Home » Software » Video Editing » Inilah 6 Spesifikasi Laptop yang Cocok untuk Adobe Premiere agar Lancar Digunakan

Inilah 6 Spesifikasi Laptop yang Cocok untuk Adobe Premiere agar Lancar Digunakan

by Elang Hendy Subrata

Adobe Premiere merupakan salah satu aplikasi edit background video yang terkenal denga kualitasnya saat mengedit video. Banyaknya tools yang mendukung dalam pengeditan video membuat banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan Adobe Premiere sebagai software andalan.

Dulu, hanya komputer dengan spesifikasi tinggi saja yang dapat menjalankan Adobe premier. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan komputer, laptop pun dapat menjalankan software tersebut dengan lancar. Hanya saja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar Adobe Premier dapat lancar digunakan. untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

1.Processor

Processor laptop yang minimal bisa menjalankan Adobe premier dibagi menjadi dua, yakni versi Intel dan versi AMD. Untuk versi AMD, minimal menggunakan AMD Phenom II. Sedangkan untuk Intel minimal menggunakan Intel Core2Duo. Meskipun begitu, akan jauh lebih baik menggunakan processor yang lebih tinggi dibandingkan. Apalagi, Adobe Premier sewaktu-waktu akan melakukan pembaharuan yang bisa jadi minimal spesifikasinya akan bertambah.

2. RAM

Pertimbangan RAM komputernya tentu harus diperhatikan mengingat fungsi RAM adalah dapat menjalankan berbagai apikasi dan software. Semakin tinggi angka RAM maka akan semakin lancar saat menjalankan Adobe Premier. Namun, jika kamu mengalami kendala dari sisi anggaran, maka kapasitas RAM 8GB adalah syarat minimal yang harus dipenuhi. Sebenarnya 4GB pun juga dapat menjalankannya, akan tetapi, kapasitas tersebut membuat kinerjanya sedikit lag pada beberapa momen.

3. VGA

Karena Adobe Premier sangat berhubungan erat dengan visual, maka sudah pasti VGA menjadi salah satu bagian laptop yang harus diperhatikan. Untuk kelancaram dalam mengedit video pada laptop, akan jauh lebih baik jika menggunakan VGA card. Sebab, fungsi VGA card adalah dapat memaksimalkan visual pada komputer maupun laptop menjadi lebih lancar.

Ditambah lagi, VGA card ini juga dapat membantu dalam pembuatan film ataupun grafis dengan lebih detail. kamu perlu melihat secara detail laptop yang mendukung VGA card dengan mudah. Sebab, tidak semua laptop dapat support VGA card.

4. Harddisk

Kapsitas Harddisk sangat penting di dalam komputer maupun laptop. tanpa adanya harddisk, maka data-data akan sulit disimpan pada komputer maupun laptop. maka dari itu, kapasitas harddisk yang besar memang lebih bagus untuk dapat menyimpan data-data Adobe Premier. Kapasitas 1 Terabyte lebih pas sebagai acuan untuk kapasitas harddisk yang pas digunakan.

Mengapa kapasitas 1 Terrabyte itu dipilih karena untuk data penyimpanan 1 video hasil edit saja bisa mencapai puluhan hingga ratusan Megabyte. Hal tersebut juga belum ditambah dengan data-data dari Adobe Premiernya sendiri yang bisa mencapai lebih dari 1GB.

Selain Harddisk, kamu juga dapat mencoba gunakan Harddisk SSD. Meskipun, Harddisk SSD lebih mahal dibandingkan Harddisk biasa, kamu tetap perlu pertimbangkan kelebihan dan kekurangan Harddisk SSD sebagai media penyimpanan data di laptop.

5. Ukuran Laptop

Banyak yang tidak menyadari bahwa Ukuran Laptop juga patut diperhitungkan saat mengedit video. Hal ini juga berkaitan denga resolusi layar yang digunakan. pada dasarnya resolusi layar sangat tergantung dengan kenyamanan mata sang pengguna itu sendiri. Umumnya, 14 inci adalah ukuran paling pas untuk laptop degan kenyamanan mata yang tinggi, apalagi ukuran tersebut juga tidak terlalu besar atau terlalu kecil saat akan dibawa kemanapun.

6. Tersedia DVD-RW

Salah satu komponen yang sering disepelekan beberapa orang, yakni DVD-RW. Meskipun saat ini penyimapanan data lebih banyak dilakukan pada harddisk, namun kehadiran DVD-RW pun tidak bisa dikesampingkan. Ditambah lagi, pada saat pembuatan video telah selesai dan akan dikirimkan pada orang lain, kebutuhan CD tentunya lebih efisien.

Bayangkan kamu harus mengirim file video sebesar 1GB lebih melalui emai, atau menggunakan jaringan nirkabel, tentunya harus memerlukan waktu yang tidak sedikit. Hal itu juga sangat tergantung kekuatan jaringan. Berbeda halnya dengan CD atau DVD, kamu tinggal melakukan burning yang waktunya pun sekitar beberapa menit saja, CD atau DVD siap diberikan pada orang lain dengan waktu lebih cepat.

Itulah spesifikasi laptop yang cocok untuk Adobe Premiere agar lancar saat digunakan. Sekilas, kita dapat melihat simpulan bahwa spesifikasi yang ditawarkan hampir menyerupai spesifkasi laptop gaming atau spesifikasi laptop untuk desain grafis 3D. Hal tersebut memang tidak mengherankan sebab software Adobe Premier termasuk ke dalam software yang berat dijalankan. Otomatis komponennya pun harus mendukung agar software ini dapat dijalankan tanpa lag atau hang di tengah jalan.

Akan tetapi, jika kamu memiliki budget yang terbatas, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba membeli laptop second yang pasti harganya jauh lebih miring. Meskipun dari sisi performa tidak begitu semulus barang baru, namun jika kamu jeli dalam membeli laptop second, kamu akan mendapatkan laptop berkualitas baik dengan harga miring.

You may also like