Home » Software » Game » Inilah 6 Spesifikasi Laptop Gaming Standar yang Dibutuhkan

Inilah 6 Spesifikasi Laptop Gaming Standar yang Dibutuhkan

by Elang Hendy Subrata

Laptop gaming merupakan sebuah perangkat laptop yang khusus digunakan untuk dapat bermain sebuah game. Hal tersebut dilakukan oleh para produsen sebab banyaknya konsumen yang menginginkan sebuah laptop untuk dapat memainkan sebuah game semakin banyak.

Apalagi, game-game zaman sekarang memiliki visual yang jauh lebih baik dibandingkan game-game beberapa tahun lalu. Tentu saja hal itu juga harus didukung dengan kemampuan laptop itu sendiri. Pastinya kamu sudah penasaran seperti apa ciri ciri laptop gaming yang memenuhi spesifikasi standar. Biar tidak penasaran, berikut ulasannya.

1.Processor

Bagian processor merupakan bagian penting di dalam laptop maupun komputer. Semakin tinggi sebuah processor yang digunakan, maka semakin cepat respon laptop maupun komputer. Untuk ukuran laptop gaming, maka sudah sangat jelas menggunakan processor yang cukup tinggi. Processor untuk laptop maupun komputer saat ini ada dua jenis, pertama adalah Intel dan AMD. Untuk bagian Intel, minimal menggunakan Core i5 ke atas. Sedangkan untuk AMD, gunakan beberapa jenis yang biasanya cocok untuk gaming seperti A8, Fx Series, dan A10.

Satu hal lagi, kecepatan processor juga sangat berpengaruh terhadap kinerja processor itu sendiri. Ukurannya sendiri biasanya ditulis denga Ghz. Jika angka Ghz semakin tinggi maka kinerja processor semakin cepat.

2.VGA

Karena game sangat berhubungan dengan grafis serta visual, maka kebutuhan VGA sangatlah penting. Untuk laptop gaming, biasanya menggunakan menggunakan VGA card dibanding VGA yang ditanam pada laptop itu sendiri. Jenis VGA card yang sering  dipakai untuk laptop gaming adalah dari brand Nvidia serta AMD. Untuk Nvidia sendiri jenis Geforce GTX Series sering dipakai untuk standar laptop gaming. Sedangkan pada AMD, lebih banyak menggunakan jenis AMD Radeon RX series. Baik Nvidia maupun AMD memiliki kelebihan dan keurangan masing-masing sehingga ini kembali ke pilihan konsumen.

3. RAM

Untuk bagian RAM, pastinya kita setuju bahwa semakin besar kapasitas memori RAM maka semakin lancar program, aplikasi maupun game yang dijalankan. Selain game membutuhkan visual yang sangat tinggi, memori yang digunakan pun harus besar. Salah satunya adalah memori RAM komputer. Pada umumnya RAM komputer yang ideal untuk dapat menjalankan game berat adalah 4GB ke atas. Akan tetapi, untuk laptop gaming, perlu diperhatikan apakah dapat upgrade kapasitas RAMnya atau tidak. apabila bisa diupgrade, maka kamu tinggal menambah kapasitas RAMnya saja

4. Harddisk

Seperti pada poin sebelumnya bahwa untuk menjalankan sebuah game, apalagi game berat, hal itu sangat menguras memori di laptop. selain membebani memori RAM, memori Harddisk pun juga kena. Sama halnya dengan bagian RAM, semakin besar memori Harddisk yang digunakan, maka semakin lega data-data yang dapat disimpan, khususnya data game. Idealnya kapasitas memori Harddisk pada laptop standar adalah 500GB, akan tetapi, untuk laptop gaming, kapasitas memori pada Harddisk bisa mencapai 1TB (1 Terabyte) atau bahkan lebih.

Saat ini, kapasitas Harddisk dapat digantikan oleh Harddisk SSD. Banyak kelebihan dan kekurangan Harddisk SSD yang bisa menjadi pertimbanganmu apakah ingin menggunakan Harddisk biasa atau Harddisk SSD. Hal tersebut kembali lagi ke anggaran yang kamu punya.

5. Ukuran layar

Ukuran layar laptop pun tidak ketinggalan menjadi salah satu komponen penting di dalam laptop gaming. Kenyamanan pengguna saat memainkan game di laptop tentunya tidak bisa disepelekan. Maka dari itu, umumnya laptop gaming menggunakan layar yang berukuran 15,6 inci. Bisa dibilang ukuran tersebut adalah ukuran paling standar pada laptop gaming. Namun, hal ini dikembalikan lagi pada konsumen. Sebab, hal ini berhubungan dengan kenyamanan konsumen saat melihat layarnya. Ditambah lagi, ukuran layar juga mempengaruhi harganya. Apabila bermasalah dengan bagian anggaran, kamu bisa menggunakan layar yang sedikit lebih kecil.

6. Daya tahan baterai

Sudah sangat jelas bahwa laptop gaming rata-rata memiliki ketahanan baterai yang lebih unggul dibandingkan dengan baterai laptop biasa. Meskipun begitu, jangan terlalu berharap laptop dapat bertahan lebih dari satu hari meskipun kamu menggunakan kapasitas baterai yang besar. Sebab, saat kamu memainkan game, seluruh komponen komputernya akan bekerja ekstra agar game dapat berjalan dengan baik, termasuk daya baterai. Untuk daya baterai laptop gaming, umumnya bisa tahan 5 jam. Sedangkan pada baterai laptop biasa, umumnya dapat bertahan 2 jam.

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa untuk sebuah laptop gaming, banyak komponen yang menggunakan standar yang tinggi. Hal tersebut tentunya untuk mendukung sebuah game dapat berjalan dengan lancar serta kualitasnya dapat maksimal. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika harga laptop gaming rata-rata lebih dari 10 juta.

Akan tetapi kamu tidak usah galau jika anggaran yang kamu punya belum cukup. Laptop bekas pun bisa menjadi alternatif jika kamu menginginkan laptop gaming dengan harga yang lebih miring.

You may also like