menjadi sangat stabil.

4. Fitur live chat ke customer support Corel

Berbeda dari para pesaingnya, pengembang video studio menyediakan layanan live chat yang terintegrasi pada software. Hal ini memudahkan pengguna untuk dapat memberikan pertanyaan dan juga untuk melaporkan error yang terjadi pada saat pemakaian video studio. Para pengembang sangat pro aktif untuk memastikan bahwa software mereka tidak memiliki bug sehingga dalam setiap laporannya, masukan dari user akan ditanggapi secara serius oleh pihak developer.


5. Fitur Motion Tracking

Motion Tracking merupakan sesuatu yang baru yang ditambahkan pada software Video Studio. Fitur ini tergolong fitur mewah yang biasanya hanya dapat ditemui pada video editor dengan harga software kelas menengah atau kelas atas. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat melakukan penandaan terhadap suatu area pada video. Saat area itu bergerak, maka akan terdapat path atau petunjuk pada video mengenai arah pergerakan dari area tersebut. Dengan harga software yang maksimal hanya dibandrol $200, pengguna Video Studio sudah dapat menikmati fitur ini dan menggunakannya untuk keperluan editing videonya. Sebuah penawaran yang cukup fantastis.

6. Harga bersaing

Software ini dibanderol dengan harga $130 untuk versi ultimatenya, dan untuk versi pro dibanderol $90. Namun fitur yang ada pada versi pro dan ultimate berbeda lumayan jauh. Sangat disarankan bagi para video editor yang profesional dan menggunakan software ini untuk bekerja untuk membeli versi ultimate dari pada versi pro yang memiliki ketertinggalan fitur. Software editor video dari saingannya biasa dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

7. Subtitle Editor

Video studio dilangkapi dengan fitur subtitle editor yang dapat menambahkan subtitle pada video secara otomatis dengan mendeteksi percakapan pada video. Namun, perkataan pada subtitle perlu dicek ulang sendiri untuk memastikan bahwa perkataan pada subtitle sudah benar dan tidak terdapat kesalahan di dalamnya.

Kekurangan

1. Tidak ada fitur watermark video

Dibandingkan dengan saingannya dari adobe yang memiliki fitur watermark pada video. Ketiadaan fitur ini pada VideoStudio dapat dikatakan sebagai sebuah kekurangan yang menurunan daya saing dari software editing video ini. Dalam hal ini, belum diketahui alasan dari para pengembangang software untuk tidak memasukkan fitur ini pada software buatannya. Mungkin saja para pengembang beranggapan bahwa fitur ini tidak signifikan dalam pembuatan video. Sehingga para pengembang mengesampingkan fitur ini. Namun tidak menutup kemungkinan para pengembang akan memberikan fitur ini di masa depan.

2. Video track terkesan kaku

Persaingan di bidang software video editing memang sangat ketat sehingga kekurangan yang sedikit saja pada satu aspek dari software akan sangat di soroti oleh para pengguna. Misalnya saja pada fitur video track, dibandingkan dengan pesaing dari adobe yang memiliki fitur lebih fleksibel, pada VideoStudio vitur video track terkesan lebih kaku dan lebih sulit untuk digunakan. Hal ini mungkin juga disebabkan karena fitur ini lebih dulu ada pada pesaingnya di adobe sehingga membuat pengguna merasakan agak kaku dalam menggunakan fitur baru.

3. Keterbatasan Video Trac

Masih pada fitur video track. Entah untuk membatasi resource atau alasan lainnya, VideoStudio tidak dapat menjalankan video track secara bersamaan lebih dari 21 buah. Pengembang mungkin beralasan bahwa 21 merupakan angka yang sudah cukup banyak, sehingga tidak akan memerlukan video track lebih dari 21 buah. Namun tetap saja di mata pengguna, suatu keterbatasan adalah suatu kekurangan. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pengembang VideoStudio akan menambah jumlah ketersediaan VideoTrack.

4. Motion track terkadang mengalami masala

Motion track tergolong baru diterapkan pada Video Studio. hal ini membuat terkadang penggunaan Motion Track terasa aneh dan juga mengalami masalah. Terkadang area yang ditandai hilang dan juga path yang ditampilkan juga kurang tepat. dengan masalah masalah ini, maka fitur ini masih memerlukan banyak perbaikan sebelum bisa dikatakan stabil.

Denikianlah keunggulan dan kekurangan dari Video Studio. Kesimpulan dari keunggulan dan kekurangannya adalah software ini memiliki kualitas yang sangat baik meski memiliki beberapa kekurangan, namun Corel sebagai pengembang yang besar pasti memperhatikan feedback dari user dan terus menerus perbaikan. Apalagi dengan harga yang sangat terjangkau, Software ini cocok digunakan untuk pemula dan bahkan profesional yang bekerja di bidang video editor. ( Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro )

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 02nd, September 2017 / 06:26 Oleh :
Kategori : Video Editing